Breaking News

01 February, 2012

Medis...magis


Tanpa bermaksud ghibah atau hal jelek lainnya, hanya ingin berbagi. Aku yakin dan percaya bahwa ada makhluk gaib yang Allah SWT ciptakan untuk hidup berdampingan dengan kita. Tapi untuk kondisi tertentu, termasuk dalam cerita kali ini, keyakinan itu tidak aku ikuti.

---------------

Suamiku kasih surprise yang tak biasa kali ini,harus di rawat di Rumah Sakit karena suspect demam berdarah. Aku yang masih minim pengalaman untuk urusan rawat-dirawat,bahkan urusan dengan Rumah Sakit, berusaha untuk tetap tenang menghadapinya sendiri. Yaaa... resiko hidup di rantau tanpa kerabat dekat. Sambil mengurus berbagai keperluan suami,satu-persatu keluarga terdekat di kampung halaman ku kabari. Dengan berita yang sama,”masuk Rumah Sakit karena hasil cek darah trombosit menurun”.

Tak ada reaksi yang istimewa. Berbagai saran,”Kasih jus jambu biji, belikan sari kurma, pocari sweat juga bagus,banyak-banyak minum air putih,jangan lupa madu” untuk membantu meningkatkan trombosit dan staminanya, sekaligus pesan agar aku juga menjaga kesehatan. Dan dengan semangat aku menyiapkan dan memaksakan suamiku untuk mengkonsumsinya. Untunglah suami sangat koorporatif, membuatku merasa semakin tenang.

Sampai kemudian datang telepon dari salah satu kakak iparku. Awalnya  hanya menanyakan tentang apa kegiatan adiknya belakangan ini. Aku yang baru saja pulang berlibur dengan suamiku keluar kota, sehabis suamiku menjalani Dinas Luar sebelumnya, menjelaskan dengan tanpa prasangka apa-apa. Sambil kutambahi info,”Kemungkinan kecapekan saja Uni, jadi penyakit mudah datang”.

Tak kusangka, tanggapan yang ku dapat justru membuatku menjadi tak tenang. Berbagai teori penyebab penyakit yang tak biasa bermunculan dari si Uni. Awalnya Uni bilang,”tasapo tu, masuk ke negeri orang gak pakai pelindung diri”. Aku yang sejujurnya tak begitu peduli dengan dugaan itu hanya diam saja sambil sekali lagi mengatakan,”Kecapekan aja itu Uni, soalnya kan lokasi nya jauh sekitar 13 jam perjalanan darat dan kondisi jalan separuhnya rusak berat”. Tapi Uni tetap yakin dengan dugaannya, bahkan dengan menambahkan kata,”Pernah buang air sembarangan juga mungkin tu, lupa minta izin”. Waduh, kemana lagi ini urusannya?

Untuk menetralisir keadaan, dengan nada bercanda aku bilang kalau suamiku kebanyakan makan durian, sampai lupa istri. Tak ku sangka tak kuduga, cerita ku bak pantun yang mesti di balas. Uni bilang,"Tu kan, makan sembarangan di tempat orang. Maka nya jadi tasapo". Nah lho! Suami ku yang belakangan ku ceritakan tentang teori durian itu malah meringis tertawa, karena sama sepertiku ia tak percaya kalau durian membuat makhluk halus jadi menyambangi badannya dan meninggalkan penyakit. O iya,tasapo itu adalah bahasa lokal Minangkabau untuk suatu keadaaan/penyakit yang di percaya di sebabkan oleh makhluk gaib.

Aku yang tak mau berdebat panjang apalagi di telepon hanya diam saja. Ku pikir, biar saja lah Uni dengan pikirannya, yang penting suamiku sudah dalam penanganan tim medis. Dan anjuran Uni untuk mencari berbagai macam daun-yang namanya saja ada yang baru pertama kali ku dengar-tentu saja tak ku laksanakan. Apalagi kalau mesti menyemburkannya ke suamiku. Dalam mimpi pun tak mau aku melakukannya.

Tapi ternyata, urusan dengan  pengobatan ‘alternatif’ ini ternyata belum usai. Bahkan bisa di bilang baru permulaan. Hari ke tiga suamiku di rawat, si Uni datang dari kampung. Melihat kondisi adiknya yang belum pulih dalam perawatan dokter, sepertinya membuat ia semakin yakin kalau penyakit yang di derita tidak bisa di selesaikan secara medis kedokteran. Dan keputusanpun Ia ambil, mau membawa suamiku pulang ke kampung. “Tetap di bawa ke Rumah Sakit di sana, tapi berobat yang itu juga”.

Duh, ‘yang itu’ nya itu yang membuatku tak setuju. Apalagi, kasihan suamiku yang masih dalam kondisi lemas mesti melewati belasan jam perjalanan darat ke kampung. Untung lah suamiku punya pikiran yang sama denganku. Sehingga ketika benteng ketidak setujuan ku masih terus di gerusi oleh senjata keyakinan Uni, bantuan amunisi dari suamiku bisa membuat Uni membatalkan niatnya. Tapi jangan kira Uni jadi hilang akal. Sewaktu akan pulang kembali ke kampung  membawa misi yang gagal, Ia meninggalkan pesan,”Nanti ada teman Uni yang datang bawa obat dan bantu mengobati”. Gubraaaaaaakkkkk……

Aku dan suamiku yang sudah bersekongkol untuk akan menolak obat dari teman Uni mulai bernafas lega karena ternyata si teman itu ternyata tak datang sampai hari ini. Bahkan kabar dari Uni pun tak ada. Aku mulai merasa lega kembali. Bahkan sambil bercanda aku membayangkan, seperti apa jadinya kalau suamiku betul-betul di sembur sana-sini di dalam Rumah Sakit. Apa aku mesti menyiapkan payung, mantel hujan atau benda apa saja untuk menghindari cipratan air (ludah)?

Eeeeeiiittsss, cerita belum usai meskipun teman Uni tak jadi datang. Karena ada kejutan lain yang aku dapatkan melalui sebuah yang  sms dikirimkan abang suamiku yang tinggal di pulau Jawa. Isinya, “Uda sudah lihat-lihat, itu ada yang gak suka sama dia. Ada yang mengirimkan penyakit, teman sekantornya sendiri”.
Tidaaaaaakkkkkkkk!!!!

Ini lebih serius lagi tafsirnya. Salah-salah, penyakit lain yang datang ke diriku dan suamiku. Penyakit hati,karena berburuk sangka dan jadi  mengira-ngira siapa pengirim penyakit nya. Gak ikut-ikut deh Uda. Cukup sampai disini saja aku membuka pintu untuk kemungkinan-kemungkinan magis itu. Kembali ke Dok...terrrrrrr.


*Alhamdulillah, setelah sekitar seminggu di RS sekarang suamiku sudah pulih kesehatannya. Alhamdulillah lagi, tanpa mesti semburan dari siapapun :)*

6 komentar:

Wei Chen said...

QF0805
soccer jerseys
nick foles jersey,eagles elite jersey
oklahoma city thunder jerseys
stuart weitzman sale
hermes outlet store
packers jerseys
lebron shoes
mulberry,mulberry handbags,mulberry outlet,mulberry bags,mulberry uk
true religion outlet, http://www.truereligionoutletstore.us.com
nike free
mulberry uk
ugg boots
phil mcconkey jersey,odell beckham jr jersey,michael strahan jersey,chris snee jersey,larry donnell jersey,peyton hillis jersey,carl banks jersey,lawrence taylor jersey,phil mcconkey jersey,justin tuck jersey,michael boley jersey,chase blackburn jersey
camisetas futbol baratas
air max 2014
north face jackets
true religion outlet
nike outlet
uggs on sale
mont blanc outlet
oakley sunglasses
fivefingers shoes

Fangyaya said...

hollister outlet
ray bans uk
air jordan shoes
gucci handbags
michael kors outlet online
coach outlet store online
oakley canada
ray ban sunglasses
louis vuitton handbags
michael kors outlet clearance
coach outlet
michael kors outlet online sale
true religion outlet
uggs outlet
louis vuitton handbags
adidas nmd
canada goose outlet
moncler coats
adidas originals store
fitflop shoes
uggs on sale
coach outlet online
polo ralph lauren outlet
curry 2
coach factory outlet
burberry outlet
discount jordans
ugg boots outlet
ugg boots uk
louis vuitton handbags
michael kors bags
true religion jeans
ugg uk
coach outlet store online clearances
louis vuitton handbags
uggs on sale
adidas superstar shoes
louboutin sale
cheap jordans
coach factory outlet online
2016.9.14xukaimin

chenlina said...

nike tn pas cher
louis vuitton outlet
mlb jerseys
nike football boots
gucci outlet
christian louboutin outlet
adidas neo
louis vuitton outlet
ugg boots clearance
columbia sportswear
chenlina20170407

raybanoutlet001 said...

patriots jerseys
omega watches for sale
ugg boots
michael kors outlet
oakley sunglasses
christian louboutin
nike huarache
ralph lauren
michael kors outlet
ralph lauren pas cher

GIL BERT said...

omega watches for sale
ugg outlet
gucci outlet
pittsburgh steelers jersey
atlanta falcons jersey
michael kors handbags
omega watches
ferragamo shoes
giants jersey
ralph lauren

fgdfgcvcai said...

canada goose outlet
coach outlet
ugg boots clearance
coach outlet online
michael kors handbags
reebok outlet store
polo shirts
ugg boots
polo ralph lauren
giuseppe zanotti outlet
20171118caihuali

Post a Comment