Breaking News

22 February, 2012

Suamiku, Segalanya Bagiku


      By Sri Wahyuti 
Suamiku, segalanya bagiku. Rasanya ungkapan itu tidaklah terlalu berlebihan jika kutujukan pada suamiku. Berkat dia aku menjadi seperti sekarang ini. Aku yang dulu bukan siapa-siapa telah diajarinya mengenal arti hidup, mengenal arti cinta yang sesungguhnya,  perjuangan tanpa mengenal  lelah dan putus asa, serta berjuang  mengembangkan potensi diri yang aku miliki.

Aku menikah dengan suamiku pada hari Kamis, 19 Agustus 1999. Setelah menikah aku hanyalah seorang ibu rumah tangga yang tugasnya mengurus rumah dan keluarga. Selama itu aku kerap mengalami  kebosanan akibat dari banyaknya waktu yang terbuang sia-sia. Sampai  akhirnya aku ditawari suamiku untuk melanjutkan pendidikan dan menjadi seorang guru. Tentu saja kesempatan itu tidak aku sia-siakan.

Aku sungguh bersyukur suamiku  mengijinkanku bekerja di luar rumah dengan menjadi guru. Padahal pekerjaan yang aku lakukan  tidak menghasilkan finansial yang memuaskan. Maklumlah, namanya juga guru wiyata bakti. Yang ada justru suamiku tekor menutup biaya transportasiku. Namun suamiku tidaklah pernah mengeluh akan hal itu. Selama aku ikhlas menjalani perananku sebagai guru, bayaran berapapun tak masalah. Rejeki bisa datang dari mana-mana. Sebuah keyakinan yang mengajariku tentang arti kesabaran dan memupuk rasa ikhlas dalam menjalankan pekerjaan.

Apalagi suamiku juga selalu siap mendorong setiap langkahku. Termasuk diantaranya mengembangkan potensi diri mengikuti berbagai ajang perlombaan. Baik itu yang diselenggarakan untuk guru ataupun perlombaan menulis seperti sekarang ini. Dia sangat tidak berkeberatan aku menekuni hobi tulis menulis. Dengan komitmen aku tidak melupakan tugas utamaku sebagai seorang ibu.  Dan sebagai wujud dari dukungannya dia memberikan fasilitas internet unlimited untukku.

Satu lagi yang aku kagumi dari suamiku. Sikapnya sangat matang dan dewasa. Sehingga bersamanya aku merasa nyaman dan terlindungi. Dan ia juga jarang sekali marah. Kalau  suamiku marah, paling dia hanya diam. Begitu pula kalau aku yang marah dia paling juga diam. Padahal aku ini sangat tidak tahan didiamkan suamiku. Pasti aku akan mencari-cari cara untuk membuatnya tersenyum lagi. Selain itu suamiku juga selalu sabar menanggapi setiap keluhanku, kerewelanku, dan juga kebawelanku. Aku sendiri sampai heran, bagaimana mungkin dia begitu sabar menghadapiku tanpa sekalipun marah padaku. Sungguh aku ingin bisa sabar seperti dia.

Kendati  demikian bukannya kehidupan kami bebas dari masalah. Namanya juga hidup pastilah ada masalah. Namun kami selalu mencoba menghadapi setiap masalah dengan kepala dingin. Lalu kita carikan solusi yang terbaik. Termasuk saat kami menghadapi masalah yang terkait dengan anak-anak. Kami selalu berusaha unutk berdiskusi dalam memecahkan berbagai masalah. Suamiku adalah  teman diskusi yang paling baik untukku. Dia bisa memahamiku. Bisa melembutkanku, bisa meredam kemarahanku, pokoknya dia adalah segalanya bagiku.

Jika ada yang kurang dari suamiku hanyalah dia itu kurang begitu romantis. Belum pernah dia memuji-mujiku. Atau membisikiku dengan kata-kata cinta yang memabukkan. Kendati demikian aku tidak pernah meragukan cintanya padaku. Yang terpenting adalah bukti, bukan hanya sekedar ucapan manis di bibir. Kalau aku ingat-ingat, ia bahkan juga tidak pernah bilang I Love You. Satu-satunya kata romantis yang pernah dia ucapkan padaku adalah saat usai pernikahan. Begini dia bilang padaku.

“Kita harus mensyukuri setiap apapun yang kita terima dalam hidup ini. Dan aku sangat beruntung telah memilikimu sebagai istriku,” katanya saat dia menyerahkan gaji pertamanya usai pernikahan kami. Sungguh kata-kata terindah yang tidak akan pernah aku lupakan.

Untuk mengatasi suamiku yang kurang bisa berkata romantis, maka akulah yang harus  aktif menggoda dia. Membisikinya dengan kata-kata mesra, dan juga memujinya. Aku tak sungkan-sungkan memuji suamiku. Walaupun balasannya tak ada pujian untukku. Kalau dipuji paling-paling dia hanya tersenyum atau menghujaniku dengan peluk dan cium. Itu sudah sangat romantis bagiku. Tak akan ada mawar merah ataupun kejutan indah. Dia bukan tipikal seperti itu. Namun dia selalu bisa menarik simpatiku.

Kendati tidak pandai merangkai kata-kata romantis, namun  kehidupan cinta kami masih hangat seperti dulu. Kami selalu berusaha mempertahankan kehangatan ini dengan saling berbagi dan saling memperhatikan. Aku tidak pernah terlalu menekannya dalam berbagai hal. Demikian juga dia tidak pernah menuntutku agar aku bisa menjadi seorang ibu atau pun istri yang sangat sempurna. Dan agar cinta kami tetap hangat dan mesra, aku sering peluk dia tanpa harus menunggu moment tertentu. Kapanpun di manapun aku ingin memeluknya, ya aku peluk saja. Sekali pun di depan anak-anak. Aku ingin menunjukkan kebersamaan kami kepada anak-anak. Seperti aku juga mengagumi kemesraan orang tuaku dulu.

Dibawah ini adalah yang aku lakukan agar cinta kami tetap terjaga kehangatannya untuk selamanya:

Saling pengertian.
Hal ini penting untuk ditanamkan dalam setiap kehidupan berumah tangga. Dengan saling pengertian akan menumbuhkan kepercayaan. Sehingga  dengan adanya rasa percaya kita tidak perlu mencurigai macam-macam terhadap suami. Kita tidak perlu menguntitnya ataupun membongkar pesan di HP-nya. Terkadang suami juga membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri. Maklumilah ia.

Komunikasi.
Tidak adanya komunikasi yang baik antar suami istri merupakan salah satu sumber terjadinya kesalahpahaman yang akhirnya bermuara pada percekcokan. Bangunlah komunikasi yang baik. Kalau perlu debat pun tidak apa-apa. Tetapi berdebatlah yang sehat. Jangan memaksakan kehendak dan mendahulukan emosi saat berdebat dengan suami. Kalau situasi sudah sangat memanas, salah satu harus mau mengalah. Nanti kalau situasi sudah tidak panas, baru bisa mencari solusi yang terbaik. Persoalan apapun akan dapat diselesaikan jika komunikasi terjalin dengan baik. Dan janganlah segan untuk meminta maaf jika memang kita bersalah.

Lakukan Sesuatu Bersama-Sama.
Sekali-kali keluar bersama  dengan suami atau bersama anak-anak akan sangat menyenangkan. Dengan pergi bersama keakraban dengan suami akan terjaga dengan baik. Atau manfaatkan waktu-waktu tertentu unutk tetap berkumpul bersama anak-anak dan juga suami. Itu akan menjaga keakraban antar anggota keluarga.

Hubungan Intim.
Takaran hubungan biologis untuk tiap pasangan adalah berbeda. Ada yang cukup melakukannya seminggu sekali, tiga hari sekali, dua hari sekali, bahkan ada juga yang harus melakukannya setiap hari. Buatlah kesepakatan dengan suami.  Hubungan intim yang baik tidak tergantung pada seberapa seringnya hal itu dilakukan, namun lebih kepada kepuasan untuk saling memberi dan mengisi antara suami istri. Agar tidak salah dalam memahami keinginan masing-masing maka bangunlah komunikasi. Katakan keinginan pada pasangan masing-masing. Mungkin bagi istri sungkan untuk berterus terang pada suami dalam perkara ini. Itu justru salah. Semakin anda tidak mengkomunikasikan hal ini semakin anda tidak terlayani dengan baik.

Hindari Hal-Hal yang Tidak Disukai Suami.
Para suami biasanya tidak suka dengan istri yang galak dan suka mencela, istri yang bergaya berlebih-lebihan dan dibuat-buat, sifat manja dan malas, perdebatan panjang dan bertele-tele, istri yang kelewat cerewet, dan istri yang tidak mempercayainya.
Walaupun aku bukanlah istri yang sempurna, namun aku berusaha untuk menjadi yang terbaik bagi suamiku. Sehingga dia pun dengan bangga bisa mengatakan “istriku adalah segalanya bagiku”, seperti juga aku bangga kepadanya dan mengatakan pada seluruh dunia bahwa suamiku adalah segalanya bagiku. Dia adalah anugrah terindah yang dikirimkan Tuhan untukku. Dan tanpa dirinya aku bukanlah apa-apa.

Tak terasa sudah sebelas tahun kami berumah tangga. Tapi seakan baru kemarin semua itu terjadi. Waktu berjalan tanpa terasa. Tahu-tahu anak-anak sudah besar. Dan kami semakin menua. Namun aku sangat bahagia menua bersama dengan orang yang kucintai dan mencintaiku. Aku sangat bahagia dengan kehidupan perkawinanku. Alhamdulillah.*** 

8 komentar:

Nike Free said...

nike outlet nike store nike factory store nikestore nike employee store nike factory nike factory outlet nike outlet coupon nike store locator nike outlet store wholesale nike shoes cheap jordans cheap jordan shoes cheap jordans for sale jordans for cheap retro jordans for sale jordan shoes for sale jordans for sale cheap jordans for sale retro jordans for sale air jordans for sale jordan 11 for sale authentic jordans for sale new jordans new jordans 2015 new jordan shoes new jordan releases jordan new releases new jordans release nike air max air max 90 nike air max 2014

Junda Xu said...

20160324 junda
michael kors purses
canada goose outlet
mizuno running shoes
fitflops
toms shoes
valentino shoes on sale
coach purses
cheap jordans
michael kors bags
coach outlet
toms outlet
burberry outlet online
polo ralph lauren outlet
pandora jewelry
kate spade outlet online
nike air max uk
toms wedges
michael kors outlet
true religion jeans
lacoste shoes
oakley sunglasses
calvin klein underwear
longchamp
calvin klein outlet
canada goose outlet
new balance outlet
michael kors outlet online
coach factory outlet
burberry outlet
puma shoes
michael kors bags
christian louboutin uk
coach factory outlet
vans sk8 hi
christian louboutin outlet
ralph lauren outlet
true religion outlet
toms outlet
cartier love bracelet
ecco shoes

xumeiqing said...

20160628meiqing
christian louboutin shoes
oakley vault
adidas pure boost
michael kors outlet
louis vuitton outlet
north face jackets
michael kors handbags
omega watches
coach outlet
longchamp handbag
coach outlet
ralph lauren outlet
reebok
polo ralph lauren outlet
converse sneakers
fitflop uk
toms outlet
coach outlet store
coach outlet online coach factory outlet
coach purses
michael kors handbags
polo outlet
ralph lauren outlet
air jordan uk
nike huarache white
nike air max
ray ban sunglasses
lebron james shoes
coach outlet online
cheap oakley sunglasses
asics shoes
new balance outlet
rolex replica watches
chaussure louboutin
fitflops
adidas nmd

Fangyaya said...

toms wedges
uggs for men
ray bans
timberland boots
toms shoes uk
replica rolex watches
christian louboutin sale
ugg boots sale
coach outlet
ugg outlet
coach factory outlet online
louis vuitton outlet
ugg outlet
mbt shoes clearance
ugg boot uk
coach outlet
ralph lauren polo
coach outlet
ray ban outlet
michael kors outlet online sale
heat jerseys
gucci bags
uggs outlet
adidas yeezy 350
jordans for sale
canada goose jackets
montblanc pens
cheap louis vuitton handbags
uggs boots
louis vuitton outlet stores
fitflop clearance
mont blanc ballpoint pens
the north face outlet
oakley sunglasses outlet
nike roshe run shoes
toms shoes
coach factory outlet
michael kors outlet clearance
polo ralph lauren
michael kors outlet clearance
2016.9.14xukaimin

LCc 03 said...

kobe shoes
longchamp sale
adidas ultra boost
lacoste outlet
michael kors purses
adidas superstar shoes
nike air force 1
michael jordan shoes
longchamp le pliage
louboutin shoes uk

chenlina said...

louis vuitton outlet
oakley canada
michael kors outlet
instyler max
hollister outlet
jordan 4
kd shoes
abercrombie and fitch
coach outlet
louis vuitton belt
chenlina20170407

raybanoutlet001 said...

patriots jerseys
omega watches for sale
ugg boots
michael kors outlet
oakley sunglasses
christian louboutin
nike huarache
ralph lauren
michael kors outlet
ralph lauren pas cher

GIL BERT said...

fitflops sale
polo outlet
chicago bulls jersey
versace shoes
carolina jerseys
boston celtics
cheap ray bans
ugg boots
christian louboutin shoes
ray ban sunglasses

Post a Comment