Breaking News

13 December, 2013

Menumbuhkan Minat Baca pada Anak

Oleh Yas Marina


Buat budaya membaca di rumah. Anak yang biasa melihat ayah dan bundanya membaca, akan cenderung suka membaca juga.
  1. Jangan larang anak untuk membaca di mana pun dan dalam posisi apapun selama itu tidak membahayakan kesehatannya.
  2. Biarkan buku ada di berbagai ruangan. Konsekwensinya bisa jadi rumah kita tidak selalu dalam keadaan rapi.
  3. Sediakan buku bacaan sesuai dengan tahapan usia anak. Menyediakan buku bacaan tidak harus membeli dengan harga mahal. Kita bisa membeli buku-buku diskon di pameran, buku atau majalah bekas yang masih laik baca, atau meminjam di perpustakaan dan taman bacaan.
  4. Bagi anak yang lebih kecil (3-5 tahun), orang tua bisa mendongeng dari buku-buku cerita anak. Saat mendongeng, gunakan vokal dan intonasi yang baik serta gerak tubuh (gesture) yang tepat.
  5. Ajaklah anak-anak ke toko buku atau pameran buku dan biarkan mereka memilih bukunya sendiri.
  6. Hargai setiap prestasi anak dengan menghadiahi mereka buku yang diinginkankannya.
  7. Pancing kepenasaran anak-anak dengan memberi buku berseri. Berikan buku jilid pertama dan lihat reaksi mereka. Kalau anak Anda penasaran, baru memberikan buku yang keduanya.
  8. Saat ini sudah ada perpustakaan-perpustakaan yang memiliki fasilitas nyaman seperti tempat membaca lesehan, ada bantal-bantal atau bonekanya, ada fasilitas edutoys-nya seperti puzzle, balok-balok susun, lego, catur, ular tangga, halma dan lain-lain. Jadikan tempat tersebut sebagai salah satu alternatif rekreasi keluarga.
  9. Dibutuhkan sikap bijaksana dari orang tua terhadap aktivitas menonton televisi. Tayangan televisi yang hanya menitikberatkan pada gambar dan suara bisa membuat anak malas membaca. Gambarnya yang cepat bergerak dan berganti, membuat anak tak biasa berkonsentrasi. Padahal saat membaca, anak butuh konsentrasi. 

Poin-poin di atas pernah disampaikan saat mengisi acara Talk Show Pendidikan Guru dan Orang Tua dengan tema “Menumbuhkan Minat Baca dan Menulis Pada Anak” pada tanggal 22 Mei 2010 di Bekasi Mega Mall

Semoga bermanfaat...

0 komentar:

Post a Comment