Breaking News

22 November, 2013

KELAS PENERBITAN

Oleh Indari Mastuti

BAGAIMANA AWALNYA SAYA MENJEBOL PENERBIT?

Saya selalu mengatakan dalam setiap sesi pertemuan dengan para penulis era facebook dan internet ini. Pada masa saya di tahun 2004, menjebol penerbitan bukanlah persoalan yang mudah. Saya harus mengetuk satu persatu penerbit dan berusaha mengenal mereka lebih dalam dengan cara yang jauh lebih keras dibandingkan masa kini yang bisa jadi sekali KLIK langsung kenal dekat.
Penolakan saya di sebuah penerbitan besarpun sudah pernah saya dapatkan hingga kemudian saya dipinang oleh penerbit grup Kompas Gramedia untuk menerbitkan kumpulan kisah saya saat remaja.
Beberapa hal yang saya pelajari saat menjadi penulis dimasa itu dan dimasa sekarang adalah bahwa menjadi seorang penulis bukanlah hanya sebuah MIMPI dan CITA-CITA saja, kita semua harus bisa memaknai mimpi dan cita-cita itu yang sepadan dengan kerja keras yang dilakukan. Misalnya saja, tiba-tiba Anda harus bangun lebih awal agar tidak terganggu menulis saat anak-anak tengah terlelap tidur, atau Anda harus membaca banyak buku yang mungkin saja kebiasaan ini tidak pernah Anda lakukan sebelumnya, apalagi harus menggeser jam untuk menonton TV. 
Mimpi dan cita-cita Anda harus sama kerasnya dengan usaha Anda menjebol penerbitan. Berikut tips saya menjebol penerbitan:
1. Kenali tulisan Anda ketika Anda akan menJODOHkannya dengan penerbit
2. Kenali PENERBIT dari buku-buku yang diterbitkan
3. Terus upgrade kemampuan menulis Anda setiap saat
4. Bacalah buku dan lihatlah terus perpetaan perbukuan di sekitar kita, "apa yang menarik untuk ditulis saat ini?"
5. Jangan sungkan untuk bertanya pada penerbit, "Apakah Anda membutuhkan penulis dengan spesifikasi seperti saya?" lalu mulailah mengirimkan CV dan jenis naskah apa yang bisa Anda tulis.
6. Teruslah menulis dan jangan berhenti menulis meski tulisan Anda belum menemukan jodoh penerbit.

SERAP ILMU DARI KOMUNITAS

Ingin jago masak? masuk komunitas masak
Ingin terampil craft? masuk ke komunitas craft
Ingin konsisten ngeblog? masuk ke komunitas blogger
Ingin jadi PENULIS? bergabung di komunitas PENULIS
Ya, komunitas bertebaran dimana-mana, Anda tinggal memilih mau menajamkan bakat mana, maka komunitas itulah yang Anda pilih.Ketika saya bercita-cita jadi penulis di kelas 4 SD, saya tidak tahu bagaimana memulai karir saya di bidang itu.
Masuk ke SMA, ketika saya sudah mulai agak besar sedikit dan cukup mandiri, barulah saya mencari tahu di lingkungan mana saya akan berjejaring yang bisa membuat cita-cita saya sebagai PENULIS tercapai.Dulu, komunitas penulisan tidak sebanyak saat ini, bahkan dulu saya harus pergi puluhan kilometer untuk berkumpul dengan komunitas buku atau penulis. Kini, Anda cukup buka laptop atau handphone sudah bisa berdiskusi. Saya mulai dengan mengenal satu komunitas yaitu TOBUCIL (*sekarang masih ada loh) dan mulai berkenalan dengan komunitas lainnya. Satu persatu saya menambah sejumlah komunitas dan terus berjejaring dengan orang-orang didalamnya.
Saya menyerap ilmu sebanyak-banyak dari KOMUNITAS dan yang paling penting saya TERAPKAN ilmu itu dalam keseharian yaitu MENULIS, MENULIS, dan MENULIS...
So, mau jadi penulis? Mari serap ilmu sebanyak-banyaknya dari anggota komunitas IIDN yang sudah berpengalaman...Mari berbagi ILMU!

SAYA BISA MENULIS, TIDAK BISA PROMOSI


Pernahkah Anda merasakan hal ini? tulisan Anda bagus lantas menjadi buku tapiiiiii ANDA TIDAK BISA MEMPROMOSIKAN buku karena malu, tidak punya waktu, sibuk dengan deadline menulis lainnya, rempong dengan jadwal emak-emak, tidak punya blog, takut dibilang narsis, dan sejuta alasan lainnya.IIDN'ers menyambut 2014 Anda harus bisa mengatakan dengan tegas, "SAYA BISA MENULIS dan SAYA BISA PROMOSI" jangan pernah bilang bahwa urusan promosi dan jual buku hanyalah urusan penerbit, kewajiban penulis hanyalah nulis dan revisi. Tidak ada lagi zaman seperti itu. Saat ini dan di tahun-tahun berikutnya penerbit akan menggandeng penulis yang juga aktif berpromosi atau memiliki nilai jual yang cukup tinggi sehingga bisa membantu penjualan bukunya sendiri. Kenapa? persaingan di dunia buku sudah semakin sengit, Anda tidak bisa hanya ongkang kaki menunggu royalty, Anda tidak bisa hanya menunggu penerbit aktif mempromosikan buku Anda, Anda harus menjadi satu bagian yang sama kerasnya membuat buku Anda laku di pasaran.Kalau saat ini tidak bisa promosi bagaimana? pelajari bagaimana sepak terjang para penulis lain yang dengan semangatnya promosi buku dan menjual bukunya, Anda pun harus melakukan hal yang sama. Siap belajar? Harus Siap!

PENULIS DI TAHUN 2014

Kali ini, yang ingin saya bawakan dalam kelas penerbitan adalah penulis ideal di mata penerbit pada tahun 2014. Kehadiran seorang pakar perbukuan di basecamp IIDN serta sebuah materi promosi buku yang dibawakan oleh Ida Fauziah semakin membuat promosi buku sedemikian bergairahnya jika dilakukan.Mbak Ida membagi promosi buku dalam tiga waktu: sebelum terbit, saat terbit, dan sesudah terbit. Tidak heran peran serta beliau sebagai penulis sekaligus promotor bukunya sendiri membuat buku Puzzle Jodoh hadir dimana-mana, bahkan di berbagai negara.
Tidak terkecuali dengan mbak Roza Rianita Nursetia, penulis IIDN sekaligus trainer bidang keterampilan tidak pernah berhenti mempromosikan bukunya melalui berbagai kegiatan. Saya masih ingat dengan pertanyaannya, "dimana distributor Bandung?" atau, "Kalau distributor Jakarta no kontaknya berapa?" lantas dia akan membeli buku dan menjualnya menjadi salah satu bagian dari kelas-kelas keterampilannya. Kalau sudah begitu, mbak Roza paling aktif diminta penerbit untuk membuat buku.
Belum lagi, mbak Ari Kurnia yang selalu menjepret bukunya jika ada di toko buku lalu mempositingnya di facebook membuat yang lain ikut penasaran. Dari tiga nama diatas, masih ada penulis lain yang aktif promosi buku. Namun, sangat disayangkan hanya sedikit dari banyak penulis yang melakukannya. Alasannya beragam mulai dari malu dikira narsis, tidak punya waktu, hingga terlalu terengah-engah dengan deadline baru.
Padahaaal.......padahal menurut pakar perbukuan yang kami undang, di tahun 2014, penerbit akan membidik penulis-penulis yang juga aktif berpromosi sehingga menjadi partner mereka dalam melesatkan buku di pasaran. Penulis yang aktif berpromosi bisa dikategorikan mereka yang aktif berkomunitas, atau memiliki jaringan sendiri dalam memasarkan bukunya. Namun, bukan hanya itu, penulis yang di tahun 2013 memiliki buku-buku yang stabil di 2013 akan dibidik kembali untuk menulis di tahun 2014.
Sengitnya persaingan di dunia buku, membuat penerbit harus menerbitkan buku yang bukan hanya sekadar TERBIT namun juga memiliki daya jual tersendiri di pasar buku. Kepiawaian penulis berpromosi menjadi NILAI PLUSnya.
IIDN akan menjadi partner penulis untuk mempromosikan bukunya, mari bersinergi!


Daftar Karya IIDN dan Indscript Creative

Oleh Nunu El-fasa

  1. Virus Mompreneur, Indari Mastuti & Julie Nava, 2012 (Gramedia Pustaka Utama)
  2. Pashmina Tanpa Peniti, Indari Mastuti, 2012 (Galang Pressindo)
  3. Curhat Bisnis, Indari Mastuti, dkk, 2013 (Calista Publisher)
  4. Mutiara Inspirasi Bagi Ibu Hamil, 2012, Navita Kristi Astuti (Pustaka Rama)
  5. Narsis VS Eksis? 2012, Navita Kristi Astuti (Cahaya Atma)
  6. Khasiat Istimewa Jambu Klutuk, Tia Marty, 2013 (Duniasehat)
  7. Winter heart, ratna dks, 2013 (mitra media pustaka)
  8. Mukjizat Maaf-Ayunin-2013 (Al-Maghfirah)
  9. Tips Tampil Cantik dan Sehat 10 Hewan Peliharaan Paling Digemari, Tuti Sitanggang,2012. Cahaya Atma
  10. Jadi Juragan Kaya Dari Budidaya Patin, Tuti Sitanggang & Gemini, 2013. Cahaya Atma11. Catatan Sang Pemenang, Tuti Sitanggang dkk, 2013, Elexmedia Komputindo
  11. Travel Writing 101-Kupas Tuntas Cara Mudah Membuat Artikel dan Foto Perjalanan, Arini Tathagati, 2013 (Elexmedia Komputindo)
  12. Masuk Surga Walau Belum Pernah Shalat, Candra Nila Murti Dewojati, 2012 (GPU)
  13. Panjangkan Umur Dengan Silaturahmi, Candra Nila Murti Dewojati, 2013 (Galang press)
  14. Best of Seoul dan Sekitarnya, Deasy Rosalina dkk, 2013, Elex Media
  15. Laksamana Cheng Ho Sang Penjelajah, Nurul Asmayani, 2012, CiF17.
  16. Gajah Mada Pemersatu Nusantara, Nurul Asmayani, 2012, CiF18.
  17. Dari Kecil Jadi Mudah!, Nurul Asmayani, 2012, GPU
  18. 101 Things About Married, Nurul Asmayani, 2013, Pustaka Rama
  19. 101 Tokoh Terkenal Dunia for Kids, Nurul Asmayani, 2013, Ikhlas Media.
  20. Storycake for Your Life; Living Abroad, Nurul Asmayani dkk, 2013, GPU
  21. Jejak Ramadhan di Berbagai Negara, Nurul Asmayani dkk, 2013, Pustaka Al Kautsar.
  22. La Taias for Akhwat, Honey Miftahuljannah, 2012, Gramedia Pustaka Umum.
  23. Aku dan Malaikat Israfil, Bunda Nanit, 2010, Grasindo
  24. Aku dan Malaikat Ridwan, Bunda Nanit, 2010, Grasindo
  25. Poet Cafe', Aen Tresnawati, 2013, Caesar Publishing
  26. Knock-knock (Tentang Sebuah Lagu), Renata, 2013, Rumah Ide
  27. Lentera Cinta for Teens, Indari Mastuti, 2011. Dar Mizan
  28. Emak Gokil (Cerita Seru Kegokilan Emak-Emak), Dydie Prameswariem dkk, 2012, Rumah ide
  29. Puzzle Jodoh, Ida Fauziah, 2012, Kalil (GPU)
  30. Storycake for Ramadhan : 44 Kisah-kisah Indah dan Inspiratif Seputar Ramadhan yang Menyentuh Hati, Lygia Nostalina, dkk, 2011
  31. Storycake for your life Mompreneur, Ari Kurnia dkk, 2013, GPU
  32. Storycake For Amazing Moms, Ria Fariana dkk, 2012, GPU
  33. Hot Chocolate for Broken Heart, Lygia Nostalina, 2012, Cahaya Atma
  34. Puzzle mimpi, Anna Farida, 2012, Caesar Publisher
  35. Si Penyebar Fitnah, 2012, Khalil
  36. 50 Cerita Binatang dan Tokoh Lain yang Inspiratif, Indri Noor,dkk, 2012, GPU
  37. Cerdas dan Ceria dengan Cerita Teladan, Indah Hanaco, 2012, GPU
  38. 14 Kebaikan Paling Menakjubkan dari Nabi Muhammad saw, Indah Hanaco, 2012, Khalil
  39. 50 Cerita Klasik Nusantara dan Dunia Paling Inspiratif, Indri Noor,dkk, 2012, GPU
  40. 101 Dongeng Tradisional Indonesia, Dita Ariebowo, 2012, Pustaka Rama
  41. Kumpulan Lagu Daerah Nusantara Terpopuler + CD, Sarah Ismullah, 2013, CIF
  42. Pecahkan rekor masak enak Junior master che, Anty, 2012, Galang Press
  43. Sulap Matematika : Lebih Cepat dari Kalkulator, Firmanawaty Sutan, 2012, Cahaya Atma
  44. Bunda Seks itu apa sih? Cara cerdas dan bijak mendidik seks pada anak, ellen Tjanda, 2012, GPU
  45. Anak Bertanya, Ibu Gelagapan, Indari Mastuti & Afin Murtie, 2012,Cahaya Atma
  46. HomeSchooling, Indah Hanaco, 2012, GPU
  47. BISNIS RUMAHAN UNTUK PARA IBU, Ari Kurnia, 2012 GPU
  48. 9 Kunci Bisnis Rasulullah SAW dan Khadijah RA, A. Yahya Hastuti, 2012, Kalil
  49. Bisnis Makanan dan Minuman, A. Yahya Hastuti, 2012, GPU
  50. Bisnis Untung dan Berkah untuk Anak Sekolah, Ari Kunia, 2012, GPU
  51. 101 bisnis online, Dian Nafi dkk, 2012, GPU
  52. Cantik itu tak harus mahal, Afin Murtie, 2012,Cahaya Atma
  53. Perempuan Tidak Harus Taat : 301 Kunci Hidup Menjadi Muslimah Salehah, Bahagia, dan Penuh Berkah, Aisha, 2011, GPU
  54. For The Love of Mom (Kisah-Kisah Inspiratif), Dyah Prameswarie, 2012, Etera
  55. Lucky Backpacker, Astri Novia, 2011, Etera
  56. Kupas Tuntas Lovebird, Afin Murtie, 2012,Cahaya Atma
  57. Ternyata menulis itu gampang, Indari Mastuti, 2011, Samudera
  58. Creative with MS.Word 2003&2010 + CD tutorial, Apriyanti, 2012, Elex
  59. Microsoft Office Word- Design Explore, Apriyanti, 2012, Elex
  60. Investasi emas, cara kaya untuk semua umur dan kalangan.....................
  61. Cara Wahid Taklukkan TPA Pascasarjana, Afin Murtie, 2012,Cahaya Atma
  62. Rahasia Sukses Budi Daya Itik Petelur & Pedaging,Afin Murtie, 2012,Cahaya Atma
  63. Hartamu Hartaku, Hartaku Punya Siapa?, Miyosi Ariefiansyah
  64. Kamus Populer Istilah Islam, Dewi Astuti, 2012, Kalil
  65. Terapi Duka, Didie Prameswarie
  66. Bukan Buku Best Seller, Pritha Khalida dan Indari Mastuti
  67. Masakan Korea Paling populer Afin Murtie, 2012, Galang Press
  68. Variasi lezat olahan kurma, Anty Aprilyanti, 2012, Galang Press
  69. 25 Mangkuk Sup Lezat dari Dapur............................
  70. Cup Cake Cantik Aneka Topping, Anty Aprilyanti, 2012, Galang Press
  71. Chinese Food Halal, Anty Aprilyanti, 2012, Galang Press
  72. 25 Menu Steak + Pizza, Anty Aprilyanti, 2012, Galang Press
  73. Hijab Style Kerudung Segiempat, Roza Rianita, 2012, Shira Media
  74. Hijab Cantik dan Mulia, Kreatif Hijab Class, 2012, Shira Media
  75. Gaya Hijab Sehari-hari, Roza Rianita, 2012, Shira Media
  76. Cantik dengan Pashmina, Kreatif Hijab Class, 2012, Shira Media
  77. 25 Kreasi Hijab Modern, Kreatif Hijab Class, 2012, Shira Media
  78. Kreasi Jilbab, Dari Casual Hingga Pesta, Roza Rianita, 2012, Shira Media
  79. Membuat Aksesoris untuk Jilbab, Roza Rianita, 2011, Rumah Ide
  80. Aksesoris dari Kain Perca, Roza Rianita, 2011, Rumah Ide
  81. 25 Kreasi Antaran Pernikahan, Roza Rianita, 2011, Rumah Ide
  82. Kreasi Mahar Uang Unik, Roza Rianita, 2011, Rumah Ide
  83. Ragam Kreasi Hantaran Pengantin untuk Hobi dan Bisnis, Roza Rianita, 2013, Hifest Publishing
  84. Ragam Kreasi Mahar Uang Istimewa untuk Hobi dan Bisnis, Roza Rianita, 2013, Hifest Publishing
  85. Kreasi Sulam Bayangan,Lilis, 2011, Rumah Ide
  86. Doa Penenang Hati, Neti Suriana, 2011, Rumah Ide
  87. Bawang Bawa Untung, Neti Suriana, 2011, Cahaya Atma
  88. Ketika Merasa Allah Tidak Adil, Aura Husna, 2012, GPU
  89. Kaya dengan Bersyukur, Aura Husna, 2013, GPU
  90. StoryCake : Indahnya Tobat, GPU, Candra Nila Murti Dewojati,
  91. Miss Takakura, 2013, Hafamira, Dewi Liez
  92. Best of Belanda, Ida Fauziah, Elex
  93. Best of Spanyol
  94. Storycake : Keajaian Rezeki, Nunu el Fasa dkk. GPU
  95. Storycake : Backpaker, Lygia Pecanduhujan dkk. GPU

Agar Naskah Diterima Agensi Naskah Indscript Creative


Grup IIDN merupakan grup yang dikelola langsung oleh Agensi Naskah Indscript Creative. Maka, jika ibu memiliki naskah dan ide mau menulis buku boleh loh bekerjasama dengan Indscript Creative..

Lalu, bagaimana supaya naskah Anda bisa lolos di agensi naskah Indscript Creative kemudian dipromosikan ke penerbit?

1. Buatlah naskah yang rapi secara ketikan. Spesifikasinya: Times New Roman, 12 poin, spasi 1,5, dan jumlah halaman minimal 120 hal untuk satu naskah buku

==> dengan ketikan yang rapi tidak membuat kami jenuh membacanya

2. Buatlah naskah yang rapi secara EYD. Biasakan untuk membaca kembali naskah yang akan dikirimkan, perbaiki salah huruf, salah ketik, dan bahasa yang tidak sesuai dengan EYD. Mulailah menjadi editor buku Anda sendiri.

==> dengan naskah yang rapi secara EYD membuat kami semakin tertarik membacanya

3. Buatlah sinopsis buku yang menjadi guide redaksi sebelum membaca keseluruhan isi naskah. Paling banyak 2-3 paragraf singkat yang menjabarkan isi buku.

==> dengan memberikan sinopsis yang menarik membuat redaksi semakin terpikat untuk membacanya. sinopsis sebaiknya disimpan sebelum isi naskah secara keseluruhan.

4. Buatlah profil penulis seinformatif mungkin. Mulai dari nama, nama pena, alamat email, no kontak telp, karya yang pernah dipublikasikan, hingga prestasi yang akan menjadi pemikat nilai buku.

==> semakin menarik profil Anda semakin menarik penerbit untuk membukukannya

5. Cek ricek kembali apakah naskah Anda sudah JEMPOLAN dan layak siap bersaing dengan buku yang lain yang sudah terbit? apakah naskah Anda akan jadi trend setter? atau naskah Anda sebetulnya pengikut buku lainnya? kalau begitu berikan kami alasan kenapa naskah Anda harus Agensi perjuangkan menembus penerbitan.

Berikut sistematika pengiriman naskah dalam satu file:

1. Judul dan nama penulis (dalam satu halaman)

2. Sinopsis

3. Daftar isi

4. Naskah isi

5. Profil penulis

6. Biodata penulis lengkap (jangan lupa karya yang pernah diterbitkan ditulis ya)

Kemana mengirimkannya?
indscript.creative@gmail.com
subject: TITIPAN NASKAH

Salam menulis,
Indari Mastuti

19 November, 2013

KMO-Menulis Buku Resep Masakan



Tertarik menjadi PENULIS BUKU RESEP MASAKAN? yuuk ikut KURSUS MENULIS ONLINE (KMO) IIDN" Menulis Buku Resep Masakan" Bersama Noni Rosliyani, ex editor Galang Press dan saat ini menjadi editor Bentang Pustaka. Kegiatan ini direncanakan pada Selasa, 3 Desember 2013 jam 19.00-22.00. 

Metode Belajar:
Peserta belajar Online selama 3 jam dengan bimbingan Pengajar
Materi bisa diunduh di Google Drive sesuai pilihan materi kursus yang dipilih. URL akan diberikan kemudian kepada peserta
Peserta kursus akan diundang ke grup khusus di FB untuk berdiskusi dengan pengajar
Peserta diberi kesempatan konsultasi selama 1 bulan kepada pengajar tentang penulisan materi yang dipilih.
Peserta akan diberi tugas yang harus diupload di file grup khusus yang disediakan
Mendapatkan fasilitas mentoring hingga 3 Januari 2014

Pendaftaran:
Peserta melakukan pendaftaran melalui Inbox FB @Rinny Ermiyanti atau email ke rinnyermiyanti@gmail.com,
Format: Daftar _ IIDN_Online_NamaKursus_Nama Peserta
Contoh : Daftar_IIDN_Online_Menulis Resep_Rinny Ermiyanti
Pendaftaran diterima paling lambat 24 jam sebelum jawal kursus dimulai.
Biaya :Rp. 100.000/ materi
Transfer ke rekening mandiri cabang Moh Toha an Damayanti No.rek 130-00-1300314-3

Kapan Waktu yang Tepat untuk Menulis?

Oleh Indari Mastuti


Minggu lalu saya banyak ditanya mengenai, "Kapan ya, saya mulai menulis?" ketika saya bertanya kembali, "kenapa tidak sekarang?" lalu sejumlah alasan pun muncul. Mulai dari anak yang masih kecil hingga pekerjaan yang padat. Kemudian saya ditanya lagi, "teh iin kapan mulai menulis?" dan saya menjawab, "Saya mulai mempublikasikannya sejak kelas 1 SMA", lalu? "Setelah punya dua anak balita masih nulis?" saya menjawab, "tentu masih."
Daaan..."Jadi, waktu yang paling tepat buat saya kapan ya untuk mulai nulis?" tanyanya lagi. Saya menjawab, "sekarang juga!"
Saya merasa memang tidak ada alasan untuk MENUNDA MIMPI MENJADI PENULIS, tidak ada alasan yang cukup untuk menghentikan proses menulis karena memang jika bertanya mengenai waktu yang tepat rasanya setiap waktu selalu ada alasan untuk tidak menulis, apalagi untuk kita yang ibu-ibu dengan sekian bocah kecil di rumah.
Nah, bagaimana dengan Anda?

Cara Membuat Blog dengan Blogspot

Oleh Rinny Ermiyanti

Blog atau Weblog adalah website yang berisi berbagai macam catatan pemilik website yang diterbitkan secara online. Blog yang pada awalnya hanya berupa artikel-artikel kemudian berkembang dengan konten foto, video, dan audio yang berformat mp3.
Blogspot dan wordpress menyediakan hosting secara gratisan untuk blog, sehingga siapapun bs membuat akun disana dengan menggunakan subdomain dari blogspot ataupun wordpress.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas cara membuat blog pada blogspot.
berikut langkah-langkahnya.

1. Anda harus memiliki Akun Google, Jika belum punya silakan ketik dibrowser anda http://mail.google.com/, kemudian klok tombol "buat akun baru/ create an account" dan isikan data pribadi anda pada form yg telah disediakan.

2. Setelah Anda memiliki akun atau email Google, selanjutnya pada internet browser ketikkan http://www.blogger.com/ maka anda akan masuk ke halaman Blogger Create a blog.

3. Pada kotak Sign in Email ketikkan alamat Email Google dan password Anda pada kotak Password kemudian klik tombol Sign in.

4. Kemudian kita akan masuk jendela atau halaman berikutnya,kemudian klik tombol "Blog Baru"

5. Selanjutnya buat judul blog anda , misalnya "Catatan Harian/ Resep Bunda Safira", kemudian anda diminta memilih nama subdomain yg anda inginkan. Lalu pilih template blog . Template ini bisa anda ganti kemudian.

6.Selanjutnya akan masuk ke halaman yang menyatakan bahwa Blog Anda telah dibuat, klik tombol Mulai mengeposkan untuk memulai membuat tulisan pada blog Anda.
Kemudian Anda akan diarahkan ke halaman postingan baru, silakan diisi Judul postingan pada kotak Post title dan isi artikel pada kotak besar. Pada kotak isi artikel Anda bisa menyisipkan gambar, link, mengatur jenis, ukuran dan warna font dan lain-lain. Setelah Anda yakin telah selesai dengan postingan klik tombol Publish. Anda bisa memilih Publik lalu klik tombol Bagikan.
Selesai. Anda telah memiliki sebuah Blog dan satu postingan, untuk melihat seperti apa tampilan Blog Anda klik tombol View blog dan itulah hasilnya.
Anda masih bisa mengcustom Blog baru ini sesuai selera, dengan mengganti Template maupun mengedit postingan Anda sebelumnya.

Contoh Blog saya yg berhosting di Blogspot, namun telah custom domain.http://www.rinnyermiyanti.com/

Jika ada pertanyaan atau tanggapan, silakan isi di kolom komentar. Insya Allah saya dan Ibu-ibu yang sudah expert lainnya akan membantu menjawab pertanyaan rekan-rekan.

Semoga bermanfaat

12 November, 2013

Berbagi Kekuatan Ibu dan Anak

Oleh :  Noor Ruly Abyz Wigati

Hari-hari terakhir ini banyak orangtua disibukkan dengan urusan pilihan sekolah dan pendaftaran ulang bagi anak-anak tercinta. Banyak persoalan menjadi bahan pemikiran sekaligus pembelajaran, mulai dari soal guru, kualitas sekolah, fasilitas, nilai yang nggak 'kesampaian', soal biaya dan sebagainya.
Sungguh tak akan pernah selesai tugas sebagai orangtua, tuntas yang satu, lainnya harus dihadapi, begitu seterusnya sepanjang masa.  Adalah nikmat ketika sebagai orangtua kita bisa menerima kondisi apapun dengan kelapangan hati dan pikiran.  Sesulit dan seberat apapun persoalan pendidikan anak yang harus dihadapi setiap hari, sebenarnya adalah mata pelajaran yang sangat bernilai di 'universitas kehidupan'. Kepanikan saat anak tidak diterima di sekolah yang diinginkan, kekhawatiran ketika harus berpisah dengan anak yang melanjutkan pendidikan di kota lain, keterbatasan dana dan kesulitan lainnya, ternyata membuat orangtua menjadi semakin banyak berusaha, semakin kreatif mencari jalan keluar dan semakin sering berdo'a kepada Tuhan.
Sungguh,  do'a ibu adalah kekuatan yang dahsyat bagi ananda, sebaliknya anak-anak kita adalah kekuatan hati bagi para ibu untuk menghadapi semua masalah di hadapan dengan kepala tegak.

Saat Anak Mulai Merengek

Oleh : Candra Nila Murti Dewaojati (penulis buku Keajaiban Silaturahmi dan Masuk Surga Meski Tidak Sholat)

Ada cuplikan kisah yang cukup miris dari seorang tetangga. "Sebenarnya bu, anaknya belum genap 17 tahun. Tapi ya itu pergaulan bebas sama anak-anak yang tidak 'jelas' buahkan hasil memusingkan bagi orangtuanya yang notabene miskin. Akhirnya diputuskan menikah dengan pemuda 'ajrut-ajrutan' untuk menutupi aib. Padahal sebelumnya apa saja yang diminta anak, dituruti orangtuanya yang pekerjaannya hanya sebagai tukang sampah. Entah hape keluaran terbaru, entah barang-barang lain, agar ia berhenti merajuk, mau sekolah dan meninggalkan teman-temannya yang tak jelas.."

Saya terus teringat kisah di telivisi, seorang anak yang tega melukai 5 anggota keluarganya dengan palu, hanya gara-gara permintaan sepeda motor tidak dituruti. Ayah  ibunya yang sudah renta dan tiga saudarinya semuanya bocor kepalanya.
"Saya sudah bilang padanya, jika uangnya hanya satu juta rupiah, itupun simpanan kami untuk jaga-jaga. Kami adalah keluarga yang tidak berpunya,.." kata ayah anak durhaka sambil menerawang sedih.

Belum lagi kisah seorang anak tetangga yang menggelapkan uang bapaknya yang seharusnya diserahkan untuk dibayarkan ke sekolah, katanya:"uangnya hilang", padahal bapaknya bercerita, itu uang 'satu-satunya' saat ini, dan ia belum punya uang lagi. Ternyata sebenarnya uang itu hanya untuk jajan!

Begitu mudahnya anak merengek dan seolah tidak mau tahu kondisi orangtuanya. Yang ia tahu, harus mempunyai benda-benda mewah, terkini sama dengan anak lainnya. Ya, kalau orang tuanya mampu, jika tidak? Dan sebenarnya barang-barang rengekannya itu bukan barang yang sangat penting, perlu dan bermanfaat dalam jangka lama untuknya. Pernahkah Anda mengalami hal itu, harus turuti rengekan anak tak henti? padahal Anda tahu, akan sangat 'konyol' jika menuruti hal itu. lalu apa yang harus dilakukan?
Kiat-kiat hadapi rengekan ala bu Candra:
1. Bila permintaan anak hanya sebatas barang-barang yang kemungkinan berguna, tidak perlukan biaya besar dan masuk akal dan tak menguras kantong, maka dituruti tak mengapa. Jika harus dipending, katakan alasannya.
2. Jika barang-barang mewah (hape, sepeda, sepeda motor, laptop, binatang peliharaan yang mahal dls), dan kegunaan untuknya hanya sekedar untuk ujub, gaya maka perlu dipertimbangkan. Karena Semakin mudah anak memperoleh apa yang diinginkan, semakin tidak mengerti jika mencari uang tidaklah mudah. Secara tegas dilarang dengan alasan yang masuk akal, atau dengan lemah lembut menerangkan jika hal itu belum bisa dituruti (tiap anak berbeda karakter).
3. Perlu panutan untuk melakukannya (seperti anda juga tak membeli barang2 yg mahal yang tak berguna).
4. Sekali waktu ajak anak ke panti asuhan, kantong-kantong kemiskinan, pinggir-pinggir jalan, pasar, tempat bencana dan lainnya sambil terangkan, soal bagaimana orang harus bijak meminta dan belanjakan sesuatu. Jika ada acara telivisi mengenai misalnya "orang pinggiran" dan lainnya, beri penerangan pada anak, ternyata banyak orang yang tak beruntung hidupnya.
5. pilihkan komunitas anak yang baik, karena itu akan pengaruhi banyak pada pola pikir/konsumtif anak, tariklah jika komunitas yang ia datangi adalah sangat buruk.

Memang tidak mudah menerapkan itu, namun bukanlah sesuatu yang tidak mungkin jika kita berniat untuk menjadikan keluarga kita sakinah, mawadah warohmah. Andalah yang sangat berperan bentuk karakter anak.


Kelas Menulis untuk Anak


Bagi Anda yang ingin anaknya juga jadi DOYAN NULIS, yuk ikutsertakan dalam kegiatan "KELAS PELATIHAN MENULIS UNTUK ANAK" di grup Ibu-ibu Doyan Nulis. 
Kegiatan berlangsung pada Minggu, 24 November 2013 dari jam 08.00 - 12.00 di Jl.PLN Dalam I No.1/203D, Moh Toha, Bandung.

Silakan inbox Indari Mastuti

07 November, 2013

Faktor Penyebab Hilangnya Semangat Menulis

oleh Sri Rahayu

Selamat sore ibu-ibu hebat... udah pada mandi belum? Maaf diskusi kita kali ini kesorean ya, semoga tidak mengganggu aktivitas rumahtangga ibu-ibu.  Kali ini saya ingin mengajak ibu-ibu untuk berbagi tentang faktor-faktor penyebab hilangnya semangat menulis.

Saat pertama kali saya memulai kembali hobi menulis terus terang saya merasa tidak percaya diri.  Merasa diri ini tak mumpuni dan tak layak membuat sebuah karya.  Setiap kali saya mencoba untuk memulai selalu saja ada dorongan yang membuat jari ini berhenti bergerak.  Layar FB yang terus bergerak membuat saya terpaku dan tergoda untuk mengintip.  Akhirnya saya lebih asyik berhaha-hihi dengan teman lama di dunia maya.  Rupanya kurangnya rasa percaya diri membuat saya enggan untuk memulai dan kehilangan semangat, tapi melihat para ibu-ibu keren yang terus saja melahirkan karya semangat itu muncul kembali dan saya memulai menulis.

Sebagai penulis baru tentulah tulisan saya jauh dari sempurna, bahkan saya sendiri tak merasakan jiwa dari tulisan itu.  Saya mencoba memberanikan diri untuk mengirimnya pada beberapa orang teman dan berharap mereka berkenan memberi masukan.  ternyata tak satupun yang memberikan jawaban ... tanda tanya bergelayut dalam otak saya.  Mengapa mereka diam tanpa satu komentar?  Bagus tidak, jelek juga tidak.
Setelah berjalannya waktu barulah saya menyadari bahwa mereka tak memberikan jawaban karena memang tulisan itu belum mempunyai jiwa, namun mereka tidak ingin semangat menulis saya hilang hanya karena kritik.  Mereka hanya berkata " teruslah menulis"

Ya!  kritik acap membuat semangat menulis lenyap pada sebagian orang yang baru memulai aktivitas ini.  Saya berterima kasih pada mereka yang telah menahan kritiknya saat saya masih belum siap, saat saya baru belajar tertatih.  Saya pun berusaha untuk menahan kritik atau mengemas kritik menjadi lebih cantik pada sebagian orang yang menurut saya lebih membutuhkan motivasi daripada kritik yang pedas.

Nah... kalau ibu-ibu pernah tidak kehilangan semangat menulis?  Biasanya apa yang bikin ibu-ibu menjaduki tidak bersemangat?

Jurus Ampuh Usir Galau

Siapa saat ini yang sedang galau..ayo ngacung? Merasa terpuruk dan sedihseolah tak berujung pangkal? Merasa hampir seluruh orang didunia ini tak adayang sanggup menghibur anda? Langsung manyun sepanjang hari, ingin teriak-teriakdipucuk genteng rumah, atau menyobek-nyobek tumpukan kertas Koran yang ada diagen Koran? Mulai saat ini hentikan pikiran-pikiran mengenaiitu. Karena sebagai orang yang mempunyai iman dan menempatkan Tuhan dalamsetiap tindakan, akan sangat salah bila ‘memelihara derita’ yang seolah takpernah berakhir itu.
            Karena dengan anugrah akal danpikiran yang sehat maka sebenarnya Anda akan sangat mampu untuk menelusuri masalalu dan mereka-reka apa yang terjadi pada masa depan. Masa lalu bisa menjadikenangan, romantika bahkan trauma! Pun, dengan masa depan. Ia bisa menjadi  harapan atau bahkan malah kecemasan. Dua halitu sangat mempengaruhi masa kini, yakni bahagia atau derita. Sebenarnya penilaiankedua-duanya itu mengacu pada satu hal, yakni kehidupan itu; kesedihan dankebahagiaan hanya persoalan cara memandang kita terhadap sesuatu hal.
AdaLima langkah yang harus Anda lakukan jika ingin usir sedih dalam diri Anda,yakni
1.      Selalu Sebut Asma Allah
Hadistriwayat Ibnu Abbas ra, bahwa Nabi saw ketika tertimpa kesusahan, beliauberdoa:”Tiada Tuhan selain Allah yang Maha Agung, lagi  Maha Penyantun Tidak ada Tuhan selain AllahTuhan yang memiliki Arsy nan Agung, tidak ada Tuhan selain Allah Tuhan segenaplangit, Tuhan Bumi serta Tuhan Arsy nan mulia” (Shahih Muslim no 4909)
PenyebutannamaNya dengan berdzikir dalam setiap kesempatan mempunyai kronologis yangsangat masuk akal. Seperti saat orang menyebut asmaNya, hati akan tenang. Nahketenangan batin inilah membuat aura positif  akal untuk selalu berpikir jernih, bukankalut. Ketabahan, kesabaranpun akan segera tampak dan tentu akan mempermudahmenyelesaikan masalah.
2.      Kerjakan shalat dhuha dan berdoasaat sepertiga malam.

Shalat dhuha, jangansepelekan hal yang sebenarnya mudah dilakukan namun berdampak sangat besardalam kehidupan. Shalat dhuha selain menjaring rizki juga terbuktimenghindarkan diri dari musibah yang menimpa dan memantapkan hati untuk menjadihamba yang terhindar dari kesedihan dan derita.

Berdoa di sepertigamalam mempunyai keutamaan dalam usir segala sedih yang melanda, mententramkanjiwa gelisah dan sarana berkeluh kesah, curhat pada Tuhan.
“Apabila tersisasepertiga dari malam Allah azza wajalla turun dari langit ke bumiberfirman;’Adakah orang yang berdoa kepadaku akan kukabulkan? Adakah orang yangberisthigfar kepadaku akan kuampuni dosa-dosanya? Adakah dengan yang memohonrezeki kepadaku akan Ku beri rezeki? Adakah orang yang memohon dibebaskan darikesulitan yang dialaminya, Aku atasi kesulitan-kesulitannya yang demikiansampai fajar tiba” (HR Ahmad)

3.      Berusaha beri pertolongan oranglain dalam kesulitan.
 Mosok sedang sedih malah dianjurkan beripertolongan orang lain yang menderita? Namun sebenarnya hadist Nabi saw;”Barangsiapa ingin agar doanya terkabul dari kesulitan-kesulitan tertentu,hendaknya dia menolong orang yang dalam kesempitan (HR Ahmad) mengandungpengertian yang sederhana, namun sangat efektif menolong kita dalam menguraikesulitan, masalah derita yang dihadapi.

Karena dengan memberikanpertolongan oranglain, Allah akan menganggapnya sebagai amalan baik, yang akanmemungkinan seseorang itu ditolong oleh Allah. Juga saat kita menolongkesulitan orang lain, diharapkan akan meluluhkan sikap putus asa, karena merasamasih ada orang lain yang mengalami kesusahan, kesedihan atau malah lebih burukdari derita yang kita alami. Hikmah terbesar itu memungkinkan seseorang akanlebih tegar berdiri, mengurai derita yang dialami sehingga bisa menyelesaikanberbagai masalah kehidupan.
4.      Syukuri Musibah
Bagaimana mungkin orang masih bisabersyukur setelah musibah datang menerpanya? Mengapa tidak bisa?. Allah sendiri telah menjanjikan untukmenambah nikmat  bagi  umatnya yang tak enggan dan tak berhentiuntuk bersyukur. Redaksinya, tak ada kalimat ‘bersyukur dalam keadaan apa’.Berarti ini mengandung pengertian bersyukur dalam keadaan apa saja. Saat sedih,gundah menahan derita atau terkena musibah. Dan sudah jamaknya bersyukur saatsedang menerima kebahagiaan.
Inilah bukti, bahwa bila manusia sudahfaham kalau derita, kesedihan dan kesulitan hidup itu hanya tinggal menungguwaktu terjadinya. Makanya, bersiap menghadapi segala kemungkinan terburuk itu,adalah hal tercerdas yang dilakoni seorang hamba karena dengan demikian, iaakan dengan cepat dan mudah menata hati saat derita datang.
Adabeberapa hal positif yang bisa dilakukan seseorang saat berkeinginan mengubahderita yang dialaminya menjadi kekuatan, diantaranya:
a.       SelaluBerbaik Sangka Kepada Allah, jika merasa seluruh kehidupan ini adalahskenarionya. Semuanya tak ada yang abadi, pun kesedihan, semuanya bisa silihberganti datang bak siang dan malam.
b.      MengubahSudut Pandang, jika galau bin sedih bisa cepat berlalu jika kita berniat untukmengusirnya
c.       Anggapringan Ujian Tuhan, karena ternyata ada orang yang lebih berat ujiannya.
Untukitu, yang sedang sedih, galau, gelisah cepatlah berdiri tegak jangan larutdengan keterpurukan. Mari berpegangan tangan saling berbagi dan menguatkan..