Breaking News

18 December, 2013

"1...2...3.... Sayang Semuanya..."

Oleh  : Noor Ruly Abyz Wigati 


 “1…2…3… sayang semuanya…”

Suatu hari, seorang anak laki-laki berusia tiga tahun dengan berat badan 12 Kg meninju dan memukul perut ibunya yang sedang hamil besar. Sang ibu menahan rasa sakitnya, namun berusaha memberi senyum sembari berkata, “Sayang, apakah kamu ingin mengatakan sesuatu pada adikmu?”
Anak laki-laki itupun menghentikan pukulannya sambil menjawab, “Iya, aku ingin dia cepat keluar agar ibu bisa kuat menggendong aku lagi…!”
Kisah ini menggambarkan betapa potensi kecemburuan, persaingan dan perselisihan di antara anak-anak dalam sebuah keluarga adalah sebuah keniscayaan.  Meski banyak referensi yang menyangkut “persiapan untuk menerima adik baru”, Kenyataannya tidak ada metode yang bebas dari kesalahan. Kadangkala ortu sudah menyiapkan dan melakukan semua saran yg diperoleh dari berbagai referensi, tapi kejadian yang dihadapi beda banget dengan ‘teori’ yang didapat.  Jadi kayaknya sih… Setiap ortu mesti bersiap untuk menghadapi ‘kondisi tak terduga’ yang sangat mungkin terjadi.
Meskipun tak ada metode yang seratus persen efektif, namun saya ingin menyampaikan beberapa gagasan yang paling saya sukai :
  1. Menyampaikan kabar keberadaan janin di dalam rahim dengan se-ekspresif mungkin
  2. Tidak memaksaan perasaan tertentu pada sang kakak seperti , “Kamu pasti akan senang kalau punya adik…”
  3. Mengajak sang kakak saat periksa ke dokter, ikut mendengar detak jantung dan gerakan adik dalam perut ibu.
  4. Melibatkan kakak saat memilih nama untuk adiknya, juga ketika memilih baju, mainan dan perlengkapan adiknya yang lain.
  5. Mengajak kakak berkunjung ke tempat teman yang baru melahirkan
  6. Banyak bercerita tentang masa batita sang kakak,  sambil menunjukkan foto-foto masa batitanya.
  7. Mengjinkan kakak terlibat dalam proses perawatan dan pengasuhan adiknya.
Nah, kalau sekarang sudah pada ‘gede-gede’ gimana dong menyikapi kecemburuan diantara mereka….???
Suatu hari, Dzikri anak sulungku berkata, “Dek Ihsan selalu mendapatkan apa saja yang dia mau.”
Umi : “Apa iya? Umi malah nggak tahu, nak…”
Dzikri : “Iya, waktu kue puding tinggal satu, umi memberikan ke Dek Ihsan, padahal aku juga kepengen.”
Umi : “Ooo..Dek Ihsan kan minta,  lah Mas Dzikri kok nggak minta, jadi umi nggak tahu kalau mas pengen juga.”
Dzikri : “Ya itu makanya, aku bilang Dek Ihsan selalu dapat yang dia mau, umi lebih sayang adek daripada aku ( sambil manyun).
Umi : (sambil memeluk si sulung) “Mas tahu nggak, umi selalu ingin memelukmu seperti ini, meskipun umi sedang bermain dengan adikmu.”
(Berusaha memahami bahwa persoalannya bukan pada tidak kebagian kue, tapi bahwa si sulung merasa adiknya diberi perhatian lebih daripada dirinya).
Ok, parents pernah ngadepin persaingan dan kecemburuan diantara para buah hati? Sharing  yuuuk….
Insya Alloh bisa saling memberi manfaat…..

5 komentar:

oakleyses said...

prada outlet, kate spade outlet online, coach outlet, burberry outlet online, longchamp outlet, longchamp outlet online, nike outlet, jordan shoes, ray ban outlet, oakley vault, tiffany jewelry, louis vuitton outlet, tiffany and co jewelry, ray ban sunglasses, gucci handbags, christian louboutin, michael kors outlet store, longchamp handbags, christian louboutin shoes, polo ralph lauren outlet, nike air max, coach outlet store online, michael kors outlet online, louis vuitton outlet online, prada handbags, louis vuitton handbags, coach outlet, tory burch outlet online, michael kors outlet online, louis vuitton, chanel handbags, true religion, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, michael kors outlet online, red bottom shoes, michael kors handbags, nike free, christian louboutin outlet, michael kors outlet, polo ralph lauren, kate spade outlet, coach purses, nike air max, burberry outlet online, true religion outlet, oakley sunglasses

oakleyses said...

ralph lauren pas cher, air max pas cher, hermes pas cher, longchamp, ralph lauren, longchamp pas cher, louis vuitton uk, ray ban pas cher, nike air max, nike roshe, vans pas cher, nike free pas cher, sac michael kors, scarpe hogan, hollister, abercrombie and fitch, converse pas cher, lacoste pas cher, sac vanessa bruno, nike roshe run, burberry pas cher, chaussure louboutin, north face pas cher, true religion outlet, air jordan, north face, louis vuitton, louis vuitton pas cher, mulberry, timberland, nike air max, oakley pas cher, hollister, tn pas cher, ray ban uk, nike blazer pas cher, guess pas cher, nike air force, lululemon, air max, true religion jeans, michael kors uk, barbour, new balance pas cher, michael kors canada, sac louis vuitton, nike free

oakleyses said...

north face jackets, reebok shoes, ugg, nike huarache, uggs on sale, ugg soldes, celine handbags, north face jackets, giuseppe zanotti, marc jacobs outlet, ugg outlet, uggs outlet, replica watches, birkin bag, bottega veneta, ghd, vans outlet, soccer jerseys, babyliss, canada goose outlet, mont blanc pens, asics shoes, insanity workout, canada goose outlet, canada goose outlet, nike trainers, nike roshe, ugg boots, lululemon outlet, canada goose, longchamp, soccer shoes, ferragamo shoes, chi flat iron, mac cosmetics, wedding dresses, ugg boots clearance, valentino shoes, instyler ionic styler, jimmy choo shoes, herve leger, nfl jerseys, beats headphones, abercrombie and fitch, mcm handbags, hollister, new balance outlet, uggs outlet, p90x workout

oakleyses said...

nike air max, montre femme, vans, hollister clothing, toms outlet, canada goose, swarovski jewelry, moncler, iphone 6 case, pandora charms, canada goose, gucci, uggs canada, ray ban, moncler, timberland shoes, karen millen, thomas sabo uk, converse, pandora uk, converse shoes, parajumpers outlet, lancel, moncler, coach outlet, moncler outlet, louboutin, moncler, supra shoes, ugg, links of london uk, baseball bats, moncler, oakley, louis vuitton canada, air max, pandora jewelry, hollister canada, swarovski uk, hollister, juicy couture outlet, juicy couture outlet, moncler outlet, replica watches, ralph lauren, wedding dress, canada goose pas cher, canada goose

Xiaozhengm 520 said...

2015-12-3 xiaozhengm
nike outlet
louis vuitton handbags
moncler jackets
coach outlet
michael kors outlet uk
nike uk
coach factory outlet
cheap uggs
coach outlet
michael kors outlet
sac longchamp
coach factory outlet
louis vuitton pas cher
nike air jordan
air max 95
nike tn
louis vuitton handbags
jordan 8s
hermes belt
cheap ray ban sunglasses
toms outlet
coach factory outlet
gucci outlet
michael kors handbags
nike sb
toms outlet store
coach factory outlet
louis vuitton outlet
ghd hair straighteners
coach outlet
cheap uggs on sale
louis vuitton
adidas uk
mont blanc pens
louboutin
michael kors outlet online
michael kors outlet
burberry outlet
ray ban sunglasses

Post a Comment