Breaking News

22 February, 2012

Kenali Diri Lewat Tulisan Tangan

Tulisan tangan seseorang itu unik adanya, tidak ada satu pun tulisan tangan yang sama.  Ini menarik untuk ditelaah. Maka sejak berhenti bekerja, saya memutuskan untuk menjadi analis tulisan tangan. Dan apa yang terjadi? Hidup saya berubah total. Kalau dulu saya lebih memperhatikan diri sendiri, maka sekarang saya jadi sangat gemar memperhatikan orang lain. Rasanya jadi lebih bisa mengerti bahwa manusia itu mempunyai beragam karakter dan kepribadian, yang muncul dalam coretan dan tulisan tangannya masing-masing. Ada yang tak bisa melupakan masa lalu, ada yang tak berani menghadapi masa depan, ada yang mempunyai minat besar terhadap seni dan kesusastraan. Bahkan dari tulisan tangannya bisa terlihat apakah seseorang senang bekerja berkelompok atau lebih suka bekerja sendiri.
Pernah bercakap-cakap dengan seseorang yang egosentris? Pasti pernah. Seseorang yang  berkeinginan agar seluruh perhatian orang lain hanya terpusat kepadanya. Atau seseorang yang suka memotong pembicaraan orang lain sebelum selesai bicara (biasanya ini orang yang cerdas, karena ia tak sabar mendengarkan orang yang telmi, hehehe). Sikap dan kepribadian seperti itu akan terlihat dalam tulisan tangannya.
Barangkali dalam hubungan sosial seseorang seperti yang digambarkan diatas agak sedikit menjengkelkan. Tapi kalau kita mau melihat dengan jernih dan bukan hanya berdasarkan emosi, selalu akan ada hal positif dari sisi kepribadian seseorang. Coba lihat, kalau tidak ada orang yang narsis dan egosentris tadi, maka tidak akan ada orang yang berani tampil menjadi selebritis, semua orang memilih untuk duduk diam di pojok dan saling menuding untuk mau naik ke panggung, ahhahaha.
Manusia itu memang sungguh beragam, dan keragamannya jangan sampai hanya membuat kita melihatnya hanya dari sisi negatif belaka. Banyak hal yang bisa diambil dan dipelajari dari orang lain untuk memperkaya wawasan kita.
Begitulah. Maka bagi saya, menganalisa tulisan tangan menjadi kegiatan yang sangat mengasyikkan. Bagaimana tidak? Bukankah segala sesuatu yang berkaitan dengan keragaman manusia selalu menarik untuk dipelajari? Dan untuk mengenali orang lain, sebaiknya kita mengenali diri sendiri terlebih dahulu.
Ketika pertama kali belajar menganalisis, tentu tulisan tangan sendiri yang dijadikan sample. Hwaduh, saya ingat tuh, perasaan saya campur aduk. Saya jadi sadar, ternyata banyak hal yang belum saya ketahui tentang diri saya, banyak hal yang belum saya eksplor di dalam diri saya. Bagaimana saya bisa mengenal orang lain dengan baik kalau diri saya sendiri saja belum  saya kenali? Jadi tidak salah kalau dulu seorang guru selalu mendengungkan “mulailah dari diri sendiri”.
Di era digital ini, ketika orang nyaris tidak lagi menggunakan pensil untuk menulis, saya mengajak anda semua untuk tetap rajin menulis dengan alat tulis “konservatif”. Mungkin bisa dengan cara mengembalikan kebiasaan masa kecil dan masa remaja dulu, membiasakan diri menulis buku harian. Catat, menulis lho, dalam artian yang sesungguhnya, bukan mengetik di laptop atau di ponsel. Lalu, tolong perhatikan tulisan tangan anda, bagus ‘kan? Jauh lebih indah dan lebih berkarakter daripada font Lucida Console di laptop anda. Iiu adalah cerminan kepribadian anda, yang tidak mungkin berdusta....

2 komentar:

Anonymous said...

mbak vivera, ilmu grafologi ya mbak? gimana cara belajarnya? saya sering suka sok teu gitu soal tulisan murid di sekolah. Seringnya sih bener kata mereka. Semakin sering kontak dengan berbagai tulisan makin sok teu gitu soal kepribadian muridku, padahal kalo ada ilmunya lebih ok kan?

Nike Free said...

nike outlet nike store nike factory store nikestore nike employee store nike factory nike factory outlet nike outlet coupon nike store locator nike outlet store wholesale nike shoes cheap jordans cheap jordan shoes cheap jordans for sale jordans for cheap retro jordans for sale jordan shoes for sale jordans for sale cheap jordans for sale retro jordans for sale air jordans for sale jordan 11 for sale authentic jordans for sale new jordans new jordans 2015 new jordan shoes new jordan releases jordan new releases new jordans release nike air max air max 90 nike air max 2014

Post a Comment