Breaking News

23 July, 2012

#30 Tips Menulis


Ingin menulis buku nonfiksi, tapi tidak yakin dengan tema yang dipilih? Coba uji lagi temanya dengan beberapa pertanyaan berikut.
1. Apakah subjek atau tema yang dipilih cukup besar untuk menjadi sebuah buku? Misalnya, tema “bagaimana menyemir sepatu dengan baik” sepertinya lebih pas jika menjadi salah satu artikel di majalah ketimbang membuat satu buku khusus untuk membahasnya.
2. Apakah subjek atau tema yang dipilih mempunyai jangkauan pembaca yang cukup luas dan cukup komersial? Hal ini juga berkaitan dengan menemukan penerbit yang pas untuk subjek yang Anda pilih. Beberapa publisher mungkin menginginkan tema tentang kesehatan karena mereka sudah mempunyai pasar pembaca pada tema tersebut. Sementara, beberapa penerbit yang lain mungkin lebih menginginkan buku parenting karena sudah menguasai pasar pembaca pada tema tersebut.
3. Apakah tema atau subjek dari tulisan nonfiksi yang Anda pilih termasuk tema yang diminati banyak orang? Misalnya, sekarang ini banyak orang yang menyukai buku-buku berjenis “how to” dan “self improvement", mencemplungkan diri ke dalam tema-tema tersebut mempunyai peluang cukup besar untuk mendapatkan perhatian.

(Sumber: howtobooks.co.uk)