Breaking News

13 December, 2013

[TIPS] Menulis Buku Bertema Griya

Oleh : Ita Puspitasari

Buku-buku bertema rumah, baik penataan, desain, ataupun hitungan struktur tengah menjadi buku yang favorit. Kenapa? Seiring dengan menigkatnya pembangunan rumah dan berkembangnya minta masyarakat untuk lebih peduli pada rumah dan penataannya. Mereka sadar bahwa membangun rumah harus sesuai dengan karakter pribadi sehingga nyaman ditempati.

Kilas balik perkembangan buku tema rumah.
Enam tahun yang lalu saya memulai bekerja sebagai satu-satunya editor penerbit besar khusus untuk buku-buku bertema rumah. Dan saya satu-satunya yang melamar di tempat tersebut. Cari naskah susahnya minta ampun. Boro-boro naskah, penulisnya pun nggak ada :D
Tantangan banget yahhh …
Kenapa susah? Karena banyak praktisi yang merasa tidak perlu menulis untuk menjual karyanya. Alasan lainnya adalah mending saya kerjain proyek bangunan dibanding saya nulis. Namun, saya tidak pernah menyerah dengan alasan mereka ini. Selalu ada jawabannya, salah satunya saya menjawab. “Buku itu, adalah sarana promosi gratis dari karya yang Anda buat. Bisa jadi kalau Anda buat 10 flayer dibagikan di lingkungan tempat tinggal di sekitar Anda. Informasi karya Anda hanya sampai di situ. Nah, kalau buat buku, dicetak dalam 5.000 ekslemplar tersebar di berbagai toko buku di seluruh Indonesia. Bahkan tak jarang dibeli penerbit luar negri. Ditambah lagi jika buku Anda termasuk best seller dan harus cetak ulang. Berapa banyak Anda akan mempunyai pelanggan yang akan meminta Anda untuk merancang rumah atau kitchen set mereka. Apalagi Anda tidak diminta untuk biaya cetak :D. Hanya menulis, menulis, dan menulis.”
Sejak saat itu, menginjak tahun ketiga saya bekerja menjadi editor, bukan saya lagi yang mengejar para praktisi rumah dan interior. Tapi, kebalikannya. Hehehe lebaiii. :D

Nah, setelah praktisi tertarik. Saya pun mulai melirik untuk mengawinkan para praktisi yang kesulitan menuangkan ide2nya menjadi sebuah tulisan untuk berduet dengan para penulis yang betul2 doyan nulis J. Klop jadinya deh. Mereka ini bisa dibilang penulis hantu :D atau Ghost writer. Ibu2 dapat melakukan wawancara dengan praktisi yang berduet dengan Anda.
Oh iya, ibu2 sudah pernah liat jenis buku bertema rumah di pasaran? Ada dua jenis ibu2, yang satunya menjual desain dan satunya menjual materi atau tulisan biasanya buku teks.

Apa yang harus dilakukan pertama kali untuk memulai menulis buku bertema rumah?
  1. Buat tema atau judul
  2. Tentukan jenis buku, apakah buku desain, tips, atau teks.
Wah, buku desain? Saya tidak bisa mendesain?
Cari kolega atau kenalan Anda yang mempunyai background di bidang ini. Dan jadikan partner Anda dalam menulis buku. Anda menulis, kolega Anda yang mendesain.

Bagaimana jika saya sendiri ingin menjadi penulis utama?
Bisa saja, jika porsi tulisan ibu lebih dominan dibanding gambarnya. Andalah penulis utamanya. Namun, tetap sebaiknya naskah tulisan Anda dicek terlebih dahulu oleh pembaca ahli di bidangnya. Pilih pembaca ahli yang dikenal oleh masyarakat luas terutama di bidang perumahan. Dengan begitu, bisa mendongkrak penjualan buku Anda sendiri.

5 komentar:

Bayi Menangis said...

wahhh bolehh nihh ane download buku nya

Vemine Portal e wanita said...

wahhhh kereennn

decorindoperkasa.com said...

wahhh kereeen bangettt

Agen Kapet Sajadah Jakarta Murah said...

wahh kereen bangett gan

Xiang Nan said...







A vintage [url=http://www.watches-replica.co.uk]Replica Rolex Watches[/url]can be a classic,[url=http://www.replicaluxury.cn]Rolex Submarine [/url] is produced better yet with nice patina plus a great Pepsi bezel.The problem from the?[url=http://www.watches-replica.co.uk]1:1 Replica Rolex Watches[/url]is impressive it’s truly retained its finishing and dimensions round the lugs, which can be somewhat rare of those[url=http://www.watchesreplicas.cn]Origina Replica Breitling[/url].Since it is a late example, the [url=http://www.replica-rolex.co]Omega Watches[/url]sun’s rays patina round the dial and indexes is smart and offers a completely new sense of this 35 year-old tool[url=http://www.watchesky.com]Tag Heuer Watches[/url].In a word,woman always choose [url=http://www.handbagsdesigner.cn]Hermes handbags[/url]for some reasons.

Post a Comment