Breaking News

16 May, 2012

ANAK ISTIMEWA UNTUK IBU YANG LUARBIASA ISTIMEWA


by Sri Rahayu
Sepulang menemui teh Iin di ajang penganugrahan Kartini Award, aku pulang dengan menggunakan angkutan umum ke kotaku Sidoarjo.  Perjalanan kutempuh dengan tiga kali berganti kendaraan.  Pada pergantian ke tiga, aku bertemu dengan seorang ibu yang duduk tepat dipinggir pintu, dan beliau memintaku untuk masuk ke dalam.  Sedikit kecewa dengan sarannya maka aku meminta dengan sopan agar beliau mau bergeser ke dalam.  Kondisiku yang saat itu membawa dua orang anak kecil dalam keadaan mengantuk dan celah yang sempit tidak memungkinkanku untuk masuk ke dalam.


Ibu itu memandangku dengan sedikit berat, seraya memangku anaknya.  Awalnya aku tidak begitu memperhatikan anak itu.   Beberapa saat kemudian tiba-tiba sang anak tertawa berkali-kali dengan suara yang sangat kencang.  Semua penumpang pun menoleh, ada apa ya? tanyaku dalam hati.   Mau tidak mau akhirnya aku mengamati anak itu.  Ada apa dengan anak ini? Sepertinya ada sesuatu yang spesial di dirinya.  Aku mencoba membuka pembicaraan dengan sang ibu.  Menanyakan arah dan tujuannya.




Sang ibu bercerita bahwa anaknya memang memiliki keterlambatan tumbuh kembang, sehingga hampir setiap hari dia harus mengantarkan untuk terapi di salah satu rumah sakit ternama di kota Surabaya.  Tidak sedikit biaya yang harus dia keluarkan, kira-kira hampir mencapai tiga juta rupiah setiap bulannya untuk biaya terapi dan konsultasi dokter belum termasuk obat.  Keadaan itu berlangsung hampir setahun.  Tidak tersirat sedikitpun rasa terbebani dengan kondisi yang dia alami.  Beliau begitu sabar melayani sang anak tanpa sedikitpun rasa malu.  Meski sekilas orang melihat sosok anak Down Syndrom dalam diri anaknya.  Dia menjawab semua pertanyaan penumpang dengan bangga.  Menceritakan bagaimana kondisi anaknya dan cara menyikapinya.  Kuncinya adalah " SYUKUR".  Apapun kekurangan dan kelebihan anak, kita harus bisa menerimanya sebagai suatu anugrah.  Pemberiaan yang sangat istimewa dari Sang Maha Pencipta.  Rasa syukur membuat kita mampu bersabar atas semua cobaan yang kita alami.  Sehingga Allah akan menjauhkan kita dari sifat kufur dan putus asa.

Sebuah pelajaran yang luar biasa bagi kita para ibu yang mungkin belum bisa memanajemen emosi dalam  menyikapi anak-anak yang istimewa. Anak-anak yang spesial yang dianugrahkan kepada kita, karena Allah memberikan kepercayaan itu hanya kepada ibu-ibu hebat yang istimewa.

 Salut dan angkat jempol untuk para Ibu hebat yang memiliki anak luar biasa istimewa dan mampu menerimanya dengan rasa syukur,  Semoga Allah membangunkan sebuah istana di surga untuk kalian.

0 komentar:

Post a Comment