Breaking News

30 January, 2012

Nyablonnya Enak!



Nyablon yuk! Itulah tema kegiatan kami minggu ini, kegiatan pembinaan untuk anak-anak usia dini dan taman kanak-kanak. Persiapannya menyita sepanjang sore kami di satu hari sebelumnya. Kami sibuk membuat contoh hasil sablonan untuk diperlihatkan kepada adik-adik.

Ternyata dewi fortuna belum berpihak pada kami. Hal-hal yang kami persiapkan kemarin tidak ada yang pantas untuk dipertunjukkan. Karena sepanjang sore dan malam, hujan terus turun dengan derasnya, hasil sablonan kami tidak ada yang kering. Malah menjadi semakin berantakan penampakannya. Sehingga gagallah semua rencana kami.

Waktu tidak banyak lagi yang tersisa. Saat itu sudah pukul tujuh, padahal kegiatan kami rutin dimulai pukul delapan pagi. Setelah mencurahkan ide-ide yang berputar-putar dalam kepala kami, akhirnya diputuskan untuk membuat olahan kue sederhana, semacam bola-bola coklat dari roti mari. Kami rasa itu adalah hal yang paling mungkin dilakukan saat itu. Selain mudah mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan, persiapannya pun tidak memakan banyak waktu.

Alhasil, hari itu adik-adik kami ajak untuk berkreasi dengan roti mari, coklat, meses, susu kental manis, dan sereal. Ada yang mencelupkan roti mari ke lelehan coklat lalu ditaburinya dengan meses warna-warni. Ada juga yang membuat bola-bola dari bubuk roti ditambah susu kental manis, lalu diguling-gulingkan di atas hamparan meses. Ada lagi yang menuangkan lelehan coklat di atas sereal. Semua kreasi itu sungguh menggugah selera.

Hari yang berat namun cukup melegakan, karena adik-adik terlihat senang dan gembira menikmati sajian buatan mereka sendiri, meski apa yang kami sajikan hari itu tidak sesuai dengan tema yang kami janjikan. Hingga kami tertegun saat ada adik yang menyeletuk, "Kak, kapan-kapan kita nyablon lagi ya. Nyablonnya enak!"


diambil dari suatu kisah nyata yang terjadi di kegiatan mentoring mingguan Pembinaan Anak-Anak Salman (PAS) ITB, Bandung


Ternyata membuat cerita

0 komentar:

Post a Comment