Breaking News

06 February, 2012

Baiklah Saya Mau Curhat


  Mbak-mbak dan Ibu-ibu sekalian Saya mau curhat, Saya kok mulai merasa nyaman disini...(tanya kenapa???) padahal terus terang Saya ga pede ama ibu2 disini yang jago-jago dan sudah produktif sekali menyusun dan menerbitkan buku..hmm...amazing mom banget deh...

Pertama kali Saya terperosok di grup ini dengan sebuah kata "entah" kok bisa??? yang pasti Saya ketika itu ada melihat status friend yang ada hubungannya dengan IIDN ...entah waktu itu ada penawaran atau nggak yang pasti Saya masuk aja deh ke IIDN..how amazing kaan??

Saya salut banget ama mbak Indari Mastuti, mbak Lygia (ternyata mbak yang satu ini kakak kelas aku di UI,,,sama2 jadi anak hukum yang demen nulis non hukum hehe)...mbak Archa Bella yang kocak abis..dan mbak-mbak dan ibu2 lainnya yang sungguh hebat.

Saya bergabung disini dan Saya mau belajar, belajar semua deh kayanya,,dari awal deh kayanya...Saya tuh awal suka nulis ya dari ngeblog...di http://Puteriamirillis.blogspot.com. Sebuah blog pribadi yang berisikan macam-macam tulisan. Tapi ya nulis di blog tentu beda dengan nulis secara profesional bukan???yang ada proses editing, proses cetak, bahkan proses ditolah oleh penerbit. Juga yang saya belum paham adalah proses nulis outline dan nulis yang panjaaaangg hingga bisa jadi satu buku yang oke punya...huhu..itu bagaimana caranya.

Fenomena penulis indie amat banyak di kalangan blogger, yang terus terang membuat saya miris. Bukannya saya menolak, tapi kebanyakan buku-buku itu masih seadanya baik kaver, maupun isi tulisan dan tata letak serta hal2 lain yang penting untuk kualitas sebuah buku. Yang tentu saja semua itu terjadi karena memang buku indie tidak melalui proses panjang, cukup sedia uang semua beres. Bahkan ada pula yang tak perlu keluar uang, tapi penerbit indi yang harus bersusah payah menjualnya. Itu semua tidak salah dan merupakan proses. Tapi seperti dikatakan seorang kawan, seorang penulis yang baik harus bisa melewati proses menerbitkan buku pada penerbitan profesional,,bukan hanya penerbitan indie.

Saya melihat Saya menyukai IIDN sebagai sebuah proses dan wadah pembelajaran bagi Saya dan ibu2 lainnya yang ingin belajar menulis dan memproses sebuah buku..hingga layak diterbitkan. Semua butuh proses...

Dan Saya mau memulainya dengan ikutan KMO (hurray, tapi belum bayar nih..uupps)...

Ya segitu aja deh curhatnya ...i love u all...^^

0 komentar:

Post a Comment