Breaking News

31 January, 2012

The Super Woman



Saya pernah jengkel pada  ibu.  Karena suatu kali, saat turun hujan, dengan gagah  beliau naik ke atap dan memeriksa genteng rumah yang bocor.  Jengkel, karena saya menganggap pekerjaan itu bisa dilakukan lain waktu.  Jengkel, karena melihat ibu seolah-olah ingin menunjukkan dirinya sebagai wanita perkasa.  Ingin?

Pada kenyataannya ibuku memang perkasa.  Sejak muda ia menyetir mobil sendiri, mengantar jemput kami anak-anaknya dan pergi ke berbagai tempat melsayakan seabreg kesibukan.  Ibu juga bolak-balik ke bengkel memperbaiki mobil tua kami hingga akhirnya paham bagaimana mengatasi mobil yang mogok dan bahkan mengganti ban

Ibu juga mendesain rumah, sibuk bolak-balik ke toko bahan bangunan hingga ia paham bagaimana memilih bahan bangunan yang oke dan kemudian tampil menjadi mandor yang sangat teliti dengan pekerjaan tukang, sehingga berkat kecerewetannya  rumah kami kelihatan lebih bagus setelah direnovasi.
“Perempuan itu harus tangguh dan serba bisa” kata ibu ketika kami mepertanyakan kesanggupannya mengurus semua itu.  Ayahku yang perwira Angkatan Darat memang sering sekali tugas di luar kota, sehingga ibu terbiasa mengatasi masalah secara mandiri.

Ibu juga aktif berorganisasi.  Beliau sibuk di organisasi Persit, menjadi pengurus BP3 di sekolahku, menjadi ketua Pokja PKK kelurahan, bahkan pernah juga menjadi ketua RT.

Tidak hanya bidang “maskulin” yang dikuasai ibu.  Di rumah ibu juga telaten mengurus rumah tangga  dan memasak untuk kami sekeluarga. Ibu membuka usaha jahitan dan bordir dengan beberapa karyawan, membuat kue-kue yang dititipkan di toko-toko, dan menjadi pengurus di ikatan perangkai bunga.  Ibu juga sering diminta menjadi tutor untuk mengajari etiket dan merangkai bunga di kalangan ibu-ibu.

Saat tidak ada kegiatan - maksudnya saat ada sedikit waktu luang- ibu akan tetap aktif di rumah.  Beliau akan membongkar dengan cermat setiap sudut rumah dan memastikan bahwa rumah terlihat rapi dan bersih.  Taman depan rumah juga kerap dibongkar ulang sehingga selalu kelihatan asri berbunga-bunga.  Saat ibu sibuk di rumah itu adalah saat kami tidak bisa duduk bersantai-santai, karena ibu pasti akan meneriaki kami untuk ikut membantu.  Maka sambil bersungut-sungut kami akan terpaksa ikut bebenah juga.  Cape deh!

Hingga suatu hari semua kesibukan ibu terhenti.  Kami kedatangan nenek dari pihak ayah yang sedang sakit.  Ayah ingin nenek dirawat di rumah dan beliau meminta ibu untuk menanganinya.  Sejak saat itu ibu betul-betul mencurahkan waktu dan tenaganya untuk merawat nenek yang mulai pikun dan tidak bisa berjalan  Selama enam tahun ibulah yang membawanya bolak-balik ke dokter dan rumah sakit, membeli obat-obatan, memandikan, menyuapi hingga mengontrol jadwal minum obat.

Setelah,  nenek akhirnya meninggal dunia, ibu  dihadapkan pada urusan besar juga, mempersiapkan pernikahan kedua putrinya yang hanya terpaut dua bulan.  Ibulah yang mengurus segala tetek bengek persiapan nikah dengan cermat, hingga semua acara berlangsung dengan baik.

Selepas kami menikah, ibu menemukan kegiatan lain, yaitu menjahit perlengkapan bayi dan menyambut kelahiran cucu-cucunya. Ibu tetap aktif berpartisipasi di kegiatan lingkungan dan juga mulai menulis apapun, mulai dari syair lagu, puisi hingga artikel.

Selanjutnya beberapa bulan selepas pensiun ayah mengalami stroke. Dari hari ke hari kondisinya semakin memburuk.  Berulangkali beliau harus dirawat di rumah sakit dan mulai mengalami kelumpuhan separuh anggota tubuh hingga kemana-mana beliau harus dipapah.  Dengan sabar ibu mengurus semua keperluan ayah dan  melsayakan berbagai upaya untuk kesembuhan ayah.  Ibu mengantar ayah dengan mobilnya ke tempat praktek sayapuntur dua kali seminggu, hingga akhirnya ayah bisa berjalan sendiri dengan perlahan.  Ayah juga mulai kehilangan kemampuan bicara, sehingga seringkali frustasi karena lawan bicara tidak memahami maksud dan keinginannya.  Pada saat itu ibulah yang seringkali menjadi sasaran kemarahannya.   Mungkin itulah saat terberat, karena ibu betul-betul hanya tinggal di rumah mengurus ayah.  Ia tidak pernah mengeluh, tapi kami paham bahwa ibu pasti tersiksa karena tidak bisa melsayakan kesibukan lain. Hiburannya satu-satunya adalah bermain dengan cucu-cucunya yang saat itu masih bayi.

Ayahpun akhirnya meninggalkan kami semua.  Di saat-saat terakhirnya –dengan bahasa isyarat-  ayah sempat menyampaikan kata-kata terima kasih pada ibu yang sudah merawat nenek dan mendampingi ayah selama hidupnya.

Sepeninggal ayah, ibu tinggal sendirian di rumah.  Tapi beliau tidak larut dalam kesedihan.  Ibu pun tetap memperhatikan penampilan dan rajin merawat kecantikannya, sehingga menurut orang-orang ibu tampak lebih muda dari usia sebenarnya dan tetap modis.    Beliau kembali menjalankan bisnis butik kecil di rumah dan aktif di organisasi ikatan perangkai bunga.  Bersamaan dengan itu ibu juga menyambut kedatangan ayah dan ibunya (kakek dan nenek) yang mulai sering sakit-sakitan.  Ibulah yang mengantar kakek dan nenek berobat ke rumah sakit dengan segala kerepotan mengurus askes.  Ibu juga yang mengurus mereka saat ada yang dirawat di rumah sakit.

Pada akhirnya kakek dan nenekku berturut-turut juga berpulang dalam waktu hanya terpaut beberapa bulan. Ibu kembali sendirian.  Pernah kami mengajak beliau untuk tinggal di rumah salah seorang dari kami.
“Ibu masih sanggup mengurus diri sendiri.  Jangan sampai merepotkan keluarga anak-anak.  Kalau ibu perlu bantuan , ibu pasti akan menelepon” jawabnya lugas

Usia yang semakin bertambah tidak membuat ibu kehilangan semangat. Suatu ketika beliau pernah berkata padsaya “Satu persatu sudah pergi.  Mungkin sekarang saatnya ibu mengurus diri sendiri”. Ibu benar, setelah bertahun-tahun lamanya disibukkan mengurus keluarga yang sakit,  ibu memang berhak memperhatikan diri sendiri.  Maka ibu kemudian aktif mengikuti berbagai pengajian dan training keagamaan serta menjadi pengurus di sebuah pesantren ternama. Beliau getol melsayakan ibadah-ibadah sunnah dan kemudian menyelenggarakan majlis ta’lim di rumah.

Ibu juga rajin menengok cucu-cucunya, sendirian dengan menumpang bis, travel atau kereta api.  Dengan senang hati beliau akan “terbang” memenuhi undangan  untuk membantu kami saat merenovasi rumah atau membenahi taman.  Bukannya kami tega, tapi ibu memang menikmati kegiatan seperti itu. Ibu juga tetap aktif dan heboh mengikuti kegiatan sosial di lingkungan, mulai ikut lomba senam, lomba paduan suara, sampai cerdas cermat lansia. Ibu menikmati kehidupannya dan ibu pun menemukan hobi baru, menyampaikan komentar secara on-air di acara-acara radio, hamper setiap hari.  Hobi yang membuat kami kadang terkaget-kaget mendengar suaranya di radio dan mengundang tawa cucu-cucunya.  Biarlah, pikir kami, yang penting ibu sehat dan menikmati kehidupannya.

Terakhir ibu mendirikan lembaga keterampilan untuk mendidik dan menyalurkan baby sitter secara gratis.  Beliau masih sanggup sendirian kesana kemari mengurus segala macam dokumen pendirian dan mencari tenaga kerja sampai ke kampung-kampung yang jauh.  Kata ibu “Kita harus melsayakan ini, supaya orang-orang di kampung tidak lari jadi TKI di negeri orang”.  Sayang, baru setahun kegiatan ini terhenti  karena merekrut tenaga kerja ternyata cukup sulit.

Beberapa hari yang lalu saya mengkhawatirkan ibu, Tiba-tiba saja ibu menyampaikan keputusannya untuk tinggal bersama adikku di Jakarta dan menghentikan semua aktivitasnya.    “Rasanya sudah cape.. Ibu ingin istirahat”, kata ibu.  Saya terpekur dan ingin menangis. Kata-katanya seperti bukan kata-kata ibu, yang tak pernah mengeluh dan selalu optimis.  Sulit rasanya  membayangkan ibu duduk diam di rumah anaknya, di tengah lingkungan yang baru.
 “Lalu apa yang akan ibu lakukan di sana?” Tanya saya
Ibu terdiam lalu menjawab  “Apa saja, nanti juga terpikir.  Mungkin ibu mau buka perpustakaan atau  kursus merangkai bunga atau menulis atau…”

Saya tidak jadi menangis.  Saya percaya, ibu pasti akan menikmati kehidupan barunya.


5 komentar:

mmjiaxin said...

north face outlet store, http://www.thenorthfaceoutletstores.org/
ralph lauren,polo ralph lauren,ralph lauren outlet,ralph lauren italia,ralph lauren sito ufficiale
nfl jerseys, http://www.cheapnfljerseys.org/
chanel outlet, http://www.chanelhandbags-outlet.co.uk/
christian louboutin outlet, http://www.christianlouboutinonline.us.com/
michael kors uk, http://www.michaelkorshandbag.co.uk/
giuseppe zanotti, http://www.giuseppe-zanotti-outlet.org/
cheap jordan shoes, http://www.cheapjordanshoes.in.net/
nike running shoes, http://www.nikefreerunning.org/
lululemon outlet, http://www.yogapants.us.com/
colts jerseys, http://www.indianapoliscoltsjersey.us/
timberland shoes, http://www.timberlandboots.name/
nba jerseys, http://www.nbajerseys.net/
abercrombie and fitch, http://www.abercrombie-fitch-hollister.fr/
nike free, http://www.nikefree5.us/
insanity, http://www.insanityworkout.us.com/
true religion jeans outlet, http://www.truereligionjeansoutlets.us.com/
rolex watches for sale, http://www.rolexwatches.in.net/
wedding dresses uk, http://www.weddingdressesoutlet.co.uk/
kansas city chiefs jerseys, http://www.kansascitychiefs.us/
mm0925

Nike Free said...

moncler outlet moncler sale moncler jackets mens moncler jackets sale moncler jackets outlet moncler online moncler jackets women moncler doudoune moncler femme moncler jackets cheap outlet moncler moncler shop moncler down jackets men moncler jackets canada goose sale canada goose jackets canada goose outlet canada goose coats canada goose online goose down jackets canada goose outlet online canada goose toronto doudoune canada goose parka canada goose canada goose jakke winter jackets canada canada goose outlet stores moncler men moncler jackets

Minko Chen said...

oakley sunglasses wholesale
ray ban outlet
cheap ray ban sunglasses
ray ban outlet
coach outlet store
coach outlet online
louis vuitton handbags
louis vuitton outlet online
louis vuitton outlet store
louis vuitton handbags outlet
louis vuitton bags
michael kors handbags
michael kors outlet online
michael kors outlet
michael kors outlet
michael kors outlet
prada outlet online
tory burch outlet online
timberland shoes
1027minko

方松腾 said...

bottega veneta outlet online
burberry outlet
cheap toms
polo ralph lauren outlet
coach outlet store online,coach outlet store,coach outlet
nba jerseys wholesale
moncler outlet
ugg boots clearance
valentino shoes
michael kors factory sale
rolex watches
kobe bryants shoes 2015
mont blanc
true religion jeans,cheap true religion jeans,true religion jeans wholesale,true religion outlet,true religion sale,true religion outlet online
ray-ban sunglasses
ysl outlet online
louis vuitton outlet
lebron james shoes,lebron 12,lebron 12 shoes,lebron sneakers,lebron iv,lebron 11,lebron 10
hermes outlet online
cheap oakley sunglasses
celine outlet
cleveland cavaliers
football shirts uk,soccer jerseys uk,cheap soccer jerseys uk
ferragamo shoes
pandora charms
ralph lauren,ralph lauren uk,ralph lauren outlet,ralph lauren outlet online,polo ralph lauren outlet,ralph lauren polo
omega watches
michael kors uk outlet
burberry outlet
christian louboutin

Junda Xu said...

20160324 junda
michael kors purses
canada goose outlet
mizuno running shoes
fitflops
toms shoes
valentino shoes on sale
coach purses
cheap jordans
michael kors bags
coach outlet
toms outlet
burberry outlet online
polo ralph lauren outlet
pandora jewelry
kate spade outlet online
nike air max uk
toms wedges
michael kors outlet
true religion jeans
lacoste shoes
oakley sunglasses
calvin klein underwear
longchamp
calvin klein outlet
canada goose outlet
new balance outlet
michael kors outlet online
coach factory outlet
burberry outlet
puma shoes
michael kors bags
christian louboutin uk
coach factory outlet
vans sk8 hi
christian louboutin outlet
ralph lauren outlet
true religion outlet
toms outlet
cartier love bracelet
ecco shoes

Post a Comment