Breaking News

31 July, 2012

#50 Tips Menulis


Adakah yang sedang membuat novel romance? Novel romance adalah novel yang menfokuskan diri pada cerita cinta. Dalam novel jenis ini, tokoh atau karakternya berfokus pada dua tokoh yang sedang jatuh cinta. Kisah pada novel jenis ini pada umumnya berangkat dari sudut pandang perempuan. Mengapa? Karena pembaca novel jenis ini adalah kebanyakan perempuan dan mereka biasanya lebih tertarik untuk membaca tulisan yang berangkat dari perspektif perempuan ketimbang laki-laki.

#49 Tips Menulis


Bagaimana? Sudah selesaikah naskah remaja Anda? Jangan lupa untuk mengembangkan tokoh-tokoh/karater-karakter utama Anda. Apa hobi, aspirasi, dan cara pandang mereka terhadap hidup? Mengapa mereka memerlukan apa pun yang saat ini sedang mereka cari? Tuliskan secara detail segala hal yang terkait dengan masing-masing karakter/tokoh. Pergilah ke luar dan dengarkan bagaimana para remaja itu bicara dan bergaya. Catatlah kata-kata khas atau ungkapan yang menarik yang keluar dari mulut mereka. Perhatikan adakah ungkapan tertentu yang pas dengan salah satu karakter/tokoh Anda? Ingatlah bahwa Anda harus memilih bagaimana setiap karakter/tokoh dalam cerita Anda bicara. Berilah kekhasan pada mereka masing-masing, baik pada suara maupun cara pandang. (Sumber: ehow.com)

#48 Tips Menulis


Sudah menemukan tema untuk buku remaja Anda? Buatlah outline dari ide Anda itu di atas kertas. Tulislah sekitar satu halaman sinopsis yang secara sekilas memaparkan hal-hal yang utama dari ide Anda dan petunjuk terkait dengan ending. Mintalah beberapa remaja untuk membaca ide Anda. Baik jika Anda bia menanyakannya pada remaja dari berbagai macam latar belakang dan dari jenis kelamin yang berbeda. Pembaca yang tidak kenal sama sekali dengan Anda biasanya akan memberikan pendapat yang jujur. Mintalah masukan mereka tentang apa yang membuat mereka ingin membaca ide Anda itu dan apa yang bisa Anda tambahkan atau kembangkan. (Sumber: ehow.com)

30 July, 2012

#47 Tips Menulis


Untuk yang masih semangat menulis, berikut adalah beberapa ide yang bisa dipraktekkan saat mengalami kebuntuan.
1. Keluarkan semua kata dan gambar yang ada di kepala terkait dengan tema tulisan Anda. Terus tuliskan semua ide yang muncul. Jika tiba-tiba Anda tidak tahu harus menulis apa lagi, tunggulah sebentar. Terkadang ide yang dahsyat muncul ke permukaan setelah semua ide yang tak terlalu bernilai dikeluarkan dari kepala.
2. Tulislah satu atau dua halaman dengan mata tertutup. Ini seperti membiarkan otak Anda melakukan kesalahan, teruslah menulis.
3.Menulislah dengan latar belakang musik. Setiap orang tentunya mempunyai pengalaman tentang musik yang berbeda-beda. Bisa jadi penulis yang satu senang menulis dengan latar belakang musik klasik, sementara yang lain senang dengan musik rock.
4. Sesekali biarkan diri Anda menjadi emosional, terbawa oleh tulisan Anda sendiri.
(Sumber: writershelper.com)

#46 Tips Menulis


Hari Minggu seperti ini asyik nih untuk membuat cerita pendek. Ada yang sudah memulainya? Cobalah memulai dengan paragraf pertama yang menarik dan menjerat pembaca, cukup menarik untuk merebut hati pembaca dan membuat mereka penasaran akan apa yang akan terjadi selanjutnya. Lalu, buatlah plot yang pas, harus ada bagian awal, tengah, dan akhir. Biarkan pembaca bertanya-tanya dan kaget atau melongo tapi merasa keliru menebak, bukan terpesona. Dan, jangan memberi tanda tentang ending yang tak terduga itu terlalu cepat. Berusahalah membuat pembaca menebak-nebak sampai saat yang paling akhir… (Sumber: write101.com)

#5 Apa Kata Penulis Terkenal


Jika Anda sulit untuk mulai menulis, lihatlah keluar jendela. Seluruh isi dunia ini adalah cerita, dan setiap saat adalah keajaiban. (Bruce Taylor, UWEC Professor of Creative Writing)

#44 Tips Menulis


Keahlian seperti apa yang dibutuhkan penulis? Ketekunan. Ketetapan hati. Hasrat untuk sukses. Penulis yang kreatif harus memiliki ketekunan. Sukses, sebenarnya, ya tidak gagal. Tapi jika tidak berhasil pada kali pertama, tak masalah. Pada kali kedua, tak masalah. Pada kali ketiga, tidak masalah. Pada kali keempat, tidak masalah. Jutaan kali, juga tak masalah. (Sumber: writerstreasure.com)

#43 Tips Menulis


Pagi seperti ini untuk tak sedikit penulis adalah waktu yang pas untuk menggali ide. Bagaimana dengan Anda? Sedang menulis apa? Adakah yang sedang menulis sebuah kisah nyata, tapi agak frustasi karena tulisan terasa datar? Tenang.... :P Cobalah tips berikut.
1. Mulailah dengan riset yang mendalam tentang apa yang sedang Anda tulis.
2. Buatlah plot cerita yang membuat pembaca tetap penasaran untuk membaca tulisan Anda. Misalnya, karakter atau tokoh utama sebenarnya menjalani hidup yang normal dan biasa-biasa saja sampai kemudian sebuah peristiwa tiba-tiba muncul dan merenggut semua itu. Harus ada moment di mana semua yang dipunyai sebelumnya oleh tokoh atau karakter benar-benar tak bersisa, lalu ada sebuah resolusi, dan kesimpulan/akhir cerita, kemudian semua kembali menjadi normal.
3. Deskripsikan karakter-karakter atau tokoh-tokoh Anda. Perlihatkan motivasi dan kepribadiannya, saat-saat penuh kebimbangan, dan saat-saat penuh godaan yang membuat mereka tersesat.
4. Seriuslah dengan setting. Tugas Anda adalah membawa pembaca untuk merasa berada di sana. Misalnya, dengan menggambarkan musimnya, bisingnya kemacetan di ibu kota, kakunya sebuah kantor, atau bau dari tempat yang sedang didatangi tokoh tersebut.
5. Putuskan hendak menggunakan sudut pandang apa? Apakah Anda akan menggunakan semacam narator yang membantu Anda bercerita?
6. Munculkan sentuhan-sentuhan simbol, gaya, atau ironi agar tulisan Anda tidak datar.
7. Setelah tulisan selesai, baca dan cermati lagi tulisan Anda. Jika Anda ingin membuat sebuah tulisan yang benar-benar nonfiksi, tentu saja hal-hal yang tak nyata/karangan tidak boleh ada di situ. Tapi, jika memang Anda ingin menambahkan karakter atau kejadian lain yang sebenarnya tak terjadi/tak nyata dalam tulisan itu, berarti Anda sedang membuat sebuah karya fiksi yang berangkat dari kisah nyata. Kedua bentuk tulisan tersebut bisa sama menariknya kok ^^
(Sumber: ehow.com)

28 July, 2012

#42 Tips Menulis

“Ketika Anda menulis, prosesnya itu seperti melakukan sebuah perjalanan yang panjang, menyeberangi bukit-bukit dan gunung-gunung dan segala hal, Anda kemudian melihat pemandangan yang pertama dan menuliskannya. Lalu Anda berjalan lebih jauh lagi, mungkin menuju puncak dari sebuah bukit, dan Anda melihat hal yang lainnya, kemudian Anda menuliskannya dan Anda terus melakukan hal seperti itu, hari demi hari, mendapatkan berbagai pemandangan yang berbeda. Gunung yang paling tinggi yang dilalui dalam dalam perjalanan itu sudah pasti adalah akhir dari buku tersebut karena dari tempat itu terlihat seluruh pemandangan, ketika semua pemandangan yang sebelumnya terlihat jelas di sana, dan Anda dapat melihat lagi bagaimana semua yang Anda lalui ada di sana. Tetapi, proses ini adalah proses yang lama dan sangat… sangat… panjang.” –Roald Dahl.
(Sumber: thebookbase.com)

#42 Tips Menulis

Menulis adalah sebuah proses yang membutuhkan keahlian, kebulatan tekad, penyesuaian, dan tak sedikit waktu. Salah satu cara untuk meningkatkan keahlian Anda dalam menulis fiksi adalah dengan menganggap Anda sebagai perantara atau kendaraan untuk sebuah kisah yang ingin diceritakan. Anda mungkin punya beberapa ide tentang akan dikemanakan kisah tersebut, namun jangan terlalu memberi banyak tekanan pada diri Anda. Kisahnya akan terbuka dengan sendirinya jika Anda siap untuk berusaha mempertahankan/menjaga apa yang harus diceritakan oleh kisah itu. (Sumber: writingforward.com)

#41 Tips Menulis

Jika ingin meningkatkan kemampuan menulis kita, salah satu caranya adalah dengan menulis hal yang kita tahu dan berdasarkan pengalaman yang kita alami. Ada banyak keuntungan yang bisa didapat dari cara yang satu ini. Selain lebih mudah menulisnya, pembaca dari tulisan kita juga pasti akan lebih mudah membaca dan memahaminya, serta biasanya juga akan terasa lebih autentik.

26 July, 2012

#40 Tips Menulis

Menulis untuk anak dengan usia 2 sampai 8 tahun tentu saja berbeda dengan menulis untuk remaja atau setidaknya beberapa tahun di atas usia tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dijadikan prinsip atau ide dalam menulis buku cerita anak.
1. Tidak masalah untuk membuat yang berbeda, tapi tentu saja hal itu tidaklah mudah.
2. Orang jahat tak pernah menang.
3. Orang baik harus selalu menang di akhir cerita.
4. Dunia harus benar-benar terlihat hitam putih.
5. Tokoh yang ada di dalamnya dapat berubah dari baik menjadi salah, tentu saja dengan beberapa nilai penting yang dapat diambil. Bisa juga kebalikannya, yang salah menjadi baik. Namun, tidak bisa mereka mengalami keduanya, tadinya baik lalu menjadi jahat kemudian menjadi baik lagi. Hal ini hanya akan memusingkan anak.
6. Tak masalah untuk menampilkan sesuatu yang menyeramkan, namun sebisa mungkin tidak menyentuh atau menyakiti badan.
7. Orang kecil dapat mengalahkan orang besar.
8. Anak yang biasa-biasa saja dapat menampilkan atau meraih prestasi yang luar biasa.
(Sumber: dummies.com)

#39 Tips Menulis

“Ketika Anda menulis, prosesnya itu seperti melakukan sebuah perjalanan yang panjang, menyeberangi bukit-bukit dan gunung-gunung dan segala hal, Anda kemudian melihat pemandangan yang pertama dan menuliskannya. Lalu Anda berjalan lebih jauh lagi, mungkin menuju puncak dari sebuah bukit, dan Anda melihat hal yang lainnya, kemudian Anda menuliskannya dan Anda terus melakukan hal seperti itu, hari demi hari, mendapatkan berbagai pemandangan yang berbeda. Gunung yang paling tinggi yang dilalui dalam dalam perjalanan itu sudah pasti adalah akhir dari buku tersebut karena dari tempat itu terlihat seluruh pemandangan, ketika semua pemandangan yang sebelumnya terlihat jelas di sana, dan Anda dapat melihat lagi bagaimana semua yang Anda lalui ada di sana. Tetapi, proses ini adalah proses yang lama dan sangat… sangat… panjang.” –Roald Dahl.
(Sumber: thebookbase.com)

#4 Apa Kata Penulis Terkenal

“Anda bisa saja duduk di sana, tegang dan khawatir, membekukan energi-energi kreatif yang ada, atau Anda bisa mulai menulis sesuatu. Tulislah apa pun, tak jadi masalah. Dalam lima atau sepuluh menit, imajinasi Anda akan membuncah, kesulitan akan hilang dengan sendirinya, dan semangat dan irama tertentu akan menggantikannya.” (Leonard Bernstein)

#38 Tips Menulis

Masih berkutat dengan naskah motivasi Anda? Berikut adalah beberapa hal yang juga sebaiknya diperhatikan.
1. Lebih baik membuat satu bab pendek dengan satu atau dua konsep ketimbang membuat satu bab yang panjang.
2. Lebih bagus lagi jika menggunakan ilustrasi atau grafik untuk mendukung atau menggambarkan prinsip-prinsip motivasi yang Anda tawarkan dalam naskah Anda.
3. Jangan berasumsi pengetahuan atau ilmu yang Anda miliki juga dimiliki oleh pembaca naskah Anda. Jadi, sebisa mungkin tidak menggunakan istilah, akronim, atau bahasa slang yang tidak umum digunakan. Gunakan bahasa yang umum atau sederhana untuk dipahami. Jika tidak memungkinkan, gunakan glosarium untuk menjelaskannya.
(Sumber: ehow.com)

25 July, 2012

#37 Tips Menulis

Adakah yang sedang tertarik untuk membuat buku motivasi? Sebelum mulai menulis, tips berikut barangkali bisa membantu dan menambah semangat Anda untuk menulis.
1. Tandai target demografis dari buku motivasional Anda. Misalnya, orang-orang yang ingin semakin aktif di komunitas mereka, atau orang-orang yang ingiin membangun hubungan yang lebih sehat dengan orang yang dicintai atau relasi bisnis.
2. Buatlah daftar yang isinya adalah apa yang akan didapatkan pembaca setelah mereka selesai membaca tulisan Anda.
3. Tentukan metodologi seperti apa yang ingin digunakan untuk membagi ide Anda. Pendekatan yang paling simpel adalah membaginya menjadi 3 bagian. Bagian yang pertama menjelaskan prinsipnya dan mengapa prinsip tersebut penting dan relevan bagi pembaca. Bagian yang kedua menggambarkan bagaimana prinsip itu dapat diterapkan dalam dunia nyata. Bagian ini biasanya menggunakan contoh dari individu atau kejadian yang familier bagi pembaca. Bagian ketiga menyediakan pertanyaan-pertanyaan atau semacam aktivitas bagi pembaca untuk melakukan self test atas apa yang sudah mereka baca pada 2 bagian sebelumnya.
(Sumber: ehow.com)

Tips Bisnis yang Memotivasi Untuk Terus Mengembangkan Bisnis

Ternyata pendapat bahwa lebih dari separuh bisnis baru gagal di tahun pertama tidak sepenuhnya benar. Menurut Small Business Association (SBA), hanya sekitar 30 persen dari bisnis baru yang gagal di dua tahun pertama, 50 persen di tahun kelima, dan 66 persen selama 10 tahun pertama. Hanya 25 persen yang berhasil meneruskan bisnis hingga 15 tahun ke atas. Berikut adalah beberapa kesalahan dalam berbisnis yang dilansir di Female.Kompas.com.
1. Tidak ada perencanaan. Sebelum memulai bisnis, tentukan dulu visi, sasaran, dan arah bisnis. Galilah informasi sebanyak mungkin tentang bisnis yang akan digeluti, termasuk bagaimana dan di mana membeli bahan bakunya, siapa saja yang akan menjadi konsumen, dan di mana dan bagaimana memasarkannya.
2. Pemasaran yang lemah. Sekarang ini sudah semakin banyak media untuk mempromosikan bisnis kita, manfaatkanlah.
3. Manajemen yang buruk. Buatlah evaluasi atas bisnis yang sudah berjalan dari catatan secara detail yang Anda buat atas setiap langkah yang Anda lakukan.
4. Pegawai tak terkendali. Jika Anda belum siap dan belum benar-benar membutuhkan, usahakan untuk tidak merekrut pegawai. Namun memang jika sudah siap, rumuskan dengan baik job description para pegawai Anda. Rekrutlah pegawai sesuai kebutuhan dan kriteria.
5. Terlalu cepat menarik uang. Pisahkan rekening pribadi dengan rekening usaha agar tidak tergoda untuk menghabiskannya. Manfaatkanlah keuntungan untuk mengembangkan dan melakukan ekspansi bisnis.

*sepertinya poin terakhir harus benar-benar diperhatikan ya, apalagi menjelang Lebaran seperti sekarang ini :P

#36 Tips Menulis

Banyak penulis yang terkenal karena buku-buku biografi yang ditulis mereka. Jika Anda juga sedang berencana menulis biografi seseorang, pastikan bahwa sumber dari informasi Anda akurat. Kumpulkan data-data selengkap mungkin, di antaranya hari dan tanggal ia dilahirkan/meninggal, informasi-informasi seputar keluarga, prestasi-prestasi dalam hidupnya, kejadian/peristiwa penting dalam hidupnya, dan peran/pengaruh kehadirannya dalam masyarakat sekitarnya yang penting jika dilihat dari sisi sejarah. Tujuan Anda dengan tulisan biografi tersebut adalah untuk membuat takjub siapa pun yang membacanya, jadi hindari temuan-temuan yang membosankan. Ide bagus jika Anda memulainya dengan kalimat dari orang itu yang menarik, fakta kecil yang mungkin sudah diketahui orang-orang, atau kejadian yang benar-benar penuh intrik.
(Sumber: homeworktips.about.com)

#35 Tips Menulis

Sedang menyusun pertanyaan untuk tulisan biografi Anda? Berikut adalah beberapa pertanyaan yang mungkin bisa membantu Anda.
1. Apakah ada sesuatu di masa kecil dari sang tokoh yang membentuk kepribadian dia?
2. Apakah ada karakter atau bagian dari kepribadian dia yang membawanya pada kesuksesan atau justru menghalangi kemajuan dia?
3. Sifat atau karakter seperti apa yang akan Anda pakai untuk menggambarkan tokoh yang sedang Anda tulis ini?
4. Adakah titik-titik dalam hidupnya di mana terjadi perubahan penting?
5. apa pengaruh kehadiran dia pada sejarah/kemajuan? Jika tokohnya adalah tokoh setempat, mungkin pada sejarah daerah tersebut atau lingkungan di sekitarnya.
(Sumber: homeworktips.about.com)

#1 Seniman Hebat Indonesia

Bapak Komik Indonesia, R.A. Kosasih, tutup usia pada Selasa dini hari, 24 Juli 2012. Tak ada yang tak kenal tokoh komik yang satu ini. Ia telah menelurkan ratusan komik, di antaranya Mahabharata. Komik pertama dari bapak yang mulai menggambar sejak tahun 1953 ini adalah Sri Asih (1950) yang dicetak 3.000 eksemplar dan langsung tandas. Beberapa komiknya sudah diterbitkan ulang dan masih diburu oleh para penggemarnya. (Sumber: Tempo.co)

#34 Tips Menulis

Merasa perlengkapan untuk menulis biografi belum lengkap? Coba tips tambahan berikut.
1. Sebelum mulai menulis, coba pikirkan bagian mana dari kehidupan orang yang Anda tulis yang ingin Anda tonjolkan. Mungkin Anda bisa menggunakan kata tanya: Siapa? Apa? Di mana? Mengapa? Bagaimana?
2. Ingat-ingat lagi apa yang membuat orang tersebut menjadi begitu istimewa dan menarik? Penggambaran seperti apa yang pas untuk orang itu? Kejadian apa dalam hidup orang itu yang tak bisa dilupakan atau mengubah hidupnya? Dengan cara apa orang itu mempengaruhi lingkungan sekitarnya, misalnya keluarga, masyarakat, atau lingkungan profesionalnya.
3. Jangan lupa untuk menggambarkan penampilannya, termasuk kebiasaan-kebiasaan dan cara orang itu bicara.
4. Setelah selesai menulis, jangan lupa untuk mengeditnya. Bacakan dengan suara keras untuk merasakan bagaimana tulisan tersebut terdengar, hal ini juga akan membantu Anda untuk menemukan informasi yang berulang. (Sumber: biographybiography.com)

#33 Tips Menulis

Sudah selesaikah tulisan biografi Anda? Pastikan antara paragraf yang satu dengan yang selanjutnya terdapat kata atau kalimat penghubung/transisi agar tulisan Anda mengalir dan enak untuk dibaca. Wajar bagi seorang penulis untuk mengatur kembali kalimat-kalimat yang sudah ditulis demi hasil akhir yang lebih baik. Pada paragraf akhir, simpulkanlah beberapa hal penting dan tegaskan kembali penilaian Anda terhadap subjek yang Anda tulis. (Sumber: homeworktips.about.com) *satu hal lagi, pastikan tulisan Anda membawa pencerahan bagi siapa pun yang membacanya

24 July, 2012

#1 Amazing Moms


Amelia Earhart, wanita pertama yang berani terbang sendiri menyeberangi Samudra Atlantik hingga dianugerahi penghargaan Distinguished Flying Cross. Ia juga membuat banyak rekor lain, menulis buku best seller tentang pengalaman terbangnya, dan memiliki peran penting dalam pendirian Ninety-Nine, organisasi pilot wanita. Hari ini Google memperingati hari kelahiran perempuan yang lahir 115 tahun lalu dan hilang secara misterius di Samudra Pasifik di dekat Pulau Howland dalam usaha untuk melakukan penerbangan keliling dunia tahun 1937. (Sumber: Sidomi.com)

#32 Tips Menulis

Banyak penulis yang terkenal karena buku-buku biografi yang ditulis mereka. Jika Anda juga sedang berencana menulis biografi seseorang, pastikan bahwa sumber dari informasi Anda akurat. Kumpulkan data-data selengkap mungkin, di antaranya hari dan tanggal ia dilahirkan/meninggal, informasi-informasi seputar keluarga, prestasi-prestasi dalam hidupnya, kejadian/peristiwa penting dalam hidupnya, dan peran/pengaruh kehadirannya dalam masyarakat sekitarnya yang penting jika dilihat dari sisi sejarah. Tujuan Anda dengan tulisan biografi tersebut adalah untuk membuat takjub siapa pun yang membacanya, jadi hindari temuan-temuan yang membosankan. Ide bagus jika Anda memulainya dengan kalimat dari orang itu yang menarik, fakta kecil yang mungkin sudah diketahui orang-orang, atau kejadian yang benar-benar penuh intrik.
(Sumber: homeworktips.about.com)

#5 Tips Parenting

Kejujuran bukanlah hal yang mudah untuk dikomunikasikan pada anak-anak. Masa puasa seperti sekarang ini dapat menjadi moment di mana anak belajar kejujuran. Salah satu caranya adalah dengan mengajak anak untuk bicara apa adanya ketika mereka tidak sanggup/kuat untuk melanjutkan puasa hari itu. Sebagai gantinya, tentu saja kita sebagai orang tua harus memahami kondisi tersebut dengan tidak terus memaksakan apalagi sampai melontarkan omelan/amarah.

#4 Tips Parenting

Adakah di antara Ibu-Ibu yang sudah beberapa hari ini terpaksa lembur karena dikejar target? Ternyata anak yang orang tuanya terlalu lama meninggalkannya dengan pengasuh dan orang tuanya tak juga kunjung pulang pada waktunya pulang, akan mengalami keemasan dan terluka secara psikologi. Hal ini dilansir oleh Dailymail, seorang psikolog yang menerbitkan buku tentang mengasuh anak berjudul, A Home For The Heart. Perilaku “kecemasan” yang timbul bisa beragam, mulai dari banyak diam, menghindar, atau tak lagi dekat dengan orang tua. Jika terus-menerus terjadi, saat beranjak dewasa, kemungkinan besar anak tersebut akan menjadi pribadi yang mudah depresi dan menutup diri. (Sumber: wolipop.com)

#3 Apa Kata Penulis Terkenal

Menjadi seorang penulis tak ubahnya menjadi sadar. Ketika kita sadar dan menulis dari suatu tempat di mana ada pencerahan dan kesederhanaan dan kepedulian yang sungguh-sungguh akan kebenaran, kita punya kemampuan untuk memberikan cahaya pada pembaca kita. Ia akan mengenali hidupnya dan kebenaran dari apa yang kita katakan, dari gambar yang kita goreskan, dan hal ini mengurangi rasa mengerikan dari keterasingan yang sudah terlalu lama kita alami. (Anne Lamott)

23 July, 2012

#31 Tips Menulis

Jika Anda sedang menulis buku tentang kesehatan, barangkali tips berikut bisa membantu.
1. Mulailah dengan informasi yang menyentuh atau mengejutkan tentang penyakit, masalah, atau tema kesehatan yang Anda angkat.
2. Dari awal tulisan, biarkan para pembaca tahu bahwa Anda berempati dengan mereka dan mengerti apa yang sedang mereka lalui. Dalam hal ini asumsinya pembaca tertarik untuk membaca buku yang Anda tulis karena ada kedekatan antara tema yang diangkat dengan masalah kesehatan yang sedang mereka alami.
3. Terangkan tema yang Anda angkat dari sisi fisiologi dan/atau psikologi.
4. Paparkan gambaran/ikhtisar dari apa yang Anda tawarkan sebagai solusi bagi masalah kesehatan yang Anda angkat—mungkin pada bab 4.
5. Jadikan beberapa bab untuk menjelaskan kelebihan dari solusi yang Anda tawarkan dibandingkan dengan solusi yang sudah ada. Jika Anda memiliki beberapa solusi, beberkan setiap solusi dalam satu bab tersendiri.
6. Tulislah dalam kalimat yang pendek/sederhana dan dapat dipahami, terutama oleh orang-orang yang awam dalam dunia kesehatan.
7. Gunakanlah bahasa yang sifatnya aktif, sesedikit mungkin menggunakan kalimat pasif,
8. Sertakan banyak kasus terkait dengan masalah yang Anda angkat.
9. Tidak usah membuang waktu dan halaman untuk menyerang atau mendiskreditkan solusi yang sudah ada pada buku-buku yang sudah ada sebelumnya. Fokus pada membantu pembaca-pembaca Anda.
10. Tawarkan sebanyak mungkin bantuan dan saran yang spesifik terkait dengan hal-hal yang seharusnya sudah diketahui oleh pembaca.
11. Ciptakanlah pengalaman emosional pada pembaca hingga pembaca merasa bahwa apa yang Anda jabarkan dalam buku Anda itu adalah “mereka banget”.
12. Tinggalkan hal-hal yang sifatnya teoretis atau ilmiah yang pasti tak akan dibaca oleh pembaca. Jika memang harus dicantumkan, mungkin Anda bisa mencantumkannya dalam appendix. (Sumber: taylor-fox.com)

#2 Tips Parenting

“Bila seorang anak hidup dengan kritik,ia akan belajar menghukum.Bila seorang anak hidup dengan permusuhan, ia akan belajar kekerasan. Bila seorang anak hidup dengan olokan,ia belajar menjadi malu. Bila seorang anak hidup dengan rasa malu, ia belajar merasa bersalah. Bila seorang anak hidup dengan dorongan, ia belajar percaya diri. Bila seorang anak hidup dengan keadilan,ia belajar menjalankan keadilan. Bila seorang anak hidup dengan ketentraman, ia belajar tentang iman. Bila seorang anak hidup dengan dukungan,ia belajar menyukai dirinya sendiri. Bila seorang anak hidup dengan penerimaan dan persahabatan , ia belajar untuk mencintai dunia.” (Dorothy Law Nolte)

*Happy National Children Day ^^

#30 Tips Menulis


Ingin menulis buku nonfiksi, tapi tidak yakin dengan tema yang dipilih? Coba uji lagi temanya dengan beberapa pertanyaan berikut.
1. Apakah subjek atau tema yang dipilih cukup besar untuk menjadi sebuah buku? Misalnya, tema “bagaimana menyemir sepatu dengan baik” sepertinya lebih pas jika menjadi salah satu artikel di majalah ketimbang membuat satu buku khusus untuk membahasnya.
2. Apakah subjek atau tema yang dipilih mempunyai jangkauan pembaca yang cukup luas dan cukup komersial? Hal ini juga berkaitan dengan menemukan penerbit yang pas untuk subjek yang Anda pilih. Beberapa publisher mungkin menginginkan tema tentang kesehatan karena mereka sudah mempunyai pasar pembaca pada tema tersebut. Sementara, beberapa penerbit yang lain mungkin lebih menginginkan buku parenting karena sudah menguasai pasar pembaca pada tema tersebut.
3. Apakah tema atau subjek dari tulisan nonfiksi yang Anda pilih termasuk tema yang diminati banyak orang? Misalnya, sekarang ini banyak orang yang menyukai buku-buku berjenis “how to” dan “self improvement", mencemplungkan diri ke dalam tema-tema tersebut mempunyai peluang cukup besar untuk mendapatkan perhatian.

(Sumber: howtobooks.co.uk)

#29 Tips Menulis


Sudah mulai masuk bab 1 dari novel Anda, tapi bingung bagaimana memulainya? Sebelum memulai, berikut adalah hal-hal yang sebaiknya pembaca dapatkan setelah membaca bab 1 novel Anda.
1. Berkenalan dengan karakter-karakter utama.
2. Mengetahui di mana cerita Anda mengambil tempat
3. Mendapatkan atmosfer tertentu dari keseluruhan novel Anda
4. Mengetahui masalah utama atau konflik dari cerita Anda
5. Mengalami kegembiraan/kehebohan tertentu
(Sumber: suite101.com)


#28 Tips Menulis


Adakah yang hendak mengisi waktu dengan menulis pada bulan Ramadan kali ini? Hal itu tentu saja bukan ide yang buruk, bahkan bisa jadi menyenangkan. Tak usah bingung jika Anda belum dapat menentukan tema dari tulisan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa membantu Anda untuk menentukan tema.
1. Tema bukanlah sesuatu yang harus serba jelas. Ketika seseorang menonton film Titanic misalnya, ada yang menyimpulkan bahwa film itu bertemakan kelas sosial. Tapi, ada juga yang menyimpulkan bahwa film itu bertemakan kebebasan. Dan ketika kita sudah memutuskan untuk menentukan satu tema, bukan berarti karakter yang kita punya memainkan melulu tema itu. Misalnya, ketika kita menentukan pengorbanan sebagai tema tulisan kita, bukan berarti pada sepanjang bab karakter-karakter yang ada di cerita kita melakukan pengorbanan.
2. Mengingat tema itu umumnya mengandung pesan dan moral, berusahalah dengan sesadar-sadarnya untuk tidak memaksakan keyakinan atau nilai yang kita punyai kepada pembaca naskah kita. Kebanyakan pembaca tidak menyukai cerita yang menggurui/mengkotbahi mereka.
3. Terakhir, bersenang-senanglah dengan tema yang kita punyai. Buatlah outline atau catatan yang isinya akan diapakan tema tersebut. (Sumber: writingforward.com)

#27 Tips Menulis


Bab satu adalah bab yang sangat penting dalam sebuah buku. Beberapa penulis memilih untuk menaruh konflik di bab pertama ini agar pembaca tertarik dan memutuskan untuk terus membaca bab-bab selanjutnya. Misalnya, dengan membawa pembaca ke tempat di mana tokoh utama berada dalam bahaya. Bagaimana dengan bab 1 novel Anda? *terus semangat menulis ^^

#26 Tips Menulis


Membaca buku juga dapat menjadi penyemangat kita untuk menulis

#25 Tips Menulis

Suka bingung bagaimana seorang penulis bisa menjadi sangat produktif menulis dan menelurkan banyak buku? Setiap orang tentunya punya cara masing-masing untuk menyemangati dirinya, termasuk terkait dengan kegiatan menulis. Ingin meningkatkan produktivitas menulis Anda atau tertarik untuk menjadi penulis profesional? Beberapa hal dari tips berikut barangkali bisa membantu dan cocok untuk Anda.
1. Bawalah laptop ke suatu tempat, misalnya kafe, tanpa membawa charger. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda harus menyelesaikan draft/satu bab/kata pengantar/outline sebelum baterai laptop Anda benar-benar kehabisan energi.
2. Sediakan selalu biodata Anda dalam komputer/laptop Anda. Buatlah beberapa versi dari biodata Anda (panjang atau pendek) hingga ketika ada seseorang yang tertarik untuk meminta bantuan Anda untuk menulis atau penerbit tertarik dengan tulisan Anda, Anda sudah siap dengan biodata Anda.
3. Aturlah e-mail Anda hingga e-mail-e-mail penting yang belum dibaca dapat langsung terbaca tanpa harus mencari-cari terlebih dahulu. Tetapkan satu waktu, sesuai dengan jadwal hari Anda, untuk mengecek dan mengatur e-mail Anda.
4. Jika Anda merasakan badan Anda sedang tidak fit, mungkin mundur sebentar dari depan komputer akan membuat Anda segar dan siap untuk menulis.
5. Buatlah outline. Beberapa penulis senang membuat outline yang detail untuk tulisan-tulisan mereka. Namun, penulis yang lain lebih suka membuatnya dalam bentuk poin-poin yang utamanya saja.
6. Jika banyak hal yang harus dikerjakan dan semuanya berhadapan dengan deadline, beberapa penulis tak segan untuk meminta bantuan outsource untuk melengkapi bahan tulisan mereka, misalnya terkait dengan penelitian, proofreading, wawancara, dan lain-lain.
7. Menjadi spesialis akan tema tertentu tentu saja membuat waktu menulis menjadi lebih efisien karena Anda sudah kaya akan ide dan pengetahuan tentang tema itu.
8. Gunakanlah waktu-waktu selang untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi tulisan Anda maupun karier Anda sebagai penulis. Misalnya, untuk mengupdate jejaring sosial Anda.
9. Buatlah jadwal terkait dengan kegiatan menulis Anda.
10. Jangan terlalu terobsesi. Terlalu berharap kesempurnaan, sering kali malah membuat proses menulis menjadi sangat lama karena Anda pasti akan menunggu ide yang sempurna keluar dari kepala Anda. Jadi daripada menunggu terlalu lama, segera menulis sajalah.

(Sumber: urbanmusewriter.com)

#24 Tips Menulis

Adakah yang menjadwalkan hari Minggu sebagai hari full menulis? :P Menjadwalkan waktu untuk menulis bisa menjadi salah satu cara mudah untuk memantapkan semangat menulis kita. Tentu saja jadwal ini akan berfungsi jika kita bertanggung jawab untuk menepatinya. Kita bisa menetapkan jadwal menulis kita sesuai dengan kesibukan dan rutinitas sehari-hari. Misalnya, ketika Anda tahu bahwa dalam satu hari Anda benar-benar sulit untuk meluangkan waktu, kenapa tidak mencoba untuk bangun lebih pagi dan menulis sebelum Anda keluar dari rumah. Bisa juga Anda membuat jadwal untuk menulis di sela-sela makan siang Anda atau sengaja mampir sebentar di kafe untuk menulis sebelum pulang ke rumah setiap harinya. Buatlah waktu menulis itu sebagai waktu yang sangat berharga hingga Anda tidak mungkin melewatkannya. (Sumber: fictionwriting.about.com)

#23 Tips Menulis

Penulis fiksi yang hebat adalah mereka yang berusaha untuk mengetahui yang tak diketahui; mereka berusaha untuk memahami hal-hal yang tampaknya tidak mungkin dipahami; mereka berusaha menjawab yang tak terjawab. Dan hal ini bisa jadi hal yang menakutkan karena terkadang hidup menemukan jawaban-jawaban yang tak kita sukai, yang membuat kita merasa lebih tidak nyaman ketimbang sebelumnya ketika kita tak pernah mempertanyakannya. Penulis fiksi yang hebat mempunyai sedikit filsuf di dalam mereka, dan mereka adalah pemberani. Penulis fiksi yang hebat “pergi ke tempat di mana tak ada orang yang pernah datang sebelumnya”.

(Sumber: /literarycornercafe.blogspot.com)

21 July, 2012

#22 Tips Menulis

Adakah yang hendak mengisi waktu dengan menulis pada bulan Ramadan kali ini? Hal itu tentu saja bukan ide yang buruk, bahkan bisa jadi menyenangkan. Tak usah bingung jika Anda belum dapat menentukan tema dari tulisan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa membantu Anda untuk menentukan tema.
1. Tema bukanlah sesuatu yang harus serba jelas. Ketika seseorang menonton film Titanic misalnya, ada yang menyimpulkan bahwa film itu bertemakan kelas sosial. Tapi, ada juga yang menyimpulkan bahwa film itu bertemakan kebebasan. Dan ketika kita sudah memutuskan untuk menentukan satu tema, bukan berarti karakter yang kita punya memainkan melulu tema itu. Misalnya, ketika kita menentukan pengorbanan sebagai tema tulisan kita, bukan berarti pada sepanjang bab karakter-karakter yang ada di cerita kita melakukan pengorbanan.
2. Mengingat tema itu umumnya mengandung pesan dan moral, berusahalah dengan sesadar-sadarnya untuk tidak memaksakan keyakinan atau nilai yang kita punyai kepada pembaca naskah kita. Kebanyakan pembaca tidak menyukai cerita yang menggurui/mengkotbahi mereka.
3. Terakhir, bersenang-senanglah dengan tema yang kita punyai. Buatlah outline atau catatan yang isinya akan diapakan tema tersebut. (Sumber: writingforward.com)

Pelatihan Offline - Ngabuburit Dapet Duit, "Meraup Uang dari Menulis Biografi"


Pembicara :

1.    Pitoyo, Direktur STV dan Pemred Tribun Jabar (masih dalam konfirmasi)
2.    Perry Tristianto, Raja Factory Outlet
3.    Daan Julian, Jurnalis dan Penulis Buku Biografi
4. Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Pelatihan ini akan diadakan pada :

Tanggal : Minggu, 5 Agustus 2012
Jam: 13.00 – selesai
Tempat : Bali Heaven – Perempatan Pasteur-Pasirkaliki, Bandung

 Acara :
Daftar Ulang Peserta
Pembukaan
Pemberian Materi dari narasumber
Mewawancara tokoh yang akan dijadikan bahan untuk Lomba Menulis Mini Biografi
Kultum
Berbuka puasa bersama
Shalat Maghrib
Penutupan
Ticket Box : Rp.100.000,-

Fasilitas :
-    Goodie Bag
-    Sertifikat
-    Ta'jil & makan malam (buka bersama)
-    Doorprize, berupa :
Paket cantik dari Indscript Creative
Paket cantik dari Tabloid Nova
Hadiah keren, dari Miyako
Voucher Penerbitan dari Indiepro Publishing sebesar Rp. 150,000,-
dari Tabloid Nova, Raka Fm, Indscript Creative, Miyako, dan banyak doorprize lainnya. - Voucher Penerbitan dari Indie Publishing Rp150.000,-

Peserta langsung otomatis terdaftar dalam "Lomba Menulis Mini Biografi (artikel biografi)"

Hadiah :

Juara 1 Rp.300.000,-
Juara 2 Rp. 200.000,-
Juara 3 Rp. 100.000,-


Dress Code : Exotic Red

Target Peserta : 50 peserta


Supported By:

1.    Indscript Creative
2.    Ibu-ibu Doyan Nulis
3.    Bali Heaven
4.    Tabloid Nova
5.    Dragon Manisan
6.    Indiepro Publishing
7.    Raka FM 8.    Penerbit Gramedia Pustaka Utama

Catatan : (*) Tersedia 5 Stand Mini Bazzar : Rp.50.000,-/meja bagi yang ingin membuka stand pada saat acara berlangsung.


Cara Pendaftaran :

Daftarkan diri kepada panitia : Dydie Prameswarie, Lygia Pecanduhujan dan Indari Mastuti
Membayar biaya pelatihan sebesar Rp. 100,000,- melalui transfer ke : Rekening BCA No. 2830560575 atas nama Lygia Nostalina, SH atau ke Rekening Mandiri No. 131-00-0460457-7 cabang Ahmad Yani-Bandung. An Indari Mastuti Rezki R.S.A (simpan struk transfer untuk ditunjukkan sebagai bukti pada saat pelatihan berlangsung)
Mengonfirmasi pembayaran melalui SMS  dengan format : Ketik NAMA (spasi) UMUR (spasi) Alamat dan kirim ke nomer : 083821561999 (akan ada hadiah spesial bagi 5 pengirim SMS konfirmasi pertama).
Tidak melayani pendaftaran on the spot.
Tempat terbatas. Bagi 10 orang yang datang paling pertama akan mendapatkan 1 (satu) eksemplar buku.

Please feel free to share this ya !

Jadwal Kelas Online

JADWAL KELAS IIDN:


SENIN :1. Curnyol (Curhat Konyol), PJ : Skylashtar Maryam  & Lygia Pecanduhujan (08.00-09.00)


2. Script for broadcast, PJ: Sarah Ismullah (20.00 - 21.00)


3. Nulis di Blog (eNBe), PJ : Bang Aswi & Ima Emak ALif (13.00-14.00)



SELASA :


 1. Kelas Nonfiksi (Nonfiksi), PJ : Firmanawaty Sutan  (11.00-12.00)


2. Dunia Penerbitan dan Kepenulisan (DPK), PJ : Dydie P  (14.00-15.00)


3. BEDAH BUKU (BB), PJ: Penulis IIDN-Indscript Creative (Jam 16.00 - 17.00)


4. SMART PARENT (SP), PJ: Elida (19.00 - 20.00)




RABU :


1.  Fotografi (JDF), PJ : Vivera Siregar, Windri Fitria & Rika Tjahyani (10.00-11.00)


2 Mendesain dengan WORD, PJ: Apriyanti Larenta  (16.30-17.30)


3. Menulis Bacaan Anak (MBA), PJ : Ali Muakhir, Erlina Ayu (19.00-20.00)



KAMIS :


1. Jurnalistik, PJ: Rika Tjahyani (10.00 -11.00)


2. Kelas EYD, PJ : Anisa & Anna Farida (14.00-15.00).


3. Kelas Craft, PJ: Roza Rianita (16.00 - 17.00)


4. Managemen Bisnis, PJ : Ari Kurnia, Tri Wahyuni Rahmat, Dewi Muliyawan (19.00-20.00).


JUMAT :1. Berbagi Pengalaman Menembus Media, PJ :Arin- Murtiyarini (11.00 - 14.00)


2. Griya & Kriya, PJ : Mia Falida & Ita Puspitasari (14.00-15.00).


3. Zona Bebas, PJ : Honey Miftahuljannah & Cani Casmara (19.00-21.00).


4. Teknik Menulis Cepat, PJ: Afin Murtiningsih (Jam 09.00 - 10.00)


SABTU


1. Diskusi Pagi tentan NOVEL dan SCRIPT Film, PJ: Kirana Kejora (Jam 10.00-11.00)


2. Ngubek Cerpen, PJ: Indah Hanaco (13.00 - 15.00)


3. Bedah Buku & Promo (BeBeP), PJ : Lygia Pecanduhujan  (16.00 - 17.00).


4. Mendongeng yuuuk, PJ: Nia Kurniawati (20.00 - 21.00)

Kursus Menulis Online

Mau jadi penulis produktif? Siapkan kemampuan Anda membuat outline calon naskah buku Anda yang paling yahud. Saya berencana mengadakan kembali pelatihan menulis online setelah vakum lumayan lama *kayaknya hampir satu tahun vakum :)

Beberapa aturan mengikuti kursus Online adalah sebagai berikut:

1.    Membayar Registrasi sebesar Rp 150.000,- ke rek Bank Mandiri cabang Ahmad Yani-Bandung. An Indari Mastuti Rezki R.S.A no rek. 131-00-0460457-7 atau BCA cabang Moh Toha - Bandung An. Indari Mastuti Rezki K.S.A no rek 810.0119871 (mohon info jika biaya sudah ditransfer ya, bisa melalui inbox ini).
2.    Add account saya INDARI MASTUTI (Bukan yang FULL) dan sampaikan pesan ketika mengadd bahwa Anda adalah peserta kursus nulis online.
3.    Lima belas menit sebelum dimulai, moderator memastikan pengajar dan semua murid telah hadir serta jaringan conference tidak bermasalah.
4.    Materi pengajaran sudah diberikan satu hari sebelumnya untuk dipelajari.
5.    Acara diselenggarakan menyesuaikan dengan jadwal peserta
6.    Acara diselenggarakan di GRUP RAHASIA FB.

Aturan Main:
1. Moderator membuka, memperkenalkan pengajar dan murid-murid yang hadir.
2. Moderator mempersilakan para murid untuk bertanya masing-masing dua pertanyaan secara bergilir. Dua pertanyaaan dibagi menjadi 2 sesi dimana masing-masing sesi terdiri dari 1 pertanyaan per murid. Sesi tanya jawab dialokasikan selama 2,5 jam.
3. Sesi kesimpulan yang dikemukakan oleh moderator/pengajar.

Note: Untuk peserta terbaik direncanakan akan diberikan pelatihan lanjutan *FREE  untuk kemudian siap masuk ke AGENSI NASKAH INDSCRIPT CREATIVE.

Oke, saya tunggu responnya ya ibu-ibu cantik ^^...

Kursus Bisnis Online MEMULAI BISNIS DARI RUMAH


Griya Kinoysan University menyelenggarakan:

Kursus Bisnis Online
Bersama Indari Mastuti
Entrepeneur
Bandung, Indonesia

Sekilas Tentang Pemateri :
Indari Mastuti, ibu rumah tangga yang membangun bisnis di rumah. Pekerjaan saat ini sebagai Direktur Indscript Creative, Ketua Pusat Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis, Senior Manager Oriflame, DirekturIndcake, dan sedang merintis mobil toko khusus baju anak. Indari menerima anugerah Perempuan Inspiratif Nova 2010, nominator Kusala Swadaya, dan Duta Wirausaha Muda Mandiri Jawa Barat 2011 Bidang Bisnis Jasa.

Pelaksanaan :
Bulan Agustus 2012; 5x pertemuan @ 1,5 jam. Setiap hari, Senin – Jumat, 6 – 10 Agustus 2012; jam 20.00 – 21.30 wib.

Media : Grup Tertutup di Facebook

Investasi 200 ribu
Daftar 21-25 Juli 150 ribu
Daftar 26-31 Juli 175 ribu
Daftar 1-5 Agustus 200 ribu
(Silakan mendaftar lebih awal agar lebih hemat)

Transfer ke
Ari Wulandari
Bank Muamalat Cabang UGM Yogyakarta
No rekening 922 615 2760
Kode bank 147; bisa ditransfer dari ATM Bersama.

Setelah transfer silakan konfirmasi ke 08156 8186 49 dan kirimkan bukti transfer ke griyakinoysan@yahoo.com disertai biodata singkat berupa nama, alamat id email dan id facebook, pendidikan terakhir, dan pekerjaan atau bidang yang ditekuni.

Materi dan diskusi dengan bahasa Indonesia.
Rincian materi:
Sesi 1 : Memilih Bisnis yang Tepat
Sesi 2 : Memulai Bisnis dengan Benar
Sesi 3 : Mengelola Modal Awal dan Memformat Keuangan
Sesi 4 : Menghadapi Masalah dan Persaingan Bisnis
Sesi 5 : Melejitkan Bisnis

Pelatihan ini sangat penting bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis dari rumah dengan mudah dan praktis.

Salam hormat,
Griya Kinoysan University
Sejak kecil saya memang pemimpi, saya bermimpi tentang semua hal yang ingin saya raih salah satunya adalah menjadi PENULIS BUKU.
Ketika remaja mimpi saya mulai saya tulis dengan berurutan dan mulai mengambil langkah bagaimana bisa mewujudkannya.
Mendekati dewasa, saya membuka kembali daftar impian saya dan terperangah dengan pencapaiannya.
Dan, kini saya begitu yakin mimpi apa pun, setinggi langit pun, jika kita yakin bisa mencapainya pasti mampu kita WUJUDKAN. Jangan takut bermimpi!
Karena setiap waktu Allah bisa membolak-balikan hati, maka ketika marah janganlah mencaci ketika cinta jangan mengumbar rahasia. Bersikap sederhana dengan hati yang sederhana adalah bijak bagi kita.

#3 Tips Bisnis

Memulai sebuah usaha, tentu saja perlu strategi. Apalagi jika menyangkut keuangan keluarga. Oleh karena itu, penting untuk membuat sebuah perencanaan keuangan sederhana sebelum memulai suatu usaha. Berikut adalah beberapa di antaranya yang dikutip dari wolipop.com.
1. Milikilah dana darurat atau emergency fund. Dana ini adalah sejumlah dana yang besarannya antara 6 bulan sampai 12 bulan kebutuhan bulanan kita yang disimpan didalam rekening tabungan terpisah. Dana ini hanya dipakai untuk keadaaan darurat alias genting.
2. Belilah asuransi baik asuransi jiwa maupun kesehatan. Untuk jiwa cukup polis asuransi untuk kita dan pasangan, sedangkan kesehatan (terutama rawat inap) kita harus memiliki untuk seluruh anggota keluarga.
3. Setelah itu barulah kita mempersiapkan keranjang-keranjang investasi misalnya, Dana Pendidikan Anak, Dana Pensiun, Dana Perluasan Usaha atau membuka usaha baru, Dana Naik Haji, membeli aset (rumah, mobil dll).

#2 Tips Parenting

Membaca buku dapat menjadi sarana kita untuk membuat anak kita lupa akan rasa lapar dan haus ketika berpuasa....
Bagi saya, setiap gesekan itu bukan melukai tapi memberi cermin pada diri bahwa kita harus lebih baik di kemudian hari.
Bagi saya, setiap perbedaan pendapat itu tidak menjadi siksa hati tetapi membuat hidup lebih berwarna lagi.

#21 Tips Menulis

Pernah mengalami kebuntuan dalam menciptakan karakter? Coba perhatikan hal berikut.
1. Jenis dari karakter yang Anda ciptakan menentukan bagaimana cerita meluncur. Jika karakter-karakter utama sudah benar-benar menyatu dengan setting mereka, cerita akan berjalan dan karakter-karakter itu akan cenderung untuk menyatu dengan sekeliling mereka dan karakter-karakter lain di sekitar mereka.
2. Putuskan apakah Anda ingin menciptakan karakter protagonis atau antagonis.
3. Tentukan apakah karakter tersebut laki-laki atau perempuan, dan berapa usianya kira-kira.
4. Buatlah daftar yang isinya tujuan, harapan, atau keinginan dari karakter Anda.
5. Buatlah daftar kesukaan dan ketidaksukaan dari karakter tersebut, dan pastikan bahwa masing-masing daftar itu seimbang jumlahnya.
6. Masukkan dalam daftar tadi kebiasaan khusus, kebiasaan baik, kebiasaan jelek, atau sesuatu yang tak bisa berhenti dilakukan oleh karakter tersebut.
7. Ciptakanlah gambaran eksternal dari karakter tersebut, misalnya di mana ia tinggal, bagaimana penampilannya, apakah ia mempunyai hewan peliharaan atau tidak, dan lain sebagainya.
8. Ciptakan juga ketakutan, motivasi, dan rahasia terbesar dari karakter tersebut.
9. Untuk mempermudah, carilah gambaran untuk karakter tersebut dari orang-orang yang ada di sekitar Anda.
10. Simbol-simbol yang melekat pada karakter Anda juga memperkaya karakter Anda. Misalnya, jika karakter Anda perempuan Jawa, ada simbol atau karakter yang melekat pada seorang perempuan Jawa.

(Sumber: wikihow.com)

#20 Tips Menulis

Setelah berhasil menciptakan karakter, biasanya yang juga agak membingung adalah memberi nama karakter tersebut. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya dihindari.
1. Nama dengan konotasi atau arti tertentu. Akan aneh jika nama yang identik dengan arti tertentu tak sesuai dengan karakter yang disandingkan.
2. Nama yang tak sesuai dengan zamannya. Nama Wati atau Rini misalnya, dianggap sudah tidak sesuai dengan zaman sekarang. --Maaf untuk yang bernama Wati atau Rini :)
3. Nama yang tak sesuai dengan budayanya. Misal, nama Joko tentunya tak pas jika digunakan untuk menamai karakter dengan budaya Batak karena nama itu biasanya identik dengan budaya Jawa.
4.Nama yang dapat menurunkan image dari karakter yang disandingkan.
(Sumber: writeitsideways.com)

20 July, 2012

Selamat Puasa ya.........


#19 Tips Menulis

Pernah mengalami kebuntuan dalam menciptakan karakter? Coba perhatikan hal berikut.
1. Jenis dari karakter yang Anda ciptakan menentukan bagaimana cerita meluncur. Jika karakter-karakter utama sudah benar-benar menyatu dengan setting mereka, cerita akan berjalan dan karakter-karakter itu akan cenderung untuk menyatu dengan sekeliling mereka dan karakter-karakter lain di sekitar mereka.
2. Putuskan apakah Anda ingin menciptakan karakter protagonis atau antagonis.
3. Tentukan apakah karakter tersebut laki-laki atau perempuan, dan berapa usianya kira-kira.
4. Buatlah daftar yang isinya tujuan, harapan, atau keinginan dari karakter Anda.
5. Buatlah daftar kesukaan dan ketidaksukaan dari karakter tersebut, dan pastikan bahwa masing-masing daftar itu seimbang jumlahnya.
6. Masukkan dalam daftar tadi kebiasaan khusus, kebiasaan baik, kebiasaan jelek, atau sesuatu yang tak bisa berhenti dilakukan oleh karakter tersebut.
7. Ciptakanlah gambaran eksternal dari karakter tersebut, misalnya di mana ia tinggal, bagaimana penampilannya, apakah ia mempunyai hewan peliharaan atau tidak, dan lain sebagainya.
8. Ciptakan juga ketakutan, motivasi, dan rahasia terbesar dari karakter tersebut.
9. Untuk mempermudah, carilah gambaran untuk karakter tersebut dari orang-orang yang ada di sekitar Anda.
10. Simbol-simbol yang melekat pada karakter Anda juga memperkaya karakter Anda. Misalnya, jika karakter Anda perempuan Jawa, ada simbol atau karakter yang melekat pada seorang perempuan Jawa. (Sumber: wikihow.com)

#3 Apa Kata Penulis Terkenal

Seth Godin, seorang penulis, pernah mengatakan satu hal yang sebaiknya dilakukan oleh penulis adalah menurunkan sedikit harapannya. Menurutnya, penulis yang paling bahagia adalah ia yang tak terlalu berharap banyak. (daringtolivefully.com)

#2 Apa Kata Penulis Terkenal?

“Ending yang benar-benar itu tak ada. Ending hanyalah suatu tempat di mana kita menghentikan suatu cerita.” (Frank Herbert)

19 July, 2012

#18 Tips Menulis

Beberapa penulis ternama memulai kesukaannya menulis dari menulis buku catatan harian/diary. Bagi tidak sedikit orang, diary dapat menjadi sarana untuk melakukan refleksi atas berbagai hal yang sudah terjadi dan merancang masa depan. Bagi b...eberapa orang, diary juga membantu mereka untuk belajar mengungkapkan pikiran/perasaan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mulai membiasakan diri menulis diary.
1. Lihatlah diary sebagai sahabat dan saksi sejarah hidup kita.
2. Tuliskan waktu, bisa dalam bentuk tanggal atau sekadar mencantumkan hari keberapa.
3. Tulislah diary pada malam hari agar dapat menceritakan keseluruhan hari itu.
4. Agar semakin enjoy menulis diary, mungkin kita bisa menempatkan stiker atau cap lucu dan menarik di buku harian kita yang menggambarkan perasaan atau keadaan kita hari itu.
5. Catatlah harapan kita pada akhir tulisan agar menjadi penyemangat kita untuk menjadi lebih baik di hari esok.
6. Belajarlah untuk jujur pada diri sendiri saat menulis.
(Sumber: wikihow.com)

18 July, 2012

#1 Apa Kata Penulis Terkenal

“Fiksi adalah kebenaran di dalam kebohongan." (Stephen King)

#17 Tips Menulis

John Steinbeck, salah satu pemenang penghargaan Pulitzer, pernah mengungkapkan beberapa tips menulis. Berikut beberapa di antaranya.
1. Lupakan ide/pikiran untuk segera menyelesaikan tulisan, tapi segera saja menulis setiap hari—setidaknya sekali.
2. Menulis tanpa tekanan dan secepat mungkin. Jangan coba untuk mengedit atau menulis ulang sebelum tulisan Anda benar-benar selesai.
3. Lupakan bayangan tentang pembaca umum yang akan menjadi pembaca naskah Anda, yang pastinya belum jelas namanya dan lain-lain. Cobalah untuk membayangkan sosok seorang yang lebih jelas yang akan membaca naskah Anda. Bayangkan kalau Anda menulis untuk orang itu.
4. Jika Anda merasa suatu adegan sudah bagus, teruskanlah menulis ke bagian lain. Sekadang mengingatkan lagi, edit dan rewrite harus dilakukan setelah tulisan selesai.
5. Hati-hati dengan adegan yang terlalu biasa atau terlalu manis bagi Anda, singkirkan saja.
6. Kalau Anda menggunakan dialog, cobalah untuk membacakan dialog itu dengan keras agar bisa didapatkan “rasa”-nya. (Sumber: brainpickings.org)

#16 Tips Menulis


Seorang penulis yang baik adalah ia yang menulis setiap hari... *sudahkah Anda menulis setiap hari?

#15 Tips Menulis

Ada 2 prinsip yang sebaiknya dipegang dalam membuat judul. Prinsip pertama, Judul yang dipilih setidaknya harus memberikan gambaran yang mendasar pada pembaca Anda tentang apa isi dari naskah Anda pada pandangan pertama. Prinsip kedua, sebisa mungkin judul yang Anda ciptakan harus dapat menarik perhatian para pembaca dan membuat mereka menariknya dari rak buku di toko buku. (Sumber: write-and-publish-fiction.com) *semangat menulis ^^

#14 Tips Menulis

Susah-susah gampang memang menemukan judul untuk sebuah tulisan. Terkadang judul bisa muncul begitu saja ketika kita sudah hampir frustasi. Ada beberapa cara yang mungkin dapat digunakan untuk menemukan judul yang pas.
1. Dengarkanlah musik favorit Anda. Lagu biasanya berisi lirik-lirik indah yang mungkin pas untuk naskah Anda.
2. Buatlah “keranjang” yang isinya kata-kata yang menarik, tidak biasa, dan bahkan termasuk kata-kata favorit Anda. Bentuknya bisa kata benda, kata kerja, kata keterangan, atau kata apa pun.
3. Terakhir, mulailah memadukan kata-kata yang sudah Anda kumpulkan. Buatlah variasi sebanyak mungkin.
4. Jika sudah menemukan kata-kata yang pas untuk judul Anda, persiapkan diri Anda juga untuk perubahan. Pasalnya, tak jarang ketika naskah Anda sudah masuk ke penerbit, mereka bisa menggantinya dengan judul lain.

#13 Tips Menulis

Ada 2 prinsip yang sebaiknya dipegang dalam membuat judul. Prinsip pertama, Judul yang dipilih setidaknya harus memberikan gambaran yang mendasar pada pembaca Anda tentang apa isi dari naskah Anda pada pandangan pertama. Prinsip kedua, sebisa mungkin judul yang Anda ciptakan harus dapat menarik perhatian para pembaca dan membuat mereka menariknya dari rak buku di toko buku. (Sumber: write-and-publish-fiction.com) *semangat menulis ^^

17 July, 2012

#12 Tips Menulis

Susah-susah gampang memang menemukan judul untuk sebuah tulisan. Terkadang judul bisa muncul begitu saja ketika kita sudah hampir frustasi. Ada beberapa cara yang mungkin dapat digunakan untuk menemukan judul yang pas.
1. Dengarkanlah musik favorit Anda. Lagu biasanya berisi lirik-lirik indah yang mungkin pas untuk naskah Anda.
2. Buatlah “keranjang” yang isinya kata-kata yang menarik, tidak biasa, dan bahkan termasuk kata-kata favorit Anda. Bentuknya bisa kata benda, kata kerja, kata keterangan, atau kata apa pun.
3. Terakhir, mulailah memadukan kata-kata yang sudah Anda kumpulkan. Buatlah variasi sebanyak mungkin.
4. Jika sudah menemukan kata-kata yang pas untuk judul Anda, persiapkan diri Anda juga untuk perubahan. Pasalnya, tak jarang ketika naskah Anda sudah masuk ke penerbit, mereka bisa menggantinya dengan judul lain.

*selamat bertualang dengan kata-kata! ^^

#2 Tips Bisnis

Menjaga kepuasan konsumen adalah salah satu prinsip yang harus dipegang seorang pebisnis. Berkomitmenlah dan siaplah untuk menyerahkan ketidaknyaman dengan selalu dinamis dan bergerak maju demi prinsip itu

#1 Tips Bisnis

“Usaha kecil dan menengah (UKM) sering lupa untuk mempertahankan pelanggan lama karena sibuknya dalam mencari pelanggan baru. Padahal pelanggan lama bisa menciptakan cerita mulut ke mulut akan suatu produk UKM…. Biaya untuk meraup pelanggan baru pun lebih mahal ketimbang mempertahankan pelanggan lama.” -Sumardy, CEO BuzzCo. (Sumber: Kompas.com)

#1 Tips Parenting

Sedang kesal karena anak Anda sulit dibangunkan dan belum juga bangun pagi ini? Tidak usah menjadi emosi. Cobalah untuk memenuhi aroma kamarnya dengan makanan kesukaannya. Misalnya, kalau ia suka telur dadar, biarkan aromanya memenuhi kamarnya. Cara ini untuk beberapa anak ampuh untuk membangunkan mereka dari tidurnya. Selamat mencoba ^^

#1 Prinsip Menulis

“Tak ada air mata pada penulis, tak ada air mata juga pada pembaca. Tak ada kejutan pada penulis, tak ada kejutan juga pada pembaca." (Robert Frost)

BAKTI SOSIAL KOMUNITAS IBU-IBU DOYAN NULIS

PENDAHULUAN


Assalamu 'alaikum warahmatullahi wabarakatuh ,

”Allahu akbar, allahuma ahillahu alaina bil amni wal iman was salamah wal islam wat taufik lima  tuhibbuhu  wa  tardha.”
Artinya,  ya  Allah,  karuniakan  kepada  kami  pada  bulan  ini  keamanan,  keimanan,  keselamatan,  dan  keislaman;  dan  berikan  kepada  kami  taufik  agar  mampu  melakukan  amalan yang engkau cintai dan ridhai.
Bulan Ramadhan adalah bulan suci penuh berkah di mana umat muslim diwajibkan untuk berpuasa satu bulan lamanya. Tujuannya bukan hanya untuk menahan haus dan lapar tapi juga untuk lebih peka terhadap sekitar terutama fakir miskin, menahan hawa nafsu, dan secara jelas  Al-Quran  menyatakan  bahwa  tujuan  puasa  yang hendaknya  diperjuangkan  adalah untuk mencapai ketakwaan atau la’allakum tattaqun.
Sebagaimana   pada   tahun-tahun   sebelumnya,   bekerja sama dengan Indscript Creative, Komunitas Taman Kota dan Gramedia Pustaka Utama (GPU), kami dari Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN)-Interaktif   kembali   akan  mengadakan  bakti  sosial  pada  Ramadhan  tahun  ini, dan  kami mengundang  teman-teman  sekalian  untuk ikut berpartisipasi dalam acara tersebut.
Adapun acara tersebut akan dikemas dalam bentuk buka puasa  bersama, aktivitas menanti berbuka, pembagian paket lebaran, pendistribusian buku bacaan dan pakaian bekas layak pakai kepada anak-anak panti asuhan dan masyarakat kurang mampu serta para pekerja jalanan seperti tukang sampah, penyapu jalan, penjaga rel kereta dan lain sebagainya yang tersebar di wilayah kota Bandung dan sekitarnya.
NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini diberi nama “Storycake For Ramadhan : Mari Berbagi, Menebar Kasih Sayang Sejati”

MAKSUD DAN TUJUAN

1.    Berbagi keindahan Ramadhan dengan sesama, terutama dengan masyarakat yang tidak mampu, khususnya anak-anak.
2.    Mengisi waktu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi anak-anak jalanan dan masyarakat sekitar lokasi tempat diadakannya acara baksos ini.
3.    Mengasah kepekaan hati dengan ikut bergabung bersama-sama berbuka puasa dengan kaum dhuafa.


WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan ini Insya Allah akan diadakan pada :
Hari/Tanggal        : Sabtu - Minggu, 11-12 Agustus 2012
Waktu            : Pukul 14.00 Wib – Selesai
Tempat        : Panti asuhan (Sedang ditentukan panti mana yang akan kami jadikan tempat kegiatan baksos) dan berkeliling wilayah Bandung dan sekitarnya.
SASARAN
1.    Anak-anak Panti Asuhan
2.    Masyarakat sekitar
3.    Pekerja Jalanan (Seperti Penyapu jalan, tukang sampah, penjaga rel kereta, dll)

TARGET
Target sasaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah anak-anak panti asuhan serta mereka yang bekerja di jalanan.

BENTUK ACARA
1.    Pembukaan
2.    Kegiatan Menggambar dan Mewarnai untuk anak-anak (buku gambar dan pinsil warna disediakan oleh panitia).
3.    Kegiatan Mendongeng (materi diberikan oleh volunteer seorang pendongeng).
4.    Belajar Ketrampilan (belajar membuat boneka tangan dari benang wol).
5.    Musik Religi
6.    Pembagian menu tajil dan nasi box untuk anak-anak panti asuhan dan masyarakat sekitar yang tidak mampu.
7.    Pembagian bingkisan lebaran
8.    Pendistribusian buku-buku bacaan, baju-baju bekas layak pakai, paket sembako, THR Lebaran, kepada para pekerja jalanan di titik-titik tertentu di wilayah Bandung dan sekitarnya.


ESTIMASI ANGGARAN BIAYA

1.    Pembuatan X-Banner 2 buah @ Rp. 150,000,-                        Rp.   300,000,-
2.    Perlengkapan :
Sound System                                                                                 Rp.   500,000,-
Benang untuk Belajar Ketrampilan                                                   Rp.   100,000,-
Buku gambar dan Pinsil Warna 200 @ Rp. 5,000,-                          Rp.  1,000,000,-
3.    Fee Pengisi Acara    Rp. 1,000,000,-                                        Rp.   1,000,000,-
4.    Konsumsi :
a.    Menu Ta’jil 250 org @ Rp. 5,000,-                                          Rp. 1,250,000,-
b.    Nasi Box 250 porsi @ Rp. 15,000,-                                        Rp. 3,750,000,-
c.    Air Mineral 5 dus @ Rp. 15,000,0                                           Rp.    100,000,-
d.    Menu sahur on the road 100 porsi @ Rp. 15,000,-                  Rp. 1,500,000,-
5.    Bingkisan Lebaran (Paket Sembako) 200 @ Rp. 35,000,-       Rp. 7,000,000,-
6.    THR Lebaran 200 @ Rp. 50.000,-                                          Rp.10,000,000,-
7.    Transportasi                                                                             Rp. 1,000,000,-
8.    Biaya tak terduga                                                                     Rp.  2,500,000,-

TOTAL: Rp. 30,000,000,- (Tiga Puluh Juta Rupiah)

PARTNERSHIP
A.    Lembaga

1.    Gramedia Pustaka Utama (GPU)
2.    Indscript Creative
3.    Komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN)
4.    Komunitas Taman Kota

B.    Media Partnership

1.    Tribun Jabar
2.    IMTV
3.    Pikiran Rakyat
4.    Raka FM
5.    Tabloid NOVA
6.    Majalah Femina
CONTACT PERSON

1.    Buku-buku bacaan baru/bekas, Pakaian Layak Pakai, Peralatan Sekolah, Paket Lebaran dan lain-lain disalurkan melalui panitia, yaitu :
    Lygia Pecanduhujan (Bandung)
Telp. 083821561999 – 08561977189 (SMS)
    Indari Mastuti (Bandung)
Telp. 022-5229415

2.    Donasi, Transfer melalui rekening :
    BCA Nomor 2830560575 a.n Lygia Nostalina, SH
    Bank Mandiri Nomor rek. 131-00-0460457-7 cabang Ahmad Yani-Bandung. An Indari Mastuti Rezki R.S.A


Cara Pemberian Donasi/Sumbangan :
1.    Donasi berupa uang diberikan berdasarkan jenis donasi yang diinginkan, misalnya : Bpk. A ingin memberikan donasi berupa 10 nasi bungkus, 10 tajil , 10 paket sembako dan 10 THR. Jadi jumlah total donasi adalah : 10xRp.10,000 (nasi bungkus) + 10xRp. 5.000 (tajil) + 10xRp. 25.000 (Paket Sembako) + 10xRp.50,000 (THR Lebaran) = Rp. 900,000,-
2.    Donasi berupa pakaian bekas, sepatu, mainan dan barang-barang layak pakai dapat dikirimkan melalui paket atau diantarkan langsung ke alamat :
U.p Indari Mastuti
D.a :     Indscript Creative/Komunitas IIDN
            Jalan PLN Dalam I/203 D
            Moh. Toha, Bandung
     Telp. 022 - 5229415


PENUTUP

Mari,   kita   semua   mempersiapkan   diri   sesuai   dengan   kadar   optimal   kemampuan   kita   dalam  peribadatan dan keta’atan, guna menyambut Ramadhan, serta panen kebaikan Ramadhan. Semoga  Allah meridhoi amal ibadah kita. Amin Amin Yaa Robbal Alamin.
Hormat Kami,
Markom Komunitas IIDN


Lygia Nostalina, SH

16 July, 2012

#1 Quote Penulis

“Penggambaran itu berawal dari imajinasi sang penulis, tapi akan berakhir di imajinasi sang pembaca.” (Stephen King)

#11 Tips Menulis

Banyak orang memanfaatkan waktu sebelum tidur untuk membaca buku. Sediakanlah waktu untuk membaca buku sesempit apa pun waktu Anda. Membaca banyak buku akan sangat mempermudah dan membantu kita dalam proses menuli

#1 Tips Mengedit

Mengedit naskah/cerita anak apakah sama dengan mengedit naskah untuk orang dewasa? Pada dasarnya hampir sama, hanya ada beberapa hal lain yang mesti diperhatikan dalam mengedit naskah/cerita anak. Berikut beberapa di antaranya.
1. Jika kalimat tidak mendukung pengembangan alur atau karakter, hapus saja
2. Pastikan karakter-karakter yang ada dalam cerita tidak tampak sama atau senada ketika mereka berbicara
3. Pastikan alurnya terus bergerak dari tindakan ke tindakan, adegan ke adegan, bab ke bab.
4. Jika bisa ditemukan satu kata untuk menggantikan dua kata atau lebih, lakukanlah.
5. Jangan takut untuk memperkenalkan sesuatu yang baru, tapi pastikan kalau hal itu dipaparkan dengan cara yang pas dan dapat dipahami.
6. Tentukanlah sudut pandang apa yang ingin dipakai dan konsistenlah.
7.Kalau Anda sendiri sebagai penulis bosan dengan karakter yang Anda ciptakan, pembaca Anda pun akan merasa demikian.
8. Jika Anda merasa kesulitan untuk mengekspresikan sesuatu dan harus menuliskan banyak kata untuk menjelaskannya, cobalah untuk mengucapkannya dengan keras pada diri Anda sendiri. Lakukanlah berkali-kali sampai Anda menemukan kata/kalimat yang pas.
9. Perhatikan penggunaan secara berlebihan dari kata sifat, kata keterangan, dan alinea yang panjang.
(Sumber: dummies.com)

#9 Tips Menulis

Sedang merasa puas karena tulisan Anda sudah selesai? Eits… tunggu dulu. Apakah Anda sudah mengeditnya lagi? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan saat mengedit.
1. Sebelum Anda benar-benar selesai menulis, janganlah mengedit. Selesaikan saja dulu tulisan Anda.
2. Setelah benar-benar selesai, biarkanlah dulu tulisan Anda selama beberapa hari agar Anda dapat melihat karya Anda dengan lebih segar saat melakukan proses editing nanti.
3. Bacalah dengan format yang berbeda, misalnya dengan mengeprintnya atau membuat formatnya seperti buku.
4. Editlah struktrur dan isinya terlebih dahulu, termasuk mungkin bab yang dapat dihilangkan, informasi yang mesti ditambahkan, atau bagian yang mungkin salah penempatan atau ternyata secara logika kurang pas.
5. Hilangkan pengulangan topik atau kata-kata yang tak perlu.
6. Anda bisa menggunakan fasilitas “find and replace” yang ada di word untuk menggantikan dan menemukan kata-kata yang salah, tapi Anda wajib membacanya dari awal lagi.
7. Bacalah lagi pelan-pelan karya Anda.
8.Setelah selesai, beranikanlah untuk berkata pada diri sendiri bahwa naskah Anda sudah siap untuk ditawarkan kepada penerbit.
(Sumber: writetodone.com)

#8 Tips Menulis

Dalam menulis, kita juga harus memperhatikan kejelasan. Untuk kejelasan itu, coba perlambat laju dari informasi di dalamnya. Kalimat-kalimat yang tidak panjang membuat pembaca bergerak pelan hingga mempunyai waktu untuk berpikir dan memahami.

15 July, 2012

#7 Tips Menulis

Sedang bingung memilih setting cerita Anda? Berikut tips dari Dan Brown, penulis yang terkenal dengan salah satu buku bestseller-nya, The Da Vinci Code. Menurutnya, pilihan akan setting adalah satu hal yang sangat penting dalam sebuah naskah fiksi. Sebagai contoh, jika Anda menulis cerita cinta, jangan mengambil setting cerita di tengah-tengah tempat parkir. Aturlah adegannya di sebuah lokasi yang menarik jika dilihat dari tempatnya. Mungkin Anda bisa mengatur adegannya di suatu peternakan dan perlihatkan pada pembaca bagaimana rumitnya memelihara kuda-kuda yang ada atau atur adegannya di suatu sekolah privat dan perlihatkan pekerjaan-pekerjaan yang ada di sekolah itu. Ungkaplah setting cerita Anda menjadi terlihat semenarik mungkin. Jika Anda menulis sebuah cerita di suatu sekolah privat dan tidak mengungkap informasi apa pun tentang bagaimana rasanya bekerja atau bersekolah di sebuah sekolah privat, setting cerita Anda akan membosankan. (Sumber: writerswrite.com) 

#6 Tips Menulis

Menulis bisa dibilang adalah sebuah pekerjaan yang soliter. Seorang penulis bisa menghabiskan banyak waktu sendirian di depan komputer untuk menyelesaikan tulisannya. Mungkin kesendirian ini memang dibutuhkan untuk menulis. Tapi, sadarkah Anda bahwa kebiasaan ini tanpa sadar membuat diri Anda tumpul/tidak peka lagi. Mungkin Anda merasa punya banyak pengalaman hidup sebagai modal untuk tulisan Anda, tapi percayalah bahwa itu hanya sementara. Bagaimanapun Anda harus mengisi bak kreativitas Anda. Jadi, tetap ingatlah untuk berhenti sebentar dan melakukan sesuatu yang lain. Apa pun. Bergaullah. Berinteraksilah dengan banyak orang. Akan banyak hal menarik yang akan Anda dapatkan, yang bisa dijadikan bahan tulisan Anda. (Sumber: fictionwriting.about.com) *semangat menulis ^^

#5 Tips Menulis

Sedang mulai menulis lagi? Cobalah memakai “alat-alat” berikut.
1. Mulailah kalimat dengan subjek dan kata kerja yang jelas. Bahkan sebuah kalimat yang panjang dapat tetap jelas dan punya kekuatan, ketika subjek dan kata kerjanya mempunyai makna yang jelas.
2. Gunakan kata kerja dalam bentuk yang paling kuat. Kata kerja yang kuat menciptakan aksi/tindakan, menghemat kata, dan mengungkap/melengkapi sang tokoh.
3. Hati-hati dengan kata keterangan. Sering kali kata keterangan malah melemahkan kata kerjanya.
4. Tempatkan kata-kata yang kuat pada awal kalimat dan paragraf, serta di akhir.
(Sumber: poynter.org) *selamat menulis ^^

#4 Tips Menulis

Untuk yang masih semangat menulis hari ini, coba perhatikan juga hal-hal berikut.
1. Pelajari wilayah dari kata-kata yang akan digunakan. Jangan mengulang kata-kata yang sifatnya menegaskan, kecuali ingin mendapatkan efek tertentu. 
2. Bermainlah dengan kata-kata, bahkan dalam sebuah cerita yang serius. Pilihlah kata-kata umum namun jarang digunakan dalam berita.
3. Galilah hal yang sifatnya konkret dan spesifik, seperti nama anjing atau merek dari barang-barang tertentu. Detail akan membuat pembaca memahami cerita.
4. Ketimbang menggunakan bahasa yang klise, carilah bahasa yang lebih original atau jarang digunakan.
5. Lebih baik pilih hal yang simpel ketimbang yang sifatnya teknis. Sederhanakanlah kata dan paragraf pada titik di mana terdapat hal yang sangat kompleks.
6. Pelajarilah dongeng atau cerita-cerita tradisional atau hal-hal yang sudah melegenda, dan hal-hal yang simbolis/simbol.
7. Jika topik yang dipilih cenderung serius atau membuat orang membutuhkan waktu lama untuk memahaminya, coba sederhanakanlah sedikit. Tapi jika sebaliknya, coba agak dibuat lebih serius. (Sumber: poynter.org) *terus semangat menulis ^^

14 July, 2012

#3 Tips Menulis

Ide segar bisa kita peroleh dengan membaca buku.

Rp 55.000,- 
Bisa dipesan di pesanbuku.indscript@gmail.com


Rp 35.000,- 
Bisa dipesan di pesanbuku.indscript@gmail.com

#2 Tips Menulis

Selamat pagi! Sedang menulis fiksi? Ada sedikit tips dari Edward P.Jones yang pernah memenangkan penghargaan Pulitzer. Dalam memilih sebuah cerita untuk menggambarkan karakter-karakter dalam karyanya, seorang penulis tetap saja ada semacam keterbatasan. Oleh karena itu, Edward sendiri cenderung memikirkan apa pun yang saling berhubungan/mengena. Penulis memang mempunyai banyak kalimat dan peristiwa yang bisa diceritakan dan diperkenalkan, tetapi tidak semuanya penting….

#1 Tips Menulis

Ide-ide segar tiba-tiba bertaburan di kepala? Segera tuliskan ide-ide itu, jangan biarkan terlupa atau lewat begitu saja. Kalau Anda sedang sibuk, tuliskan saja satu atau dua kata yang membuat Anda teringat akan ide itu. Jangan lupa untuk selalu menyediakan buku catatan kecil dan bolpoin dalam tas Anda.