Breaking News

23 February, 2012

Anak kecil itu …..seorang “pahlawan”

                Sebut saja Abang ( bukan nama sebenarnya )....salah satu siswaku yang usianya belum genap 12 tahun. Tidak terlalu istimewa dimata guru-guru. Satu yang membuatnya berbeda dengan teman-temannya yang lain “ jago menyanyi “.
                 Ini terbukti dalam event lomba yang diadakan oleh salah satu stasiun televisi swasta dia berhasil  meraih juara satu. Tentu saja ini semakin membuat “ gerah ” beberapa guru disekolahku.  Karena label “ Islam Terpadu” disekolahku identik dengan prestasi Al-Qur’annya bukan “ menyanyi”. Yang tentu saja makin membuat abang  dipandang sebelah mata oleh beberapa guru karena makin sering meninggalkan kelas untuk mengikuti berbagai event show,alhasil makin tertinggal di hafalan Al-Qur’an dan beberapa pelajaran yang dianggap “penting”.
                 Hingga pada suatu pagi di hari sabtu, saat aku bersiap meluncur kesekolah untuk pengayaan siswa kelas enamku dengan  motor bututku, ponselku berteriak. Dari nomor   tak di kenal, terdengar suara dari seberang.
                ” ustdzah  ....( begitu panggilan untuk bu guru disekolahku ) .....maaf mengganggu, ini Abang mau bicara “. Ternyata dari bunda si-abang. “Ada apa gerangan ? “ . batinku bertanya.
                   Tak lama terdengar suara seorang anak kecil menangis tergugu, sambil bicara terbata mencoba untuk menjelaskan sesuatu.
                   “ ustadzah..hu..hu.. sebenarnya hari ini aku mau datang ke pengayaan ustadzah…hu...hu...., aku merasa ketinggalan banyak di pelajaran Matematika , padahal senin besok harus try out nasional kan ? aku takut nilaiku kecil , tapi hari ini juga aku ada audisi untuk menyanyi bareng bang Opick. gimana dong ..hu.hu.. .” .
                    Deg.
                    Tersentuh hatiku mendengar tangisan itu. Penilaianku salah selama ini. Abang berbeda. Sekarang dia sedang dihadapkan oleh dua pilihan yang sama-sama penting untuknya, sang bunda sangat menginginkan Abang ikut audisi ini karena sangat jarang kesempatannya, tetapi untuk audisi kali ini dia merasa setengah hati karena keinginannya lebih kuat  untuk datang ke pengayaan.
                     Akhirnya memberikan beberapa penjelasan dengan mencoba bersikap adil, agar bundanya tidak dikecewakan oleh Abang dan Abang juga tidak tertinggal pengayaannya maka aku mempersilahkan Abang datang kerumah untuk pengayaan ditempat tinggalku.
                    Dari situ mulai terjalinlah hubungan kami. Aku jadi banyak tahu tentang Abang.
Ternyata Abang yang seorang yatim , harus ikut membantu Bundanya .
                   ”… Bundaku sudah mulai sakit-sakitan ustadzah, jadi aku kasihan kalau melihat beliau pulang kerja kecapean ” critanya pada suatu hari.
                    Sang bunda “ terpaksa “ berhenti bekerja, disamping harus mendampingi Abang setiap kali ada show, juga karena mulai sakit-sakitan.
                     “.. aku ingin membantu bundaku ...., disamping manyanyi memang hobiku, setiap kali show aku pasti dapat uang dan itu aku tabung untuk persiapan sekolah aku dan adikku nanti. Aku nggak ingin meropatkan bundaku ustazdah ”. Critanya pula suatu sore disela-sela belajarnya.
                   Subhanallah ….ternyata tak sesederhana yang aku pikirkan. Tersentuh hatiku mendengar ceritanya . Sekecil itu sudah punya rasa tanggung jawab terhadap diri bahkan ke adiknya dan lagi keinginan untuk membantu meringankan beban bundanya.
                   Nak…maafkan ustadahmu ini yang kurang peka terhadapmu,selama ini aku menganggapmu menyanyi hanya demi ketenaran semata sampai harus meninggalkan kelas belajar. Ternyata kamu memiliki tujuan yg sangat mulia. Seharusnya aku membantumu,bukan meninggalkanmu dengan ketertinggalanmu. Sejatinya engkau adalah PAHLAWAN …bagi keluargamu…

5 komentar:

deric santoso said...

kagak ada artikel nya gan -_-

http://www.duniaberbicara.com/internasional/daftar-negara-maju-dan-berkembang-di-dunia.html
http://breaktime.co.id/

Power Game said...

Loh kok gak ada tulisannya????
Batu Akik | Durian | tipsacake.com | gadgetanda.com

Buat Lampion said...

Tulisannya kemana ini mba'e?? :O

penginapanonline.com - orderlampion.blogpsot.com

Anas said...

Aku Hanya Melihat burung u,u

informasi gadget Android Terbaru

Hoshi Nee said...

waaah tulisannya warna putih ya mbak jadi harus diblok dulu biar bisa di baca

Post a Comment