Breaking News

09 January, 2013

Kompetisi Menulis GagasMedia 2013: 7 Deadly Sins

Hello, writers !!
Pasti sudah kangen dong di tantang oleh GagasMedia dengan lomba menulisnya. Kali ini,tantangannya adalah menulis novel dengan karakter yang tidak sempurna. KIta semua tahu kan,karakter fiksi yang serba sempurna itu membosankan. Kamu bisa memilih salah satu kekurangan tokoh utamamu itu dari tujuh dosa mematikan (SEVEN DEADLY SINS) yang terkenal itu.
Ketujuh dosa yang dimaksud adalah WRATH (Murka),LUSH (Nafsu),GLUTTONY (Kerasukan),GREED (Keserakahan),SLOTH (Kemalasan),ENVY (Dengki/iri hati),dan PRIDE (Kesombongan). Kamu bisa belajar lebih lanjut mengenai 7 Deadly Sins di 
artikel http://gagasmedia.net/artikel/1234.html dan http://gagasmedia.net/artikel/1233.html 

Ketentuan

  1. Genre naskah bebas (kecuali fantasi)
  2. Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia ,panjang antara 100-150 halaman A4,spasi 1,Times New Roman 12. Sertakan sinopsis lengkap maksimal 2 (halaman A4)
  3. Selain kwalitas tulisan, juri akan membuat penilaian khusus berdasarkan kemampuan penulis menggarap kepribadian tokoh utama berdasarkan 'dosa' yang dipilihnya dan bagaimana kemampuan crafting penulis menjalin kepribadian karakternya dengan jalan cerita (plot) naskahnya.
  4. Setiap penulis wajib membuat satu vidio promo (maksimal 3 menit,di upload di youtube atau media vidio sharing lainnya) yang berisi tentang deskripsi singkat naskah yang diikuti lomba dan apa yang membuat juri wajib memilih naskahnya sebagai pemenagng (perhitungannya: satu vidio promo untuk satu naskah. Jadi kalau kamu mengajukan lebih dari satu naskah ,vidionya juga dibuat sebanyak naskah yang kamu ikutkan lomba).
  5. Naskah dikirim berbentuk print out (cetak,sudah dijilid rapi) sebanyak 1 (satu) eksemplar.Sertakan formulir lomba (download dari link ini : http://gagasmedia.net/media/FORMULIR_7_DEADLY_SINS.doc kamu wajib mencantumkan link vidio promo buatanmu di formulir.
  6. Naskah dikirim ke redaksi GagasMedia (alamat: Jalan Haji Montong No.57 Ciganjur Jagakarsa ,12630). Diamplop pengirim naskah ,harap menuliskan kode GAGASMEDIA'S 7 DEADLY SINS berikut 'dosa' yang kamu pilih (misalnya: GAGASMEDIA'S 7 DEADLY SINS: WRATH) .
  7. Naskah kamu diterima paling lambat 7 mei 2013 (cap pos). Untuk mempermudah pendataan , diharapkan satu amplop saja untuk satu naskah.
  8. Naskah yang sudah dikirim untuk lomba ini tidak akan dikembalikan 
  9. Pemenang lomba akan diumumkan 7 juli 2013 di website resmi fanpage GagasMedia
  10. Keputusan juri tidak bisa diganggu gugat.
Hadiah :
Sebagai apresiasi bagi karya-karya terbaik,GagasMedia memberikan penghargaan bagi 7 (tujuh) orang pemenang berupa uang senilai Rp 5.000.000,tablet,dan voucher buku.Ketujuh pemenang juga berhak mendapatkan kontrak penerbitan di GagasMedia.

Tunggu apa lagi ??
Mulailah proyek penulismu dan jangan lupa menyiapkan lagu yang enak-enak di playlistmu. Start working on your novel and be the next famous author in Indonesia.

08 January, 2013

Masa Mengidam yang Aduhai


Ditujukan untuk mba Navita Kristi Astuti
Semoga terpakai, maaf kalau terlalu panjang. Kalaupun tidak terpakai, sekalian mejeng saja di sini dan berbagi dengan ibu2 yang lain :)

Sebelum hamil, aku mungkin salah satu perempuan yang salah kaprah tentang apa itu ‘ngidam’ pada ibu hamil. Yang aku tahu bila seorang ibu hamil mengalami ‘ngidam’ itu artinya si ibu sedang menginginkan sesuatu dan biasanya harus segera dikabulkan, walaupun permintaannya terkadang tidak masuk akal dan waktunya tidak tepat. Misalnya, ingin makan jambu monyet di tengah malam. Mau beli dimana coba? Belum lagi kalau lagi tidak musim? Haduh, sang suami pasti kalang kabut mencari. Tapi ternyata, mengidam tidak sesederhana itu. Saat tahu aku sedang hamil, aku mulai mencari-cari informasi tentang apa saja yang dialami oleh seorang ibu di masa kehamilannya. Dari situ aku tahu bahwa mengidam tidak sesederhana itu. Ternyata, cakupan mengidam itu sangat luas. Sederhananya, mengidam itu adalah masa dimana seorang ibu hamil mulai mengalami perubahan—yang biasanya tidak mengenakkan—yang biasa dialami di trimester pertamanya. Bisa mual, muntah, pusing jika mencium bau sesuatu atau gejala-gejala lain yang. Dan aku termasuk salah seorang perempuan yang mengalami masa mengidam yang cukup mengganggu.

Saat pertama kali mengetahui aku hamil, tentunya senangnya bukan kepalang. Apalagi setelah tahu aku mengandung bayi kembar. Saat itu suamiku tinggal di depok dan aku tinggal di bandung. Kehamilanku awalnya lancar-lancar saja. Menjelang usia kehamilan dua bulan, indera penciumanku mulai sensitif dengan bau-bauan, yang padahal sebelum hamil tidak menjadi masalah bagiku, seperti bau bawang goreng. Aku mulai sering merasa mual, mulai sulit makan. Kucoba menikmati pengalaman itu. Lagipula yang kubaca, jika ibu hamil mengalami mual muntah, itu artinya hormon kehamilannya bagus. Jadi, aku tidak terlalu merasa cemas. Aku pikir hal itu tidak akan berlangsung lama. Tapi lambat laun, aku semakin merasa tersiksa melalui masa kehamilan. Lama-lama aku makin sulit makan, gampang mual, minum air putih pun muntah. Melihat nasi saja aku sudah bergidik. Memasuki bulan ketiga, pilihan menu yang bisa kumakan dan kuminum mulai menyempit. Aku hanya bisa makan buah semangka. Tok, itu saja yang bisa kumakan hingga memasuki bulan keempat. Saat-saat seperti itu aku jadi berpikir, “Apapun akan kumakan jika aku tidak merasa mual menciumnya, daripada tidak makan sama sekali.” Pernah suatu saat aku melihat ada liputan tentang keripik singkong balado khas kota Padang dan tiba-tiba aku mengingkannya. Dua hari kemudian kiriman keripik datang dan kumakan dengan lahap karena dengan memakannya aku tidak merasakan mual. Keripik aku makan dengan lahap walau pada akhirnya sama saja seperti makanan yang lain… berakhir di kamar mandi setelah aku muntahkan tidak lama kemudian. Duh, frustasi rasanya. Nafsu untuk makan ada tapi tubuh tidak mendukung. Apalagi sebelum hamil aku termasuk orang yang tidak berpantang-pantang dalam hal makan. Apa saja kumakan asal aku suka. Jam 10 malam pun jika aku lapar aku akan makan.

Puncaknya adalah saat aku menjalani chek up bulanan, yang biasa kujalani sendiri karena suamiku bekerja di luar kota. Seperti biasa, jumat pagi itu aku berencana mengunjungi dokter kandunganku di salah satu rumah bersalin di bilangan Margahayu Bandung dengan mengendarai motorku sendiri, karena setelah chek up, aku akan langsung pergi bekerja dan pergi ke kantorku yang berada di daerah Buah Batu Bandung. Oh iya, selama hamil, aku masih mengendarai motorku sendiri bila akan berangkat ke kantor. Logikaku, daripada naik angkot yang suka tiba-tiba berhenti atau tidak kita tahu kapan akan melewati jalan berlubang, lebih baik aku mengendarai motorku sendiri karena aku bisa mengantisipasi jalan yang jelek dengan berjalan perlahan atau duduk setengah berdiri saat melewati polisi tidur. Walau kadang aku merasa pusing di jalan, tapi masih bisa kutahan. Sebelum memasuki ruang praktek, seperti biasa suster memeriksa tensi dan berat badanku. Hasilnya? Tensiku normal walau sudah memasuki rendah, dan berat badanku turun. Aku lupa berapa, yang pasti jika dijumlahkan dengan berat badan yang turun saat kehamilan umur tiga bulan, berat badanku turun hingga 8 kg. Ya ampun, banyak banget! Setelah dokter memeriksaku, dia berkata aku harus chek lab untuk memastikan apakah aku harus diopname atau tidak.Alamak, aku harus diopname? seumur-umur aku belum pernah diopname atau dirawat di rumah sakit. Ya sudah. Aku pun langsung pergi ke lab yang ada dekat rumah bersalin dan menunggu hasilnya. Setelah itu, aku kembali menemui dokter, dan setelah melihat hasil lab dia mengatakan aku harus diopname saat itu juga karena aku kekurangan nutrisi dan ada benda asing yang terlihat dari tes urinku. Saat itu juga aku diinfus dan harus bedrest selama dua hari. Semua administrasi aku urus sendiri: mulai dari memilih ruangan, mengisi formulir, tidak lupa memastikan motorku sudah aman di tempat parkir karena akan berada di sana untuk dua hari ke depan.

Tadinya aku sangat menolak untuk diopname, mengingat biayanya yang tidak sedikit. Tapi mau tak mau aku menuruti saran dokter karena aku berpikir ini baik untuk bayi kembar yang ada dalam kandunganku. Sepertinya merekalah alasan mengapa aku mengalami masa mengidam yang cukup sulit. Tapi tak mengapa. Saat kupikir aku mengalami masa kehamilan yang sulit, aku berusaha mengingat bahwa ada ibu hamil yang mengalami masa kehamilan yang lebih parah dariku, harus bedrest bahkan selama beberapa bulan karena kandungannya yang lemah misalnya. Dibandingkan dengan perjuangan mereka, perjuanganku mendapatkan bayi tidak ada artinya. Itu yang membesarkan hatiku. Dan ternyata, selama diopname, aku bisa makan dengan lahap. Apa karena makanannya yang enak atau karena aku diberi vitamin yang bisa mengurangi mual muntahku ya? Yang pasti semua makanan yang disediakan rumah sakit aku makan. Ya iyalah, sayang dong, udah bayar mahal gitu lho :)





Mengupas tentang kebiasaan ibu menulis

Mengupas tentang kebiassan ibu menulis yang menstimulusa anak menjadi lebih kritis ..


07 January, 2013

Writing Compotition Anmum Bunda Inspiratif with IIDN

ANMUM ESSENTIAL 3&4 merupakan produk susu pertumbuhan anak tanpa tambahan gula yang pertama di Indonesia Anmum essential mengeluarkan kampanya pemasaran baru yang menyoroti manfaat susu tanpa gula tambahan bagi pertumbuhan dan perkembangan,khususnya daya konsentrasi anak.Bertempatan pada hari ibu bulan desember 2012,maka pada tanggal 19 Desember 2012,fonterra brands Indonesia dengan brand ANMUM ESSENTIAL akan mengumumkan kampanye ini melalui cara edukasi media dengan mangangkat tena "ANMUM BUNDA INSPIRATIF" .ANMUM ESSENTIAL ingin memberikan aspirasi kepada para Bunda yang memberikan dukungan terbaik untuk pertumbuhan dan kesehatan anaknya. Hal tersebut dapat menjadi inspiratif bagi bunda lainnya melalui bagaimana cara terbaik dalam mengatasi adanya masalah pada pertumbuhan dan perkembangan anak saat ini.
Aspirasi ANMUN ESSENTIAL diwujudkan dalam suatu kompetisi menulis yang merangkul suatu komunitas ,yaitu komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) yang mempunyai visi serta pandangan yang sesuai dengan tujuan kampanye ANMUM ESSENTIAL. Kompetisi menulis ini diadakan dengan mempertimbangkan aktivitas komunitas IIDN dimana para anggota selain mengurus anak juga dapat berkreativitas melalui kegiatan yang positif tanpa menggangu aktivitas sebagai seorang ibu

Tema penulisan
Tentunya untuk dapat mengantisipasi adanya isi tulisan diluar dari pesan yang ingin dituju oleh ANMUM ESSENTIAL maka diperlukan beberapa tema yang menjadi acuan bagi para partisipan.Tema naskah yang diajukan meliputi pengalaman para partisipan dalam :
1) Mengajarkan anak-anak untuk dapat berkonsentrasi dalam belajar,
2) Mengoptimalkan konsentrasi anak,
3) Memberikan atau memilih asupan sehat tanpa gula tambahan

Kriteria Partisipan :
1) Lomba menulis ini bebas dari biaya atau gratis
2) Merupakan anggaota komunitas ibu-ibu doyan nulis
3) Aktif dalam menulis sebuah artikel atau naskah atau blog
4) Warga negara Indonesia yang berdomisili Indonesia

Kriteria Publikasi Media Online Pibadi Lainnya (Fb atau Blog)
  • Tulisa atau artikel harus dipublikasikan dimedia-media online pribadi lainnya,seperti blog pribadi,blog komunitas IIDN,serta mencantumkan link komunitas IIDN,ataupun facebook selama masa pengumpulan artikel (19 Desember 2012 hingga 18 januari 2013)
  • Artikel wajib diberikan label atau tag ANMUM ESSENTIAL ,ANMUM BUNDA INPIRATIF,TANPA GULA TAMBAHAN
  • Artikel wajib mencantumkan foto dengan buku hasil karya anggota IIND serta mencantumkan link komunitas IIDN diakhir tulisan
  • Artikel harus orisinil dan bukan terjemahan,saduran atau plagiarisme
  • Artikel belum dibuat sebelumnya dan tidak sedang diikut sertakan dalam kompetisi lain
  • Artikel belum pernah dan tidak sedang dimuat dimedia massa formal (nasional media) manapun (seperti ,Kompas,seputar Indonesia,dll)
  • Artikel menggunakan bahasa Indonesia
  • Artikel tidak melanggar hak cipta ,tidak mengandung SARA,tidak mengandung kalimat negatif ,tidak menyebutkan merek susu lainnya selain ANMUN ESSENTIAL
  • Tulisan atau artikel harus dipublikasikan dimedia-media online pribadi lainnya
  • Tidak ada batasan dalam penggunaan platform blog (wordpress,blogspot,blog detik,dll)
  • Batas minimal yang ditentukan dalam penulisan artikel adalah 200(dua ratus) kata
Ketentuan Pengumpulan Naskah
  • Peserta hanya boleh mengumpulkan satu naskah
  • Lomba ini berlangsung selama 19 desember 2012-18 januari 2013
  • Pengumpulan naskah akan dikumpulkan melalui account email khusus untuk writing competition yang dapat diakses oleh semua panitia
  • Email akun panitia : Anmumcare.Indonesia@fonterra.com
Di cc email ke anmumbundainspiratif@gmail.com
  • Pada saat pengumpulan naskah ke email account panitia diharapkan menyertai data diri pribadi :
  1. Nama,Usia,Alamat,Telepon & Hp
  2. Melampirkan kartu identitas diri yang masih berlaku (KTP/SIM/paspor)
  • Pengumpulan naskah terakhir ditunggu hingga 19 Januari 2013 pukul 00.00 WIB
  • Peserta akan didiskualifikasi apabila ditemukan sebagai plagiarism sebagai peneliti
Ketentuan Penjurian
  • Penjurian dilakukan selama dua minggu mulai 19 januari 2013-01 Februari 2013
  • Akan ada tiga pemenang kompetisi ini: juara 1,juara 2,dan juara 3
  • Semua naskah yang telah masuk ke panitia akan dinilai oleh fonterra brands Indonesia apakah sesuai dengan pesan yang diinginkan yang disinergikan dengan tema kampanye 
  • Penjurian akan dilakukan oleh pihak penyelenggara (Fonterra Brands Indonesia) dan 1 ahli bloger (Iskandar Zulkarnae,Kommunity editor KOMPAS.com & Sosial Media Developer Kompasiana)
  • Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat termasuk keputusan bila dianggap tidak ada pemenang yang layaK
  • Pengumuman pemenang lomba akan dilakukan pada hari senin,04 Februari 2013 ,pukul 18.00 WIB
  • Pengumuman pemenang akan di posting wi webpage anmum (www.bintangAnmum.com) dan webpage IIDN ,yang tentunya juga setiap pemenang akan dihubungi langsung oleh panitia
  • Setelah adanya pengumuman bagi pemenang kompetisi ini maka artikel tersebut akan dinaikan sebagai salah satu artikel dalam Newsletter internal Fonterr
Hadiah
Pemenang yang beruntung akan mendapatkan hadiah berupa :
  • Juara 1 : Samsung Galaxy Note
  • Juara 2 : Acer Iconia Tab W510
  • Juara 3 : Notebook Toshiba C800D



Puzzle Mimpi

Semangat Pagi ..
Anda pasti kenal yang satu inj.Anda memotivasi diri anda dengan melawan musuh anda yang paling hebat."Jika saya menulis ini dan saya bisa memperlihatkan bahwa dia salah dan saya bukan seorang idiot tanpa bakat yang tak akan pernah berhasil dimana pun".Atau anda menempatkan diri anda melawan lingkungan anda,yang tak pernah berpikir bahwa orang dengan latar belakang seperti anda,dari kelas anda,negara anda,ras anda,daerah asal anda,tidak akan pernah berhasil,lalu anda bekerja keras untuk membuktikan bahwa mereka salah.
Strategi seperti ini mungkin tampaknya bisa berhasil membawa anda melalui proses yang harus anda jalani,tapi sayangnya tidak akan membawa kenikmatan pada akhirnya. Karena anda menempatkan motivasi anda berhadapan dengan kejutan dari musuh anda,tidak akan ada kepuasan ketika anda meraih target anda.Ketika akhirnya berhasil membuat sebuah karya,cerita pendek misalnya yang dimuat disebuah majalah,tidak ada hal yang menyenangkan yang secara otomatis jatuh dihadapan anda dari guru anda atau orang yang sebelumnya mengatakan bahwa anda tidak dapat melakukannya. Dengan strategi motivasi ini tidak ada kemenangan. Belum lagi dengan banyaknya energi yang dibangun dalam badan anda sebagai bayarannya,dan seringnya malah menghabiskan kekuatan yang anda miliki untuk melangkah dengan gembira ke tulisan selanjutnya.

02 January, 2013

Lomba Menulis Komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis Bersama Sulostrum


Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) bersama dengan Sulostrum (Susu Kolostrum) mengadakan Lomba Menulis Artikel berdasarkan pengalaman sendiri yang bertemakan :


  1. “SENSASI HIDUP SEHAT DENGAN MINUM SUSU KOLOSTRUM (SULOSTRUM)” atau
  2. “AKU SAYANG IBU DAN SULOSTRUM”

Syarat dan Ketentuan:
  1. Penulis merupakan warga negara Indonesia yang dibuktikan dengan scan KTP atau kartu pelajar asli. Hasil scan terbaca jelas.
  2. Peserta minimal berusia 25 tahun.
  3. Artikel harus mengacu pada pedoman EYD meski tidak formal, tidak menggunakan bahasa alay, dan belum pernah dipublikasikan di media apapun.
  4. Artikel ditulis dengan menggunakan Ms.Words di kertas A4, font Times New Roman 12, spasi 1,5. Artikel tidak disalin tempel ke badan surel tetapi di-attachment dalam bentuk file terpisah.
  5. Artikel harus memiliki 300-500 kata (bukan karakter).
  6. Sertakan biodata seperti nama lengkap, alamat rumah, nomor kontak/HP, dan alamat email yang jelas pada file artikel yang dikirimkan tetapi berbeda halaman.
  7. Like Fanspage https://www.facebook.com/Sulostrum?fref=ts dan follow @sulostrum
  8. Kirimkan artikel ke lombanulis.sulostrum@gmail.com dan yugha.perdhana@sulostrum.com
  9. Deadline pengiriman artikel adalah Kamis, 31 Januari 2013, pada pukul 23.59. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2013.
  10. Jika terpilih menjadi pemenang, peserta harap mengirimkan alamat yang ada di Indonesia.

Hadiah
  1. Uang tunai Rp 1.000.000,- plus paket dari susu kolostrum
  2. Uang tunai Rp  750.000,- plus paket dari susu kolostrum
  3. Uang tunai Rp  300.000,- plus paket dari susu kolostrum
  4. 10 pengirim pertama mendapat paket dari susu kolostrum

Juri :
  1. Lygia Nostalina, Penulis Buku
  1. Ali Muakhir, Peraih Muri sebagai Penulis Buku Anak Terbanyak

Saatnya ibu-ibu menulis

Adakah sesuatu yang baru dari resolusi yang Anda buat untuk tahun 2013 ini? Jadikan hidup Anda tahun ini penuh dengan inspirasi dengan melakukan hal-hal yang baru. Jika Anda tidak begitu suka memasak, mengapa tidak tahun ini Anda mencoba untuk belajar memasak ^^ Jika Anda tidak begitu suka berolahraga, mengapa tidak mencoba untuk melakukannya. Dimulai pada minggu pertama tahun ini, Anda melakukan kegiatan bersepeda bersama keluarga, misalnya. Jika Anda tidak begitu suka membaca, mengapa tidak pada tahun ini Anda mulai untuk menyukai kegiatan yang penuh manfaatnya ini. Atau jika tahun lalu Anda belum juga menulis, mengapa tidak pada tahun ini Anda mulai menjadi menulis sebagai bagian dari hari-hari Anda? ^^
Bagaimana?? Tunggu apa lagii .. saatnya ibu-ibu menulis !!

TIPS KULIT SENSI

haiiiii. sudah lamaaaaa gak posting disini, sudah berabad-abad rasanya. just mau berbagi saja soal perempuan. (kan semua membernya masih perempuan ya).
  ini lho soal kulit. kebetulan saya dianugerahi kulit super sensitif. kedinginan, kepanasan, kena air/udara kotor, kecapekan, banyak pikiran... larinya menuju satu arah: kulit gatal2. dan parahnya, yang paling seringn tgerserang daerah lipatan, termasuk sleki *tutupmuka*

capek jadi pasien dermatolog dengan obat2 yang ampuh tapi muahal, akhirnya ada juga cara. biasanya, kalo belum parah2 amat, olive oil atau VCO cukup membantu sebagai pengganti salep. alami, gak takut lama2 kulit jadi rentan.

terus untuk menjaga kebersihan, biasakan steam V. dengan cara gimana? rebus 10 daun sirih dalam 2 gelas air, begituu mendidih pindahkan air rebusan (plus daunnya) ke ember kecil, terus kita jongkok aja dia atasnya sampai uap panasnya menyerang semua ke tubuh kita (tentunya gak usah pakai CD lah yaa). kalau saya sih tetep pakai pancinya, soalnya panci khusus. jadi kadang kalau teledor kulit paha nyentuh pancinya, ya wadawww! hahaha.

rasanya kayak gimana tuh diupa begitu di daerah yang super sensitif? ya puanas lah yaw, mirip-mirp kayak udang rebus aja dah. tapi setelahnya... wuenak kok, berasa bersih higinis :)

Oh ya, air yang sudah menjadi suam2 kuku itu bisa untuk cebok, dan daunnya juga bisa kita ucapkan di kulit sekitar V. Ritual ini, jika tak ada penyakit serius, bisa dilakukan sebulan sekali, terutama menjelang haid yang kulit cenderung sensitif. murah meriah gak harus V spa ke salon :)
ini juga bagi ibu2 bagian dari servis pada suami lah.. karena 'peret' nya berasa. he.

satu lagi. bisa juga beli betadine douch, nanti setelah cairan habis gak usah beli betadine lagi, gantgi aja pakai cairan sirih. tapi yang ini, atau sirih yang diminum langusng.. katanya gak boleh sering2.. karena kata teman2 yg sudah menopause malah jadi terllau kering, jadi sakit jika untuk (maaf) hubungan intim.

Hari pertama Di tahun 2013

Hari pertama di tahun 2013..... Sudahkah Anda menulis hari ini? Jika masih ragu atau bingung, tuliskan saja semua hal yang terlintas di kepala. Misalnya, jalanan yang macet, liburan bersama keluarga yang tak terlupakan, tidur seharian. Apa pun.... Bahkan, jika Anda hanya punya satu kata di kepala: malas, capek, berisik, atau apa pun.*semangat! ^^