Breaking News

17 February, 2012

SOPAN SANTUN TERLUPAKAN SAAT BER - FB?


 By Julia Rosmaya Riasari Sugiharto  

Pernah kan ngalamin ada yang minta add friend di Facebook tapi gak jelas siapa orangnya? terus kita berusaha lihat info di profilnya tapi gak jelas juga siapa dia. Pernah sekolah dimana atau kerja dimana. Atau kita lihat foto di wallnya eh malah foto bayi atau foto pemandangan alam??? lah terus gimana kita bisa tau orang ini siapa??? Apalagi yang ingatannya rada pendek kayak aku... pelupa banget sama wajah dan nama. Waduhhhhh...

Atau kita berusaha lihat mutual friends... eh malah campur aduk ... dalam arti ada teman SMA di situ tapi juga ada teman kuliah. Jadi ini orang teman dari mana??? Sering kejadian, setelah diurut-urut memang gak pernah satu sekolahan atau satu kerjaan.  Jadi hanya karena ada teman yang sama bukan berarti pernah barengan dimana gitu... tambah bingung deh...

Memang ada yang bilang ya sudah tinggal gak usah di konfirm ... langsung ignore ajah... tapi bukan itu tujuan ku nulis note ini. Maksudku kita ini kan dari kecil diajarin gimana cara ngajak kenalan orang asing tuh... kenapa sih di FB kita gak terapkan hal yang sama?? Tulis di message... Halo, saya Maya dulu kita pernah satu sekolah di SMA 12 atau dulu kita pernah satu organisasi di UGM atau kita sama-sama kerja di Karantina... atau apalah... minimal orang tersebut tau siapa kita.... gak susah loh nulis pesan seperti itu ... gak ada lima detik juga selesai. Lalu kenapa banyak orang yang gak mau repot-repot melakukan hal itu???

Apa etika bersopan santun di dunia maya (bukan dunia julia rosmaya hehehe) sudah terlupakan? Ini kan ibarat kita sedang berdiri di pinggir jalan terus mendadak ada orang yang berhenti dan ngajak kenalan tanpa basa-basi, terus apa yang kita lakukan? Belum tentu ajakan itu kita terima kan? 

Sekedar tips bersopan santun di FB ala Maya :
1 . Beri pesan berisi nama panggilan dan identitas jelas bila add friends 
2.  Lengkapi info di profil minimal asal sekolah dan tempat bekerja saat ini supaya identitas kita semakin jelas
3.  Seandainya memasang foto anak, sebaiknya berdua dengan kita karena yang dikenal oleh teman kita kan wajah kita, bukan wajah anak kita
4. Bila ingin men- share konten di wall teman, tidak ada salahnya meminta ijin terlebih dahulu. 
5. Jangan sekedar men add list friends teman FB kita dengan tujuan mendapatkan teman sebanyak-banyaknya. Ada tuh teman yang tujuannya ber FB mendapatkan teman sebanyak2nya malah jadi seperti lomba dengan teman lainnya. Yang terbanyak friends nya itu yang menang hahaha

Ada beberapa teman di FB yang memang dulunya tidak kukenal sama sekali walau sekolah di tempat yang sama. Tapi saat ini malah jadi lumayan akrab karena sering saling komen dan berinteraksi. Menurutku itulah tujuan FB, antara lain menjalin silaturahmi. Walau tetap saja etika dan sopan santun di dunia nyata harus tetap dilakukan di dunia maya

Sekedar note di hari yang sedikit gloomy ini ... semoga berkenan

0 komentar:

Post a Comment