Breaking News

22 February, 2012

Celoteh Anak: Si Putih dan Si Coklat.


Adalah dua orang anak laki-lakiku, Rizki dan Rafi. Banyak orang bilang mereka berbeda satu sama lain, meski pun tetap ada kemiripan. Si sulung Rizki, berusia 8 tahun, berwajah oval, berkulit putih dan berambut lurus. Sedangkan si bungsi Rafi, berusia 6,5 tahun, berwajah bulat, berkulit coklat dan berambut keriting. Keduanya sekarang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Ada cerita lucu tentang mereka saat masih duduk di bangku Taman Kanak-Kanak (TK).

Saat itu, bila aku menjemput ke-duanya di TK, biasanya aku bertemu dengan para Ibu yang sedang menunggu anak-anaknya sambil berbincang di depan pelataran TK. Ketika melihat ke-dua anakku, selalu ada saja Ibu-Ibu yang berkomentar tentang perbedaan rupa dari ke-duanya. Dan yang menjadi sorotan selalu si bungsu. Kira-kira begini komentar umum para ibu: “Aduh mba…kok anaknya yang satu putih satunya lagi gelap? Yang besar, cakep kayak mamanya ya? Yang kecil…..keriting…pasti kayak Papanya ya?”.

Tidak ada yang salah dengan komentar itu. Dan tentunya itu fakta. Tetapi rupanya itu memberikan dampak psikologi bagi anak-anakku. Meski terlihat cuek saat mendengar celoteh Ibu-Ibu tersebut, tetapi mereka merekam dengan baik setiap kalimat di otak mereka.

Di rumah, Rizki sering menggoda adiknya dengan perkataan: “De…kamu hitam, gelap….! Aku donk putih….kayak mama. Katanya, kalo nanti aku minum kopi, bisa kelihatan kopinya mengalir di leherku nih!”. Lalu dengan pongah si sulung memanjangkan lehernya. Si adik cuma diam, wajahnya terlihat muram. Ia menjadi tidak percaya diri dan tidak senang bergaul dengan teman-temannya. Sedangkan si kakak sangat mudah bergaul dengan siapa saja.

Aku berprasangka bahwa hal itu mungkin  akibat dari komentar Ibu-Ibu itu. Lalu, aku mencoba menghindar setiap bertemu dengan Ibu-Ibu itu, tetapi tetap ada saja yang menegur bila bertemu di jalan, “Hallo ganteng….eh…ini si keriting! Mau pulang ya?”. Dan si adik pun langsung merengut.

Pada suatu hari, tiba-tiba prilaku anak sulungku, Rizki, berubah. Ia yang tadinya selalu memperlakukan adiknya dengan sayang karena ia menganggap adiknya patut “dikasihani”, sekarang bersikap “bullying” terhadap adiknya..  Beberapa kali aku melihat ia mendorong, memukul adiknya untuk hal sepele. Dan itu berlangsung hampir seminggu lamanya.

Melihat itu, pada suatu malam, kudatangi kamar mereka. Rafi sudah tertidur lelap, sedangkan Rizki masih “tidur ayam”. Kubelai rambut Rizki dan ia membuka matanya. “Nak, kenapa kamu sering memukul adik?”, tanyaku lembut.
“Habis…., Dedenya nakal…..”, katanya merajuk, mulutnya mulai monyong.
“Tapi…mama lihat, adik biasa-biasa aja. Gak nakal kok”.
“Iya….Dede nakal….aku sebel sama Dede!”.
“Sebel kenapa? Kan dia adik kamu satu-satunya….?”. Rizki terdiam. Matanya mulai digenangi air. Aku melihat keresahan di matanya. Ada sesuatu yang ingin ia katakan. 
“Ada apa, Ki? Cerita aja sama mama….”, ujarku.
Tiba-tiba ia menangis. Aku memeluknya, lalu kuhapus air matanya.
“Kenapa, Nak? Kok sudah besar, nangis…..?”, tanyaku.
“Aku gak mau seperti mama! Aku mau seperti Papa!”, Rizki memekik tertahan.
“Lho? Kamu kan juga mirip Papa?”, ujarku menenangkan.
“Enggak…..aku mirip mama! Aku ga mau mirip mama, kayak cewek!”, tukasnya lagi. Maka, mengertilah aku mengapa ia berubah menjadi seorang “bully”.

Rupanya, minggu lalu, kedua anakku diajak Papanya ke Taman Mini untuk melihat pertandingan Pencak Silat se-Jabodetabek. Di sana mereka menemukan fakta berbeda tentang ketidakmiripan wajah mereka. Para pesilat, teman-teman suamiku, memberikan berkomentar seperti ini:
“Wah…ini kakak adik ya? Kok beda mukanya….., yang kecil mirip sekali sama Papa ya? Nanti besarnya pasti jadi pesilat hebat seperti Papa ya?”, dan komentar ini: “Kalo si kecil jalan bareng sama Mas…(maksudnya suamiku), orang udah pasti tau kalo ini anaknya Mas. Mirip banget sih!”.

Mendengar komentar para pesilat terhadap adiknya, Rizki tidak terima. Sebagai kakak, yang telah lebih dulu belajar silat di Perguruan tempat Papanya belajar silat, ia seharusnya menjadi pihak yang dielu-elukan. Begitu pikirnya. Sebaliknya, tak satu pun komentar untuknya, semua untuk Rafi, Sang adik. Ini membuat Rafi menjadi bangga bukan main. Ia pun bercerita pada semua orang, kakek, nenek, om dan tante dari keluargaku. Maka, muncullah kecemburuan Rizki yang keluar dalam bentuk kekerasan terhadap adiknya.

Malam itu, aku mencoba menerangkan pada Rizki, bahwa ia dan adiknya  sama-sama hebat, sama-sama anak mama dan papa. Kuambil beberapa foto keluarga. Kuperlihatkan foto aku dan kakakku. Wajahku dan wajahnya juga tidak mirip. Lalu kujelaskan pada Rizki, bahwa setiap anak yang lahir, tidak harus berwajah sama, kecuali mereka adalah kembar. Pasti salah satu ada yang mirip dengan Ayah atau Ibu. Namun, kuyakinkan bahwa Ayah dan Ibu pasti menyayangi anak-anaknya dengan porsi yang sama.  

Kujelaskan pula bahwa kakak dan adik harus saling menyayangi dan tolong menolong. Kucontohkan kakakku yang sering menolongku membuatkan prakarya ketika masih duduk di bangku SD. Kukatakan padanya, bila adik kita menjadi hebat, itu tentu karena pertolongan kakaknya. Demikian juga bila seorang kakak menjadi hebat, itu tentu karena dorongan dari adiknya. Dan menjadi hebat adalah berkat keinginan dan usaha keras kita, bukan karena wajah kita.

Usai mendendengar penjelasanku, Rizki kemudian terlelap dalam senyum.  Dan ke-esokan harinya, kutemui keduanya kembali akur seperti biasa. Sungguh keduanya adalah harta yang tak ternilai bagiku! (Fey, 4 Mei 2011)


13 komentar:

Adi Puteri said...

Foto Memek Tante Berjilbab Sakit Dimasukin Kontol Gede @ Cerita Dewasa Gara Mata Kuliah Terpaksa Ngentot Sama Dosen Inggrisku




Gambar Awek Dengan Payudara Besar @ Gambar Baju Terlondeh Tayang Payudara




Gambar Skandal Isteri Dengan Boss Bogel Hot Tetek Besar @ Gambar Tudung Tetek Kecil Cipap Ketat




Gambar Awek Bikini Bogel Tetek Besar @ Erna Pamer Toket Pake Seragam Sma Lalu Ngentot




Koleksi Cewek Asia Yang Menawan Tampil Hot @ Menantang..Susunya Diatas Rata-rata @ Gambar Memek Mungil Anak SD




tubuh molek model jepang pamer toket indah @ Cerita Seks Anak SMP Perawan @ Koleksi Photo memek ABG Bule Yang Penuh Nafsu




Kesan Onani Pada Kesihatan Lelaki Dan Perempuan @ Erna Pamer Toket Pake Seragam Sma Lalu Ngentot




WOW !!! ABG Jawa Super Cantik dan Montok Mantap @ SELAPUT DARA KEMBALI PERAWAN TANPA OPERASI





Foto Cewek Dancer Telanjang Bugil Depan Kamera @ Foto ABG Narsis Deket Kolam Renang Pake Bikini




Galeri pantat wanita arab nungging basah @ Hiburan malam minggu @ kumpulan video ngintip ibu mandi




Kisah Sek bersama Janda Muda Di kota Bandung @ Nikmatin Susu Montok Mbak Lina Dan Mbak Wati



ngentot memek cewek bugil cantik di kamar mandi @ Foto Penari Cafe di Batam Bugil Tanpa Busana




gadis kolej gambar bogel @ Pelan Sakit Banget Barang Supermu @ Pertemuan yang Lucu Berakhirnya ngentot





Koleksi Cewek nekad kencing di Sembarang Tempat Brutal





Model HOT Telanjang Tanpa Busana @ Gairah Cewek Lugu Saat Kepengen ML @ Cerita Dewasa Sex Dengan Ibu Mertua

Lin Huang said...

caihuanglin20150513
coach outlet online
michael kors handbag
oakley sunglasses outlet
michael kors outlet online
toms outlet
oakley sunglasses
burberry outlet
kate spade handbags
cheap oakleys
true religion sale
rolex watches
ray ban sunglasses
kate spade bags
hollister clothing
true religion jeans
oakley sunglass
tory burch outlet online
michael kors
christian louboutin outlet
michael kors outlet online
pandora jewelry
mont blanc pens
chanel bags
gucci outlet
abercrombie outlet
pandora outlet
ralph lauren
nike air max
coach outlet store online
cheap oakley sunglasses
tory burch handbags
polo ralph lauren
hollister clothing store
true religion outlet
air max 95
tory burch shoes
gucci outlet online
gucci uk
toms shoes
kate spade outlet online

Qing Cai said...

chanel 2.55
air jordan 5
lebron james shoes
beats by dre
chanel handbags
celine outlet online
air jordan 11
michael kors outlet sale
gucci outlet
pandora jewelry
instyler ionic styler
oakley sale
louis vuitton handbags
michael kors outlet
true religion outlet
calvin klein outlet
oakley sunglasses
air jordan 11
tods shoes
tory burch outlet online
fitflop
thomas sabo
louis vuitton handbags
cheap mlb jerseys
chanel outlet online
burberry outlet
jordan 4
puma shoes
tory burch outlet
rolex watches
cai2015513

Shijun Lin said...

shijun 5.15
abercrombie fitch
hollister
adidas running shoes
white timberland boots
hollister outlet
true religion sale
cheap ray ban sunglasses
retro 11
michael kors outlet
coach outlet store online
ray ban sunglasses
jordan 11s
gucci
christian louboutin shoes
celine
michael kors
pandora rings
louis vuitton outlet
cheap ray bans
coach factorty outlet
jordan 11
michael kors uk
ralph lauren outlet
jordan shoes
michael kors outlet online sale
cheap oakley sunglasses
oakley sunglasses
michael kors handbags
hollister kids
christian louboutin shoes
kate spade totes
juicy couture handbags
michael kors outlet
hollister co
jordan shoes
air jordan 13
michael kors handbags
abercrombie kids
jordan retro 3
abercrombie and fitch

Meiqing Xu said...

20150701meiqing
www.louisvuitton.com
michael kors outlet
hollister clothing store
mont blanc
ray bans
abercrombie store
abercrombie
nhl jerseys
louis vuitton
burberry sale
chanel bags outlet
hollister
michael kors handbags
louis vuitton outlet
michael kors outlet online
michael kors
michael kors outlet
soccer jerseys
christian louboutin sale
burberry outlet
ray ban sunglasses
coach factory outlet
true religion jeans
michael kors outlet
fitflop footwear
cheap oakley sunglasses
polo ralph lauren
cheap jordans
jordan concords
jordan 4 toro
coach outlet online
longchamp handbags
mont blanc
coach outlet store online
timberland boots
coach outlet store online
michael kors handbags
football shoes
burberry outlet
michael kors outlet

陈晓 said...

swarovski crystal

swarovski crystals

swarovski uk

north face outlet

north face jackets

the north face

north face outlet

north face outlet

thomas sabo uk

tiffany and co

tiffany jewelry

bebe clothing

harrods london

gucci shoes

polo ralph lauren outlet

Wei Chen said...

QF0805
denver broncos jerseys
kobe bryant jersey
broncos jerseys
cartier bracelet
vans for sale
ralph lauren uk
michael kors outlet
canada goose jackets
minnesota vikings jerseys
oakley sunglasses
larry fitzgerald jerseys,kevin kolb jerseys,patrick peterson jersey,andre ellington jersey,larry fitzgerald jersey,calais campbell jersey,deone bucannon jersey,andre ellington elite jersey,darnell dockett jersey,michael floyd jersey,sam acho jersey
gucci shoes
soccer jerseys,cheap soccer jerseys,cheap soccer jerseys for sale,soccer jersey,usa soccer jersey,football jerseys
vikings jerseys
barcelona jersey
steelers jerseys
warriors jerseys
christian louboutin sale
seahawks jersey
michael kors outlet, http://www.michaelkors-outlets.us.com
michael kors uk
coach outlet online
san antonio spurs jerseys

Nike Free said...

Red Bottom Shoes Red Bottom Heels christian louboutin sale christian louboutin shoes christian louboutin outlet louboutin sale fitflops fitflop sale fitflops clearance fitflops on sale fitflops sale fitflop usa fitflop outlet fitflops discount fitflop uk michael kors outlet online sale michael kors outlet michael kors outlet online michael kors 2015 michael kors outlet michael kors outlet stores michael kors outlet online sale michael kors outlet michael kors outlet online michael kors 2015 michael kors outlet

Fangyaya said...

oakley sunglasses outlet
louboutin femme
coach outlet clearance
michael kors outlet online
true religion jeans cheap
true religion outlet
louis vuitton bags
michael kors outlet
timberland boots
gucci bags
ray ban outlet
lebron 13 shoes
louis vuitton purses
jordan retro 13
ray bans
adidas nmd
jordan 3 retro
cheap ray ban sunglasses
longchamp outlet
coach outlet online
ralph lauren
gucci belts
ray ban outlet
ray ban outlet
michael kors handbags
fitflop shoes
coach outlet clearance
montblanc pens
toms shoes uk
ralph lauren clearance outlet
timberlands
retro jordans 13
air jordan shoes
air jordan 4
louis vuitton outlet online
kobe shoes 11
louis vuitton outlet stores
toms shoes
air max 95
michael kors outlet clearance
20168.8chenjinyan

Fangyaya said...

cheap air jordans
replica watches
oakley sunglasses
oakley outlet
timberland boots
louis vuitton
fitflops shoes
coach outlet store online
fitflop sale
gucci bags
sac louis vuitton
rolex watches
fitflops sale
tods outlet
louboutin femme
toms wedges
hermes birkin bag
christian louboutin sale
michael kors outlet clearance
ray ban outlet
michael kors outlet online
coach outlet
ugg slippers
cheap ray ban sunglasses
louboutin shoes
true religion outlet
air max 2016
adidas yeezy 350 boost
michael kors outlet clearance
moncler outlet
true religion outlet
michael kors handbags
ray ban sunglasses outlet
prada handbags
coach outlet store online clearances
ugg boots on sale
ugg slippers
michael kors outlet online
louboutin outlet
coach outlet store online
2016.9.14xukaimin

LCc 03 said...

timberland boots
falcons jersey
michael kors handbags
nike air huarache
lacoste online shop
salomon speedcross
michael kors handbags
nike dunks
true religion outlet
nike roshe run

raybanoutlet001 said...

ugg outlet
michael kors outlet
boston celtics jersey
toms shoes
supra shoes sale
ugg boots
valentino shoes
cheap jordan shoes
ugg boots
ugg outlet

GIL BERT said...

ray ban sunglasses
ugg outlet
jets jersey
michael kors handbags
ray ban sunglasses
michael kors outlet
ralph lauren
ugg outlet
ugg boots
nike outlet

Post a Comment