Breaking News

01 February, 2012

tiga kunci


saudaraku ini ada tiga kunci, yang akan ku pinjamkan padamu..
1. senyum
2. syukur
3. kasih
gunakan semyum tatkala kau TERLUKA
gunakan syukur untuk apapun yang kau hadapi
gunakan kasih untuk menjalani hidupmu
walau seperti air di ujung daun talas
Allah pasti akan menadahkan tangaNya untuk menyelamatkanmu
Top of Form
Bottom of Form

Halo CENDOLERS yang super kenyel!! Sekarang kita seru-seruan di Jum'at Cendol dengan materi "Menciptakan Karakter dalam Sebuah Cerita" yang dipusatkan pada Skenario. Tentu CENDOLERS tahu dong kalau membuat cerita itu harus memiliki karakter-karakter kuat di dalamnya. Untuk itu ada (setidaknya) empat tahap untuk membuat karakter menjadi kuat.

Syarat pembuatan karakter:

1. DRAMATIC NEED.
Apa yang ingin dicapai TOKOH dengan menjadi seseorang yang dia inginkan sepanjang jalan cerita? Apa yang membuatnya menjadi seorang pembunuh, playboy, pengadu domba, mengubah penampilan dari wajahnya yang hancur, dan sebagainya.

2. POINT OF VIEW.
Bagaimana TOKOH memandang segala sesuatu di sekitarnya? Dari sudut pandang yang seperti apa? Hal ini termasuk: bagaimana ia memandang soal nilai-nilai dasar sebuah keluarga, perawatan anak, kasih sayang dari orang tua, pertengkaran orang tua, jalian pertemanan, percintaan, pengabdian pada Tuhan, dan soal-soal di sekitar TOKOH. Ingat: Point of view menciptakan konflik.

3. ATTITUDE.
Hal ini dapat diartikan sebagai sebuah sikap. Seperti apakah sikap TOKOH yang terbangun dari kejadian-kejadian yang dialaminya di dalam keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan komplek rumahnya, dan sebagainya.

4. CHANGE.
Apakah SI TOKOH mengalami perubahan dalam cerita ini? Bila iya, seperti apakah perubahan-perubahan itu? Hal ini berarti penulis harus mampu melacak kembali segmen-segmen emosional dari karakter-karakter tersebut, dari awal hingga akhir.

Silakan CENDOLERS baca dan tanyakan kegundahan. Karena kita akan buat karakter yang disusul dengan membuat 1 scene yang menghanyutkan!! Genre aku serahkan ke kalian!!

====================================================

Contoh pembuatan karakter kuat:

1. DRAMATIC NEED
DIVIN ingin mengubah dirinya menjadi seorang cewek tomboy dan pemberani, untuk seorang cowok bernama VIN DIESEL yang sangat DIVIN cintai. Padahal DIVIN adalah seorang yang sangat lembut.

2. POINT OF VIEW
DIVIN adalah seorang cewek yang menyayangi orang sekelilingnya. Dia akan membantu siapapun yang membutuhkannya.

Dalam POINT OF VIEW atau POV. Karakter DIVIN ada dalam pikiran.

3. ATTITUDE
DIVIN bersikap. Dia lembut. Dia suka buat makanan untuk orang-orang. Bahkan, ketika dia jadi tomboy, karakternya baiknya tidak berubah.

4. CHANGE
Perubahaan terjadi dalam diri DIVIN. Dulu, DIVIN yang takut lewat jalan raya karena ada PREMAN, sekarang jadi berani. Dan perubahan-perubahan lainnya lagi.Contoh scene:
23. EXT. JALAN RAYA. PAGI
Cast: Divin, Vin Diesel, Denis, Ektras.

DIVIN bergandengan tangan dengan VIN DIESEL. Sesekali VIN DIESEL melirik DIVIN.

DIVIN
Ada yang aneh sama aku?

VIN DIESEL
Hm… nggak ada. Aku cuma ngerasa seneng aja pagi ini.

DIVIN mencubit perut VIN DIESEL.

DIVIN
Iiiih… gombal banget sih, kamu!!

VIN DIESEL
(merintih manja)
Auuuu…

DIVIN tertawa menatap VIN DIESEL mengusap perutnya.
INSERT: Seorang PREMAN mengejar DENIS.

PREMAN
Woooy, jangan lari lo anak kecil!!

DIVIN dan VIN DIESEL kaget melihat DENIS. Dengan cepat, DIVIN berlari mengejar DENIS dari arah berlawanan. Begitu dekat DENIA, DIVIN menariknya ke belakangnya dan menendang PREMAN yang sudah dekat dirinya hingga PREMAN terjatuh.

DIVIN
(tegas)
Jangan pernah gangguin ade gue!!

DIVIN menatap PREMAN itu tajam. Lalu, DIVIN menggandeng tangan DENIS dan pergi menghampiri VIN DIESEL yang tersenyum bangga.


0 komentar:

Post a Comment