Breaking News

16 May, 2012

Kelas Cerpen : Memilih Latar Tempat Sebuah Cerpen


by Indah Hanaco
Dear Perempuan Keren,

Salah satu kekuatan cerita adalah setting atau latar. Latar yang tepat dan digambarkan dengan indah, akan membuat cerita juga bergulir cantik. Latar menjadi unsur sebuah cerita, tidak bisa diabaikan begitu saja. Meskipun untuk sebuah cerpen yang panjangnya hanya beberapa halaman. Hari ini kita akan mengulas tentanglLatar tempat.

Namun adakalanya kita terjebak saat membuat latar. Entah karena tidak bervariasi, atau karena penulis kurang menguasai apa yang ditulisnya. Idealnya, penulis harus tahu pasti apa yang sedang ditulisnya. Menguasai latar tempat yang menjadi tulang punggung cerita.



Ketika tren cerpen berlatar Korea, apa yang sebaiknya kita lakukan? Jika memang punya kemampuan untuk itu, silakan tulis cerita berlatar negeri ginseng. Belum pernah ke sana? Tidak perlu khawatir! Kita bisa google atau membeli buku tentang Korea. Yang penting, jangan malas untuk mencari tahu tentang suatu tempat jika memang dipilih menjadi latar. Usahakan kita benar-benar "mengenal" tempat itu sebelum membawanya ke dalam cerita. Sebisa mungkin, kita memilih latar tempat yang bisa mendukung cerita. Bukan sekadar tempelan yang tidak perlu atau hanya terbawa tren. Menulis tempat yang benar-benar kita kenal, jauh lebih menyenangkan. Percayalah, cerita akan lebih terasa gregetnya. Apapun pilihan kita, selalu menulis dengan hati. Karena inii akan membawa pembaca turut merasakan apa yang kita ungkapkan.
Punya kisah berbeda? Berbagi di sini yuk...

Salam,
Indah Hanaco

0 komentar:

Post a Comment