Breaking News

23 February, 2012

Saat Kepergianmu Anakku

By Raditya Surya  
Mempunyai jagoan kecil yang cerdas, lincah sungguh membanggakan buat kami sebagai orangtuanya.  Kini anakku Raditya sudah berumur  4 tahun dan sudah mengerti adik, dia ingin sekali punya adik perempuan.
Akhirnya kami sebagai orang tua pun berusaha agar kami diberi kepercayaan lagi oleh Allah untuk bisa merawat titipanNya untuk yang kedua kalinya. 
“Ya Allah berikan adik untuk radit “begitulah do’a yang sering aku dengar dari bibir mungil anakku.
Sampai pada akhirnya akupun telat, setelah di test ternyata aku “Positif”.  Kami sekeluarga merasa bahagia sekali karena ternyata kami masih dipercaya untuk merawat TitipanNya.
Kehamilanku kulalui dengan enjoi, tanpa ada keluhan apapun.  Sampai-sampai aku merasa bahwa aku tidak hamil karena sama sekali tak ada mual ataupun muntah seperti kehamilanku yang pertama. Akupun masih melakukan kegiatanku, mengetik dan mengurus rumah tangga.
Suatu siang aku nonton TV sambil tiduran, lalu aku bangun.  Tiba-tiba aku merasakan seperti ada yang basah di celanaku, aku langsung lari ke kamar mandi. Aku tidak tahu apa yang terjadi padaku, mungkin karena aku hamil tua jadi tidak bisa menahan kencingku.
“Ibu kenapa? Tanya suamiku
“Enggak tahu yah, aku kok tiba-tiba ngompol” Kataku
“Perutmu ga sakit kan bu” kata suamiku lagi
“Enggak” lanjutku
Langsung suami browsing dan aku menunggu reaksi suamiku.
“Gawat bu” kata suamiku panic
“Kenapa” jawabku penawaran
“Ketubanmu pecah”, suamiku makin panik
Kamipun segera bersiap ke Rumah sakit Bersalin, sampai disana aku di USG dan ternyata pernyataan dokter membuat suamiku makin kawatir.
“Tindakan apakah kira-kira yang akan dilakukan pada istri saya dok” kata suamiku
“Apakah akan dioperasi” lanjutnya
“Ooo, enggak mungkin pak,  bayinya terlalu kecil kemungkinan bisa diselamatkan cuma 10 persen, kalo memaksa dipertahankan nanti ibunya bisa keracunan karena ketubannya sudah pecah lebih dari  24 jam, pasti ibunya yang akan diprioritaskan” Kata dokter
“Enggak mungkin dokter melakukan operasi kalo bayinya ga selamat, kasian ibunya enggak dapat bayi tapi masih harus merawat luka operasi” lanjutnya
Akhirnya saya dirujuk ke RSUD dan sampai disana, ternyata masih dilakukan observasi. Keluarga tidak diperbolehkan menunggu jadi aku sendiri di ruang observasi.  Mulutku tak berhenti berdo’a dan memohon semoga Allah masih memberiku kesempatan untuk merawat bayiku yang katanya jenis kelaminnya perempuan.
“Ya Allah berikanlah kekuatan pada janin yang ada dalam perutku ini, izinkan aku bertemu dengannya dalam keadaan sehat Amiin. Dan benar saja setelah di USG, dokter bilang bayiku masih hidup tapi keciil banget, beratnya diprediksi Cuma 1.5 kg.
Hampir 2 hari aku tidak ketemu anak dan suamiku, sediiih banget, karena hampir tiap hari kita selalu bersama. Akhirnya aku bertanya pada perawat.
“Mbak, gimana caranya supaya aku bisa berkumpul sama keluargaku?” tanyaku
“Mbaknya pindah ke pavilyun aja, nanti keluarga bisa nungguin” katanya
Aku dan suamiku yang buta tentang RSUD karena kami sama sekali ga pernah bersentuhan  dengan yang namanya Rumah Sakit.
Akhirnya aku minta tolong untuk mengambil HP pada bibi yang diluar ruangan, langsung kuhubungi suami dan anakku.
Ya Allah, lega banget aku bisa mendengar suara suami dan anakku.
“Bu, pindah ke pavilyun aja, katanya bisa ditungguin” kata suamiku
“Iya, aku juga mau ngomong itu” kataku
Akhirnya setelah menyelesaikan administrasi akhirnya aku pindah di pavilyun.  Dan akhirnya bayiku bisa diselamatkan dengan jalan operasi. Alhamdulillah Allah mendengar do’aku, Bayiku perempuan dengan berat 1.600 gr, Sungguh mungil sekali bayiku. Ya Allah, Beri dia kekuatan agar bisa bertahan” Do’aku
Akhirnya sudah waktunya pulang, tapi bayiku masih di RS menunggu kami siapkan segala sesuatunya karena dia butuh perawatan ekstra dan harus di oven di rumah.  Setelah persiapan selesai akhirnya DSAnya mengizinkan bayiku untuk pulang.
Hari demi hari kulewati dengan usaha keras utuk merawat bayi mungilku yang kuberi nama Nabila agar bisa mencapai berat normal.  Hampir tidak ada waktu untukku untuk keluar rumah untuk sekedar beli baju ataupun perhiasan untuk gadis kecilku, semua di handel suamiku karena aku harus focus perkembangan Nabila. Begitu takutnya aku terjadi sesuatu yang menyakiti Nabila, sampai-sampai disetiap do’a yang kupanjatkan aku selalu meminta “Ya Allah janganlah kau bebankan rasa sakit pada anakku, biarlah aku yang menggantikan rasa sakit itu “Harapku sambil menitikkan airmata.
Dan benar saja pada suatu malam badanku terasa menggigil.
“Yah, kok aku ga enak badan gini ya?” Kataku
“Iya, suhu tubuh 38o C, wah panas banget, gimana nih?” suamiku bingung
Karena masih jam satu malam akhirnya suamiku mengompresku dan mengoleskan balsam ke seluruh tubuhku supaya aku hangat. Akhirnya bangun tidur aku merasa udah enakan.
Pagi harinya waktu aku menyusui Nabila, aku terkejut.
“Ya Allah, ternyata kau tumbuh gigi ya nak?”kataku
Suamikupun terkejut mendengarku “Apa bu, nabila udah tumbuh gigi, bukannya kalo tumbuh gigi itu disertai panas”? tambahnya
Akupun ga mengerti, apakah mungkin aku yang menggantikan rasa panas itu? Entahlah hanya Allah yang tahu.
Bulan demi bulan aku perhatikan perkembangan dia bagus, dan beratnya juga udah normal, tapi karena rasa sayang kami yang berlebihan, kami ga pernah ajak dia keluar karena takut sakit.
Saat umur  bulan dia sakit batuk, akupun ikut batuk, lalu kami sama-sama ke dokter akhirnya saya sembuh tapi bayiku kondisinya semakin buruk, berat badannya berkurang aku pikir wajar karena dia memang batuk.  Tetapi karena keterbatasan ilmu yang aku punya, aku kurang mengetahui bahwa batuk pada bayi ternyata bahaya. Anakku mengalami kejang demam, aku dan suami panik sekali lalu kami bawa ke RS, hampir saja nyawa anakku tak tertolong.  Aku hanya bisa menangis dan enggak tahu harus gimana. Akhirnya nabila dirujuk ke RSUD. Suhu tubuhnya tinggi terus hampir mencapai 39-40oC. setelah di cek semua ternyata Nabilla menderita Bronchopnemunea. Ya Allah apa yang harus aku lakukan, Maafkan ibu anakku, ibu belum bisa memberikan yang terbaik untukmu” bisikku lirih dalam hati sambil menangis menatap anakku yang tergolek lemah.
“Ibu, kapan adik pulang “Anakku Radit menelpon
“Insya Allah hari selasa mas, doain adik Nabila ya supaya cepet sembuh” Aku berusaha membujuknya
“Hari selasa adik bener pulang ya?”katanya lagi
“Insya Allah” jawabku
Perawat terus bergantian mengontrol kondisi anakku, tepat hari senin jam 18.00 kondisi anakku berangsur-angsur membaik, suhu tubuhnya normal 36o C.  Ya Allah senang sekali aku, langsung ku telpon ayahnya untuk mengatakan keadaan Nabila.
Malam harinya aku dan suami serta Radit tidur di rumah sakit untuk menjaga Nabila. Dan ternyata itu adalah malam terakhir kami sekeluarga berkumpul karena tepat jam 04.00 pagi Nabila telah di panggilNya.
Tangis kamipun pecah, aku ngga bisa menahan sara sedihku, begitupun suamiku. Dia begitu down.
Ya Allah, kenapa harus kau titipkan padaku, kalau pada akhirnya kau ambil Nabila disaat kami sudah sangat menyayanginya, kenapa tidak saat dia dilahirkan saja kau ambil dia, agar aku tidak pernah melihatnya”Kata suamiku sambil menangis
Aku terus memeluknya sambil menangis “Maafkan ibu anakku, ibu belum memberikan yang terbaik untukmu, kenapa kau tinggalkan ibu dan ayahmu, apa salah kami nak.”
Kami terus menangis, sampai akhirnya mertuaku datang dan semuanya pun menangis.  Sungguh, hatiku terasa hampa, Hampa sekali, terkubur sudah angan-anganku untuk bisa jalan-jalan sekeluarga, memilihkan baju untukmu, membelikan perhiasan, pita untukku. Semua terkubur seiring kepergianmu. Nabila, Putri kecilku, Hanya sepuluh bulan ibu diberi kesempatan sama Allah untuk merawatmu, Ibu tahu nak, Pasti Alloh menempatkanmu di tempat yang terindah disisi-Nya, Selamat jalan sayang.
Ya Allah, Kutitipkan putri kecilku padaMu, berikan tempat yang indah disisiMu, Jagalah dia Ya Allah.”Do’aku
Hari-hari kulalui tanpa kamu Nabila, ibu juga masih sering bangun karena teringat mau menyusuimu, mau memandikanmu. Air mata ibu masih terus menetes kala air susu ibu membasahi baju ibu karena seharusnya kau masih menyusu, tapi kini kau tiada. Perih hati ibu nak, Tapi kami berusaha tegar, hidup harus tetap berjalan.
Karena rasa kangen ibu padamu, ibu berharap Allah memberi kesempatan ibu untuk menimangmu  kembali. Ibu dan ayah ingin Nabila terlahir kembali.  Setelah tujuh hari kepergianmu, ibu ga mau terlarut dalam kesedihan, akhirnya atas inisiatif ibu, ibu konsultasi pada dokter Heru, Spog, karena ibu baru 10 bulan melahirkan kamu secara cesar, dan ibu ceritakan apa yang terjadi dan keinginan ibu untuk bisa hamil kembali.
Dan Dokter bilang “ga masalah, ibu bisa hamil lagi kok”katanya sambil meresepkan vitamin yang harus ibu konsumsi
“Tapi aman, kan dok? Jahitannya ga masalah kan?’Tanyaku
“Enggak ada masalah bu? Kata dokter meyakinkan. “Oke bu, nanti kembali lagi kalo menstruasi atau kalau sudah telat 2 minggu, semoga berhasil ya bu” lanjutnya
“Oke, terima kasih dok, “Kataku berpamitan
Hati kami berdebar-debar menunggu kepastian apakah aku telat atau mens. Ternyata Allah masih mempercayaiku untuk menjadi seorang ibu. Aku menjalani kehamilan dengan ekstra hati-hati, dan rajin konsultasi ke dokter. Akhirnya tibalah saat yang membahagiakan bagiku, menjadi ibu untuk yang ketiga kalinya. Bayiku laki-laki terlahir lewat operasi cesar dengan berat 4 kg. Alhamdulillah, dukaku sudah tergantikan dengan Rasa Bahagia yang teramat dalam. Terima kasih Ya Allah atas karuniaMU.

18 komentar:

Nike Free said...

michael kors 2015 michael kors outlet michael kors outlet stores michael kors outlet online sale michael kors outlet michael kors outlet online michael kors 2015 michael kors outlet michael kors outlet stores mbt Shoes discount mbt Shoes mbt shoes sale mbt shoes online Buy mbt shoes online mbt shoes shopping mbt footwear new mbt mbt usa mbt canada coach outlet coach outlet stores coach outlet online coach factory coach factory outlet coach factory online coach outlet store online

chenlina said...

toms shoes
adidas originals
louis vuitton
cleveland cavaliers jerseys
uggs pas cher
mlb jerseys
air max sale
mont blanc mountain pen
los angeles clippers jerseys
louis vuitton
chenlina20170206

94 hằng said...

Mostly people have all the same things when they are writing academic task or any other writing, especially light music most people like during the writing.

subway surf , baixar subway surf, subway surf download , download subway surf

94 hằng said...

Life becomes more interesting and wonderful when you share your memorable moments with friends and family through unique photographs. You can create your own unique style impressed with image editing software. And after hours of work stress you can also

whatsapp messenger
baixar whatsapp
whatsapp plus
download whatsapp
whatsapp baixar

94 hằng said...

You need to have time to take care of the active. It in fact was a amusement account it. Look advanced to far added agreeable from you.
Hotmail
Hotmail Iniciar Sesión
Iniciar Sesión
Iniciar Sesión Hotmail
Iniciar Sesión
Iniciar Sesión Hotmail

94 hằng said...

You need to have time to take care of the active. It in fact was a amusement account it. Look advanced to far added agreeable from you.
banana kong ,
banana kong baixar ,
baixar banana kong ,
download banana kong ,
banana kong

94 hằng said...

Life becomes more interesting and wonderful when you share your memorable moments with friends and family through unique photographs. You can create your own unique style impressed with image editing software. And after hours of work stress you can also

Square Quick
Square Quick
Square Quick
Square Quick
Square Quick

94 hằng said...

I really thank you for the valuable info on this great subject and look forward to more great posts. Thanks a lot for enjoying this beauty article with me.

geometry dash pc, geometry Dash, geometry dash lite, geometry dash play, geometry dash online

94 hằng said...

Mostly people have all the same things when they are writing academic task or any other writing, especially light music most people like during the writing.
dream league soccer download , dream league soccer apk , download dream league soccer , dream league soccer

94 hằng said...

You need to have time to take care of the active. It in fact was a amusement account it. Look advanced to far added agreeable from you.

entrar hotmail agora , hotmail entrar, entrar hotmail , entrar no hotmail

94 hằng said...

Mostly people have all the same things when they are writing academic task or any other writing, especially light music most people like during the writing.
facebook iniciar sesión , facebook, iniciar sesion , iniciar sesion facebook

LCc 03 said...

longchamp handbags
michael kors
air jordan
adidas online shop
af1
michael kors factory outlet
true religion
michael kors factory outlet
authentic jordans
adidas tubular runner

raybanoutlet001 said...

longchamp le pliage
new york jets jerseys
steelers jerseys
abercrombie and fitch
ray bans
omega watches
michael kors outlet
michael kors outlet
saints jerseys
reebok outlet

GIL BERT said...

prada shoes
los angeles lakers
ugg boots
cheap jordans
fitflops sale clearance
dolce and gabbana outlet
oakley sunglasses
cheap ray bans
michael kors outlet
boston celtics jersey

Games 2 Girls said...

This article is really fantastic and thanks for sharing the valuable post.
run2online.net

Alice Taylor said...

Thanks for sharing the information. It is very useful for my future. keep sharing

www.happywheelsy8.com

Thu Lê said...

I was very impressed by this post, this site has always been pleasant news. Thank you very much for such an interesting post. Keep working, great job! In my free time, I like play game: vex3game.com. What about you?

ngocanhng said...

Your blog posts are more interesting and impressive. I think there are many people like and visit it regularly, including me.I actually appreciate your own position and I will be sure to come back here.
brtaram

Post a Comment