Breaking News

16 February, 2012

Serunya Tarawih bersama Anak Batita....:D


  Bismillaahirrahmaanirrahiim......

Tarawihku kali ini tak seperti biasanya. Di Ramadhan sebelumnya saya selalu melaksanakan sholat tarawih seorang diri. Tapi Ramadhan kali ini saya melaksanakan tarawih bersama ponakan. Tadinya saya sempat ragu mau mengajak dia karena ponakan saya itu usianya 3 th lebih, namanya Pasya. Dia juga termasuk anak yang aktif dan cerewet. Hemmm,,,,saya sudah membayangkan sesuatu yang negatif,,,,dia bikin gaduh lah, pengen pulang karena bosan, bolak balik ke kamar mandi karena pengen pipis atau mungkin nangis karena berantem sama anak-anak yang lain.... Astaghfirullahal'azhim,,,ko belum apa-apa sudah su'udzon ya......Kemudian saya pun menepis ke su'udzonan itu.

Sebelum berangkat ke mesjid, Pasya sudah ribut ingin memakai baju koko . Sedangkan saya menyiapkan perlengkapan sholat, kertas dan stabilo sebagai sarana untuk mengusir kebosanan Pasya. Dia kelihatan semangat sekali karena baru pertama kalinya dia di ajak ke mesjid malam-malam. Selama di perjalanan menuju mesjid dia terus mengoceh.

Setibanya di mesjid, Pasya langsung naik tangga menuju ke lantai 2. Setelah menggelar sejadah dia langsung duduk dan meminta kertas yang sudah saya siapkan untuknya. Alhamdulillah saya bisa sholat sunnah dulu.......
Kemudian tibalah waktunya sholat isya. Subahanallah ketika para jama'ah bersiap untuk sholat, Pasya menghentikan aktivitas bermainnya lalu dia sholat mengikuti kami. Karena Imam sholat membaca suratnya panjang-panjang, Pasya akhirnya mencorat-coret kertas kembali. Namun ketika kami ruku dan sujud dia selalu mengikuti kami. Beberapa menit setelah sholat isya keadaan masih terkendali karena Pasya masih anteng dengan aktivitas 'menulisnya'. Namun ketika sedang ceramah, Pasya mulai tidak bisa diam apalagi setelah dia berkenalan dengan seorang anak, semakin maceuh dech....xixixixixi.

Saya pun mengingatkan dia kembali, kalau di mesjid itu ga boleh ribut. Alhamdulillah dia nurut tapi setengah menit kemudian ngobrol lagi sama teman barunya....hehehhe...ya begitulah anak-anak. Akhirnya saya biarkan saja Pasya ngobrol dengan teman barunya karena suara mereka tidak terlalu keras.


Tiba saatnya kami melaksanakan sholat tarawih. Roka'at pertama sholat tarawih, saya dikejutkan oleh suara tertawa Pasya dan teman barunya sambil berlari menuju ke arah pintu lantai 2 dan berusaha membuka pintunya. Haduh jadi tegang dech sholatnya,,,,,sempat mata ini mau melirik ke arah Pasya ingin memastikan bahwa anak yang sedang berusaha membuka pintu itu Pasya atau bukan...Namun alhamdulillah tidak jadi melirik karena saya ingat, kan lagi sholat....hihihihhi...astaghfirullah...ahh pokonyamah jadi ga khusyu dech. Akhirnya saya hanya bisa berdo'a "Ya Allah,,,jagalah Pasya dan teman barunya...aamiin". Setelah selesai salam saya langsung berlari ke arah pintu , dan ternyata betul memang Pasya dan anak itu yang tadi main-main di dekat pintu itu. Namun Alhamdulillah ternyata ibunya temen baru Pasya keburu menutup pintu itu jadi mereka berdua hanya duduk-duduk di dekatnya saja.

Mengajak anak usia batita ke mesjid memang butuh perjuangan yang luar biasa. Apalagi kalau anaknya aktif, butuh kretifitas & trik jitu untuk menaklukan mereka supaya tidak mengganggu. Sebenarnya mereka mengganggu karena bosan. Aktifitas di mesjid kan monoton tidak ada yang bisa menarik perhatian mereka supaya bisa diam dan duduk manis. Nah agar mereka bisa bersahabat dengan lingkungan mesjid , kita sendirilah yang menciptakannya karena banyak pelajaran yang dapat di ajarkan kepada mereka. Mulai dari bagaimana adab memasuki sampai berada di dalam mesjid.

Semoga dengan di biasakannyanya anak-anak ke mesjid sedini mungkin dapat menumbuhkan kecintaan mereka terhadap mesjid....insya Allah....

Wallahu a'lam.....

0 komentar:

Post a Comment