Breaking News

02 February, 2012

UMAR BIN ABDUL AZIZ: MINI MEMERINTAH; MAXI PRESTASI

 
Ibu-ibu yang baik, edisi kali ini aku mau bercerita tentang sejarah,..eiits jangan buru-buru kabur sambil ngrolling mouse-nya dan membatin: aku aleergi sejarah,.
iya deh saya paham bila ada yang sebut sejarah, pasti hubungannya disuruh hafalin nama-nama tokoh, tempat berikut tahun-tahun dan apapun yang melingkupinya. Tak menarik ya,..

Tapi jujur suatu saat kita harus nengok sejarah,..bukan hanya sekedar tahu, namun mengambil hikmah yang terbesar dari tokoh sejarah itu, atau  tentang apapun itu, dan kalau bisa jadikan panutan. Ohya sebenarnya saya ini penulis ecek-ecek yang senang hati melayani order dari suami yang repot buat tulisan untuk kampus-nya, pondok pesantren atau masjid kampus, jadi tulisan saya berupa "laporan yang kaku", lha ndak disuruh nglucu sih,..dan kebetulan yang terakhir disuruh nyari Umar bin Abdul Aziz. Who? saya lumayan bingung lha namanya kurang familier di telinga saya, yang hanya tahu khalifah 4, khalid bin walid, Harun Al rasyid sampai Bilal. Sedang dia? wah setelah ditemukan referensi tentangnya, saya jadi terbelalak,..wow ada seorang pemimpin besar Islam yang terselip diantara nama-nama besar lainnya,.

aduuuh jangan pergi dulu ya bu sabar nih,..pembukaannya mbosenin ya,..moga cerita tentang beliau tidak,..

Umar bin Abdul aziz ini tergolong dinasti Umayyah lahir pada 63 H/682 M di Sam'an Suriah, merupakan khalifah ke-8, dan hanya memerintah,...coba tebak bu, berapa lama ia memerintah? oii salah kalau 10 tahun,..kaya' masa pemerintahan presiden2 di Indonesia saat ini,..dia memerintah hanya 2,5 tahun saja!! yakni tahun 99-102H/717-720 M. Bila banyak berpikir masa memerintah yang "mini' bisa berbuat apa? lha wong presiden kita aja baru saja me-reshufle kabinet-nya yang dianggap tak sukses jalankan tugasnya, pada masa memerintah yang ke 2 tahun, di jabatan yang ke-2. Trus perjalanan pemerintahan yang sudah sekian lama tak gemilang, tak menyodorkan perubahan yang mencolok mata.

yah, daripada menebak-nebak apa yang terjadi mending kuterusin ya ceritanya,
Nama lengkap Umar adalah Abu Hafs Umar bin Abdul Aziz bin Marwan bin Hakam bin As bin Umayah bin Abd Syams,..wuiih puanjang bak kereta ya, ternyata beliau adalah keturunan Umar bin Khattab sang khulafaurrasyidin dari Ibunya laila, dan Ayahnya sudah pernah jadi gubernur Mesir, hingga tak heran bakat politisi melekat padanya. Namun secara pribadi sang Umar kecil sangat kagumi simbahnya,..eh Kakeknya Abdullah bin Umar bin Khattab, sampai-sampai Ia bilang ingin seperti kakeknya Ulama yang warak, mumpuni bin tawadhu'.

Umarpun berpendidikan tinggi di Madinah, disana ia mendapat pendidikan yang baik dan sehat, hingga sangat pengaruhi kepribadian dan pola pikirnya. Pada masa Khalifah ke 6 Al Walid bin Abdul Malik, Ia diangkat jadi gubernur Hedzjaz di Madinah pada usia,..berapa bu tebak lagi,..yang benar dapat Srabi Solo,..yah tak ada yang benar,..24 tahun ! sangat belia. Ia-pun dipercaya atas proyek pembongkaran masjid Nabawi, menjadi bangunan yang lebih indah. Penampilannya berbeda jauh dengan gubernur-gubernur saat itu,karena sangat adil dalam memerintah. dan menerapkan sistem diskusi denganbentuk "dewan penasehat" yang beranggotakan10 ulama yang berpengaruh. Hingga tak terjadi kesenjangan dalammasyarakat karena berbagai masalah bisa terpecahkan bersama.

Mesti dah capek ya mbacanya,..ya udah deh yang capek boleh rehat dulu,..nanti tengokin lagi ya tulisanku,..tapi saya masih semangat 45 teruskan tulisan ini.

Tapi apa daya,..model hasut menghasut,..fitnah memfitnah ndak cuma terjadi marak saat ini,..tapi dah sejak dulu,..lihat Umar sukses pimpin sebagai gubernur,..tiba-tiba Hajjaj bin Yusuf as-Saqafi, yang merupakan juga gubernur saat itu dibeberapa wilayah, dengan iri dengki-nya berhasil menghasut Khalifah tuk singkirkan Umar, hingga Ia berselisih dengan Khalifah yang akhirnya memecatnya,..yah sedih deh

Namun ternyata oh ternyata nasib orang baik yang berprestasi tak terpuruk begitu saja, Ia masih dilirik oleh khalifah sesudahnya yakni khalifah ke 6 yakni Sulaiman bin Abdul Malik bin Marwan tahun 97-99H, sebagai al-Kaatib alias sekretaris khalifah.

Ketika Khalifah Sulaiman sakit keras, khalifah itu meminta pertimbangan pada Wazir atau perdana menteri tentang siapa yang pantas menggantikannya karena Putra Mahkota-nya sudah meninggal sejak dulu. Si perdana Mentri yang bernama Raja' bin Haiwah langsung merekomendasikan Umar bin Abdul Aziz adalah figur tepat penggati Khalifah.

Tak dinyana tak diduga, ternyata sebelum perbincangan dengan Khalifah dan Perdana menteri ini berlangsung, Umar sudah punya suatu firasat akan ditunjukkannya Ia sebagai pengganti, sehingga Ia berkata pada Raja' :" Dengan saksi kepada Tuhan, saya meminta kepadamu, seandainya khalifah  menyebut-nyebut nama saya untuk jabatan itu, hendaknya engkau halangi, dan kalau Ia tak menyebutnya,..maka sungguh jangan kau ingatkan namaku kepadanya,.."

Subhanallah,..masih ada orang yang tersisa dibumi ini yang bisa berkata seperti itu tentang sebuah jabatan yang menggiurkan yang selalu berkaitan erat dengan harta, tahta,dan kewibawaan diri. Wuaah bila saya mengengok saat sekarang,..beda jauuuh, jangankan sudah ditunjuk belum aja sudah gontok-gontookan cari posisi yang paling empuk dikursi panas,..kalau perlu saling jegal hasut dan tentu sodor-sodorkan diri biar dilirik. Nah ini,..malah "menolak" jabatan yang banyak diidam-idamkan banyak orang.

Seperti yang sudah diduga Ibu-ibu (emangnya ibu-ibu sudah menduga?), ternyata nasi telah jadi bubur yang paling lembek, sudah terlanjur sang Khalifah bersepakat dengan Wazir untuk tujuk Umar sebagai pengganti sebelum beliau akhirnya wafat.(mulai turunkan topi,.dan pake kerudung hitam)

Akhirnya tahun 99 M Umar bin Abdul Aziz ditunjuk sebagai khalifah,..hanya memerintah dua setengah tahun saudara-saudara sebelum digantikan yazid bin Abdul Malik (mungkin sudah kesepakatan mau memerintah cuma sebentar sebelum calon penggantinya siap betul).

Terus,..ada apa dengandua setengah tahun? kalau dinegeri ini waktu sebentar itu boro-boro buat prestasi,.lagi nyusun rencana anggaran,..rutin rapat kerja terus klinong-klinong kemana habisin uang negara (jadi keinget ada rombongan DPR ke Afsel bahas tentang kepramukaan !,..huwa,..geli seribu persen), dan masih banyak lagi dengan acara seremonial lainnya. hmm kalau Umar sih beda langsung tancap bak pembalap Vettel di F 1...wuuuuz

Ia berani berbeda dengan pendahulunya, mencanangkan ide-ide yang brilian, Ia tak takut dengan para peng-kontra yang terkaget-kaget melihat cara kerjanya dalam memerintah negeri. Ia dikenal sebagai Khalifah yang alim, bijak, jujur, warak, tawadhuk, dan zahid juga sederhana, dlam berbagai literatur Ia selalu disandengkan dengan kakeknya Umar bin khattab.

Kebijakan yng utama adalah mengembalikan kemuliaan agama dan menggunakannya untuk mewarnai kehidupan bermasyarakat dan bernegara, tak segan berdialog denganulama besar ahli hadis dan fikih dan meminta fatwa menegenai berbagai kebijakannya, dan mengajak serta rakyat mematuhi hukum syariat. Hingga akhirnya ia adalah khalifah pertama yang membuat hukum syariat secara sistematis dan serius.

Ada satu hal yang tak pernah dilupakan dalam turut mewarnai sejarah Islam, dan jasanya yang paling penting adalah kodifikasi hadis, yakni menyatukan berbagai hadis nabi SAW yang berserak dipenjuru negeri menjadi satu mushaf, karena kekhawatiran dengan muncul hadis palsu dan lenyapnya beberapa hadis karena perawi yang meninggal atau sedang berperang. ini tak pernah dilakukan oleh pemimpin Islam sebelumnya.

Apa cuma itu ya yang di lakukan Umar?, ya tentu saja tidak, hampir seluruh bidang jadi "jamahannya'dari bidang politik: menyeru kaumnya tidak mengejar-ngejar keturunan Ali dan bani Hasyim dan menyuruh menghentikn perseteruan politik dg kekerasan, karena menurutnya seluruh Bani adlah sama. Ia membolehkan semua pihak angkat bicara (tak diberangus). Bidang hukum ia benahi, dan menerapkanlima hal untuk pra hakim.

Urusan menegakkan kebenaran dan keadilan, Umarlah jagonya,..tak hanya sidak saja di daerah wilayah kekuasanya, kemudian memberi petunjuk ini dan itu, ia berani langsung memecat para gubernur yang tak becus urusi rakyat, merampas hak rakyat, zalim, juga tak taat agama. Itu dialami oleh Yazid bin Abi Muslim (gubernur Afrika utara,..wiii wilayah kekuasaannya sampai sana ya), juga Salih bin Abdurrahman (gubernur Irak). Dan tanah rakyat yang terampaspun diperinthkan untuk dikembalikan,.waah bedaaa jauh dengan yang terjadi saat ini, yang bisa srobot hak rakyat, leha-leha sampai mereka kering kerontang teriak-teriak

Umar juga tak bernafsu tuk luaskan wilayah,..ini juga beda jauh dengan karekteristik pemimpin saat lalu yang sangat gemar berperang. Ia punya pandangan bila harus berdakwah tidak harus dengan angkat senjata, namun bisa dengan amar ma'ruf nahi mungkar dan lemah lembut, ( duh saking lembutnya sampai bikin klepek-klepek saya) hingga ia menyuruh Musallama untuk menghentikan penyerbuan ke Istambul.

Ada ndak ya kira-kira saat itu ilmu kedokteran,..beneer jawabnya ada. Umar memerintahkan memindahkan sekolah kedokteran di Iskandariyah (mesir) ke Antakya dan Harran (turki) dengan maksud tentu agar mendapat fasilitas penunjang yang baik. Trus dibidang ekonomi Ia berhasil membuat kebijakan yang melindungi rakyat kecil dan mensejahterakannya.  Pajak diturukan bagi non muslim dan dihapus bagi muslim. Membasmi cukai dan kerja paksa, benahi irigasi, perbanyak sumur, pertanian, pembangunan jalan, sediakan tempat bagi musyafir dan tentu saja seluruh bidang yang bisa sejahterakan rakyat. fiyuu,..sampai capek nulisnya

Pernahkh kita sadar kalau doa yang dibaca Khatib saat kutbah jumat itu, sampai kini adalah peranan besar seorang Umar? karena sesungguhnya sebelumnya doanya adalah menjelek-jelekan keturunan Ali, karena perseteruan politik saat itu. dan Umar mengganti kebiasaan yang buruk itu menjadi doa yang baik,..seperti yang dibaca khatib saat kutbah ke 2.

Sudah capek ya membaca sejarah Umar, bentar nih tanggung ku tutup sedikit dengan hikmah.Berbagai pejabat dewasa ini, menganggap jabatan bukanlah amanah, hingga banyak yang memperkaya diri sendiri, dan lupa akan tanggungjawabbya, hingga banyak proyek yang disambar dan berujung ke Bui. Sedang Umar tak pernah menyentuh proyek dinegaranya, malahan Ia mengganti seluruh hidupnya dengan kesederhanaan. Ingat Ia sudah keturunan orang berada sejak kecil. Ia mengganti pakaian sutranya dengan kain yang biasa saja,..menjual tunggangan kuda yang berhias, dengan kuda biasa dan uangnya dimasukkan ke baitull Mall, tanah perkebunan dan perhiasan istrinya rela dijual untuk kemakmuran rakyat. Whaaat? lha biasanya malah nambah tanah dan perbiasan je,..

Dan yang paling mengharukan dan fenomenal karena sikapnya, adalah saat putranya datang dengan urusan keluarga. Ia menjumpai Umar sedang bekerja dikantornya pada malam hari untuk urusan negara. Kemudian Umar meniup lampu minyak, dan bicara dalam kegelapan dengan putranya, ketika ditanya putranya :mengapa kita bicara bergelap-gelap gini wahai ayahku?
jawabannya : "nak, kita bicara mengenai urusan keluarga, sedang minyak yang dibeli pada lampu dikantor itu adalah uang dari negara, berarti uang rakyat, dan aku tak mengambil uang rakyat.." 
ihik  saya benar-benar terharu membaca pernyataan umar itu,..masihkah ada tersisa seorang Umar untuk kita dinegeri ini,..( berharap sambil geleng-geleng kepala).

Akhirnya rampung juga tulisan panjangku,..terimakasih buat ibu-ibu yang baik hati dengan sabarnya membaca tulisan sejarah ini. Sungguh dipermaaf bukan maksudku untuk membuat cerita sejarah jadi laiknya antalogi,..biar tak bosen aja membacanya,..moga bermanfaat,..dan wajib untuk komen,..silahkan,.


11 komentar:

Rudiyanto Semith said...

ok

Guo Guo said...

yao20150324
mont blanc pens
toms outlet
ray ban
nba jerseys
instyler
christian louboutin
louis vuitton outlet
louis vuitton outlet
pandora jewelry
tiffany and co
coach outlet store online
cheap nhl jerseys
iphone 6 case
thomas sabo uk
kate spade outlet
replica watches
cheap jordans
adidas outlet
ray ban uk
true religion jeans
converse shoes
herve leger dresses
louboutin shoes
salvatore ferragamo
coach factory outlet
cheap snapbacks
polo ralph lauren outlet
nfl jerseys
beats by dre
mont blanc
iphone 6 cases
hollister clothing
cheap oakley sunglasses
adidas wings
abercrombie

Anonymous said...

kobe 8
louis vuitton
fitflops sale
michael kors canada
jordan 6 rings
oakley sunglasses
air jordan 4
christian louboutin shoes
mont blanc legend
abercrombie store
coach factory
michael kors outlet
michael kors outlet online
ralph lauren uk
louis vuitton handbags
adidas wings
michael kors handbags
louboutin
michael kors
lululemon outlet
michael kors outlet
red bottom shoes
coach outlet
20150403keyuanyuan

Unknown said...

kate spade handbags
lebron 12
nike air max
prada shoes
los angeles clippers jerseys
nike shoes
nba jerseys wholesale
nike air max,air max uk,air max 90,nike air max 90,air max shoes
arthur jones jersey,deonte thompson jersey,courtney upshaw jersey,timmy jernigan jersey,jeromy miles jersey,haloti ngata jersey,joe flacco jersey,steve smith sr jersey
dallas cowboys jersey
cartier love bracelet
north face jackets
atlanta falcons jersey
the north face jackets
air max 90
new orleans saints jerseys
uggs on sale
gucci outlet online
green bay packers jerseys
peter konz jersey,paul worrilow jersey,prince shembo jersey
michael kors handbags
49ers jersey
evening dresses outlet
the north face outlet store
lebron shoes
nike sneakers
nike air max
mbt shoes outlet
north face jackets
nike free run
zhuweiming0626

John said...

nike huarache
oakley sunglasses
pandora charms
louis vuitton handbags
uggs on sale
louis vuitton outlet
louis vuitton
jordan 4 toro
louis vuitton outlet
air max 90
louis vuitton
louis vuitton
hollister co
michael kors
abercrombie
coach outlet
hollister
nike running shoes for women
christian louboutin outlet
louis vuitton
nike air max 90
kate spade
marc jacobs handbags
polo ralph lauren
coach outlet
toms shoes
prada outlet
michael kors handbags

方松腾 said...

bottega veneta outlet online
burberry outlet
cheap toms
polo ralph lauren outlet
coach outlet store online,coach outlet store,coach outlet
nba jerseys wholesale
moncler outlet
ugg boots clearance
valentino shoes
michael kors factory sale
rolex watches
kobe bryants shoes 2015
mont blanc
true religion jeans,cheap true religion jeans,true religion jeans wholesale,true religion outlet,true religion sale,true religion outlet online
ray-ban sunglasses
ysl outlet online
louis vuitton outlet
lebron james shoes,lebron 12,lebron 12 shoes,lebron sneakers,lebron iv,lebron 11,lebron 10
hermes outlet online
cheap oakley sunglasses
celine outlet
cleveland cavaliers
football shirts uk,soccer jerseys uk,cheap soccer jerseys uk
ferragamo shoes
pandora charms
ralph lauren,ralph lauren uk,ralph lauren outlet,ralph lauren outlet online,polo ralph lauren outlet,ralph lauren polo
omega watches
michael kors uk outlet
burberry outlet
christian louboutin

Junda Xu said...

20160324 junda
louboutin outlet
canada goose jacket
timberland boots
cheap jordan shoes
prada outlet
lululemon outlet
salvatore ferragamo
gucci outlet
ray ban sunglasses
bottega veneta outlet
fitflops outlet
michael kors outlet online
valentino shoes
babyliss flat iron
michael kors outlet online
michael kors outlet online
basketball shoes
adidas gazelle
nike trainers
coach outlet online
rolex submariner
skechers shoes
polo outlet
michael kors
air jordans
coach outlet store online
michael kors handbags
ed hardy uk
cartier watches
christian louboutin uk
prada
cheap ugg boots
converse trainers
ray ban sunglasses
coach factory outlet
ed hardy outlet
louboutin pas cher
nike store
kate spade outlet
levis 501

xumeiqing said...

20160628meiqing
versace shoes
adidas nmd
reebok uk
true religion jeans
louis vuitton handbags
louboutin
michael kors outlet
nike cortez
nfl jerseys wholesale
cheap jordans
gucci outlet
ray bans
michael kors outlet
michael kors purses
hollister co
ray ban outlet
sac longchamp
buy red bottoms
ferragamo shoes
hugo boss outlet
oakley sunglasses
cartier watches
ralph lauren outlet
nike air force 1
yeezy boost 350
polo ralph lauren
fake oakleys outlet
supra shoes
converse shoes
louboutin uk
michael kors outlet online
louis vuitton factory outlet
sac longchamp pliage
christian louboutin
true religion jeans
ray ban sunglasses
burberry outlet

mmjiaxin said...

chrome hearts
kobe shoes
yeezy boost 350
yeezy boost 350
adidas nmd
http://www.cheapairjordan.uk
cheap jordans
yeezy boost
cheap real jordans
michael kors handbags
kobe byrant shoes
cheap oakley sunglasses
louboutin shoes
oakley sunglasses
adidas stan smith sneakers
michael kors outlet
cheap rolex watches
michael kors handbags clearance
nike air zoom
http://www.tiffanyandcojewellery.us.com
http://www.cheapnfljerseysstorechina.com
http://www.yeezyboost350.uk
michael kors outlet
authentic jordans
Kanye West shoes
jordan retro
nike air huarache
ray ban uk,cheap ray ban sunglasses
ugg outlet
kobe shoes
yeezy boost 350
true religion jeans
http://www.kobebasketballshoes.us.com
cheap uggs
michael kors handbags
gg

John said...

coach factory outlet online
pandora charms sale
pandora bracelet
polo ralph lauren outlet online
true religion outlet online
gucci outlet online
adidas superstars
toms outlet store
michael kors bags
true religion outlet
20161013yuanyuan

raybanoutlet001 said...

salomon boots
birkenstock sandals
seahawks jersey
fitflops sale clearance
nike air huarache
nike huarache trainers
michael kors outlet
cheap nfl jerseys wholesale
hugo boss
michael kors outlet

Post a Comment