Breaking News

16 February, 2012

first time is not easy, so enjoy it..

  "seandainya bisa dipause,saya pengen istirahat dulu" begitu keluhan seorang ibu ketika bertemu denganku. "ternyata punya anak ga seindah yang dibayangkan, kirain cuman ngajak maen doang, ternyata demanding waktu banget 24 jam rasanya ga cukup" untuk kesekian kali kalimat ini mengudara, terutama dari ibu-ibu muda yang baru punya anak.
Ramadhan ini lain lagi cerita, seorang ibu muda yang baru tahun ini berpuasa dengan si kecil menumpahkan curhatannya "bun, puasa ini berat banget buat saya, biasa saya tidur lagi habis sahur, sekarang boro-boro, si kecil kan waktunya bangun, jadinya saya ga tidur lagi ampe nanti malem."
menjadi ibu baru bukan hal mudah dan sederhana, kehidupan tidak semudah biasanya, ketika hidup seorang wanita terbiasa berputar pada masalah diri sendiri dan memanjakan diri sendiri, sekarang harus berjibaku dengan anak yang sangat menuntut perhatian. ketika seorang wanita terbiasa hidup teratur, tidur jam 9 bangun jam 5, mandi pagi tepat waktu, terbiasa menaruh barang-barang dengan rapi, ketika si buah hati hadir dalam kesehariannya, dia harus siap menanggalkan keteraturannya demi mengikuti rutinitas si kecil.
menjadi ibu baru berarti menyiapkan diri untuk beradaptasi dengan makhluk baru, tangisan baru, kesibukan baru menyuapi si kecil, rutinitas baru menghadapi ompol si kecil, dan hal baru lainnya yang perlu adaptasi.
para ibu muda itu kembali berkeluh kesah, "bapak-bapak tahu apa ya, kalau mereka pulang si kecil udah mandi dan makan, tinggal ngajak main, kalau pipis manggil ibunya, kalau saya ngeluh ayahnya paling bilang "ngga ah, si ade baik tuh anteng sama ayah" mereka kan ga tahu sehari-harinya gimana"
keluhan itu mendengung-dengug kembali ketika para ibu-ibu muda berkumpul, seorang ibu yang sudah beranak tiga menimpali dengan nada menggoda "lah bikinnya aja berdua, giliran anaknya udah ada, saling nyerahin." ibu-ibu muda itu tersenyum-senyum penuh arti.
kehadiran si kecil dalam kehidupan kita memaksa kita untuk "learning by doing" ini tidak seperti sekolah formal yang mengajarkan kita cara menjawab soal-soal, lalu sesudahnya kita diberi ujian. menjadi ibu membuat kita harus belajar sambil menerapkan.
pengalaman pertama menjadi ibu memang tidaklah mudah, tapi para ibu harus terus bergerak maju karena sebenarnya kita semua sudah punya modal dasar menjadi ibu yaitu rasa cinta, kasih sayang, ketulusan, dan keinginan untuk belajar dan berusaha.
lagi belajar nulis...;-)