Breaking News

21 December, 2013

[Parenting] Ngobrol' Efektif' dengan Balita

Oleh  : Noor Ruly Abyz Wigati


Apa kabar ibu-ibu yang cerdas dan kreatif ?
Tema yang ingin saya diskusikan kali ini tentang gimana orangtua bisa ngajak ngomong anak2 yg masih balita agar mereka memahami 'pesan baik' yang ingin ortu sampaikan. Ok, mulai ya...
Greng...greng...

Ngobrol Efektif dengan Balita
Banyak orangtua mengeluhkan, “Duh… anak saya bebal banget deh, dikasih tahu berulang-ulang masih nggak ngerti juga..” atau guru di sekolah menyampaikan pada orangtua, “Putra ibu memang lambat bisa menangkap materi pelajaran, meskipun sudah dijelaskan berulang-ulang, tetap tidak paham.”
Hmmm…. Kalau ingat masa kanak-kanak dulu, ketika menemukan tutup panci, segera aja dijadikan alat bermain yg asyik, bisa buat main piring terbang atau dipukulkan jadi alat music yang menarik.  Sekarang ketika udah jadi emak-emak, ketika menemukan tutup panci, segera saja dipakai untuk menutup kuali yg penuh berisi sambal goreng tempe….
Yah… emang beda, anak-anak bukan miniature org dewasa. Anak-anak punya alam berpikir yg berbeda dengan orang dewasa.  Meski yang dilihat dan didengar sama, namun bisa berbeda dalam memahaminya.  Yang pasti, setiap orangtua pernah menjadi anak-anak, sedangkan anak-anak belum pernah jadi orangtua, maka mestinya kita sbg ortu mestinya bisa memahami dooong… gimana mengajarkan /menyampaikan pesan/sesuatu agar lebih efektif bisa dipahami dan dilaksanakan oleh anak terutama Balita kita….
Berikut saya bagi tips yang lumayan ‘cespleng’ untuk bisa dipraktekan :
  1. Plih Kata / kalimat yang dipahami oleh anak
  2. Menggunakan mimik gestik yg mendukung
  3. Merespon kejadian dengan pernyataan yg tepat
  4. Hindari penggunaan kalimat negative
  5. Jika bermaksud memberi perintah sebaiknya tdk menggunakan kata Tanya
  6. Berbicara dengan Hati
  7. Konsisten antara ucapan dan perbuatan
  8. Mengatakan Hal yg sebenarnya
Bagi ibu2 cantik yg punya tips lainnya, boleh dong dishare di sini…
Semoga manfaat ya…

4 komentar:

oakleyses said...

prada outlet, kate spade outlet online, coach outlet, burberry outlet online, longchamp outlet, longchamp outlet online, nike outlet, jordan shoes, ray ban outlet, oakley vault, tiffany jewelry, louis vuitton outlet, tiffany and co jewelry, ray ban sunglasses, gucci handbags, christian louboutin, michael kors outlet store, longchamp handbags, christian louboutin shoes, polo ralph lauren outlet, nike air max, coach outlet store online, michael kors outlet online, louis vuitton outlet online, prada handbags, louis vuitton handbags, coach outlet, tory burch outlet online, michael kors outlet online, louis vuitton, chanel handbags, true religion, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, michael kors outlet online, red bottom shoes, michael kors handbags, nike free, christian louboutin outlet, michael kors outlet, polo ralph lauren, kate spade outlet, coach purses, nike air max, burberry outlet online, true religion outlet, oakley sunglasses

oakleyses said...

ralph lauren pas cher, air max pas cher, hermes pas cher, longchamp, ralph lauren, longchamp pas cher, louis vuitton uk, ray ban pas cher, nike air max, nike roshe, vans pas cher, nike free pas cher, sac michael kors, scarpe hogan, hollister, abercrombie and fitch, converse pas cher, lacoste pas cher, sac vanessa bruno, nike roshe run, burberry pas cher, chaussure louboutin, north face pas cher, true religion outlet, air jordan, north face, louis vuitton, louis vuitton pas cher, mulberry, timberland, nike air max, oakley pas cher, hollister, tn pas cher, ray ban uk, nike blazer pas cher, guess pas cher, nike air force, lululemon, air max, true religion jeans, michael kors uk, barbour, new balance pas cher, michael kors canada, sac louis vuitton, nike free

oakleyses said...

north face jackets, reebok shoes, ugg, nike huarache, uggs on sale, ugg soldes, celine handbags, north face jackets, giuseppe zanotti, marc jacobs outlet, ugg outlet, uggs outlet, replica watches, birkin bag, bottega veneta, ghd, vans outlet, soccer jerseys, babyliss, canada goose outlet, mont blanc pens, asics shoes, insanity workout, canada goose outlet, canada goose outlet, nike trainers, nike roshe, ugg boots, lululemon outlet, canada goose, longchamp, soccer shoes, ferragamo shoes, chi flat iron, mac cosmetics, wedding dresses, ugg boots clearance, valentino shoes, instyler ionic styler, jimmy choo shoes, herve leger, nfl jerseys, beats headphones, abercrombie and fitch, mcm handbags, hollister, new balance outlet, uggs outlet, p90x workout

oakleyses said...

nike air max, montre femme, vans, hollister clothing, toms outlet, canada goose, swarovski jewelry, moncler, iphone 6 case, pandora charms, canada goose, gucci, uggs canada, ray ban, moncler, timberland shoes, karen millen, thomas sabo uk, converse, pandora uk, converse shoes, parajumpers outlet, lancel, moncler, coach outlet, moncler outlet, louboutin, moncler, supra shoes, ugg, links of london uk, baseball bats, moncler, oakley, louis vuitton canada, air max, pandora jewelry, hollister canada, swarovski uk, hollister, juicy couture outlet, juicy couture outlet, moncler outlet, replica watches, ralph lauren, wedding dress, canada goose pas cher, canada goose

Post a Comment