Breaking News

18 December, 2013

APA ITU AGENSI NASKAH?

Oleh  : Indari Mastuti full


Dari 100 orang yang berkunjung ke stand Indscript Creative pada pameran Wirausaha Muda Mandiri 2011 di JCC, Jakarta di bulan Januari 2012 lalu, 99 orang tidak tahu apa itu agensi naskah. Ini yang membuat agensi naskah Indscript Creative terus menerus melakukan edukasi mengenai apa itu agensi naskah, apa perannya bagi penulis, dan bagaimana pola kerjanya. Saya sering mengasumsikan agensi naskah itu menyerupai agensi artis atau agensi model, bedanya adalah yang diurus penulis atau naskah, bukan artis ataupun model. Agensi naskah menjadi jembatan atau mediator antara penulis dan penerbit atau penerbit ke penulis.

Sebetulnya dalam era informasi yang serba mudah seperti ini, penulis bisa sangat mudah menghubungi penerbit mana yang ingin mereka bidik. Apalagi penerbit pun sangat terbuka menerima kemunculan penulis-penulis baru yang terus meningkat. Namun, peran agensi naskah ternyata bukan hanya sebagai penghubung antara penulis dan penerbit ataupun penerbit ke penulis. Ada peran lain yang akan dilakukan seperti misalnya bagaimana mengemas naskah penulis menjadi lebih apik dan ciamik hingga pembuatan kontrak penerbitan buku secara transparan.

Agensi naskah Indscript Creative yang berdiri pada tahun 2007, awalnya merupakan agensi naskah yang muncul dari sedikit saja agensi naskah yang ada pada saat itu, berbeda dengan saat ini, agensi naskah semakin banyak dan bertaburan di berbagai belahan kota dengan sistim dan taste yang pasti memiliki kekhasannya sendiri. Namun, harus kita akui, agensi naskah tetap saja masih kurang dikenal di masyarakat awam dan luas, agensi naskah hanya terkenal di industri penerbitan saja, itupun tidak banyak yang memahami bagaimana dengan pola kerjanya.

Lalu, bagaimana pola kerja agensi naskah Indscript Creative? Agensi naskah yang juga didirikan oleh saya, yang juga sebagai founder komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis. Agensi naskah Indscript Creative dan komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis sebetulnya menjadi dua hal yang berbeda. Agensi Naskah Indscript Creative adalah agensi yang merupakan bisnis, sedangkan komunitas ini adalah komunitas sosial yang perannya hanya sebagai wadah untuk membina para perempuan yang tertarik untuk menulis sehingga akhirnya jebol menjadi penulis. Terlepas, apakah ketika setelah bisa menulis akan bergabung dengan agensi naskah Indscript Creative atau tidak, bagi saya bukan masalah. Yang paling penting adalah proses belajar dan pembinaan di dalam komunitas berproses dengan baik. Maka, sangat membanggakan ketika satu persatu para ibu dalam anggota ini mulai memamerkan hasil karyanya yang jebol media ataupun jebol penerbit.

Namun, bagaimana jika Anda tertarik bergabung di agensi naskah Indscript Creative? Dan bagaimana pula skema kerjasamanya? Beberapa tahapan yang harus dilakukan oleh calon penulis di manajemen kami adalah sebagai berikut:

  1. Mengajukan lamaran dan CV ke email indscript.creative@gmail.com
  2. Mengajukan ide atau sinopsis singkat tentang naskah yang ingin dibuat.
  3. Jika ada: kirimkan naskahnya langsung ke email kami.
  4. Pengiriman ide dan sinopsis para penulis ini tidak kami kirimkan satu persatu, melainkan kami akan mengirimkannya pada satu waktu sehingga rekapan ide dan sinopsis itu siap disantap oleh sejumlah klien penerbit agensi naskah.
  5. Agensi naskah kami pada saat ini belum bisa menghubungi satu persatu pengirim email naskah untuk memberitahukan naskah yang tertolak. Namun, jika naskahnya diACC akan segera dihubungi baik secara inbox fb/email.
  6. Untuk penulis yang diACC dan akan melanjutkan kerjasama dengan agensi naskah serta penerbit akan kami masukkan dalam grup khusus dan segala informasi akan dilakukan dalam grup khusus tersebut.
  7. Penulis yang outlinenya diACC (setelah proses ACC ide dan sinopsis) akan kami berikan SPK (Surat perintah kerja) dimana tercantum deadline pengerjaan dan harga atau royalty yang didapatkan.
  8. Naskah yang sudah selesai digarap dikembalikan ke agensi naskah untuk dilakukan proses editing sebelum akhirnya dikirimkan ke penerbit.
  9. Jika ada revisi, penulis akan dihubungi oleh agensi naskah hingga akhirnya naskah siap untuk memasuki proses selanjutnya yaitu layout dan pembuatan cover. Kedua hal ini bisa dilakukan di agensi naskah ataupun oleh penerbit.
  10. Proses selanjutnya adalah proof naskah siap terbit. Bentuknya biasanya PDF dari penerbit dan penulis harus membaca naskah itu kembali, kalau-kalau ada yang salah, kurang atau ada yang ingin diperbaiki.
  11. Kontrak penerbitan buku biasanya dilakukan tiga pihak yaitu penulis – penerbit – agensi naskah dimana tertuang berapa royalty yang dibagi antara penulis dan agensi naskah. Biasanya agensi naskah mengambil 3% dari royalty 10% yang diberikan oleh penerbit ke penulis. Royalty sendiri dikirimkan langsung dari penerbit, bukan oleh agensi naskah. Royalty dikirimkan setiap 4 atau 6 bulan sekali.
  12. Lantas kalau sudah terbit bagaimana? Tugas selanjutnya adalah PROMOSI BUKU. Promosi akan dilakukan bersama-sama antara penerbit – agensi naskah dan penulis. Nilai lebih dari agensi naskah Indscript Creative adalah kami memiliki tim promosi dan dukungan dari beberapa media sehingga proses promosi buku bisa lebih tertata dengan apik, misalnya dengan melakukan bedah buku, menggunakan buku-buku yang sudah diterbitkan sebagai bagian dari pelatihan penulisan yang kami buat, hingga beberapa promosi online lainnya di FB agensi naskah, twitter, serta komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis dengan adanya bagian promosi buku, salah satunya DUTA BUKU.
  13. Bukti terbit akan dikirimkan oleh agensi naskah ke penulis, biasanya kami hanya mengirimkan 2 eksemplar bukti terbit, sisanya kami akan menjadikannya sebagai media promosi baik sebagai hadiah di komunitas, buah tangan berbagai media yang meliput, mengirimkannya ke duta buku untuk dipromosikan, dan dikirimkan ke media agar bisa diresensi.

Nah, bagaimana dengan Anda, apakah tertarik bergabung dengan agensi naskah?  Kami tunggu ya…
Sampai berjumpa kembali pada kupasan tentang agensi naskah selanjutnya ya…

Salam,
Indari Mastuti
Founder Agensi Naskah Indscript Creative

5 komentar:

oakleyses said...

prada outlet, kate spade outlet online, coach outlet, burberry outlet online, longchamp outlet, longchamp outlet online, nike outlet, jordan shoes, ray ban outlet, oakley vault, tiffany jewelry, louis vuitton outlet, tiffany and co jewelry, ray ban sunglasses, gucci handbags, christian louboutin, michael kors outlet store, longchamp handbags, christian louboutin shoes, polo ralph lauren outlet, nike air max, coach outlet store online, michael kors outlet online, louis vuitton outlet online, prada handbags, louis vuitton handbags, coach outlet, tory burch outlet online, michael kors outlet online, louis vuitton, chanel handbags, true religion, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, michael kors outlet online, red bottom shoes, michael kors handbags, nike free, christian louboutin outlet, michael kors outlet, polo ralph lauren, kate spade outlet, coach purses, nike air max, burberry outlet online, true religion outlet, oakley sunglasses

oakleyses said...

ralph lauren pas cher, air max pas cher, hermes pas cher, longchamp, ralph lauren, longchamp pas cher, louis vuitton uk, ray ban pas cher, nike air max, nike roshe, vans pas cher, nike free pas cher, sac michael kors, scarpe hogan, hollister, abercrombie and fitch, converse pas cher, lacoste pas cher, sac vanessa bruno, nike roshe run, burberry pas cher, chaussure louboutin, north face pas cher, true religion outlet, air jordan, north face, louis vuitton, louis vuitton pas cher, mulberry, timberland, nike air max, oakley pas cher, hollister, tn pas cher, ray ban uk, nike blazer pas cher, guess pas cher, nike air force, lululemon, air max, true religion jeans, michael kors uk, barbour, new balance pas cher, michael kors canada, sac louis vuitton, nike free

oakleyses said...

north face jackets, reebok shoes, ugg, nike huarache, uggs on sale, ugg soldes, celine handbags, north face jackets, giuseppe zanotti, marc jacobs outlet, ugg outlet, uggs outlet, replica watches, birkin bag, bottega veneta, ghd, vans outlet, soccer jerseys, babyliss, canada goose outlet, mont blanc pens, asics shoes, insanity workout, canada goose outlet, canada goose outlet, nike trainers, nike roshe, ugg boots, lululemon outlet, canada goose, longchamp, soccer shoes, ferragamo shoes, chi flat iron, mac cosmetics, wedding dresses, ugg boots clearance, valentino shoes, instyler ionic styler, jimmy choo shoes, herve leger, nfl jerseys, beats headphones, abercrombie and fitch, mcm handbags, hollister, new balance outlet, uggs outlet, p90x workout

oakleyses said...

nike air max, montre femme, vans, hollister clothing, toms outlet, canada goose, swarovski jewelry, moncler, iphone 6 case, pandora charms, canada goose, gucci, uggs canada, ray ban, moncler, timberland shoes, karen millen, thomas sabo uk, converse, pandora uk, converse shoes, parajumpers outlet, lancel, moncler, coach outlet, moncler outlet, louboutin, moncler, supra shoes, ugg, links of london uk, baseball bats, moncler, oakley, louis vuitton canada, air max, pandora jewelry, hollister canada, swarovski uk, hollister, juicy couture outlet, juicy couture outlet, moncler outlet, replica watches, ralph lauren, wedding dress, canada goose pas cher, canada goose

Gege Dai said...

ray ban sunglasses
mbt shoes
oakley sunglasses
hollister
fitflops sale clearance
rolex watches outlet
gucci outlet online
michael kors wallet
true religion jeans
michael kors wallet sale
mulberry outlet
louis vuitton handbags
adidas outlet
hermes birkin bag
marc jacobs
air max 90
michael kors uk
air max 90
nike outlet store online
coach outlet online
ralph lauren outlet
mcm outlet
michael kors handbags
ferragamo outlet
ralph lauren uk
michael kors uk
longchamp pliage
kate spade uk
hollister shirts
nike outlet
ralph lauren polo
coach outlet online
fitflops sale
michael kors outlet
true religion outlet uk
czq20160718

Post a Comment