Breaking News

11 December, 2013

BELAJAR DARI KESALAHAN

Oleh  : Early Dian Anthie

Sebagai manusia biasa kita tak pernah luput dari kesalahan dan kekhilafan. Tapi dari kesalahan yang kita lakukan, kita mendapatkan banyak pelajaran yang sangat berharga tentang kehidupan yang tidak pernah kita peroleh dari pendidikan formal .  
    Bagi saya mengakui kesalahan dan kekhilafan yang pernah saya lakukan bukanlah suatu hal yang memalukan, justru itu dapat dijadikan barometer bagi saya untuk selalu mawas diri dan tidak melakukan hal yang sama di masa yang akan datang.
     Kesalahan yang kita lakukan di masa lalu merupakan guru yang amat berharga dalam  menapaki kehidupan di masa depan. Dari kesalahan yang pernah kita lakukan baik itu dalam mengambil keputusan ataupun melakukan hal yang dianggap salah menurut pandangan orang lain membuat kita menjadi paham dan mengerti akan kesalahan yang kita lakukan. 
      Jangan pernah berhenti mencoba dan mengambil sebuah langkah ataupun keputusan. Karena jika kita tidak mencobanya maka kita tidak akan pernah tahu apa yang kita lakukan ini benar atau salah. Mari kita memanfaatkan potensi yang ada di dalam diri dengan semaksimal mungkin dan lakukan lah hal-hal yang baru. Jika kita melakukan sebuah kesalahan dan terjatuh maka segera bangkit dan berdiri jangan pernah putus asa.
     Orang yang sukses bukanlah orang yang tak pernah mengalami ujian atau pun melakukan kesalahan.  Orang yang sukses adalah orang yang selalu diuji dan mengalami kegagalan tapi ia tak pernah berlama-lama larut di dalam kesedihan. Dia segera  bangkit ketika terjatuh dan mengalami kegagalan, terus berusaha memperbaiki kesalahan yang ia lakukan dan selalu melakukan inovasi baru yang tak pernah terpikirkan oleh orang lain. Orang sukses adalah para pemimpi dan penghayal yang selalu mencoba mewujudkan impian dan khayalannya menjadi kenyataan . Selalu berkerja keras, memiliki kemauan yang tinggi serta senantiasa berdoa dan memohon kepada Tuhan YME.  Berkat upaya yang keras dan penuh ketekunan itulah, maka mereka dapat mencapai impian dan harapan yang mereka cita-citakan.
    
     Semoga kita termasuk orang-orang yang senantiasa melakukan muhasabah diri dan selalu melakukan pembaharuan di dalam diri kita dalam segala hal. Dan tak pernah berputus asa dalam menghadapi sebuah kegagalan. Selalu optimis dalam mencapai tujuan yang kita impikan dan yang utama sekali banyak berdoa kepada Yang Maha Kuasa semoga apa yang kita lakukan mendapatkan keberkahan-Nya.

0 komentar:

Post a Comment