Breaking News

31 August, 2012

# 98 Tips Menulis


Supaya semakin semangat, coba simak tips menulis dari V.S . Naipaul, seorang penulis Britania kelahiran Hindia Barat yang pernah menerima Penghargaan Nobel dalam Sastra pada 2001.
1. Tulislah kalimat tidak lebih dari 10 sampai 12 kata.
2. Buatlah setiap kalimat menjadi sebuah pernyataan yang jelas. (Gabungan dari pernyataan-pertanyaan yang jelas da
n saling bertautan menjadi satu paragraf).
3. Gunakan kata-kata yang pendek—rata-rata tak lebih dari 5 huruf.
4. Jangan gunakan kata yang Anda sendiri tak tahu maknanya.
5. Hindari penggunaan kata sifat, kecuali untuk menunjukkan warna, ukuran, dan angka.
6. Gunakan kata-kata yang konkret ketimbang abstrak.
7. Praktikkan aturan ini setiap hari dalam 6 bulan.
(Sumber: jungla.co.uk)

# 97 Tips Menulis


"Saya mengagumi siapa pun yang punya keberanian untuk menulis apa saja." (E.B.White, penulis buku anak klasik Charlotte's Web)

# 96 Tips Menulis


"Plot itu tak lain adalah situasi manusia normal atau biasa yang terus muncul lagi dan lagi... Emosi manusia normal, seperti ambisi, persaingan, cinta, benci, rakus, dan seterusnya." (Louis L'Amour).

# 95 Tips Menulis


Dalam menulis, terkadang Anda perlu mengaduk-aduk emosi pembaca agar didengarkan, seperti yang pernah diungkapkan Flannery O'Connor. "Saya tidak takut bahwa buku yang saya tulis akan menjadi kontroversial, saya justru takut buku saya tidak akan menjadi kontroversial." (Sumber: onlinecollege.org)

# 94 Tips Menulis


Merasa tidak termotivasi untuk menulis puisi, cerita pendek, atau novel? Ya… tidak udah menulis tulisan jenis itu. Tapi, tolong… tetaplah menulis. Menulislah di jurnal atau catatan harian Anda, menulislah di blog Anda, menu
lislah di buku Anda. Bisa jadi satu hal yang sangat mengerikan atau menyebalkan, bisa juga jadi satu hal yang hebat. Tapi, tak masalah. Tulislah sesuatu yang akan mengingatkan Anda apa yang memotivasi Anda hingga Anda ingin menulis, dan mungkin saja bisa memotivasi orang lain untuk melakukan hal yang sama: menulis. (Sumber: Olinmorales.wordpress.com)

# 93 Tips Menulis


Sedang kehilangan motivasi untuk menulis? Jika tiba-tiba otak Anda memutuskan untuk istirahat saat sedang menulis, tak ada yang bisa dilakukan selain membuat motivasi Anda mengalir lagi. Tapi memaksa diri Anda sendiri untuk terus melanjutkan tulisan ketika pikiran Anda sedang buntu biasanya tak berhasil. Coba kesampingkan sebentar novel atau tulisan panjang yang sedang Anda tulis itu dan tulislah
hal lain, misalnya cerita pendek dengan genre yang berbeda. Biarkan pikiran Anda beristirahat sebentar dan sedikit bersenang-senang. Cara beristirahat seperti ini dapat menjadi jalan untuk keluar sebentar dari tekanan saat menulis novel atau tulisan panjang dan dapat mengembalikan motivasi Anda untuk menulis kembali. (Sumber: fictionfactor.com)

29 August, 2012

# 92 Tips Menulis


Kebanyakan penulis pernah mengalami writer's block atau mengalami kebuntuan dalam menulis. Konsentrasi tiba-tiba hilang. Kita seakan-akan tidak mendapat ide apa-apa untuk menulis. Hal ini sangat menakutkan, apalagi ketika kita tengah menulis sebuah novel yang panjang. Jika Anda sedang mengalami hal seperti ini, jangan panik. Langkah awal yang harus dilakukan adalah kenalilah bahwa Anda memang sedang mengalami writer's block. Pahami bahwa writer's block mudah untuk menghampiri penulis dan ada banyak cara untuk mengatasinya. Jangan sampai writer's block ini membuat Anda berpikir untuk tidak menulis lagi. (Sumber: wikihow.com)

# 91 Tips Menulis


"Menulis itu tidak seperti matematika; dalam matematika, dua ditambah dua selalu sama dengan empat tak peduli apa pun mood Anda. Dalam menulis, bagaimana perasaan Anda mengubah segalanya." (Stephenie Meyer)

# 90 Tips Menulis


“Saya tidak menulis dengan sasaran pembaca di benak saya. Apa yang membuat saya bergairah adalah betapa saya akan menikmati saat menulis tentang Harry. Saya tak pernah berpikir tentang menulis untuk anak-anak—buku anak-anak yang memilih saya. Saya pikir jika buku itu bagus setiap orang akan membacanya.” (J.K. Rowling)

# 89 Tips Menulis


"Bacalah ribuan buku, dan kata-kata Anda akan mengalir seperti sungai." (Lisa See)

# 88 Tips Menulis


Sedang menulis novel romance? Perhatikan konflik. Jika pasangan yang Anda ceritakan segera jatuh cinta dan semuanya berjalan dengan sempurna, hal itu mungkin baik bagi pasangan itu, tapi tidak bagi cerita Anda ^^ Jadi simpanlah “bahagia untuk selama-lamanya di akhir cerita”. Anda membutuhkan konflik untuk menciptakan beberapa tegangan dan antisipasi agar pembaca Anda bertahan dan tetap membuka hal
aman selanjutnya dari novel Anda. Dalam novel romance, konflik ini biasanya adalah sesuatu yang membuat karakter atau pasangan dalam cerita Anda terpisahkan. Mereka mungkin memang ditakdirkan untuk bersama, tapi ada masalah dalam perjalanan cinta mereka. Cerita romance biasanya adalah tentang bagaimana pasangan dapat melewati tantangan dan masalah untuk mencapai tujuan atau ending yang diharapkan. Dalam cerita romance, endingnya biasanya bahagia. (Sumber: creative-writing-now.com)

28 August, 2012

# 87 Tips Menulis


“Saran saya adalah tidak menunggu disambar oleh ide. Jika Anda seorang penulis, duduk dan sekuatnya memutuskan untuk mendapatkan ide. Itulah caranya untuk mendapatkan sebuah ide." (Andy Rooney)

# 86 Tips Menulis


“Yang perlu Anda lakukan adalah menulis satu kalimat yang benar. Tulislah kalimat paling benar yang Anda tahu." (Ernest Hemingway)

# 85 Tips Menulis


“Saya tak peduli jika seorang pembaca membenci satu dari cerita saya, sepanjang ia menyelesaikan buku saya." (Roald Dahl)

# 84 Tips Menulis


Jangan menyerah. Sangat mudah untuk menyerah dalam kurun waktu 10 tahun pertama. Tidak ada yang peduli apakah kita menulis atau tidak, dan sangatlah sulit untuk menulis ketika tak ada orang yang peduli dengan cara apa pun. Tidak ada yang memecat kita jika kita tidak menulis, dan selama waktu yang tak sebentar kita juga tidak mendapatkan penghargaan apa pun jika kita melakukannya. Tapi, jangan menyerah.” (Andre Dubus)

# 83 Tips Menulis


"Bagian tersulit dari menulis novel adalah menyelesaikannya." (Ernest Hemingway).

# 82 Tips Menulis


Ingin menciptakan bab pembuka yang sensasional? Coba mulailah dengan kalimat-kalimat, quote-quote, atau statistik yang dramatik.

27 August, 2012

# 81 Tips Menulis


Satu cara lain untuk memulai sebuah bab yang sensasional adalah dengan menanyakan pada pembaca tentang suatu hal yang dapat membuat mereka berpikir tentang masalah mereka. Atau, Anda juga bisa melontarkan pertanyaan yang membuat mereka berimajinasi tentang kehidupan seperti apa yang akan mereka jalani jika masalah mereka berhasil diatasi. Atau, berbagai pertanyaan lain, yang bisa dimulai dengan:
1. Apakah Anda…?
2. Apakah Anda pernah…?
3. Bagaimana seandainya…?
4. Pernahkah Anda memimpikan tentang…?
5. Dll
(Sumber: ezinearticles.com)

# 80 Tips Menulis



Belajar menulis bisa dimulai dari media apa saja, termasuk media-media yang disajikan melalui teknologi Internet. Web, misalnya. Selain berguna untuk belajar menulis, media yang satu ini dapat menjadi sarana yang efektif untuk mempromosikan tulisan atau buku Anda. Berikut adalah beberapa tips yang mudah-mudahan bermanfaat saat Anda menulis untuk web Anda.
1. Tulislah content atau isi yang relevan dengan maksud atau tujuan web Anda ada.
2. Letakkanlah kesimpulan di bagian awal.
3. Tulislah hanya satu ide dalam satu paragraf.
4. Gunakan kata-kata aktif ketimbang pasif.
5. Lebih baik gunakan format daftar ketimbang paragraf untuk memudahkan pembaca dan membuatnya tidak menjadi tulisan panjang.
6. Batasi panjang daftarnya agar orang dapat mudah mengingatnya. Orang biasanya hanya dapat mengingat 7-10 item pada satu waktu.
7. Buatlah kalimat yang pendek.
8. Buatlah subjudul. Hal ini akan memudahkan pembaca.
9. Rancanglah agar ketika orang meng-copy tulisan Anda, mereka juga meng-copy link web Anda.
10. Sebelum mem-posting tulisan Anda, bacalah kembali untuk menghindarkan dari kesalahan ketik atau ejaan.

(Sumber: webdesign.about.com)

# 79 Tips Menulis


Masih berkutat dengan blog Anda? Coba juga tips berikut.
1. Kemaslah penampilan blog Anda menarik, cepat, dan mudah untuk dibaca dan diakses pembaca. Buatlah pembaca blog Anda senang ketika mampir ke blog Anda.
2. Sebisa mungkin blog Anda menjadi blog yang isinya multimedia, misalnya dengan menambahkan gambar atau video.
3. Konsistenlah dengan tujuan Anda menciptakan blog. Misalnya, jika dari awa
l blog Anda adalah blog tentang menulis, isilah dengan berbagai hal yang memang terkait dengan menulis dan bukan topik lainnya.
4. Jangan lupa untuk memperhatikan kata kunci agar para pengguna mesin pencari seperti Google mudah menemukan blog Anda. Misalkan, pada judul selalu ada kata kunci dari blog Anda, termasuk dalam tulisan Anda.
5. Sebisa mungkin hindarilah membuat tulisan atau posting yang terlalu panjang. Secara umum, buatlah tulisan yang panjangnya di bawah 1000 kata. Idealnya antara 500-800 kata.
6. Buatlah apa pun yang Anda posting itu unik.
(Sumber: dailywritingtips.com)

# 78 Tips Menulis


Banyak-banyaklah menulis. Ini adalah salah satu tips menulis yang dilontarkan oleh Stephen King. Menunggu inspirasi datang hanya jadi penantian yang panjang. Maka, janganlah menunda-nunda untuk mulai menulis. Anda mungkin harus mencoba dulu menulis beberapa kali untuk menemukan cara yang pas untuk Anda. Dan jika Anda sudah merasa nyaman dan antusias saat mengerjakannya, bisa jadi cara itu adalah cara yang pas untuk Anda. *jadi... menulislah sekarang juga ^^

# 77


Anda juga bisa memanfaatkan blog untuk belajar menulis. Berikut adalah beberapa tips yang sebaiknya Anda perhatikan saat menulis blog.
1. Pilihlah judul yang pas dengan apa yang pembaca cari lewat mesin pencari seperti Google. Yang agak rumit adalah bagaimana menggabungkan kata-kata yang relevan tetapi juga menarik untuk sebuah judul. Judul yang pas untuk sebuah blog bisa menarik, lucu, ironis, at
au kontroversial, tentunya dengan tetap memperhatikan hal yang utama dari artikel tersebut agar dapat ditangkap dengan jelas oleh pembaca dan bukanlah hal yang basi.
2. Tulisan yang hendak ditampilkan di blog juga sebisa mungkin dapat dengan cepat dan jelas dimengerti oleh pembaca. Jadi, tidak seperti ketika Anda menulis novel, yang membutuhkan waktu bagi pembaca untuk menangkap inti cerita atau menikmati cerita itu.
3. Untuk memudahkan pembaca, buatlah format daftar ketika hendak menjelaskan sesuatu yang isinya adalah point-point.
4. Tulisan yang ditampilkan di blog Anda juga sebaiknya berisi sesuatu yang blogger lain ingin me-link juga. Tulisan tentang “How to…” atau “Top 10…”, biasanya akan menarik perhatian para blogger lainnya.
(Sumber: dailywritingtips.com)

#76 Tips Menulis


Rowling menulis “lumayan banyak” naskah selain Harry Potter, termasuk “banyak cerita pendek, beberapa novel dewasa, dan naskah semacamnya”. Tidak ada satu pun dari naskah-naskah itu yang diterbitkan. Ingat bahwa tidak semua yang Anda tulis akan diterbitkan karena berbagai alasan. Jangan melihat hal itu sebagai hal yang negatif. Menulislah karena memang mencintai keahlian menulis itu sendiri, dan lihat semua naskah Anda yang tak diterbitkan itu sebagai latihan untuk naskah Anda yang akan-diterbitkan-segera. (Sumber: ehow.com)

10 August, 2012

#75 Tips Menulis


Sedang menciptakan plot yang pas untuk cerita Anda? Coba tips berikut.
1. Coba gambarkan cerita yang Anda sudah rencanakan dalam satu kalimat. Jika Anda tak dapat menceritakan tentang isi buku Anda dalam satu kalimat, bisa jadi ide tulisan Anda belum cukup jelas.
2. Putuskan apa yang sangat diinginkan oleh karakter utama atau tujuan apa yang hendak dicapai dari karakter utama.
3. Tulis deskripsi dari karakter protagonist, termasuk penampilan, kesukaan, ketidaksukaan, ketakutan, trauma masa kecil, profesi, dan lain sebagainya. Plot berkaitan dengan tingkah laku. Pengalaman karakter Anda pada masa lalunya akan menentukan tingkah laku dia di masa depan. Ketakutan dia akan berdampak pada tingkah lakunya. Plot berkembang dari karakter.
4. Buatlah semacam timeline untuk setiap peristiwa yang ada dalam novel Anda.
5. Buatlah semacam peta yang memperlihatkan di mana setiap peristiwa atau kejadian terjadi. Hal ini akan membantu Anda mengukur jarak atau membayangkan waktu karakter Anda berpindah dari satu tempat ke tempat lain.
(Sumber: dailywritingtips.com)

#74 Tips Menulis

"Buatlah tulisan Anda menarik. Ada dua kekuatan yang saling terkait dari seorang penulis, yaitu membuat hal-hal baru menjadi dikenal dan membuat hal-hal yang sudah dikenal menjadi seperti baru." (Samuel Johnson)

#73 Tips Menulis

"Menulislah dengan passion. Penuhi kertasmu dengan detak jantungmu." (William Wordsworth.)

#72 Tips Menulis


“Dan di atas segalanya, lihatlah dengan mata bercahaya ke seluruh dunia di sekitar Anda karena rahasia-rahasia terhebat selalu bersembunyi kebanyakan di tempat-tempat yang mungkin tak terpikirkan atau tak bisa dipercaya. Mereka yang tak percaya pada keajaiban tidak akan pernah menemukannya.” (Roald Dahl)

#71 Tips Menulis



Jika masih semangat untuk menulis science fiction, berikut adalah ide-ide yang mungkin bisa berguna.
1. Bayangkan dunia di masa depan.
2. Bayangkan hari kiamat.
3. Bayangkan sebuah sejarah yang penting berjalan tidak seperti seharusnya.
4. Pikirkan tentang teknologi yang sudah ada sekarang ini, lalu bayangkan apa yang akan terjadi jika teknologi itu dikembangkan lebih jauh lagi.
5. Bayangkan sebuah penemuan baru yang akan mengubah dunia.
6. Bayangkan bahwa perjalanan waktu itu memungkinkan.
7. Bayangkan hidup di planet lain.
8. Bayangkan sebuah spesies yang super.
9. Bayangkan sesuatu yang ada di luar bumi menghampiri bumi.
10. Ubah aturan yang ada dari alam semesta.
(Sumber: creative-writing-now.com)

#70 Tips Menulis


Penulis science fiction menciptakan dunia imajinasi yang bisa jadi benar-benar dunia yang baru, seperti penemuan planet baru, dunia masa depan, atau beberapa inovasi yang canggih, seperti manusia bisa bernapas di air. Cara berpikir dari dunia imajinasi dari fiksi jenis ini harus berangkat dari keilmuan yang sebenarnya. Jadi, penting bagi Anda yang ingin menulis science fiction untuk tahu dan mengerti prinsip-prinsip keilmuan dan penemuan yang terkait dengan dunia ciptaan Anda. Sebagai contoh, jika Anda ingin menulis tentang kehidupan manusia di planet dengan gaya gravitasi di titik nol, Anda harus tahu efek dari gravitasi di titik nol tersebut pada tubuh manusia dan teknologi seperti apa yang dibutuhkan untuk mengatasi hal itu. Jika Anda menulis novel yang di dalamnya ada penemuan yang mungkin jauh ke depan, Anda haruslah memahami penemuan yang sesungguhnya terkait dengan hal itu. Dan jika Anda sudah menemukan “aturan” dari dunia imajinasi Anda, patuhilah. (Sumber: creative-writing-now.com)

#69 Tips Menulis


Semangat pagi! Tertarik untuk menulis fiksi sains atau science fiction? Eits… tunggu dulu. Sebelum lanjut, pastikan dulu bahwa Anda mengerti tentang apa yang dimaksud dengan science fiction. Ada banyak definisi science fiction memang, tapi pada dasarnya science fiction adalah hasil dari realitas + bagaimana jika =…?
- Bagaimana jika ada kehidupan di planet lain?
- Bagaimana jika kita bisa melakukan perjalanan waktu?
- Bagaimana jika kita bisa menciptakan robot yang dapat menulis buku-buku bestseller?
Dalam science fiction, “bagaimana jika” berangkat dari prinsip-prinsip yang benar-benar ada dalam sains/keilmuan. Sebagai contoh, jika kita ingin bercerita tentang perjalanan waktu, hal itu disajikan dengan rangkaian cerita tentang teknologi, bukan dengan melambaikan tongkat sihir. (Sumber: creative-writing-now.com)

#68 Tips Menulis


Tips dari Peter Conners, penulis dari buku Growing Up Dead: The Hallucinated Confessions of a Teenage Deadhead dan buku White Hand Society: The Psychedelic Partnership of Timothy Leary & Allen Ginsberg.
1. Ketika sedang menulis buku, saya hanya membaca buku-buku yang dapat memperkaya buku saya. Jika tidak, betapapun saya ingin membacanya, saya tidak melakukannya.
2. Menulis nonfiksi tak berarti membuat tulisan yang kaku atau tanpa seni. Buatlah buku Anda indah untuk dibaca, Anda seperti mengomunikasikan isi buku Anda kepada pembaca.
3. Jangan terlalu memfokuskan diri pada aspek promosi di media sosial. Bagikan saja passion Anda akan hal yang Anda tulis sebagaimana yang Anda lakukan saat proses menulis, itu saja. Aspek promosi akan muncul dengan sendirinya sering dengan passion Anda. (Sumber: blogs.plos.org)

06 August, 2012




Acara BAKSOS IIDN

#67 Tips Menulis



Sudah sampai mana tulisan Anda? ^^ Masih di bab 1 juga? Mungkin Anda bisa mencoba tips dari Deborah Blum, penulis buku The Poisoner’s Handbook dan Ghost Hunters. Salah satu tipsnya adalah menulis bab pertama yang umumnya berisi ringkasan/sekilas tentang isi buku ketika semua tulisan telah selesai atau paling akhir. Dengan cara ini, penulis sudah tahu apa saja yang ada dalam buku itu dan bagaimana cara terbaik untuk membingkainya. Alhasil, Anda bisa menulis bab satu dengan lebih mudah.

#66 Tips Menulis


Ada rencana membeli buku untuk anak-anak hari ini? Hal paling pertama yang mesti diperhatikan saat membeli buku untuk anak adalah umur berapa anak Anda. Jika anak Anda berusia antara 4-8 tahun, lebih pas jika Anda mengajak anak Anda memilih buku cerita bergambar. Jika anak Anda berusia di antara 8-10 tahun, buku cerita bertemakan keberanian atau kesatriaan bisa menjadi magnet untuk rasa penasaran mereka. Jika anak Anda remaja, carikanlah buku-buku yang berisi cerita-cerita motivasi yang sesuai dengan umur mereka. Isi dari buku tentu harus sesuai dengan isi pikiran anak Anda. (Sumber: mychildhealth.net)

#65 Tips Menulis



Mulai dan akhiri tulisan Anda dengan sesuatu yang kuat. Hal yang paling penting dari tulisan Anda adalah awal dan akhir. Terutama, bagian awal. Jika Anda tidak dapat menggaet pembaca Anda dari awal, mereka tidak akan membaca sisa tulisan Anda. Jadi ketika Anda menulis bagian awal dari tulisan Anda, buatlah seapik mungkin hingga pembaca Anda ingin menghabiskan tulisan Anda. Begitu juga halnya saat Anda menulis bagian akhir, buatlah agar mereka penasaran hingga mereka akan menanti-nanti karya Anda.

#64 Tips Menulis


Adakah yang sedang mengalami writer’s block atau tiba-tiba buntu saat menulis? Cobalah untuk melihat lagi apa yang sedang Anda tulis dan mengapa Anda menuliskannya. Apakah Anda menulis sesuatu yang memang Anda cintai atau sesuatu yang menurut Anda harus Anda tulis? Tulisan yang membuat Anda senang untuk menuliskannya biasanya akan selesai/berakhir dengan sebuah kepuasan pada diri Anda, dan tulisan seperti ini akan terhubung secara instingtif dengan pembaca tulisan Anda. Jika Anda menulis dengan perasaan senang yang Anda rasakan saat pertama kali mulai menulis, Anda akan bertahan tidak hanya untuk menyelesaikan naskah yang sedang Anda tulis, tapi apa pun buku yang akan Anda tulis ke depan. (Sumber: fictionwriting.about.com)

#63 Tips Menulis


Adakah yang masih juga tak bisa melanjutkan tulisannya? Coba lagi tips berikut.
1. Jalan-jalanlah, cari udara segar. Bisa dengan pergi berenang atau melakukan olahraga lainnya—apa pun yang melibatkan aktivitas fisik. Mandi atau berendam juga bagus untuk melepaskan penat.
2. Bacalah buku yang belum sempat disentuh atau selesai dibaca.
3. Buatlah tulisan dalam bentuk lain, seperti surat, jurnal, atau sekadar daftar barang. Biarkan kata-kata mengalir dari jari-jari Anda.
4. Telusuri masalah Anda, lalu cobalah untuk tidur dulu. Mungkin ketika bangun, Anda bisa menemukan jawabannya.
5. Makanlah cokelat (nanti ketika buka puasa :P). Tak usah banyak-banyak dan mungkin lebih sehat jika dark chocolate.
6. Jika Anda sedang menulis fiksi, coba ubah sudut pandangnya.
7. Coba ubah jenis kelamin tokoh atau karakternya.
8. Coba berpikir bahwa tulisan Anda itu seperti jalanan yang simpang siur. Anggap Anda sedang menabrak tembok karena salah jalan. Coba balik lagi ke tempat di mana Anda salah berbelok, mulailah hal yang baru dari tempat itu.
9. Jangan marah pada diri sendiri. Beri diri Anda dengan hadiah yang menyemangati dan memberi harapan.
(Sumber: marg09.wordpress.com)

#62 Tips Menulis


Bahasa adalah satu hal yang juga harus diperhatikan dalam menulis cerita untuk buku cerita bergambar. Gunakanlah kata-kata yang spesifik. Misalkan, ketimbang menggunakan hanya kata “berjalan”, Anda mungkin bisa menggunakan kata “berjingkat-jingkat” jika hendak menggambarkan berjalan dengan ujung jari. Atau ketimbang menggunakan kata “rumah”, mungkin bisa menggunakan kata “gubuk” untuk menggambarkan rumah yang kecil dengan ciri-ciri tertentu. Jangan lupa juga untuk bermain dengan suara. Misalkan, bunyi alarm, bunyi angin, atau bunyi-bunyi lainnya. (Sumber: suite101.com)

#61 Tips Menulis


Plot adalah satu hal yang juga mesti diperhatikan dalam menulis cerita untuk buku cerita bergambar. Meskipun mungkin terlihat simpel atau sederhana, cerita untuk buku bergambar tetap harus memasukkan tegangan yang harus dipecahkan. Mungkin tidak sekompleks buku-buku untuk orang dewasa, namun tanpa konflik, tidak akan ada cerita. Sebuah cerita tentang seorang anak laki-laki yang tidak boleh keluar dari kamarnya karena telah melakukan sebuah kesalahan hanya akan jadi cerita yang datar, kecuali anak kecil itu kemudian berlayar menaklukkan monster-monster. Cerita seorang peternak yang sedang memberi makan sapinya juga akan menjadi datar, kecuali para sapi itu melakukan negosiasi dengan peternak untuk kondisi bekerja mereka yang lebih baik. (Sumber: suite101.com)

#60 Tips Menulis


Ingin menjadi penulis yang baik? Salah satu hal yang harus dicermati oleh seorang penulis, terutama fiksi, menurut Stephen King adalah sebisa mungkin tidak membuang-buang waktu pembaca dengan memberikan terlalu banyak latar belakang cerita. Jangan pula membuat intro atau pengantar yang terlalu panjang dan anekdot-anekdot panjang tentang hidup Anda. Hilangkan hal-hal yang hanya mengganggu jalannya cerita. Hilangkan juga celotehan-celotehan tak perlu. Segeralah menukik pada tema sebelum pembaca Anda hilang kesabaran dan beralih ke bacaan yang lain. (Sumber: positivityblog.com)

#7 Apa Kata Penulis


“Sebelum Anda menjadi seorang penulis, Anda harus mengalami banyak hal, melihat sebagian besar dari dunia ini, melakukan banyak hal—cinta, patah hati, dan lain-lain—, karena Anda perlu memiliki sesuatu untuk dikatakan.” (John Grisham) *semangat menulis ^^

#59 Tips Menulis



Selamat pagi! Hendak menulis apa hari ini? Berikut beberapa tips dari George Orwell, seorang sastrawan Inggris, yang barangkali bermanfaat.
1. Jangan menggunakan metafora atau kiasan.
2. Jangan menggunakan kalimat yang panjang kalau bisa menggunakan kalimat yang lebih pendek.
3. Jika masih memungkinkan untuk menghilangkan satu atau dua kata, hilangkanlah.
4. Jangan menggunakan kalimat pasif jika bisa menggunakan kalimat aktif.
5. Jangan menggunakan istilah asing, kata ilmiah, atau kata-kata jargon yang hanya dimengerti oleh sedikit orang.
(Sumber: openculture.com)

#58 Tips Menulis


Hal lain yang juga harus diperhatikan ketika seorang penulis perempuan sedang menulis dari kacamata laki-laki adalah hilangkan 99% kata-kata yang terkait dengan emosi. Perasaan pada laki-laki lebih banyak berhubungan dengan hal-hal yang bersifat fisik, seperti sakit, lapar, haus, atau kekhawatiran. Mereka jarang bicara “sedih” karena sesuatu, atau merasa galau, kesepian, atau sedih. Bukannya mereka tak merasakan hal-hal seperti itu, hanya saja mereka tak mau membicarakan hal itu berkepanjangan seperti yang dilakukan perempuan. (Sumber: katlatham.com)

#57 Tips Menulis


Jika Anda seorang perempuan dan sedang menulis dari sudut pandang laki-laki, jangan lupa untuk memperhatikan dialog. Dalam percakapan/dialog antara perempuan dan laki-laki, laki-laki umumnya akan menggunakan kata yang lebih sedikit ketimbang perempuan, dan lebih banyak menjawab hanya dengan satu suku kata. Mungkin para lelaki takut untuk mengatakan sesuatu yang salah hingga masuk dalam masalah. Atau bisa jadi juga memberikan banyak informasi hanya akan melahirkan banyak pertanyaan dan mereka akan terjebak dalam suatu percakapan yang sama sekali tak menarik baginya. (Sumber: katlatham.com)

03 August, 2012

#56 Tips Menulis


Masih berkutat dengan novel Anda? Seorang penulis harus bisa menulis dari sudut pandang di luar dirinya ketika ia sedang mengembangkan sebuah novel. Misalnya, jika ia adalah seorang penulis perempuan dan sedang mengembangkan tokoh laki-laki, tentu saja ia harus bisa mencoba melihat berbagai hal dari sudut pandang laki-laki. Caranya? Mari mulai dengan hal yang sangat jelas bahwa kebanyakan laki-laki itu sederhana. Bukan berarti laki-laki itu tidak rumit, tidak penuh pertimbangan, atau tidak peduli dengan hal-hal di sekitarnya. Mereka hanya lebih sering tidak peduli saja. Tentu saja tidak seperti perempuan. Tanyakan pada perempuan, apa yang sedang mereka rasakan dan Anda akan mendapatkan seluruh kegiatan yang ia lakukan dari mulai tidur tadi malam, bahkan sampai bagaimana ia ketika sedang PMS, dan bla bla bla. Sementara laki-laki, ia hanya akan coba merasakan sebentar badannya, bertanya pada dirinya apakah ia lapar? Haus? Ngantuk, dan lain-lain. Tapi, biasanya yang keluar dari mulutnya adalah “baik-baik saja”. *bagaimana dengan tokoh dalam novel Anda?

#55 Tips Menulis


Memilih usia dari tokoh atau karakter yang hendak ditampilkan adalah salah satu kunci dalam menulis novel romance. Hal ini sangat tergantung dari pembaca dari usia berapa yang menjadi sasaran dari tulisan Anda. Banyak remaja dan perempuan dewasa yang melahap habis buku-buku romance. Jadi, baik jika karakter Anda berkisar antara 18-24 tahun. Biarkan usia karakter-karakter Anda sesuai dengan usia dari pembaca yang akan membaca naskah kita. (Sumber: wikihow.com)

#54 Tips Menulis


Jika Anda seorang perempuan dan sedang menulis dari sudut pandang laki-laki, jangan lupa untuk memperhatikan dialog. Dalam percakapan/dialog antara perempuan dan laki-laki, laki-laki umumnya akan menggunakan kata yang lebih sedikit ketimbang perempuan, dan lebih banyak menjawab hanya dengan satu suku kata. Mungkin para lelaki takut untuk mengatakan sesuatu yang salah hingga masuk dalam masalah. Atau bisa jadi juga memberikan banyak informasi hanya akan melahirkan banyak pertanyaan dan mereka akan terjebak dalam suatu percakapan yang sama sekali tak menarik baginya. (Sumber: katlatham.com) *sampai di mana novel Anda hari ini?^^

#53 Tips Menulis


Hal lain yang juga harus diperhatikan ketika seorang penulis perempuan sedang menulis dari kacamata laki-laki adalah hilangkan 99% kata-kata yang terkait dengan emosi. Perasaan pada laki-laki lebih banyak berhubungan dengan hal-hal yang bersifat fisik, seperti sakit, lapar, haus, atau kekhawatiran. Mereka jarang bicara “sedih” karena sesuatu, atau merasa galau, kesepian, atau sedih. Bukannya mereka tak merasakan hal-hal seperti itu, hanya saja mereka tak mau membicarakan hal itu berkepanjangan seperti yang dilakukan perempuan. (Sumber: katlatham.com)

#52 Tips Menulis


Hendak menulis apa hari ini? Berikut beberapa tips dari George Orwell, seorang sastrawan Inggris, yang barangkali bermanfaat.
1. Jangan menggunakan metafora atau kiasan.
2. Jangan menggunakan kalimat yang panjang kalau bisa menggunakan kalimat yang lebih pendek.
3. Jika masih memungkinkan untuk menghilangkan satu atau dua kata, hilangkanlah.
4. Jangan menggunakan kalimat pasif jika bisa menggunakan kalimat aktif.
5. Jangan menggunakan istilah asing, kata ilmiah, atau kata-kata jargon yang hanya dimengerti oleh sedikit orang.
(Sumber: openculture.com)

#6 Apa Kata Penulis Terkenal


“Sebelum Anda menjadi seorang penulis, Anda harus mengalami banyak hal, melihat sebagian besar dari dunia ini, melakukan banyak hal—cinta, patah hati, dan lain-lain—, karena Anda perlu memiliki sesuatu untuk dikatakan.” (John Grisham)

#51 Tips Menulis



Ingin menjadi penulis yang baik? Salah satu hal yang harus dicermati oleh seorang penulis, terutama fiksi, menurut Stephen King adalah sebisa mungkin tidak membuang-buang waktu pembaca dengan memberikan terlalu banyak latar belakang cerita.
Jangan pula membuat intro atau pengantar yang terlalu panjang dan anekdot-anekdot panjang tentang hidup Anda. Hilangkan hal-hal yang hanya mengganggu jalannya cerita. Hilangkan juga celotehan-celotehan tak perlu. Segeralah menukik pada tema sebelum pembaca Anda hilang kesabaran dan beralih ke bacaan yang lain. (Sumber: positivityblog.com) *terus semangat menulis!