Breaking News

25 July, 2012

Tips Bisnis yang Memotivasi Untuk Terus Mengembangkan Bisnis

Ternyata pendapat bahwa lebih dari separuh bisnis baru gagal di tahun pertama tidak sepenuhnya benar. Menurut Small Business Association (SBA), hanya sekitar 30 persen dari bisnis baru yang gagal di dua tahun pertama, 50 persen di tahun kelima, dan 66 persen selama 10 tahun pertama. Hanya 25 persen yang berhasil meneruskan bisnis hingga 15 tahun ke atas. Berikut adalah beberapa kesalahan dalam berbisnis yang dilansir di Female.Kompas.com.
1. Tidak ada perencanaan. Sebelum memulai bisnis, tentukan dulu visi, sasaran, dan arah bisnis. Galilah informasi sebanyak mungkin tentang bisnis yang akan digeluti, termasuk bagaimana dan di mana membeli bahan bakunya, siapa saja yang akan menjadi konsumen, dan di mana dan bagaimana memasarkannya.
2. Pemasaran yang lemah. Sekarang ini sudah semakin banyak media untuk mempromosikan bisnis kita, manfaatkanlah.
3. Manajemen yang buruk. Buatlah evaluasi atas bisnis yang sudah berjalan dari catatan secara detail yang Anda buat atas setiap langkah yang Anda lakukan.
4. Pegawai tak terkendali. Jika Anda belum siap dan belum benar-benar membutuhkan, usahakan untuk tidak merekrut pegawai. Namun memang jika sudah siap, rumuskan dengan baik job description para pegawai Anda. Rekrutlah pegawai sesuai kebutuhan dan kriteria.
5. Terlalu cepat menarik uang. Pisahkan rekening pribadi dengan rekening usaha agar tidak tergoda untuk menghabiskannya. Manfaatkanlah keuntungan untuk mengembangkan dan melakukan ekspansi bisnis.

*sepertinya poin terakhir harus benar-benar diperhatikan ya, apalagi menjelang Lebaran seperti sekarang ini :P