Breaking News

31 January, 2012

MEMILIH PENDIDIKAN PRASEKOLAH YANG TEPAT UNTUK ANAK


Mudah2an bermanfaat buat ibu2, meski isinya hanya berupa rangkuman (dan salinan hehehe...) dari buku yang pernah saya pinjam dan baca beberapa tahun y.l. lbh baik diposting aja ya... daripada bulukan di komputer;p  Bahkan juga mungkin ada ibu2 yg pernah baca bukunya?

Pagi itu  matahari bersinar cerah. Seiring berdenyutnya irama kehidupan kota, di bagian timur kota Bandung, tampak deretan mobil dan motor yang diparkir ditepi jalan. Beberapa Ibu turun dari mobil dengan menggandeng anak-anak yang rata-rata berusia 3 sampai dengan 6 tahun.  Dengan penampilan bersih, pakaian rapi dan wajah riang, anak-anak ini berlarian memasuki sebuah rumah berukuran besar dengan halaman luas yang terletak di tepi jalan tersebut. Di halaman rumah tampak berbagai mainan seperti perosotan dan ayunan. Ternyata rumah itu adalah sekolah untuk anak usia taman kanak-kanak dan playgroup.
Seiring meningkatnya kesadaran orang tua akan pentingnya pendidikan anak sejak dini, kebutuhan untuk menyekolahkan anak terutama pada masa-masa golden age (1 – 5 tahun) semakin nyata. Kondisi ini disambut hangat kalangan bisnis dan praktisi pendidikan.  Pendidikan pra sekolah menjamur di sudut-sudut kota yang strategis. Beberapa merupakan cabang atau afiliasi dari pendidikan pra sekolah yang sudah lebih dulu terkenal, baik dalam maupun luar negeri, beberapa yang lain memilih mendirikan sekolah dengan label yang sama sekali baru.
Target orangtua yang dituju bermacam-macam. Hal ini dapat dilihat dari beranekaragamnya pilihan pra sekolah yang tersedia. Ada pra sekolah yang dilengkapi bermacam-macam fasilitas permainan anak yang mutakhir. Ada pula yang hanya  dilengkapi fasilitas sederhana. Ada yang menggunakan sistem pendidikan berdasarkan agama, ada pula yang memakai sistem pengajaran tradisional.
Singkatnya, berbagai pilihan pendidikan pra sekolah tersedia lengkap. Orangtua dimanjakan pilihan yang beraneka ragam. Tinggal menyesuaikan saja antara keinginan dengan isi kantong. Tak pelak lagi, kemampuan finansial memang memegang peran utama. Semakin tebal kocek orang tua, semakin lengkap pilihan yang tersedia bagi mereka. Tentunya, semakin lengkap fasilitas dan metode pendidikan yang ditawarkan maka semakin tinggi biaya pendidikan yang harus dibayar, yang besarnya tergolong wah bagi sebagian orang. Namun demikian, tetap dituntut kejelian orang tua untuk memilih pendidikan pra sekolah yang tepat bagi anak.
Yang harus diketahui,  benarkah pendidikan pra sekolah yang tampaknya bagus dan lengkap itu benar-benar sesuai untuk anak?   Tentu saja ada faktor-faktor yang perlu menjadi  acuan orangtua sebelum memutuskan pendidikan prasekolah yang terbaik bagi anak. Menurut Marian Edelman Borden dalam buku Smart Start: The Parents’ Complete Guide to Preschool Education yang diterbitkan oleh Kaifa, secara ringkas informasi yang perlu diketahui oleh orang tua sebelum menentukan pendidikan pra sekolah untuk anaknya adalah sebagai berikut :
  1. Rasio guru dan murid
Orang tua harus mengetahui apakah kelas pra sekolah tersebut memiliki perbandingan jumlah guru dengan murid seperti yang direkomendasikan, untuk menjamin kualitas dan program pendidikan bagi anak-anak dapat dijalankan dengan baik.

2. Latar belakang pendidikan para staf
Pra sekolah yang baik akan mengutamakan kualitas sumber daya pengajarnya yang profesional serta memungkinkan pengembangan dirinya di dalam sekolah tersebut.

3. Sekolah yang sudah terakreditasi dan memiliki izin dari pemerintah lokal dan pihak yang berwenang termasuk dari departemen kesehatan.

4. Brosur
Telitilah dahulu apakah yang terdapat di brosur sesuai dengan kenyataan yang didapati pada saat orang tua mengunjungi sekolah itu? Apakah program yang diberikan memang sesuai dengan tujuan perkembangan pada tahap perkembangan anak usia pra sekolah ? Pada usia pra sekolah semestinya lebih menekankan hal-hal mendasar, seperti: belajar berbagi, kerja sama, menjelajahi dunia sekitar, menggunakan pancaindra untuk tumbuh secara intelektual, emosional dan fisik

5. Lokasi
Tentukan dengan jelas lokasi yang praktis bagi orang tua dan aman bagi anak. Pertimbangkanlah pilihan lokasi yang paling memungkinkan dan paling sedikit kerugiannya dibandingkan keuntungannya.

6. Lingkungan
Untuk lingkungan dalam kelas, lihatlah apakah ruang kelas cukup luas, bersih, terawat dan tertata dengan baik, memiliki sirkulasi udara yang bagus dan lembab,   pencahayaan yang memadai  serta keamanan yang terjamin?
Untuk lingkungan di luar gedung sekolah harus aman dan terawasi dengan baik  pada saat kedatangan dan pulang sekolah. Juga harus diperhatikan adalah masalah keamanan gedung sekolah, apakah tersedia peralatan yang standar seperti pintu darurat, alat pemadam kebakaran serta alarm kebakaran. Halaman bermain harus memenuhi segala persyaratan dan perlengkapan anak untuk dapat bermain tetapi juga harus aman dan terlindung (berpagar).

7. Para staf pendidik yang bertanggung jawab di sekolah
Meskipun para staf pendidik memiliki gaya  pendekatan dan kepribadian yang berbeda, yang harus diketahui dengan pasti adalah apakah mereka menikmati pekerjaan mereka sebagai guru. Apakah mereka sungguh-sungguh mengabdi  dan mencintai anak-anak ?
Cara guru menangani masa transisi juga perlu diperhatikan,  baik ketika anak baru saja  memasuki lingkungan yang baru/asing baginya atau perpindahan anak dari kegiatan belajar/bermain yang satu ke kegiatan belajar/bermain yang lain. Juga harus diperhatikan oleh orang tua, bagaimana cara guru berkomunikasi dengan anak-anak, yaitu tentang sikap dan penggunaan bahasanya, apakah dia mendengarkan baik-baik cerita, kata-kata atau keluhan anak-anak didiknya. Di dalam ruangan kelas juga dapat dilihat bagaimana disiplin yang diterapkan, bagaimana cara guru menangani situasi yang sulit, misalnya menghadapi anak yang sulit diatur  serta bagaimana hubungan kedekatan  dan interaksi antara guru dengan anak didik. Namun yang perlu diperhatikan secara keseluruhan adalah perhatikan ekspresi anak-anak selama belajar, apakah mereka tampak bahagia, tertarik dan sibuk dengan kegiatannya? Apakah mereka dapat berinteraksi dengan baik antara satu anak dengan anak lainnya? Apabila semua itu sudah tercakup mungkin sekolah itu dapat Anda pilih sebagai tempat yang baik bagi pendidikan pra sekolah anak Anda.

Dari semua hal diatas, hal terpenting adalah Anda harus mengenal kecenderungan karakter dan kebutuhan anak. Apabila anak memerlukan lingkungan yang menekankan sosialisasi dan perkembangan emosi yang baik, Anda dapat memilih pendidikan pra sekolah yang mengutamakan hal tersebut. Demikian pula apabila ingin mengembangkan kreativitas dan aktivitas anak untuk menyalurkan energi anak, maka pendidikan pra sekolah yang menekankan pentingnya kreativitas anak  dapat dipilih.
Nah, sudahkah Anda memilih sekolah yang tepat bagi pendidikan pra sekolah anak tercinta Anda?












1 komentar:

Xiang Nan said...





This is a stylish?Swiss Movement Rolex watch and Louis Vuitton Handbag it has a black dial. But I don’t like it. I’m bound to say.? Let’s talk about theRolex Replica Watch.The most obvious is that the Datejust Replica Watch is out of focus. And yet, despite the fact that critical sharpness on critical elements of a Valentino handbags should be the first consideration, you’d be surprised how often this essential trait of a usable watch picture is absent.

Post a Comment