Breaking News

21 February, 2012

Pelajaran Pertama (1)


 By Eni Setiati  
Mumpung belum ngantuk malam ini, jadi saya buatkan format latihan pertama ya ibu-ibu ...

BELAJAR MENULIS BUKU:
Pada dasarnya aktivitas "menulis" itu sudah kita lakukan sejak kita kecil.  Namun, mengikuti perkembangan zaman, kini banyak orang PENASARAN mengenai BAGAIMANA CARA MENULIS BUKU dan bahkan ada pula yang memimpikan suatu saat dirinya dapat "membuku" kan karya tulisannya ... 

Pelajaran termudah ... 

Pertanyaan ibu-ibu tentu:
Gimana sih caranya Menulis itu?

Menulis, sama artinya kita menuangkan "kata-kata" yang tersimpan di dalam benak dan hati kita menjadi rangkaian kalimat-kalimat yang menarik untuk di baca banyak orang.

cara termudahnya MENULIS adalah ... berdialoglah dengan hati Anda... konsentrasikan / fokus kan pikiran kita tentang apa yang hendak di tulis ...

selanjutnya Stel .. tangan Anda di tuts komputer .. lalu berdialoglah dengan isi hati Anda... sebelumnya Anda juga bisa mengumpulkan coretan-coretan pokok-pokok bahasan yang hendak ditulis ...

Misalnya:

Di saat Anda menulis .. coba bayangkan kedamaian hati .. fokuskan pikiran .. dan satukan dengan tangan .. agar tidak kaku saat menuangkannya bersama jemari tangan Anda di tuts komputer .....

Bayangkan .. saat Anda sedang berjalan menuju ke rumah .. amati .. apa saja yang menjadi perhatian Anda di jalan .. apa saja yang Anda jumpai? 

Contoh:

"Huuhhh... gerah banget sih hari ini?" kata adik ngedumel di dekatku ...
"Mami... gerah," rengek adik minta di kipasi pakai sehelai kertas koran.

Meskipun aku sedang menyeterika setumpuk baju .... apa boleh buat? rengekan anak...  cerewetnya adik dan kakak di rumah ini menjadi warna keseharianku. Belum lagi rentetan omelan si Papi yang bentar-bentar perintah ini dan itu. 

"Mih ... bikinin kopi dong.. gulanya satu sendok ya?"

Belum juga dibuatkan kopi, yang namanya jurangan Papi sudah berkoar lagi dengan perintahnya yang lain.

"Mih ... jangan lupa sekalian ambilkan kaca mata ku di laci meja ya?" 

"Huuuuhhhh ... beginlah duniaku ?" aku tersenyum membayangkan sepinya duniaku jika tak mendengar sehari saja teriakan, rengekan dan perintah Papi, adik dan kakak ... 


-------------------------


Ibu-ibu ... biasakanlah menulis dengan menggunakan bahasa "DIALOG"  sehari-hari ... 


STYLE WRITING:

Setiap orang memiliki gaya khas penulisan ... jadi keluarkanlah "gaya" ibu dalam merangkai kata menjadi kalimat yang enak di baca ... 


JANGAN TAKUT SALAH: 
Banyak penulis pemula yang takut.. ragu dan grogi saat di suruh menulis pertama kali.  Berulang kali kadang kertas yang sudah ditulis di buang ... dan dicoba menulis dia merasa gagal dan gak pede.. akibatnya tong sampah penuh dengan sobekan kertas ..

Kuncinya .. jangan takut salah .. tulis aja apa yg ibu tulis ...



Latihan pertama:
Gimana sudah paham, bu?

Kalau sudah paham .. yuk nulis bareng di sini ... tema CURI-CURI WAKTU SENGGANG ...
nah .. silakan tulis di format DOKUMEN ya ..  latih dulu keluwesan ibu menyulam kata menjadi kalimat ...  jangan takut salah .. ok ...


latihan di mulai Tgl 7 April besok pukul 2 siang .. yang sudah baca dokumen ini silakan kirim latihan menulisnya di sini juga ya ...


-  eni setiati - 

2 komentar:

Xiaozhengm 520 said...

2015-12-3 xiaozhengm
adidas outlet store
coach outlet
louis vuitton outlet
michael kors outlet
ralph lauren uk
jordan pas cher
michael kors
ugg australia
michael kors outlet
ugg boots
ugg boots
kate spade
north face jackets
abercrombie
nike air max uk
coach outlet store online
barbour uk
gucci outlet
longchamp handbags
basketball shoes
oakley sunglasses
gucci outlet
ugg outlet
kate spade uk
nike air max
polo outlet
cheap jordans
michael kors outlet
canada goose jacket
michael kors outlet
nike roshe run women
longchamp outlet
sac longchamp pas cher
christian louboutin outlet
michael kors
michael kors uk
juicy couture
tiffany jewelry
adidas trainers
sac longchamp

Xiaozhengm 520 said...

2015-12-3 xiaozhengm
ray ban sunglasses
coach factory outlet
christian louboutin outlet
louis vuitton
burberry outlet
canada gooses jackets
michael kors outlet online
sac longchamp pliage
toms outlet
burberry outlet online
adidas shoes uk
mizuno running shoes
true religion
nike huarache trainers
jordan 4 toro
tory burch outlet
true religion jeans
pandora jewelry
rolex replica watches
ed hardy outlet
mcm outlet
air jordans
coach outlet
nike blazer
mcm outlet
michael kors handbags
cheap jordans
louis vuitton outlet
adidas shoes
soccer jerseys
michael kors
nike store
snapbacks wholesale
ugg outlet store
ghd
nike sb shoes
instyler max
cheap jordan shoes
louis vuitton outlet
michael kors outlet

Post a Comment