Breaking News

13 December, 2013

[TIPS] MENGOLAH IDE

Oleh Sri Rahayu

Apakah Ide itu?
Ide adalah gagasan, atau rancangan yang ada dalam pikiran setiap manusia tentang suatu hal yang menumbuhkan ketertarikan.  Ide bisa diaplikasikan dalam bentuk kegiatan, makanan maupun tulisan dan bentuk karya serta kreativitas lainnya.
Sebuah tulisan berasal dari sebuah ide yang dikembangkan menjadi tema dan kerangka tulisan.  Tapi darimana sih ide itu datang? Bagaimana cara kita untuk menangkap ide?  Ide bisa muncul secara tiba-tiba bisa melalui pengamatan, lamunan, kesulitan yang kita hadapi bahkan dari seorang anak kecil yang sedang asik bermain.  Pada sebagian orang ide itu begitu derasnya mengalir namun saat akan mengeksekusi ide tersebut kondisi tidak memungkinkan sehingga acap ide itu menguap begitu saja dan terlupakan.

Apa yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan ide yang melintas?
Ide acap muncul tanpa kenal waktu dan tempat, begitu liar dan tiba-tiba.  itulah sebabnya kita harus selalu siap untuk menangkapnya setiap saat. Biasakanlah selalu membawa kertas dan alat tulis kemanapun kita pergi, agar setiap ide yang melintas tak ada yang terlewatkan

Dalam mengolah ide setiap penulis tentu mempunyai style sendiri sendiri.  Ada yang langsung mengolahnya di depan komputer saat ide itu datang, ada juga yang mengendapkannya sambil mengumpulkan bahan agar ide tersebut menjadi lebih sempurna.  Sebuah ide yang dikembangkan dengan melakukan sebuah riset mendalam tentu akan berbeda dengan ide yang  diolah dengan bahan seadanya.

Seperti halnya saya,  biasanya saya akan melakukan pengumpulan informasi dan data sebelum ide tersebut saya tuangkan ke dalam tulisan.  Tujuannya tidak lain agar tulisan yang saya hasilkan adalah tulisan yang benar-benar matang dan dapat dipertanggungjawabkan.  Setelah informasi dan data terkumpul, biasanya saya akan melakukan diskusi dengan beberapa teman yang saya percaya untuk menguatkan ide tersebut, barulah setelah itu saya menyusun sebuah kerangka tulisan atau yang familiar kita kenal dengan Outline.

Sebelum kita menentukan apa yang akan kita tulis ada baiknya kita membaca beberapa referensi yang berkaitan dengan materi tersebut, carilah sesuatu yang unik dari ide tersebut yang belum dikupas oleh orang lain, kemudian kunci.  Ide yang berbeda penyampaiannya akan membuat tulisan kita menjadi lebih menarik.
lakukan searching data-data yang berkaitan dengan ide dasar tersebut.  Data dan informasi yang akan kita butuhkan nantinya.  Bial kita menguasai suatu tema dengan baik di luar kepala, akan membantu memudahkan kita dalam menuangkannya ke dalam tulisan.

nah kiranya cukup sekian pengantar dari saya, selebihnya kita akan berdiskusi saja yaa seperti biasanya

1 komentar:

Xiang Nan said...


When I took possession of the Rolex Submariner,a couple things jumped out at me. First, and this is always nice to find, it had its original Origina Replica Breitling Twinlock crown (Triplocks came later at around the 3M serial number). So many 1:1 Replica Rolex Watches have lost their original crowns to Triplocks along the way,In a weird twist of irony, the Omega Watches Robert-Jan wrote about from this year’s Baselworld contained a Cyclops for the first time in its history. Hermes handbags , in its self-pronounced desire to push innovation, claimed that it was the first time it was able to produce such a deeply rated Tag Heuer Watches with a Cyclops.







A vintage [url=http://www.watches-replica.co.uk]Replica Rolex Watches[/url]can be a classic,[url=http://www.replicaluxury.cn]Rolex Submarine [/url] is produced better yet with nice patina plus a great Pepsi bezel.The problem from the?[url=http://www.watches-replica.co.uk]1:1 Replica Rolex Watches[/url]is impressive it’s truly retained its finishing and dimensions round the lugs, which can be somewhat rare of those[url=http://www.watchesreplicas.cn]Origina Replica Breitling[/url].Since it is a late example, the [url=http://www.replica-rolex.co]Omega Watches[/url]sun’s rays patina round the dial and indexes is smart and offers a completely new sense of this 35 year-old tool[url=http://www.watchesky.com]Tag Heuer Watches[/url].In a word,woman always choose [url=http://www.handbagsdesigner.cn]Hermes handbags[/url]for some reasons.

Post a Comment