Breaking News

23 July, 2012

#25 Tips Menulis

Suka bingung bagaimana seorang penulis bisa menjadi sangat produktif menulis dan menelurkan banyak buku? Setiap orang tentunya punya cara masing-masing untuk menyemangati dirinya, termasuk terkait dengan kegiatan menulis. Ingin meningkatkan produktivitas menulis Anda atau tertarik untuk menjadi penulis profesional? Beberapa hal dari tips berikut barangkali bisa membantu dan cocok untuk Anda.
1. Bawalah laptop ke suatu tempat, misalnya kafe, tanpa membawa charger. Katakan pada diri sendiri bahwa Anda harus menyelesaikan draft/satu bab/kata pengantar/outline sebelum baterai laptop Anda benar-benar kehabisan energi.
2. Sediakan selalu biodata Anda dalam komputer/laptop Anda. Buatlah beberapa versi dari biodata Anda (panjang atau pendek) hingga ketika ada seseorang yang tertarik untuk meminta bantuan Anda untuk menulis atau penerbit tertarik dengan tulisan Anda, Anda sudah siap dengan biodata Anda.
3. Aturlah e-mail Anda hingga e-mail-e-mail penting yang belum dibaca dapat langsung terbaca tanpa harus mencari-cari terlebih dahulu. Tetapkan satu waktu, sesuai dengan jadwal hari Anda, untuk mengecek dan mengatur e-mail Anda.
4. Jika Anda merasakan badan Anda sedang tidak fit, mungkin mundur sebentar dari depan komputer akan membuat Anda segar dan siap untuk menulis.
5. Buatlah outline. Beberapa penulis senang membuat outline yang detail untuk tulisan-tulisan mereka. Namun, penulis yang lain lebih suka membuatnya dalam bentuk poin-poin yang utamanya saja.
6. Jika banyak hal yang harus dikerjakan dan semuanya berhadapan dengan deadline, beberapa penulis tak segan untuk meminta bantuan outsource untuk melengkapi bahan tulisan mereka, misalnya terkait dengan penelitian, proofreading, wawancara, dan lain-lain.
7. Menjadi spesialis akan tema tertentu tentu saja membuat waktu menulis menjadi lebih efisien karena Anda sudah kaya akan ide dan pengetahuan tentang tema itu.
8. Gunakanlah waktu-waktu selang untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat bagi tulisan Anda maupun karier Anda sebagai penulis. Misalnya, untuk mengupdate jejaring sosial Anda.
9. Buatlah jadwal terkait dengan kegiatan menulis Anda.
10. Jangan terlalu terobsesi. Terlalu berharap kesempurnaan, sering kali malah membuat proses menulis menjadi sangat lama karena Anda pasti akan menunggu ide yang sempurna keluar dari kepala Anda. Jadi daripada menunggu terlalu lama, segera menulis sajalah.

(Sumber: urbanmusewriter.com)