Breaking News

04 September, 2012

# 104 Tips Menulis


Berikut ini adalah tips menulis buku anak:
1. Ketahuilah tujuan Anda. Jika penerbitan sangat penting bagi Anda, pelajarilah apa saja yang terkait dengannya. Beberapa penulis merasa perlu untuk mengetahui apa saja buku yang diterbitkan. Mereka membaca review dari buku-buku anak bergambar yang sudah diterbitkan dan mencarinya di toko buku.
2.Pahamilah bahwa buku cerita bergambar adalah sebuah proses kolaborasi antara penulis, ilustrator, editor, art director, bahkan tak jarang kepala redaksi dan staf pemasaran. Jika Anda ingin benar-benar mengontrol semua hal yang terkait dengan buku Anda, menerbitkan sendiri menjadi pilihan yang lebih baik.
3. Pahamilah juga bahwa dunia penerbitan adalah dunia bisnis. Hanya buku yang bagus yang akan diterbitkan. Penerbit harus yakin bahwa buku yang akan diterbitkan akan benar-benar terjual dan dapat bersaing dengan ribuan buku lainnya.
4. Bersiaplah untuk penolakan.
5. Gigihlah. Tak mudah memang untuk menjebolkan naskah ke suatu penerbit.
6. Jangan meremehkan dukungan dari teman dan keluarga.
7. Berbagilah. Biarkan karya Anda dapat menjadi semangat bagi penulis-penulis yang lainnya dan bagi diri Anda sendiri.
8. Cintailah pekerjaan Anda. Hargailah proses menulis dan kehormatan menulis buku untuk Anak. Konsisten dan teruslah di situ. Mempunyai sebuah buku yang berhasil diterbitkan mungkin tak akan mengubah hidup Anda, namun konsisten untuk terus menulis dan terikat dengan anak-anak dapat mengubah hidup Anda dan hidup dari pembaca-pembaca Anda.
(Sumber: patmora.com)

0 komentar:

Post a Comment