Breaking News

16 May, 2012

Anggrek Nosarios


Malem Ibu-Ibuuu :)
Saya numpang cerita ya. Saya sedang menulis cerita dengan memakai latar kampus saya dulu. Ada satu jenis pohon, yang buat saya memorabel banget. berbunga sangat indah pas musim hujan datang. saya mau menuliskannya di cerita saya, tapi tiba-tiba sadar, saya nggak tahu nama pohon itu! rasanya aneh kalau saya menuliskan, "Pohon di seberang jalan" atau "pohon-pohon berbunga ungu yang berderet..." kesannya kok saya nggak tau apa yang saya tulis.
Maka, mulailah saya mencari tahu nama pohon tersebut. Mulai dari bertanya ke teman sekampus, siapa tahu ada yang punya bakat botanikal. Nihil. Karena saya sudah pindah ke pulau lain, saya juga tidak mungkin mendatangi kampus demi melihat papan nama si pohon. Saya minta tolong ke asik saya untuk dilihatkan, dan dia bilang apa coba? "idiiih, apa kata orang aku melototin papan pohon?" maklum, anak muda.
Di perpustakaan sekolah tempat saya tinggal juga tidak ada ensiklopedia tanaman Indonesia.
Dengan rasa penasaran yang masih hot, saya buka Google. Saya mengetikkan kata kunci "Pohon berbunga ungu" lalu meminta Google menelusuri bagian gambar saja. toh, saya nggak tahu namanya. Saya pelototi itu gambar yang banyaaak banget. Nihil. pohon saya tidak ketemu.



Saya coba lagi, kali ini hanya "pohon berbunga". Di halaman ke dua hasil pencarian, sampailah saya di sebuah perusahaan penjual tanaman hias. Judul iklan mereka saaangat menggoda. "Pohon pelindung berbunga". Saya klik, dan muncullah katalog yang dimaksud. Tapi, namanya juga orang jualan, saya nggak boleh buka katalognya. bisa dipesan, katanya. Hah! Demi sebuah nama pohon! Saya lalu mengamati foto sampul buku itu, yang minta ampun deh kecilnya. Dan melihat sebuah foto, pohon...berbunga ungu! saya semangat kembali, dan mengunduh foto sampul itu.
saya perbesar gambar, dan...ya! Itu pohon yang saya cariiii....! saya menggeser cursor ke bawah foto, dan nyaris kecewa. Kalau tadi saya bilang foto tersebut kecilnya minta ampun, apalagi tulisannya. Saya zoom, malah blur. Saya cuma bisa melihat huruf B dan R.
Saya kembali ke Google. Kali ini mengetikkan "Pohon Pelindung berbunga Ba..."
Saya malah nyasar kemana-mana. Saya coba lagi, dengan kunci sama, tapi kali pakai BU... dan munculah dia...

BUNGUR.
saya cari gambarnya. Dan tersenyum puas. This is it.

Pencarian 24 jam ini demi sebuah kalimat, "Pohon-pohon Bungur di seberang jalan..."

Biar deh dibilang nggak ada kerjaan. Tapi saya puaas :)

0 komentar:

Post a Comment