Breaking News

25 January, 2012

Namaku Ii

Gak bermaksud narsis walau memang kadang suka terlalu cinta diri sendiri..
Gak juga bermaksud pengen selalu eksis walau memang pengen juga sih sebetulnya (tapi gak pake selalu...ngeleeees :D).
Cuma lagi pengen bercerita tentang sebuah nama kecil binti nama panggilan yang pendek,singkat,padat tapi bisa di pelintir kemana-mana hehehe.

Nama ku Ii. Eh, nama panggilanku tepatnya.Panggilan yang ringkas dibandingkan nama lengkap ku yang kata nenekku dulu,"Sapanjang tali baruak". Maksudnya sepanjang tali beruk, teman-teman. Ini di asosiasikan dengan tali yang mengikat Beruk peliharaan yang biasa di jadikan sebagai pemetik kelapa di ranah Minang sana.Sudah terbayang belum panjang tali nya?

Oke lah kalau belum, ku deskripsikan sedikit ya. Biasanya si pemilik Beruk akan menunggu di bawah sementara si Beruk beraksi di pohon kelapanya. Bergerak dari satu kelapa ke kelapa yang lain. Jika tak hati-hati, kepala si pemilik Beruk atau kepala si pemilik kelapa bisa kena kelapa yang di jatuhkan si Beruk (jadi mabok sendiri nulis kelapa dan kepala hehehe).Tali yang diikatkan di leher si Beruk dan ujung lainnya di pegang oleh si pemilik, sekaligus menjadi semacam 'stir' bagi si Beruk. Ke kiri, ke kanan, lebih naik ke atas atau turun. Jadi, bisa di bayangkan berapa panjang tali yang di butuhkan. Apalagi yang namanya pohon kelapa,kebayang kan tingginya.

Kembali ke soal nama, jangan di kira dua huruf kembar itu tidak bikin aku mesti kasih penjelasan panjang ke banyak orang. Pertanyaan yang paling sering di lontarkan adalah,"Darimana tuh datang nya Ii?". Walau kadang ada beberapa orang yang sudah mengira-ngira tapi tetap menanyakannya.Biasanya, sambil mencari posisi yang paling enak (lha,ini mau ngedongeng atau apa ya?) aku lantas dengan semangat menjelaskan,"Itu dari nama Fithry,yang oleh lidah balitaku dengan seenaknya di ucapkan Pi..ti trus bergeser ke I..ti dan akhirnya bermetamorfosis lagi menjadi I...i".
Gitu deh...

Ii yang simpel tapi kadang di bikin panjang oleh teman-temanku menjadi Iiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii :D. Yang kalau lagi 'kurang ajar' di belok-in jadi I...tik.Atau kalau rasa cinta tanah air temanku lagi muncul, di kumandangkannya namaku menjadi I...indonesia. Sementara aku dengan setengah memaksa selalu bilang kalau Ii itu adalah singkatan dari imut-imut. Yang belakangan jadi bumerang karena temanku bilang imut itu singkatan dari itam mutlak. Jadi aku dua kali itam mutlak. Naseeeeeeeb........

Tapi bagaimanapun, aku sangat lengket dengan nama kecilku itu. Saking akrabnya, seringkali aku jadi 'lupa' dengan nama lengkapku sendiri. Maka terjadilah beberapa kali, orang memanggilku Fithry dan aku gak merasa sebagai yang punya nama,hehehe. Bahkan ketika ayahku sendiri yang memanggil begitu ketika Beliau lagi iseng. Belum lagi kalau yang memanggil "Pit,Fit,Ipit". Makin gak ngeh.

Aku malah kya gak temenan ama nama lengkapku,hehehe. Dan saking asing nya dengan nama 'tali baruak' ku itu, sampai sekarang aku merasa berat lidah untuk membahasakan diri sebagai Fithry. Ribet banget ya :P

Jadi, panggil saja aku Ii. Panggilan yang sama di gunakan oleh keluargaku, teman-temanku, tetanggaku,guru-guru dan dosen-dosenku, dan hampir semua kenalan dekatku. Simpel bukan? 

-duniaii 05072011-








0 komentar:

Post a Comment