Breaking News

10 February, 2012

Menangis dan Tersenyum

  
By Asri Ariefa 
Menangis  dan tersenyum adalah hal yang selalu bersamaan mengiringi hidup. Ketika  mendapat kebahagiaan, terkadang dalam waktu bersamaan  mendapat kesedihan. Sebaliknya, ketika  kita sedih,tiba tiba  mendengar kabar yang menggembirakan. Ketika  mendapatkan kemudahan,tiba tiba ada ujian yang menghadang, lalu ketika kita sedang  merasa berada dalam puncak kesulitan, tanpa di duga  menemukan jalan keluar.Kesedihan selalu identik dengan yang namanya masalah. Kalau ada yang bertanya “  Apakah  ada  orang yang tidak  punya masalah ?,” jawabannya pasti  tidak  ada. Setiap orang itu punya masalah hanya bentuknya berbeda beda.Bukan hidup  namanya kalau tidak  menemukan   masalah. Semua  masalah pasti ada  solusinya,yang  terpenting adalah cara berfikir kita .Copas status  sahabatku....

Most  people are searching happiness outside of themselves. That’s a fundamental mistake. Happiness is something that you are , and it comes from the way that you think.   Dr. Wayne Dyer

Menganggap  terlalu rumit masalah   akan menjadi beban  buat diri sendiri , efeknya akan melebar kemana mana. Misal, bawaannya bête ,mau senyum saja susah…hehe…Menganggap enteng masalah juga tidak adil, sebab masalah tidak menjadi  pembelajaran untuk berbuat lebih baik .Idealnya adalah tempatkan masalah secara proposional. Hanya kita sendiri yang tahu, apa masalah yang dihadapi ini masalah kecil atau besar, apa kita yang terlalu membesarbesarkan  atau  memang masalah ini butuh penanganan serius. Kalau memang  hanya persoalan  kecil , sebaiknya tidak  terlalu dibahas dan difikirkan, nanti malah cape hati, anggap saja warna warninya hidup. Tapi kalau persoalannya  memang komplek, jelimet, mungkin harus mencoba tips tips di bawah ini :
1.       Berdoa kepada Allah SWT.Memohon agar diberi jalan keluar dari segala kesulitan. Waktu berdoa semuanya baik, tapi  ada doa yang paling baik salah satunya adalah sesudah sholat fardhu dan di penghujung tengah malam. Berdoa sambil meneteskan air mata, semua beban akan terasa  lepas, karena kita yakin, semua yang terjadi itu adalah  kehendakNya, maka semua  permasalahanpun kembali kepadaNya, hanya Allah SWT lah sebaik baik penolong dari semua permasalahan kita.2.       Instrospeksi diri Kalau kita  selalu terbentur dengan masalah yang sama,  ketika  kita merenung maka akan ditemukan benang merahnya. .Bukankah  Allah sendiri tidak menginginkan kesedihan buat hambaNya.3.       Berusaha memperbaikiKalau catatan kecil tentang diri kita sudah ada, maka  lakukan perbaikan  mulai dari hal yang kecil. Apa niih yang harus kita perbaiki, mungkin kerangka berfikir  kita  yang salah ,mungkin sikap dan tindakan kita yang tidak sesuai, mungkin komunikasi kita yang harus diperhalus atau juga mungkin doa kita yang kurang kenceng.4.       Sabar dan ikhlasBerdoa sudah dilakukan, instrospeksipun sudah oke, perbaikan  sedang dijalani,tapi masalah tetap ada dan muncul di luar keinginan ,maka satu satunya jalan harus sabar dan ikhlas. Dua kata ini memang mudah banget diucapkan tapi sulit sekali dipraktekkan, tapi hanya dua kata ini yang menguatkan kita ketika kita sedang menghadapi masalah.Terkadang , kita  sudah berusaha mengatasinya, tapi  ujian tetap menghadang. Sebagai manusia  kita pun kadang menangis .Kalau menangis akan membuat kita lega maka menangislah karena biasanya setelah menangis selalu ada kekuatan baru.Teringat ceramah salah satu ustad yang mengatakan bahwa  Allah SWT menyediakan syurga dari berbagai pintu, maka siapa tahu kesulitan yang kita alami sebagai salah satu jalan menuju pintu syurgaNya.Aamiiin.
 Selain diberi masalah hidup  juga ternyata  indah.  Kita  bisa menghirup udara segar di pagi hari , bisa bersilaturahmi , dianugerahkan pasangan hidup, anak anak, sahabat –sahabat ,rejeki, melakukan aktifitas  dan kebahagiaan lainnya   yang  sudah kita dapatkan Hidup adalah proses pembelajaran untuk terus memperbaiki diri.Bagaimana mengisi hidup ini dengan sesuatu yang bermanfaat  dan saling mengingatkan terhadap kebaikan.Mau apapun bentuk hidup yang kita jalani, tidak  ada yang lebih indah selain beryukur dengan apa yang terjadi.  Hidup harus siap dengan segala kemungkinan. Senang, sedih, tertawa, menangis, sukses , gagal, ada uang,tidak  punya uang, bête, ceria, dan semua kemungkinan lainnya yang akan kita hadapi. Ujung dari semuanya itu adalah berpulang ke hadiratNya dengan membawa amalan amalan yang kita isi selama  hidup di dunia.Selamat  siang ibu ibu…..semoga Allah SWT selalu membimbing kita semua untuk selalu bersyukur dan tersenyum menghadapi hidup……Aamiin .:-)









0 komentar:

Post a Comment