Breaking News

06 February, 2012

Obstructive Sleep Apnea Syndrome (OSAS)




Anak merupakan titipan tuhan. Keberadaan mereka menjadikan kita lebih lengkap. Ada banyak hal yang harus kita siapkan untuk menyiapkan mereka menjadi insan yang sehat,bermoral dan kreatif. Satu dari semua yang terpenting kita menginginkan anak-anak kita tumbuh dengan sehat.
Saya sebagai orang tua dari seorang putri 2 tahun mengalami kebingungan yang amat sangat. Akhir-akhir ini putri saya mengalami kebiasaan tidur yg unik. Unik karena saya baru mengalaminya, putri saya mendengkur yang tak kalah seru kerasnya dengan orang dewasa. Saya pikir itu hal biasa yang dialami oleh anak batita seumurannya tapi setelah saya mencari informasi terkait mengenai penyebab mendengkur pada anak akhirnya saya tersadar bahwa kebiasaan tersebut bisa dikategorikan berbahaya jika terus berlanjut dan berpengaruh terhadap kesehatan. Berikut garis besar dari penyebab mendengkur pada anak,mudah-mudahan informasi ini bermanfaat buat bunda semua.
Mendengkur (snoring) pada anak di saat tidur terkadang bisa menjadi hal yang normal,karena menurut penelitian rentang umur 1 sampai dengan 9 tahun kebiasaan mendengkur akan terjadi jika anak mengalami kelelahan. Menurut Prof Dr dr Bambang Supriyanto SpA(K),mendengkur yang berkelanjutan pada anak wajib diwaspadai karena bisa jadi merupakan indikasi penyakit Obstructive Sleep Apnea Syndrome (OSAS) atau apnea tidur.
Penyakit ini biasanya ditandai dengan dengkuran tidur anak yang keras diselingi dengan penghentian nafas dalam jeda waktu 5 sampai 30 detik. Penyebab dari apnea tidur pada umumnya biasanya disebabkan oleh sumbatan polip,alergi,obesitas atau biasanya mayoritas anak terjadi karena adanya pembekakan toksin atau bahasa umumnya amandel. Ketika anak dibiarkan mendengkur dalam jangka waktu lama maka akan mengakibatkan berkurangnya pasokan oksigen  ke jantung dan akan mengakibatkan menurunnya fungsi jantung dan pembuluh darah.  Jangan risau bunda, apnea tidur ini bisa diobati,untuk itu jika anak memiliki kebiasaan mendengkur yang berkelanjutan bisa langsung dibawa ke dokter untuk mengetahui penanganan lebih lanjut untuk pengobatannya.
Untuk informasi penyakit apnea tidur pada anak lebih lengkapnya bisa langsung klik
http://doktermu.com/Kesehatan-anak/penyebab-anak-kecil-mendengkur.html, http://www.litbang.depkes.go.id/aktual/anak/tidur170308.htm, http://health.kompas.com/read/2011/09/10/19472746/Anak.Mendengkur.Waspada.OSAS, http://www.go4healthylife.com/articles/4364/1/Inilah-Penyebab-Mendengkur-pada-Anak/Page1.html
Terima kasih bunda untuk menyempatkan membaca. Mudah-mudahan informasi ini bisa menambah kepekaan kita sebagai orang tua dalam hal kesehatan.

0 komentar:

Post a Comment