Breaking News

21 July, 2012

#22 Tips Menulis

Adakah yang hendak mengisi waktu dengan menulis pada bulan Ramadan kali ini? Hal itu tentu saja bukan ide yang buruk, bahkan bisa jadi menyenangkan. Tak usah bingung jika Anda belum dapat menentukan tema dari tulisan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin bisa membantu Anda untuk menentukan tema.
1. Tema bukanlah sesuatu yang harus serba jelas. Ketika seseorang menonton film Titanic misalnya, ada yang menyimpulkan bahwa film itu bertemakan kelas sosial. Tapi, ada juga yang menyimpulkan bahwa film itu bertemakan kebebasan. Dan ketika kita sudah memutuskan untuk menentukan satu tema, bukan berarti karakter yang kita punya memainkan melulu tema itu. Misalnya, ketika kita menentukan pengorbanan sebagai tema tulisan kita, bukan berarti pada sepanjang bab karakter-karakter yang ada di cerita kita melakukan pengorbanan.
2. Mengingat tema itu umumnya mengandung pesan dan moral, berusahalah dengan sesadar-sadarnya untuk tidak memaksakan keyakinan atau nilai yang kita punyai kepada pembaca naskah kita. Kebanyakan pembaca tidak menyukai cerita yang menggurui/mengkotbahi mereka.
3. Terakhir, bersenang-senanglah dengan tema yang kita punyai. Buatlah outline atau catatan yang isinya akan diapakan tema tersebut. (Sumber: writingforward.com)