Breaking News

15 February, 2012

Ada Apa dengan KMOffline?


 

Sebetulnya  saya sudah pernah ikut di KMOnline beberapa waktu lalu. Tapi mengapa saya tertarik lagi ikut di KMOffline?

Berawal dari acara halal bihalal pusat tgl. 25 Sepetember lalu. Di acara itu saya berkenalan dengan mbak Sri Bunda Faqih'Keisha. Ngobrol sana-sini  topiknya  tidak jauh dari masalah tulis-menulis dan akhirnya obrolan pun  berujung pada masalah KMOffline.  Mbak Sri berencana ikut di KMOffline bersama ibu-ibu yang lainnya. Mendengar itu, saya tidak mikir-mikir lagi, saya memutuskan untuk, ikuuuttt...! Akhirnya setelah kami mengutarakan rencana ini kepada bu ketua, Teh Indari, saya dan mbak Sri deal janjian ketemu di Indscript. Namun apa dikata,  mbak Sri yang dudah menggebu-gebu harus pasrah nggak bisa ikut pada waktunya, karena anak-anaknya sakit. 

Mengapa kok saya ikut 2 kali kursus?

Tekad saya ingin terus belajar menulis yang menghantarkan saya mengikuti dua kali kursus ini dan alhamdulillah saya mendapat banyak ilmu, pastinya ilmu itu keren bangeeettt... sesuai dengan judulnya “ Cara Keren Bikin Outline.”

Kenapa keren?

Teh Indari mengajarkan kami banyak hal tentang menulis dari mulai bagaimana kiat-kiat awal membuat tulisan, yang diawali dengan cara membuat OUTLINE yang cantik. Mengapa Outline? Menurutnya, ini penting sekali dikuasai jika kita akan membuat tulisan khususnya menulis buku. Poin yang  menarik perhatikan saya, ketika Teh In  menjelaskan bagaimana cara menggali tema yang harus benar-benar kita kuasai agar  tidak menyulitkan saat kita menulis nantinya, dan juga bagaimana membuat judul agar semenarik mungkin karena kunci nilai jual sebuah buku salah satunya ada pada judul yang menarik itu. Sesuai dengan yang dijelaskan Teh Indari ini, saya teringat pengalaman menarik ketika coba-coba mengangkat sebuah tema yang tidak terlalu saya kuasai, nah apa yang terjadi? Saya tidak bisa mengembangkan tulisan itu, jadinya mentok bin mentok hehehe...

Karena saya juga pernah ikut di KMOnline pastinya ada lah perbedaan diantara  keduanya:

Pertama. Di KMOnline sedihnya para peserta tidak bisa ketemuan, lain dengan KM Offline peserta bisa cipika-cipiki dulu, kenalan langsung, oh mbak Wita tuh yang ini... mbak Yanti Nti yang ini... yang ini mbak Ingat Titi, yang ini mbak Sri.  Sekalian silaturahmi deh jadinya! Oh, ada Teh Lygia juga lho... (yang jelas kalau Teh Gia bukan mau ikut kursus, hihi..). Namun ada juga lho kesamanya, yaitu pada saat teh Indari break menyusui,  peserta rame ngerumpi hihihi...

Kedua. Di KMOffline peserta bisa langsung bertatap muka dengan bu guru kita. Sehingga pertanyaan-pertanyaan peserta terjawab dengan jelas dan tidak terlewat.

Ketiga. Di KMOffline peserta di sodorkan dengan contoh-contoh kongkrit yaitu berupa buku-buku, baik yang sedang dalam proses maupun yang sudah jadi buku.

Keempat. Di KMOffline peserta disuguhi makan saudara-saudara... ini momen yang tak kalah serunya, bahkan lebih seru dari kursusnya sendiri hehehe... Biasa, ibu-ibu yang lagi kelaperan apalagi disuguhi menu yang maknyus seperti karedok, ikan asin, tempe goreng, apa coba yang terjadi? Nggak nahan... pastinya nambah tuh.

Namun, baik itu KMOffline maupun KMOnline dua-duanya sama-sama asik kok! KMOnline  bisa membantu sekali bagi peserta yang tinggal di luar kota, luar propinsi, bahkan di luar negeri. Yang penting dari semua ini adalah:  kami, khususnya saya dapat ilmu menulis yang tidak pernah didapat sebelumnya. Sekarang saya jadi rajin mencari ide-ide apa yang dapat saya buat jadi tulisan dan rajin membuat outline, walau belum pede mengirimnya hihihi...

0 komentar:

Post a Comment