Breaking News

27 January, 2012

Perjuanganku


Saat itu, entah apa yang ada di dalam pikiran saya. Saat ada seorang teman kantor yang menanyakan kesiapan saya untuk menikah, dengan entengnya saya langsung menjawabnya dengan kata-kata,
"Siap saja, asal jodohnya sudah datang."
Jawaban tanpa berpikir yang ternyata dilanjuti dengan keseriusan oleh si penanya. Dia mengkhitbah saya.
Tentu saja jawaban saya ketika itu adalah jawaban tanpa pikir panjang. Jawaban yang tanpa memikirkan usia yang belum genap dua puluh tahun, dan tanpa memikirkan kuliah yang baru menginjak semester kedua.
Dan ketika jawaban istikharah itu menandakan bahwa benar dialah 'orangnya', maka tidak ada alasan bagi saya untuk menolaknya. Dengan mengucap basmallah, saya pun menerima lamarannya.
Maka hal yang sejak awal sudah bisa saya tebak pun terjadi. Orang tua meragukan keputusan penting yang saya ambil karena usia yang dianggap belum dewasa. Dan tentu saja, kekhawatiran akan tidak selesainya kuliah.
Saya sangat memahami berbagai kekhawatiran ini. Karena sebenarnya, di dalam hati, saya pun memiliki kekhawatiran yang sama. Berbagai pikiran bagaimana nanti kalau begini dan begitu terus mengusik saya. Kekhawatiran tentang kuliah yang mungkin saja bisa terputus di tengah jalan.
Maka, ketika berbagai pernyataan menyangsikan keputusan saya, bahkan ketika ada beberapa pertanyaan sumbang tentang pernikahan di usia muda, saya hanya bisa menjawab,
"Bismillah, niat saya baik...."
Jawaban yang sesungguhnya adalah juga penguatan untuk diri saya sendiri. Penguatan dari berbagai pertanyaan orang-orang di luar. Yang sejujurnya, malah semakin membuat saya ragu akan keputusan yang saya ambil.
"Gimana ntar kuliahnya?"
Pertanyaan yang mau tak mau terus menghantui keputusan saya. Tapi seperti yang telah saya katakan, bahwa niat saya baik. Saya ingin menjaga agama dan menjauhkan diri dari fitnah dan zinah.


Cobaan di awal pernikahan
Perusahaan tempat saya selama ini bekerja tutup. Itu artinya, saya tidak lagi berstatus sebagai seorang pegawai. Beruntung suami bertindak cepat dan sudah diterima bekerja di perusahaan lain sebelum sempat menyandang status pengangguran.
Nampaknya, dia begitu bertanggung jawab dengan syarat yang saya berikan sebelum kami menikah : tak apa tak menjadi pekerja tetap, yang penting tetap bekerja. Tapi itu berarti bahwa suami harus memenuhi kebutuhan rumah tangga ditambah biaya kuliah kami berdua, hanya seorang diri.
Mungkinkah?
Maka tak perlu heran jika di masa awal pernikahan adalah masa berhemat bagi kami. Saya hampir tak pernah jajan di kampus. Bahkan setiap kuliah, sebotol air putih selalu berada di dalam tas. Hal yang sama terjadi pada suami. Dia selalu saya bawakan bekal setiap berangkat kerja.
Ini semua kami lakukan tak lain supaya tetap bisa membiayai kuliah. Malu rasanya jika sudah menikah, tapi masih meminta kepada orang tua.
Maka ketika hari itu, di suatu tanggal tua, ketika saya hanya memiliki selembar uang lima ribu Rupiah, saya memutuskan untuk tidak menggunakan uang tersebut. Gajian masih besok, sementara suami pasti membutuhkannya untuk membeli bensin. Namun di saat yang bersamaan, saya juga harus ke kampus karena ada kuis dari mata kuliah yang penting.
Suatu keadaan yang serba salah. Di satu sisi saya membutuhkan uang itu untuk ongkos angkot ke kampus, tapi di sisi lain, suami juga membutuhkannya untuk membeli bensin. Sementara pilihan untuk meminta atau setidaknya meminjam dari orang tua telah saya buang jauh-jauh. Ini rumah tangga kami, ini masalah kami. Saat kami berani memutuskan untuk menikah, itu artinya kami harus berani menanggung segala konsekuensi yang terjadi di dalamnya, tanpa merepotkan orang tua.
Maka setelah berpikir panjang, saya putuskan untuk berjalan kaki dari rumah ibu yang terletak di Pengadegan ke Stasiun Cawang. Waktu itu penjagaan kereta belum ketat, sehingga saya bisa naik kereta tanpa membeli karcis. Turun di Stasiun Cikini, perjalanan saya lanjutkan dengan berjalan kaki menuju kampus yang terletak di Salemba 45.
Ah, sepertinya saya tak akan melupakan pengalaman itu. Perjuangan yang harus saya lakukan demi tetap bisa kuliah. Demi bisa lulus dengan nilai yang baik.

Pertanyaan sumbang (lagi)
Bila di awal pernikahan banyak yang menanyakan hal yang tak enak didengar telinga menyangkut pernikahan dini kami, maka ketika usia pernikahan kami mulai menginjak angka dua tahun dan tanda-tanda kehamilan belum juga nampak, ternyata pertanyaan sumbang kembali muncul. Tapi kini dengan bentuk pertanyaan yang berbeda.
"Kok nggak hamil-hamil?"
Malas rasanya menjawab pertanyaan yang tidak berbobot seperti itu. Saya rasa, tidak ada satu orang pun yang bisa menjawab pertanyaan itu, dan tidak ada seorang pun yang bisa membuat keputusan kapan dia harus hamil.
Saya hanya berpikir, mungkin ini adalah salah satu keringanan dari Allah agar saya bisa menyelesaikan kuliah. Bayangkan betapa repotnya jika Allah memberikan kami amanah seorang anak di saat saya masih dalam keadaan kuliah. Bukan tidak mungkin jika saya akan lebih mengutamakan anak dan mengesampingkan kuliah. Jika hal itu terjadi, maka kegagalan lulus dari kuliah adalah sesuatu yang pasti.
Tapi Allah telah memberi keringanan dan mempermudah jalan saya untuk tetap bisa kuliah dengan belum memberi saya amanah seorang anak. Bukankah kekhawatiran akan gagalnya kuliah, yang begitu digaungkan di awal pernikahan kami?
Maka ketika Allah menjawab semuanya itu dengan memberikan kehamilan tepat di saat saya menyelesaikan tugas akhir, membuat saya semakin yakin bahwa benar Allah mengerti apa yang terbaik untuk saya.
Hingga akhirnya, saya bisa lulus kuliah dengan IPK 3,4 dan dengan kandungan berusia tujuh bulan. Bukankah itu sebuah akhir yang indah?
Ini membuat saya berpikir, bahwa ketika kita yakin yang kita lakukan adalah suatu kebaikan, sementara orang di sekitar meragukan, teruslah melangkah. Tak perlu terlalu dipusingkan dengan apa yang akan terjadi nantinya. Yakinlah Allah pasti akan memudahkan bila kita mengikuti aturannya. Dan jangan pernah ragukan, kalau Allah adalah pembuat skenario paling hebat. Karena Dialah yang paling tahu kapan harus memberikan dan kapan harus menundanya. Dia akan memberikan sesuatu yang baik di saat yang baik pula agar semuanya menjadi baik dan indah pada waktunya.
*****
Tulisan lama, sekedar ingin berbagi. syukur kalau nyangkut di ibu narsis. tapi kayaknya kurang narsis, ya? :)


10 komentar:

Guo Guo said...

yao20150324
mont blanc pens
toms outlet
ray ban
nba jerseys
instyler
christian louboutin
louis vuitton outlet
louis vuitton outlet
pandora jewelry
tiffany and co
coach outlet store online
cheap nhl jerseys
iphone 6 case
thomas sabo uk
kate spade outlet
replica watches
cheap jordans
adidas outlet
ray ban uk
true religion jeans
converse shoes
herve leger dresses
louboutin shoes
salvatore ferragamo
coach factory outlet
cheap snapbacks
polo ralph lauren outlet
nfl jerseys
beats by dre
mont blanc
iphone 6 cases
hollister clothing
cheap oakley sunglasses
adidas wings
abercrombie

Unknown said...

kate spade handbags
lebron 12
nike air max
prada shoes
los angeles clippers jerseys
nike shoes
nba jerseys wholesale
nike air max,air max uk,air max 90,nike air max 90,air max shoes
arthur jones jersey,deonte thompson jersey,courtney upshaw jersey,timmy jernigan jersey,jeromy miles jersey,haloti ngata jersey,joe flacco jersey,steve smith sr jersey
dallas cowboys jersey
cartier love bracelet
north face jackets
atlanta falcons jersey
the north face jackets
air max 90
new orleans saints jerseys
uggs on sale
gucci outlet online
green bay packers jerseys
peter konz jersey,paul worrilow jersey,prince shembo jersey
michael kors handbags
49ers jersey
evening dresses outlet
the north face outlet store
lebron shoes
nike sneakers
nike air max
mbt shoes outlet
north face jackets
nike free run
zhuweiming0626

Nike Free said...

Red Bottom Shoes Red Bottom Heels christian louboutin sale christian louboutin shoes christian louboutin outlet louboutin sale fitflops fitflop sale fitflops clearance fitflops on sale fitflops sale fitflop usa fitflop outlet fitflops discount fitflop uk michael kors outlet online sale michael kors outlet michael kors outlet online michael kors 2015 michael kors outlet michael kors outlet stores michael kors outlet online sale michael kors outlet michael kors outlet online michael kors 2015 michael kors outlet

Minko Chen said...

oakley sunglasses wholesale
ray ban outlet
cheap ray ban sunglasses
ray ban outlet
coach outlet store
coach outlet online
louis vuitton handbags
louis vuitton outlet online
louis vuitton outlet store
louis vuitton handbags outlet
louis vuitton bags
michael kors handbags
michael kors outlet online
michael kors outlet
michael kors outlet
michael kors outlet
prada outlet online
tory burch outlet online
timberland shoes
1027minko

chenlina said...

chenlina20160129
cheap ugg boots
cheap jordan shoes
michael kors outlet
michael kors bag
uggs outlet
cheap uggs
louboutin pas cher
coach outlet online
ugg outlet store
ugg boots
ray bans
timberland outlet
louis vuitton outlet
coach outlet
oakley sunglasses
fitflops
chanel bags
polo ralph lauren
nike free runs
cheap ray ban sunglasses
cheap oakley sunglasses
uggs on sale
coach factory outlet
burberry outlet
hollister outlet
michael kors handbags
christian louboutin shoes
cheap oakley sunglasses
louis vuitton handbags
louis vuitton
canada goose jackets
nike air max
ugg boots
toms outlet
louis vuitton outlet
gucci outlet
jordan concords
mont blanc legend
louis vuitton handbags
ray ban sunglasses
as

Junda Xu said...

20160324 junda
air jordan uk
under armour shoes
louis vuitton uk
ray bans
supra shoes
michael kors outlet
nike huarache trainers
designer bags
fitflops clearance
coach outlet
ray ban outlet
ghd flat iron
michael kors outlet
coach outlet online
ray ban
ralph lauren outlet
running shoes
coach outlet
michael kors outlet online
omega watches
ralph lauren outlet
timberland outlet
fitflop uk
ralph lauren outlet
coach factory outlet
gucci borse
fitflops
nike air max
prada handbags
michael kors uk
toms outlet
omega seamaster
polo ralph lauren
cheap oakley sunglasses
ray ban sunglasses
cheap uggs
christian louboutin
nike air max
chaussure louboutin
coach outlet

fangyaoting said...

fangyanting20160923
ugg boots
rolex watches
replica watches
swarovski jewelry
reebok outlet store
beats by dre
canada goose outlet
nike air max 90
michael kors outlet clearance
celine outlet

John said...

polo ralph lauren outlet
nike free 4.0 flyknit
air jordans
canada goose sale
canada goose
uggs outlet
canada goose jackets
michael kors outlet store
canada goose sale
nike cortez classic
20161013yuanyuan

mmjiaxin said...

kobe shoes
links of london sale
ray ban uk,cheap ray ban sunglasses
oakley sunglasses
nike roshe uk
adidas nmd
cheap rolex watches
michael kors outlet online
nike huarache
tiffany and co outlet online

Gege Dai said...

louis vuitton pas cher
swarovski crystal
cheap jordans
cheap jordans
uggs outlet
michael kors outlet clearance
ferragamo shoes
christian louboutin uk
louis vuitton
uggs on sale
20161129lck

Post a Comment