Breaking News

23 July, 2012

#31 Tips Menulis

Jika Anda sedang menulis buku tentang kesehatan, barangkali tips berikut bisa membantu.
1. Mulailah dengan informasi yang menyentuh atau mengejutkan tentang penyakit, masalah, atau tema kesehatan yang Anda angkat.
2. Dari awal tulisan, biarkan para pembaca tahu bahwa Anda berempati dengan mereka dan mengerti apa yang sedang mereka lalui. Dalam hal ini asumsinya pembaca tertarik untuk membaca buku yang Anda tulis karena ada kedekatan antara tema yang diangkat dengan masalah kesehatan yang sedang mereka alami.
3. Terangkan tema yang Anda angkat dari sisi fisiologi dan/atau psikologi.
4. Paparkan gambaran/ikhtisar dari apa yang Anda tawarkan sebagai solusi bagi masalah kesehatan yang Anda angkat—mungkin pada bab 4.
5. Jadikan beberapa bab untuk menjelaskan kelebihan dari solusi yang Anda tawarkan dibandingkan dengan solusi yang sudah ada. Jika Anda memiliki beberapa solusi, beberkan setiap solusi dalam satu bab tersendiri.
6. Tulislah dalam kalimat yang pendek/sederhana dan dapat dipahami, terutama oleh orang-orang yang awam dalam dunia kesehatan.
7. Gunakanlah bahasa yang sifatnya aktif, sesedikit mungkin menggunakan kalimat pasif,
8. Sertakan banyak kasus terkait dengan masalah yang Anda angkat.
9. Tidak usah membuang waktu dan halaman untuk menyerang atau mendiskreditkan solusi yang sudah ada pada buku-buku yang sudah ada sebelumnya. Fokus pada membantu pembaca-pembaca Anda.
10. Tawarkan sebanyak mungkin bantuan dan saran yang spesifik terkait dengan hal-hal yang seharusnya sudah diketahui oleh pembaca.
11. Ciptakanlah pengalaman emosional pada pembaca hingga pembaca merasa bahwa apa yang Anda jabarkan dalam buku Anda itu adalah “mereka banget”.
12. Tinggalkan hal-hal yang sifatnya teoretis atau ilmiah yang pasti tak akan dibaca oleh pembaca. Jika memang harus dicantumkan, mungkin Anda bisa mencantumkannya dalam appendix. (Sumber: taylor-fox.com)

0 komentar:

Post a Comment