Breaking News

10 February, 2012

Antara Merak dan Jakarta part two


  Antara Merak dan Jakarta part two
Lanjut yooook....

BIS MERAK-PULOGADUNG

Bis ke Merak dari Pulogadung jarang yang ber-AC. Jumlah bis AC mungkin hanya sekitar 15-20 unit dari seluruh PO, tetapi bis non AC mungkin lebih dari 40 unit! Sehingga bila mendapat bis AC, itu bisa dianggap suatu keberuntungan!!!

PO-PO yang melayani jurusan Pulogadung Merak antara lain Arimbi, Jaya Perkasa (Mario) dan Asli Prima. Dulu ada PO Primajasa yang layanannya cukup baik walaupun bisnya tanpa AC, sayang saat ini tidak ada lagi Primajasa ke Pulogadung. Pulogadung adalah terminal kecil yang hanya menyediakan satu jalur untuk Merak, sehingga tidak ada perbedaan jalur antara bis AC dan non AC seperti di terminal Rambutan.

Kesamaan dari bis Pulogadung-Merak adalah ngetem dimana-mana, apalagi bila penumpang sedikit. Jarak tempuh dari Pulogadung ke pintu tol Cempaka Putih yang hanya sekitar 10 km an bisa ditempuh dalam waktu 1 jam karena mereka berjalan perlahan sambil sesekali ngetem. Setelah masuk tol, kalau dapat bis yang sudah tua atau memang supirnya yang sudah tua, maka kecepatan maksimum hanya 60 km per jam. Di daerah Slipi, bis keluar tol dan biasanya ngetem lagi antara 15-30 menit. Bila penumpangnya dirasa kurang, ngetem tahap ketiga dilanjutkan di pintu tol Kebun Jeruk dengan waktu 15-30 menit. Untuk ngetem ini tidak gratis, kondektur harus membayar ke preman yang menjaga wilayah itu antara 10-30 ribu per 15 menit atau per jumlah penumpang yang naik dalam kurun waktu tersebut. Sehingga bila tidak terjebak macet di Tol dalam kota Jakarta, maka keluar pintu tol Kebun Jeruk menuju Serang dibutuhkan waktu antara 1-2 jam dari Pulogadung.

Sebenarnya kasihan juga melihat bis yang kosong penumpang dipaksakan melaju ke merak, jadi saat bis ngetem, masih bisa maklum. Tapi ada juga supir yang rakus dan tidak puas, walau bis hampir penuh dengan bangku kosong mungkin hanya kurang dari 10, tetap saja ritual ngetem dilaksanakan dengan penuh hikmat. Nah kalau sudah begini hanya bisa mengurut dada dan sabar.

Aku sebenarnya termasuk orang yang tidak bisa tidur di kendaraan apapun, apalagi kendaraan pribadi. Jadi dulu, aku tidak tidur dalam perjalanan antara Merak-Jakarta. Tapi rasanya badan lelah sekali belum lagi malah ngantuk begitu sampai kantor, jadi akhirnya aku belajar untuk tidur di bis. Sehingga kini begitu bis keluar terminal, aku langsung tidur dan terbangun begitu bis masuk daerah Karawaci atau malah baru bangun begitu bis masuk terminal Serang.

Tempat favoritku untuk duduk adalah di bangku nomor 2 atau 3 dari depan di deretan sebelah kiri dekat jendela. Dulu aku lebih suka duduk di bangku depan deretan sebelah kanan dekat jendela juga, tapi sejak pernah kecelakaan di tol aku selalu pilih bangku deretan kiri. Hari itu, di sabtu pagi yang cerah, aku yang hendak piket pagi naik bis Asli Prima warna hijau non AC. Seperti biasa bis melaju tidak terlalu kencang mungkin sekitar 70-80 km per jam. Menjelang Ciujung, bis yang berjalan di sebelah kiri hendak mendahului trailer di depannya. Tapi mendadak trailer di depan membanting stir ke kanan, akibatnya bis pun menabrak bagian belakang trailer. Supir sempat mengarahkan setir ke kiri dan menerjang selokan cukup lebar di sisi tol, akibatnya bis pun terguling ke arah kiri. Paniklah penumpang menjerit-jerit, mana saat itu bis dalam keadaan penuh dan ada yang berdiri segala.

Aku saat itu dapat duduk di sisi kiri dekat jendela. Di sebelahku bapak-bapak berbodi subur. Saat bis terguling ke kiri, herannya aku tidak ikut panik, hanya diam. Si Bapak panik dan berusaha keluar, tapi karena posisi bis yang terguling dia malah menindih aku. Heksssss... kegenjet deh. Dan berjatuhanlah seluruh barang-barang yang ada di bus. Aku kejatuhan sendal, tas milik penumpang lain dan beban paling berat tentu saja si bapak itu. Kayak sandwich, pikirku dengan aku berada di posisi terbawah. Akhirnya semua penumpang bisa keluar lewat pintu depan yang pecah saat kecelakaan. Untung hanya luka ringan dan lecet-lecet yang dialami sebagian besar penumpang termasuk aku. Mungkin karena bis tidak terlalu ngebut... tidak terbayang kalo bis ngebut banget... hiiiiiii entah apa yang terjadi.

Karena kejadian itu aku pilih di sisi kiri, karena kalo aku duduk di kanan pasti aku yang jatuh menimpa orang yang ada di sisi kiri. Yang luka juga yang duduk di kanan. Belum lagi saat itu kondisi bis yang hancur di sebelah kanan. Serem...

Kejadian kecelakaan di jalan Tol Jakarta Merak kuliat juga cukup tinggi apalagi antara Balaraja - Ciujung yang jalannya lurus dengan pemandangan membosankan di sisi kiri dan kanan. Belum lagi kondisi jalan tol yang gak pernah bagus. Belum pernah mengalami jalan tol merak jakarta mulus tanpa ada perbaikan sama sekali.... selalu saja ada bagian yang harus diperbaiki. Kalo saat ini di sisi kanan, maka minggu depan sisi kiri. Kalo saat ini di km a besok di km b.... belum lagi jalannya bergelombang dan tidak pernah mulus. Kapan ya jalan tol Merak Jakarta semulus, selebar dan sebagus tol Jakarta Bogor??? Padahal tarifnya lumayan mahal lho walau belum semahal tol Cipularang.

Kembali ke bis Merak-Pulogadung. Begitu sampai di terminal Serang, ada beberapa bis yang punya kebiasaan ngetem lagi tapi ada juga yang langsung jalan segera setelah penumpang serang turun. Tapi dulu saat berangkat piket malam, begitu sampai Serang aku harus siap-siap turun... karena pasti seluruh penumpang tujuan cilegon dan merak dipindah ke bis lain. Jarang sekali bis merak-pulogadung yang mau melanjutkan perjalanan ke tujuan akhir kalo sudah malam. Mereka lebih memilih masuk pool yang memang sebagian besar ada di Serang. Yang menyebalkan sudah dipindah tanpa persetujuan penumpang dengan berbagai alasan eh begitu naik bis ditagih lagi untuk biaya perjalanan serang-merak!!!! grrrrrrr.... pengen ngamuk....

Alasan yang diutarakan kondektur saat memindahkan penumpang itu.... "Maaf pak, bu... mobilnya mau dipake pariwisata besok pagi, jadi harus masuk pool sekarang"... padahal tuh mobil jelek banget... mana mau orang nyewa untuk pariwisata pake mobil jelek gitu. Atau... "Maaf pak, bu ... mobilnya rusak harus diperbaiki"... pdahal sepanjang jalan gak ada kendala apa-apa.... Jadi sebelum kondektur mengutarakan alasan aku segera bangkit dan pindah ke bis lain... apa pun alasan yang digunakan intinya kan tetap satu... "wei para penumpang pindah sono... gw mau pulang neh...."

THIS IS THE END OF PART TWO
just wait for the next part ... thanks for reading and comment

8 komentar:

Lin Huang said...

caihuanglin20150513
coach outlet online
michael kors handbag
oakley sunglasses outlet
michael kors outlet online
toms outlet
oakley sunglasses
burberry outlet
kate spade handbags
cheap oakleys
true religion sale
rolex watches
ray ban sunglasses
kate spade bags
hollister clothing
true religion jeans
oakley sunglass
tory burch outlet online
michael kors
christian louboutin outlet
michael kors outlet online
pandora jewelry
mont blanc pens
chanel bags
gucci outlet
abercrombie outlet
pandora outlet
ralph lauren
nike air max
coach outlet store online
cheap oakley sunglasses
tory burch handbags
polo ralph lauren
hollister clothing store
true religion outlet
air max 95
tory burch shoes
gucci outlet online
gucci uk
toms shoes
kate spade outlet online

Qing Cai said...

instyler
coach purses
louis vuitton handbags
karen millen dresses
cheap beats by dre
coach outlet online
marc jacobs
ed hardy t-shirts
discount oakley sunglasses
coach outlet
michael kors canada
michael kors outlet
chanel bags
mlb jerseys
christian louboutin
true religion outlet
burberry sacrf
oakley sunglasses
babyliss pro
burberry factory outlet
air jordan gamma blue
tods outlet
kate spade outlet
cheap nhl jerseys
discount oakley sunglasses
mcm bags
kate spade factoryoutlet
tory burch outlet online
timberland shoes
air jordan shoes
cai2015513

Shijun Lin said...

shijun 5.15
abercrombie & fitch
michael kors
oakley store
michael kors handbags
christian louboutin
chanel outlet
chi hair strighteners
coach factory
jordan 3
ray-ban sunglasses
tod's outlet
michael kors handbags
p90x
coach outlet
celine bags
christian louboutin outlet
lv handbags
abercrombie
fitflops
coach outlet
burberry outlet
polo ralph lauren outlet
abercrombie
tory burch outlet online
michael kors outlet
beats headphones
official kate spade outlet online
ray ban aviators
coach outlet store online
louboutin
michael kors outlet
running warehouse
true religion sale
lululemon
gucci handbags
ray ban sungalsses
fendi
abercrombie
cheap lebron james shoes
coach factory outlet

Meiqing Xu said...

05150701meiqing
louis vuitton outlet
ray ban glasses
coach outlet
gucci outlet
oakley sunglasses
ray ban sunglasses
toms outlet
true religion
michael kors handbags
copy watches
christian louboutin outlet
michael kors purse
jordan 11
discount christian louboutin
hollister kids
jordan 13
ralph lauren outlet
michael kors outlet online
hermes birkin
jordan retro 3
hollister kids
michael kors
hollister clothing store
chanel handbags
michael kors handbags
ray ban outlet
louis vuitton outlet
coach factory outlet
ralph lauren outlet
michael kors handbags
nike air max
michael kors outlet
abercrombie
coach outlet store online
louis vuitton purses
ray ban sunglasses uk
michael kors outlet online
coach outlet store online
tory burch outlet online
pandora jewelry

Wei Chen said...

QF0805
lebron james shoes,lebron 12,lebron 12 shoes,lebron sneakers,lebron iv,lebron 11,lebron 10
bottega veneta outlet
ugg boots uk
custom mlb jerseys
raiders jerseys
kyle wilber jersey,jeremy mincey jersey,jeff heath jersey,dez bryant jersey,dan bailey jersey,rolando mcclain jersey,george selvie jersey,larry allen jersey,uche nwaneri jersey,roger staubach jersey,gavin escobar jersey
kate spade sale
mbt shoes outlet
michael jordan jersey
peyton manning jersey,eric decker jersey,aqib talib jersey,emmanuel sanders jersey,shannon sharpe jersey,louis vasquez jersey
north face outlet online
hermes outlet online
chanel outlet,chanel handbags,chanel bags,chanel outlet,chanel 2.55
dansko clogs
nike air max,air max uk,air max 90,nike air max 90,air max shoes
patrick kerney jersey,bobby wagner jersey,russell okung jersey,max unger jersey,paul richardson jersey,terrelle pryor jersey,richard sherman jersey,byron maxwell jersey,derrick coleman jersey,eric winston seahawks jersey
cheap jordan shoes
the north face jackets
michael kors handbags
mbt shoes
christian louboutin shoes
knicks jersey
cheap jordans
tory burch shoes

Meiqing Xu said...

15914meiqng
football shoes
jordan pas cher
true religion jeans
nike air max
louis vuitton pas cher
nike air max 90
hollister
celine handbags
louis vuitton handbags
mulberry handbags
ralph lauren uk
adidas shoes
hermes belt
toms outlet
uggs on sale
nike huarache trainers
barbour jackets
new balance outlet
tory burch outlet
ray-ban sunglasses
christian louboutin shoes
coach outlet online
fitflop uk
cheap versace
nike elite socks

Nike Free said...

nike store nike clearance store nike store locator nike sale nike outlet store nike free run basketball shoes nike basketball shoes nike basketball best basketball shoes cheap nike basketball shoes nike outlet nike store nike factory store nikestore nike employee store nike factory nike factory outlet nike outlet coupon nike store locator nike shoes on sale nike shop cheap jordans cheap jordan shoes cheap jordans for sale jordans for cheap retro jordans for sale jordan shoes for sale jordans for sale cheap jordans for sale wholesale jordans

Junda Xu said...

20160324 junda
louboutin outlet
canada goose jacket
timberland boots
cheap jordan shoes
prada outlet
lululemon outlet
salvatore ferragamo
gucci outlet
ray ban sunglasses
bottega veneta outlet
fitflops outlet
michael kors outlet online
valentino shoes
babyliss flat iron
michael kors outlet online
michael kors outlet online
basketball shoes
adidas gazelle
nike trainers
coach outlet online
rolex submariner
skechers shoes
polo outlet
michael kors
air jordans
coach outlet store online
michael kors handbags
ed hardy uk
cartier watches
christian louboutin uk
prada
cheap ugg boots
converse trainers
ray ban sunglasses
coach factory outlet
ed hardy outlet
louboutin pas cher
nike store
kate spade outlet
levis 501

Post a Comment