Breaking News

16 February, 2012

BISNIS IBU RUMAH TANGGA


  BISNIS KURSUS KOMPUTER DAN
RENTAL KOMPUTER
Oleh  : Nur Husna
Tinggal di daerah, di kampung yang jauh dari hiruk pikuk  perkotaan. Ingin membuka bisnis mengisi waktu luang. Tapi tidak tahu ingin berbisnis apa? Nah, membuka kursus komputer menjadi salah satu alternatif bisnis yang cukup menjanjikan. Selain mendapatkan keuntungan yang menjanjikan, juga mampu membantu meningkatkan kecerdasan warga masyarakat sehingga tidak lagi “gaptek” dan tertinggal dengan masyarakat perkotaan.
Siapa bilang ibu rumah tangga sekarang tidak cerdas-cerdas? Terbukti pada saat sekarang ini banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan waktu luagnya usai menyelesaikan urusan rumah tangga dengan membuka bisnis rumahan. Bahkan tidak sedikit dari mereka justru menjadi pengusaha sukses, padahal awalnya hanya merupakan sampingan dan hanya merupakan bisnis rumahan. Tergiur ingin menjadi ibu rumah tangga yang jago berbisnis. Nah, salah satunya adalah dengan membuka usaha bisnis komputer merangkap rental komputer. Kenapa bisnis ini yang dipilih? Karena ibu-ibu rumah tangga bukanlah sekedar profesi bagi mereka yang hanya berpendidikan rendah, justru banyak mereka yang berpendidikan tinggi dan tidak “gaptek” bahkan mahir mengopersikan komputer memilih menjadi rumah tangga, demi mengabdi untuk keluarga.
Peluang Usaha
            Anda memiliki kemampuan menggunakan komputer dan mengoperasikannya, tidak ingin kemampuan itu hilang begitu saja? Maka bisnis inilah yang cocok untuk Anda .
Komputer bukan lagi barang asing, dari perkotaan hingga pedesaan rata-rata sudah mengenal perangkat komputer. Akan tetapi tidak semua orang yang mampu mengoperasikannya. Padahal komputer kini sudah menjadi hal penting sebagai pendukung aktivitas, baik untuk aktivitas pegawai kantoran, pelajar dan mahasiswa di sekolah atau kampus, dan untuk aktifits-aktifitas lainnya. Sehingga komputer kini sudah menjadi kebutuhan.
            Di sekolah-sekolah kini pun telah memiliki kurikulum TIK, mulai dari tingkat SD bahkan sampai anak kuliahan. Walau demikian, terkadang jam pertemuan untuk bisa mahir menggunakan komputer masih dirasa kurang. Maka inilah yang menjadi peluang usaha untuk membuka kursus komputer, yang sasaran utamanya adalah para pelajar, tapi tidak tertutup kemungkinan bagi masyarakat umum.
            Selain membuka kursus komputer, dapat juga dimanfaatkan untuk rental komputer, mengingat tidak semua orang yang mampu menggunakan komputer. Karena itulah usaha  kursus dan rental komputer cocok untuk dirintis, sebab dapat dilakukan di rumah dengan memanfaatkan ruangan yang ada, misalnya ruang tamu atau menyulap bagasi menjadi tempat yang layak untuk usaha. Jika Anda memiliki modal yang lebih Anda dapat menyewa tempat yang khusus untuk usaha ini. Hanya saja untuk pemula memanfaatkan ruangan rumah juga tidak masalah.
            Dari usaha ini mampu menjadi peluang bisnis untuk anda, sedangkan jenis layanan yang dapat Anda tawarkan selain kursus komputer adalah rental komputer, jasa pengetikan, dan print out.
Langkah Usaha
            Usaha ini dapat berjalan dengan baik jika Anda melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Buatlah papan promosi berupa spanduk untuk mempromosikan usaha Anda yang dipajang di depan rumah/tempat usaha.
  2. Yakinkan diri Anda bahwa bisnis Anda ini adalah bisnis yang bermanfaat dan menguntungkan, karena meningkatkan kemampuan menggunakan komputer bagi yang kursus, dan mempermudah bagi mereka yang tidak memiliki komputer untuk menggunakan jasa layanan rental.
  3. Sediakan perangkat computer minimal tiga buah yang memiliki program terbaru, misalnya untuk kursus computer yang membuka program Microsoft office 2007. Maka lengkapi computer tersebut dengan program yang dibutuhkan
  4. Sedangkan untuk usaha rentalnya, sediakan pula printer dengan kualitas yang cukup baik, beserta tinta isi ulangnya baik yang warna atau hitam. Penggunaan tinta isi ulang ini untuk lebih menghemat biaya operasional, akan tetapi pilihlah tinta isi ulang yang memiliki kualitas bagus.
  5. Usahakan biaya kursus komputernya dapat dijangkau, dan usaha rental computer yang ditawarkan kompetitif.
  6. Untuk kursus computer, usahakan memiliki surat izin operasional, sehingga kursus ini bisa bersifat legal. Dan ketika para peserta kursus telah selesai mengikuti program dapat memiliki sertifikat yang dapat digunakan untuk kebutuhannya, misalnya mencari kerja. Izin usaha ini minimal dapat diajukan di Kantor Cabang Dinas Pendidikan kecamatan.
Pelaku Usaha
            Usaha ini dapat dilakukan oleh ibu rumah tangga yang memiliki keahlian di bidang computer, dan memiliki kemampuan untuk mengajar. Karena kursus computer sama halnya Anda mengajarkan seseorang dari tidak tahu menjadi tahu. Akan tetapi jika Anda memiliki kendala untuk mengajar, Anda dapat mempekerjakan seorang karyawan untuk menjadi tutor.
Tantangan Usaha
            Adapun yang menjadi prioritas target usaha kursus computer adalah para pelajar. Di sekolah-sekolah sekarang ini, sebagiannya telah memiliki laboraturium computer, sehingga usaha ini bisa mengalami kendala. Akan tetapi kita perlu memberikan materi yang lebih mendalam dalam pemahamannya, dan metode yang digunakan lebih mudah diserap oleh para peserta kursus dibanding di sekolahnya. Sedangkan untuk usaha rental komputernya, yang menjadi tantangannya adalah apabila warga masyarakatnya makin banyak yang memiliki computer. Akan tetapi untuk jasa pengetikan saat sekarang ini masih banyak yang membutuhkan, apa lagi untuk mereka yang sibuk dengan segala aktifitasnya.
Strategi Usaha
  1. Di dalam memulai usaha, yang terpenting adalah promosi. Promosi ini dapat Anda lakukan di sekolah-sekolah mulai dari tingkat SD hingga tingkat SMU. Salah satu cara untuk berpromosi adalah dengan menyebarkan brosur.
  2. Selain melakukan promosi di sekolah-sekolah juga lakukan di lingkat sekitar tempat tinggal Anda.
  3. Lakukan sistem kekeluargaan, akan tetapi tetap mengutamakan kualitas.
  4. Agar waktu kursus dan pelanggan yang ingin menggunakan jas rental tidak terbentur, maka buatlah skedul yang tepat. Misalnya kursus hanya dilaksanakan ketika jam usai sekolah antara jam 2 s/d 5 sore. Sedangkan untuk pengguna jasa rental diluar jam-jam tersebut.
  5. Bagi yang menggunakan jasa pengetikan, maka jagalah kepercayaan pelanggan dengan menyelesaikan tugas tepat sehingga tidak mengecewakan.
Simulasi Perhitungan Bisnis
Kebutuhan Modal Awal Kursus Komputer dan Rental Komputer
-          3 unit komputer @ Rp 1.800.000                                           Rp 5.400.000
-          3 unit Stavol @ Rp 155.000                                                   Rp 465.000
-          3 unit meja komputer @ Rp 150.000                                      Rp 450.000
-          3 unit kursi @ Rp 32.000                                                        Rp 96.000
-          Kabel-kabel                                                                             Rp 100.000
-          Printer                                                                                     Rp 500.000
-          Kertas                                                                                      Rp 100.000
-          Alat Tulis                                                                                Rp 20.000     
-          Tinta                                                                                        Rp 50.000
-          Lain-lain                                                                                  Rp 50.000 +  
Jumlah modal Awal                                                  Rp 7.231.000
Pendapatan pertriwulan kursus komputer
            Untuk kursus ini biasanya selama  3 bulan dengan sistem pembayaran bisa perbulan, atau langsung dilunasi. Tergantung Anda mana yang lebih mudah menurut anda. Sedangkan untuk perhitungan pendapatannya dilakukan setelah kursus selesai. Mengenai jumlah peserta dapat Anda bagi menjadi 6 kelas, masing-masing kelas terdiri dari 3 orang, sehingga jumlah peserta kursus sebanyak 18 orang dengan biaya kursus @ Rp200.000 sampai kursus selesai.
-          Pendapatan pertriwulan                                                          Rp 3.600.000
-          Pengeluaran
  • Sertifikat                                 Rp 200.000
  • Biaya perawatan                     Rp 50.000+
Jumlah pengeluaran                                                     Rp 250.000 -
            Laba                                                                                       Rp 3.650.000
Pendapatan perbulan rental komputer
-          Pendapatan                                                                             Rp 700.000
-          Pengeluaran
  • Kertas                                            Rp 100.000
  • Tinta                                              Rp 50.000
  • Listrik                                            Rp 50.000
Perawatan                                     Rp 50.000 +
Jumlah pengeluaran                                                           Rp 250.000 -
Laba                                                                                                   Rp 450.000










            BIODATA PENULIS
“Nama asli penulis adalah Nur husna lahir di Pulau kijang, 5 Januari 1986. Anak pertama dari dua bersaudara ini gemar meulis sejak kecil. Pendidikan terakhirnya di tempuh di jurusan Ahwal Al-syakhshiyah (hukum keluarga Islam) Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN SUSKA RIAU). Mulai aktif menulis sejak kelas 1 SMA, dan ketika sekolah sering membuat skenario untuk penampilan drama dalam kegiatan sekolah. Semakin menggeliat kegiatan menulis saat kuliah tingkat pertama, ketika penulis bergabung dengan Pers Kampus “GAGASAN”. Tulisan penulis selain di muat di media kampus juga di muat di media lokal, salah satunya dalam rubrik “AKADEMIKA” surat kabar harian RIAU POS. Kini penulis tinggal di Tanjung Jabung Timur, Jambi. Dapat dihubungi melalui HP 081275855186 / 081539958710 atau akun FB www.facebook.com/nurhusnah.achan dengan nama FB Nur husnah Achan dan E-mail nurhusnah7986@yahoo.co.id.

0 komentar:

Post a Comment