Breaking News

22 November, 2013

KELAS PENERBITAN

Oleh Indari Mastuti

BAGAIMANA AWALNYA SAYA MENJEBOL PENERBIT?

Saya selalu mengatakan dalam setiap sesi pertemuan dengan para penulis era facebook dan internet ini. Pada masa saya di tahun 2004, menjebol penerbitan bukanlah persoalan yang mudah. Saya harus mengetuk satu persatu penerbit dan berusaha mengenal mereka lebih dalam dengan cara yang jauh lebih keras dibandingkan masa kini yang bisa jadi sekali KLIK langsung kenal dekat.
Penolakan saya di sebuah penerbitan besarpun sudah pernah saya dapatkan hingga kemudian saya dipinang oleh penerbit grup Kompas Gramedia untuk menerbitkan kumpulan kisah saya saat remaja.
Beberapa hal yang saya pelajari saat menjadi penulis dimasa itu dan dimasa sekarang adalah bahwa menjadi seorang penulis bukanlah hanya sebuah MIMPI dan CITA-CITA saja, kita semua harus bisa memaknai mimpi dan cita-cita itu yang sepadan dengan kerja keras yang dilakukan. Misalnya saja, tiba-tiba Anda harus bangun lebih awal agar tidak terganggu menulis saat anak-anak tengah terlelap tidur, atau Anda harus membaca banyak buku yang mungkin saja kebiasaan ini tidak pernah Anda lakukan sebelumnya, apalagi harus menggeser jam untuk menonton TV. 
Mimpi dan cita-cita Anda harus sama kerasnya dengan usaha Anda menjebol penerbitan. Berikut tips saya menjebol penerbitan:
1. Kenali tulisan Anda ketika Anda akan menJODOHkannya dengan penerbit
2. Kenali PENERBIT dari buku-buku yang diterbitkan
3. Terus upgrade kemampuan menulis Anda setiap saat
4. Bacalah buku dan lihatlah terus perpetaan perbukuan di sekitar kita, "apa yang menarik untuk ditulis saat ini?"
5. Jangan sungkan untuk bertanya pada penerbit, "Apakah Anda membutuhkan penulis dengan spesifikasi seperti saya?" lalu mulailah mengirimkan CV dan jenis naskah apa yang bisa Anda tulis.
6. Teruslah menulis dan jangan berhenti menulis meski tulisan Anda belum menemukan jodoh penerbit.

SERAP ILMU DARI KOMUNITAS

Ingin jago masak? masuk komunitas masak
Ingin terampil craft? masuk ke komunitas craft
Ingin konsisten ngeblog? masuk ke komunitas blogger
Ingin jadi PENULIS? bergabung di komunitas PENULIS
Ya, komunitas bertebaran dimana-mana, Anda tinggal memilih mau menajamkan bakat mana, maka komunitas itulah yang Anda pilih.Ketika saya bercita-cita jadi penulis di kelas 4 SD, saya tidak tahu bagaimana memulai karir saya di bidang itu.
Masuk ke SMA, ketika saya sudah mulai agak besar sedikit dan cukup mandiri, barulah saya mencari tahu di lingkungan mana saya akan berjejaring yang bisa membuat cita-cita saya sebagai PENULIS tercapai.Dulu, komunitas penulisan tidak sebanyak saat ini, bahkan dulu saya harus pergi puluhan kilometer untuk berkumpul dengan komunitas buku atau penulis. Kini, Anda cukup buka laptop atau handphone sudah bisa berdiskusi. Saya mulai dengan mengenal satu komunitas yaitu TOBUCIL (*sekarang masih ada loh) dan mulai berkenalan dengan komunitas lainnya. Satu persatu saya menambah sejumlah komunitas dan terus berjejaring dengan orang-orang didalamnya.
Saya menyerap ilmu sebanyak-banyak dari KOMUNITAS dan yang paling penting saya TERAPKAN ilmu itu dalam keseharian yaitu MENULIS, MENULIS, dan MENULIS...
So, mau jadi penulis? Mari serap ilmu sebanyak-banyaknya dari anggota komunitas IIDN yang sudah berpengalaman...Mari berbagi ILMU!

SAYA BISA MENULIS, TIDAK BISA PROMOSI


Pernahkah Anda merasakan hal ini? tulisan Anda bagus lantas menjadi buku tapiiiiii ANDA TIDAK BISA MEMPROMOSIKAN buku karena malu, tidak punya waktu, sibuk dengan deadline menulis lainnya, rempong dengan jadwal emak-emak, tidak punya blog, takut dibilang narsis, dan sejuta alasan lainnya.IIDN'ers menyambut 2014 Anda harus bisa mengatakan dengan tegas, "SAYA BISA MENULIS dan SAYA BISA PROMOSI" jangan pernah bilang bahwa urusan promosi dan jual buku hanyalah urusan penerbit, kewajiban penulis hanyalah nulis dan revisi. Tidak ada lagi zaman seperti itu. Saat ini dan di tahun-tahun berikutnya penerbit akan menggandeng penulis yang juga aktif berpromosi atau memiliki nilai jual yang cukup tinggi sehingga bisa membantu penjualan bukunya sendiri. Kenapa? persaingan di dunia buku sudah semakin sengit, Anda tidak bisa hanya ongkang kaki menunggu royalty, Anda tidak bisa hanya menunggu penerbit aktif mempromosikan buku Anda, Anda harus menjadi satu bagian yang sama kerasnya membuat buku Anda laku di pasaran.Kalau saat ini tidak bisa promosi bagaimana? pelajari bagaimana sepak terjang para penulis lain yang dengan semangatnya promosi buku dan menjual bukunya, Anda pun harus melakukan hal yang sama. Siap belajar? Harus Siap!

PENULIS DI TAHUN 2014

Kali ini, yang ingin saya bawakan dalam kelas penerbitan adalah penulis ideal di mata penerbit pada tahun 2014. Kehadiran seorang pakar perbukuan di basecamp IIDN serta sebuah materi promosi buku yang dibawakan oleh Ida Fauziah semakin membuat promosi buku sedemikian bergairahnya jika dilakukan.Mbak Ida membagi promosi buku dalam tiga waktu: sebelum terbit, saat terbit, dan sesudah terbit. Tidak heran peran serta beliau sebagai penulis sekaligus promotor bukunya sendiri membuat buku Puzzle Jodoh hadir dimana-mana, bahkan di berbagai negara.
Tidak terkecuali dengan mbak Roza Rianita Nursetia, penulis IIDN sekaligus trainer bidang keterampilan tidak pernah berhenti mempromosikan bukunya melalui berbagai kegiatan. Saya masih ingat dengan pertanyaannya, "dimana distributor Bandung?" atau, "Kalau distributor Jakarta no kontaknya berapa?" lantas dia akan membeli buku dan menjualnya menjadi salah satu bagian dari kelas-kelas keterampilannya. Kalau sudah begitu, mbak Roza paling aktif diminta penerbit untuk membuat buku.
Belum lagi, mbak Ari Kurnia yang selalu menjepret bukunya jika ada di toko buku lalu mempositingnya di facebook membuat yang lain ikut penasaran. Dari tiga nama diatas, masih ada penulis lain yang aktif promosi buku. Namun, sangat disayangkan hanya sedikit dari banyak penulis yang melakukannya. Alasannya beragam mulai dari malu dikira narsis, tidak punya waktu, hingga terlalu terengah-engah dengan deadline baru.
Padahaaal.......padahal menurut pakar perbukuan yang kami undang, di tahun 2014, penerbit akan membidik penulis-penulis yang juga aktif berpromosi sehingga menjadi partner mereka dalam melesatkan buku di pasaran. Penulis yang aktif berpromosi bisa dikategorikan mereka yang aktif berkomunitas, atau memiliki jaringan sendiri dalam memasarkan bukunya. Namun, bukan hanya itu, penulis yang di tahun 2013 memiliki buku-buku yang stabil di 2013 akan dibidik kembali untuk menulis di tahun 2014.
Sengitnya persaingan di dunia buku, membuat penerbit harus menerbitkan buku yang bukan hanya sekadar TERBIT namun juga memiliki daya jual tersendiri di pasar buku. Kepiawaian penulis berpromosi menjadi NILAI PLUSnya.
IIDN akan menjadi partner penulis untuk mempromosikan bukunya, mari bersinergi!


15 komentar:

Dini Rachmawati said...

Terima kasih ilmunya

Devy Nadya Aulina Sarra Sivana said...

Sip Teh Indari. Belajar terus dari semangat Teh Indari.

rita dewi said...

terimakasih. siap untuk belajar....

oakleyses said...

prada outlet, kate spade outlet online, coach outlet, burberry outlet online, longchamp outlet, longchamp outlet online, nike outlet, jordan shoes, ray ban outlet, oakley vault, tiffany jewelry, louis vuitton outlet, tiffany and co jewelry, ray ban sunglasses, gucci handbags, christian louboutin, michael kors outlet store, longchamp handbags, christian louboutin shoes, polo ralph lauren outlet, nike air max, coach outlet store online, michael kors outlet online, louis vuitton outlet online, prada handbags, louis vuitton handbags, coach outlet, tory burch outlet online, michael kors outlet online, louis vuitton, chanel handbags, true religion, cheap oakley sunglasses, louis vuitton outlet, michael kors outlet online, red bottom shoes, michael kors handbags, nike free, christian louboutin outlet, michael kors outlet, polo ralph lauren, kate spade outlet, coach purses, nike air max, burberry outlet online, true religion outlet, oakley sunglasses

oakleyses said...

ralph lauren pas cher, air max pas cher, hermes pas cher, longchamp, ralph lauren, longchamp pas cher, louis vuitton uk, ray ban pas cher, nike air max, nike roshe, vans pas cher, nike free pas cher, sac michael kors, scarpe hogan, hollister, abercrombie and fitch, converse pas cher, lacoste pas cher, sac vanessa bruno, nike roshe run, burberry pas cher, chaussure louboutin, north face pas cher, true religion outlet, air jordan, north face, louis vuitton, louis vuitton pas cher, mulberry, timberland, nike air max, oakley pas cher, hollister, tn pas cher, ray ban uk, nike blazer pas cher, guess pas cher, nike air force, lululemon, air max, true religion jeans, michael kors uk, barbour, new balance pas cher, michael kors canada, sac louis vuitton, nike free

oakleyses said...

north face jackets, reebok shoes, ugg, nike huarache, uggs on sale, ugg soldes, celine handbags, north face jackets, giuseppe zanotti, marc jacobs outlet, ugg outlet, uggs outlet, replica watches, birkin bag, bottega veneta, ghd, vans outlet, soccer jerseys, babyliss, canada goose outlet, mont blanc pens, asics shoes, insanity workout, canada goose outlet, canada goose outlet, nike trainers, nike roshe, ugg boots, lululemon outlet, canada goose, longchamp, soccer shoes, ferragamo shoes, chi flat iron, mac cosmetics, wedding dresses, ugg boots clearance, valentino shoes, instyler ionic styler, jimmy choo shoes, herve leger, nfl jerseys, beats headphones, abercrombie and fitch, mcm handbags, hollister, new balance outlet, uggs outlet, p90x workout

oakleyses said...

nike air max, montre femme, vans, hollister clothing, toms outlet, canada goose, swarovski jewelry, moncler, iphone 6 case, pandora charms, canada goose, gucci, uggs canada, ray ban, moncler, timberland shoes, karen millen, thomas sabo uk, converse, pandora uk, converse shoes, parajumpers outlet, lancel, moncler, coach outlet, moncler outlet, louboutin, moncler, supra shoes, ugg, links of london uk, baseball bats, moncler, oakley, louis vuitton canada, air max, pandora jewelry, hollister canada, swarovski uk, hollister, juicy couture outlet, juicy couture outlet, moncler outlet, replica watches, ralph lauren, wedding dress, canada goose pas cher, canada goose

teknonetwork.com said...

wahhh bolehh juga

Peralatan Membuat Kue said...

wahhh sippo lah

breaktime.co.id said...

mantap jiwa

Dwi Setyo said...

Mantapp jiwaa

Peluang Bisnis Online said...

mantap jaya

decorindoperkasa.com said...

Mantap jiwa itu darimana sih asal nya??

beky said...

wah bagus ini

harga hp Android said...

wah boleh juga

Post a Comment