Breaking News

13 December, 2013

Menulis, menulis , menulis

Ditulis oleh : Nani Asmarani 

Menulis? Tampaknya mudah dan mengasyikan ,ya?  Kita bisa mencurahkan isi pikiran dan perasaan kita melalui tulisan. Tapi mungkin itu bagi sebagian orang saja yang memang mempunyai hobi menulis. Bagaimana dengan yang tidak  namun ingin bisa?

Dalam kegiatan Workshop kepenulisan beberapa waktu yang lalu seorang peserta mengeluh bahwa menulis sangat sulit padahal ia sudah sering mengikuti pelatihan menulis. Jangankan menulis artikel  atau cerpen, memilih kata pertamanya saja  Ia kesulitan .

 Keluhan seperti tersebut di atas tadi memang sering terlontar.Namun apakah benar sesulit itu? Jika dicermati kegiatan kita sehari-hari sering berhubungan dengan menulis. Menulis surat misalnya , menulis resep, menulis pesan singkat. Jika menulis surat pribadi atau buku harian biasanya dikerjakan dengan bersemangat walau awalnya sulit. Seluruh pengalaman  yang berkesan ditulis tanpa ada perasaan malas atau bosan. Mungkin semangat seperti itulah yang harus dimiliki oleh kita yang ingin bisa menulis.

Lalu menulis itu apa sih artinya? Menurut Toni Cade Bambara ,seorang penulis cerita pendek, menulis adalah alat untuk melatih diri dan pengembangan diri . Sedangkan menurut Jules Renard , seorang novelist dan penulis cerita sandiwara, menulis adalah satu-satunya cara berbicara tanpa ada yang menyela.

Ada beberapa hal yang tidak boleh diabaikan saat mulai belajar menulis yaitu pertama tulis apa saja yang kita mau tulis. Kedua Jangan memaksa diri kita bahwa tulisan kita harus bagus, harus sistematik atau harus enak dibaca karena hal itu akan membuat kita takut dan malas memulai satu tulisan.

 Kemampuan menulis akan berkembang jika memiliki kebiasaan menulis setiap hari, menulis apa saja yang kita sukai, menyisihkan waktu setiap hari untuk menulis  dan  mulai menulis dengan topik yang ringan. Setelah itu minta rekan kita untuk membaca tulisan yang kita buat lalu minta komentarnya. Lebih bagus lagi jika kita bertanya pada mereka yang sudah ahli. Ingin lebih puas lagi kirim saja tulisan kita ke salah satu media cetak lokal.

Memulai menulis untuk tujuan apa pun dibutuhkan kerja keras dan pantang menyerah, karena ternyata para penulis sukses pun tidak lahir dalam semalam. Mereka sukses melalui proses yang panjang  dan melelahkan serta menuntut kesabaran yang tinggi. Penulis kelas dunia seperti J.K Rowling dan William Shakespeare, mereka sukses karena memiliki pribadi yang tangguh , disiplin dan mau bekerja keras. Lalu Stevenie Meyer seorang ibu rumah tangga  yang tiba-tiba menjadi sangat popular karena tulisannya yang berjudul “Twilight”. Selama bertahun-tahun ia dengan tekun menuliskan mimpinya hingga menjadi sebuah cerita yang kini sangat digemari.

Untuk bisa menulis dan menjadi penulis tentu ada syaratnya. Stephen King, penulis terkenal dunia Mengatakan,”You must do two thing above all others, read a lot and write a lot”. Jadi tanpa membaca  dan banyak berlatih keinginan untuk bisa menulis apalagi jadi penulis hebat hanya mimpi, lho! Dan  Maya Angelou, seorang penulis ternama dunia, menganjurkan pada kita yang ingin bisa menulis untuk menulis setiap hari walau itu membosankan dan melelahkan. Kalau begitu, yuk, kita mulai dari sekarang untuk menulis, menulis dan menulis.

 Sumber: Materi Workshop, internet.

1 komentar:

Xiang Nan said...

When I took possession of the Rolex Submariner,a couple things jumped out at me. First, and this is always nice to find, it had its original Origina Replica Breitling Twinlock crown (Triplocks came later at around the 3M serial number). So many 1:1 Replica Rolex Watches have lost their original crowns to Triplocks along the way,In a weird twist of irony, the Omega Watches Robert-Jan wrote about from this year’s Baselworld contained a Cyclops for the first time in its history. Hermes handbags , in its self-pronounced desire to push innovation, claimed that it was the first time it was able to produce such a deeply rated Tag Heuer Watches with a Cyclops.


Post a Comment