Breaking News

27 January, 2012

Kenali INDSCRIPT CREATIVE dan Grup IBU-IBU DOYAN NULIS


INDSCRIPT CREATIVE
Bisnis Rumahan Seorang Ibu Rumah Tangga untuk Para Ibu Rumah Tangga



Awalnya Indscript Creative didirikan karena keinginan dari calon Ibu yang ingin total bekerja di rumah. Meninggalkan hiruk-pikuk dunia karir demi mengurus keluarga. Berpikir untuk mencari bisnis apa yang bisa dikerjakan di rumah dan sesuai dengan minat yang dimiliki. Kebetulan hobi dan minat menulis mendorongnya untuk menjadikan profesi menulis menjadi sumber penghasilan. Seiring berjalannya waktu, Indscript Creative pun terus berkembang.
Indscript Creative mulai dibangun pada akhir tahun 2007. Ketika pertama kalinya didirikan, fokus pasar Indscript Creative adalah bidang penerbitan. Indscript Creative memosisikan diri sebagai agensi naskah, yaitu menjadi mediator antara penulis dengan penerbit, antara penerbit dengan penulis. Indscript Creative mengemas naskah supaya lebih cantik dan bernilai jual.
Kini, Indscript Creative memiliki 30 klien penerbit, 4 klien korporat, dan 2 klien Institusi pendidikan. Memiliki kerjasama dengan lebih dari 214 penulis, 5 studio gambar, dan telah menetaskan 400 judul buku di pasar bebas.
Yang unik dari bisnis Indscript Creative adalah konsennya menggarap pasar ibu-ibu. Indscript Creative secara berkala melatih para ibu untuk mengembangkan minat dan bakatnya menulis, untuk kemudian menyalurkannya melalui klien-klien yang bergabung dengan Indscript Creative.
Beberapa program yang telah berjalan adalah pelatihan 3 Jam Bisa Menulis untuk Para Ibu yang bekerjasama dengan Rabbani cabang Buah Batu selama 6 Gelombang dan Rabbani, Rawamangun, Jakarta sebanyak 2 gelombang. Indscript Creative juga menyelenggarakan kursus menulis secara online yang telah berlangsung sebanyak 6 gelombang. Selain itu untuk meningkatkan skill para calon penulis, tidak jarang Indscript Creative melakukan pelatihan-pelatihan untuk berbagai komunitas, misalnya pelatihan menulis untuk para dosen di UNISBA, arisan ibu-ibu, pelatihan menulis untuk anak di panti asuhan, pelatihan menulis untuk mahasiswa/i dan panggilan pelatihan menulis dari SD/TK untuk para guru.
Kini, Indscript Creative mewadahi grup Ibu-ibu Doyan Nulis yang kini memiliki jumlah anggota sebanyak hampir 4000 orang ibu (IIDN 1 dan IIDN Interaktif). Pada setiap kesempatan penulisan, Indscript Creative lebih memilih menggunakan SDM Ibu Rumah Tangga.


Berikut adalah testimoni dari para penulis Indscript Creative...


Indscript Creative membuat saya bersemangat menulis. Buku solo saya yang pertama terbit setelah bergabung dengan mereka. Pelatihan-pelatihan yang saya ikuti membuka wawasan saya mengenai kepenulisan. Saya juga belajar menulis skenario dari pelatihan tersebut. Indscript Creative memang hebat! Saya takkan ingin berhenti menulis karenanya.

(Fitha Chakra, Penulis Buku Anak, Depok)


Indari membuat saya tergerak menekuni dunia menulis secara serius. Meskipun ada sedikit keraguan untuk memulai ketika itu, tapi ia tak henti menyemangati saya. Sejak saat itu naskah demi naskah terus berdatangan. Ide dan inspirasi menulis makin hari makin mengalir deras seiring kualitas tulisan yang bertambah baik. Terima kasih banyak kuucapkan untuk adikku yang hebat ini. Semangat, tekad, ketekunan, dan kerja kerasnya menjadi inspirasi bagi saya dan banyak orang. Be inspired, stay positive.
(Astri Novia, Penulis Buku Populer, Bandung)

Pertama kali saya tahu Indscript Creative karena dikenalkan oleh teman. Setelah gabung, saya langsung merasa nyaman. Indari, owner-nya, ramah dan friendly. Dalam waktu singkat, saya dan Iin menjadi akrab seperti sudah lama kenal. Lalu, yang paling penting adalah bahwa bergabung bersama Indscript jadi sering diorder untuk membuat naskah.
(Nunik Utami, Penulis Buku Anak, Jakarta) 

Bagi saya, indscript itu sahabat sejati yang membantu banget. Saya nggak perlu capek2 mikirin penerbit, nentuin tema, bikin perjanjian dan urusan tetek bengek lainnya. Saya cukup fokus nulis saja, lainnya...serakan pada ahlinya :) (whoaaaa....iklan banget ya :)
(Firmanawaty Sutan, Penulis Buku Sains dan Life Skill, Jakarta)

Indscript sangat membantu saya dalam mengembangkan potensi dan kemampuan dalam menulis. Dengan bantuan dan profesionalisme Indscript, saya menjadi sangat terbantu dalam menerbitkan buku dengan kualitas terbaik. Selain itu, Indscript sangat membantu saya dalam meningkatkan angka kredit jabatan peneliti :D. Sukses selalu buat tim Indcript.
(Hanif Fakhrurroja, Penulis IT dan Bisnis, Bandung)

Dulu, aku sering kebingungan untuk nyalurin ide-ide tulisan yang udah numpuk di file dan di kepala. Mau langsung ke penerbit ga pede. Tapi setelah ada Indscript, ga gitu lagi. Jelas, kini semua ide bisa dicairkan menjadi penghasilan yang tidak sedikit. Apalagi untuk ukuran ibu-ibu pengangguran macam aku. Setiap bulan, Indscript selalu memberiku penghasilan. Jadi makin ogah deh kerja kantoran lagi. Yuk berkarya di rumah via Indscript :p
(Nia Haryanto, Penulis Sains dan Kesehatan, Bandung)


So, jangan tunggu lama lagi segera bergabung dalam naungan agensi naskah kami!
Kirimkan lamaran dan CV Anda ke:

indscript.creative@gmail.com
subject: LAMARAN PENULIS

atau

kirim via pos ke
Indscript Creative
Jl. PLN Dalam I No.1/203D
Moh Toha - Bandung
Telp. 022-5229415

atau

datang langsung ke alamat kami juga boleh ^^...kita bisa saling menjajagi satu sama lain kan kalau datang?:))



KENALI GRUP IBU DOYAN NULIS

Berikut adalah nama KORWIL IIDN di berbagai belahan Indonesia dan Dunia :)

NASIONAL
Indari Mastuti, memegang kepengurusan secara nasional, informasi secara nasional akan saya share pada pengurus per wilayah

JAKARTA
Ida Widayanti, Wilayah Jakarta Selatan

SUMATERA
Evi Andriani, Wilayah Medan 
Neti Suriana, Wilayah Riau
Alen Chi, Wilayah Palembang
Milda Solihin, Wilayah Bengkulu
NaqiyyahSyam Full, Wilayah Lampung


JAWA BARAT
Dyah Prameswarie, Wilayah Bandung
Fitry Laila, Purwakarta dsk
Irzi Gunawan Azzahra, Tasikmalaya dan sekitarnya

JABODETABEK
Ita Puspitasari, Wilayah Depok dan Bogor
Deka Amalia, Wilayah Tangerang
Levina Nyt Siwaletta, Wilayah Bekasi

JAWA TENGAH
Dewi Rieka, WilayahSemarang
Bu Lan, Wilayah Solo

SULAWESI
Erlina Ayu, Makasar

KALIMANTAN
Rf Dona, Wilayah Samarinda
Tri Wahyuni, Kalimantan Timur
Syafalikah Azizah, Balikpapan

JAWA TIMUR
Afin Murtiningsih, Surabaya dsk

LUAR NEGERI
Nurul Asmayani, Luar Negeri

KENALI GRUP IBU-IBU DOYAN NULIS

Kapan grup ibu-ibu doyan nulis dilahirkan?
Mei 2010

Siapa Pendirinya?
Indari Mastuti

Apa Tujuan Didirikan?
Untuk melejitkan produktifitas para ibu di bidang Penulisan.

Berapa jumlah anggotanya per tanggal 14 Mei 2010?
1.882 orang ibu (IIDN 1) dan 1.570 (IIDN - *Interaktif)

Mengingat manfaat grup ini harus terus ditingkatkan, maka, saya selaku pendiri grup merasa perlu untuk memiliki Kordinator di masing-masing wilayah. Setelah, berdiskusi banyak dengan para ibu yang mengajukan diri menjadi kordinator wilayah maka kami sepakati hal-hal berikut ini:

KEWAJIBAN Kordinator wilayah meliputi:
  1. Korwil berkewajiban untuk membantu ibu-ibu yang belum menjadi anggota untuk mengedukasi tentang grup ini dan mengundangnya masuk.
  2. Memotivasi Ibu-ibu yang tergabung di group (khusus di wilayah yangg dipegang) untuk produktif menulis.
  3. Menjembatani komunikasi antara pengurus pusat dan wilayah.
  4. Menjadi penanggungjawab ketika diadakan kegiatan secara online ataupun offline seperti misalnya kopdar atau pelatihan-pelatihan, hingga  mengadakan bedah buku.
  5. Mengulas tentang grup ibu doyan nulis dan mengirimnya ke media masa.
  6. Menggagas dan menjadi koordinator jika pusat mengadakan proyek antologi khusus wilayahnya masing-masing.
  7. Menggagas bakti sosial demi peningkatan skill ibu, misalnya mengadakan bagi-bagi buku pada ibu-ibu kurang mampu.
  8. Mendata semua anggota grup di wilayah masing-masing meliputi data: nama, alamat, no kontak/hp, email, website, background pendidikan.
  9. Menjaga nama baik grup Ibu-Ibu doyan Menulis dan bersedia bekerjasama serta berkoordinasi dengan korwil lainnya ketika menyelenggarakan setiap kegiatan di Grup.
  10. Menjadi Penanggungjawab pada setiap even yang diselenggarakan oleh pusat. Misalnya, pembuatan ANTOLOGI perwilayah.

HAK Kordinator Wilayah:
  1. Mendapatkan informasi yang jelas dari pusat mengenai berbagai penyelenggaraan kegiatan.
  2. Memiliki hak untuk berkoordinasi dan berkomunikasi dengan anggotanya terkait dengan kegiatan yang diagendakan dalam Grup Ibu-ibu doyan menulis dengan cara yang efektif menurut korwil dan anggotanya. Adapun media yang digunakan bisa membuat grup ibu doyan nulis per wilayah,  melalui kegiatan offline , milis, atau media apapun.
  3. Memimpin anggota wilayahnya, mengkoordinasi dan berkomunikasi dengan pusat, antar wilayah dan anggota.
  4. Berhak mendapatkan informasi tentang materi kepenulisan, informasi lomba dari pusat ataupun wilayah lain.
  5. Berhak terlibat dalam pembuatan proyek kepenulisan baik dari pusat ataupun wilayah itu sendiri.
  6. Mendapatkan award (saya akan mencari korwil terbaik setiap tahunnya) dengan hadiah istimewa. Penilaiannya meliputi hal-hal berikut ini:
- berapa jumlah ibu yang bergabung di wilayahnya, makin banyak ibu makin bagus
- berapa press release yang dikeluarkan mengenai grup (promosi grup)
- inisiatif dan kreatifitas mengurus wilayah/membuat program melejitkan produktifitas ibu
- komunikasi yang dilakukan dengan korwil yang lain dan pusat


TATA TERTIB ANGGOTA IIDN
1. Setelah ikut di IIDN pusat, carilah KORWIL dan bergabunglah di grup wilayah masing-masing.
2. Tidak diperkenankan promo bisnis kecuali REKOMENDASI BUKU atau JUAL BUKU :)
3. Mendaftar diri kepada koordinator wilayah agar mudah di data sehingga bisa mengikuti antologi yang ada dan latihan kepenulisan yg di adakan di wilayah serta kegiatan lainnya.
4. Hanya boleh memposting 1 TULISAN dalam 1 HARI, mengingat banyaknya jumlah anggota yang memposting setiap hari.
5. Jika memposting tulisan dari blog, lebih baik yang diposting LINK blognya daripada diposting di dokumen grup.


KENALI INDSCRIPT CREATIVE dan IBU-IBU DOYAN NULIS

Saya banyak menerima pertanyaan mengenai " apakah Indscript Creative itu menyalurkan penulis ke PENERBIT atau bergerak secara INDIE PUBLISHING?"

Berikut saya copas pertanyaan mbak Rima Ria Melati:
"Assalamu'alaikum. Mba Iin, sebelumnya minta maaf kalau tidak nyaman dgn pertanyaan saya.
Sebenarnya IIDN itu utk apa ya? Apakah IIDN semacam agency yg mempertemukan penulis dgn penerbit?
Sy ingin tahu (mungkin yg lain jg ada yg ingin tahu), spt apakah sistem publikasi tulisan/naskah para ibu ini? Apakah ditawarkan kpd penerbit ataukah menyeleksi naskah yg temanya sesuai kemauan penerbit? Dan bagaimana dgn imbal hasil bagi pemilik naskah yg lolos seleksi? Apakah ada rumus %tasenya?
Lalu soal buku keroyokan yg diterbitkan scr indie, bgmn sistem penjualannya? Lalu apakah kemudian penulis jg mendapatkan hasil jualannya?
Ini semua tdk tampak di wall grup maupun docs. Jd sy bingung dan ga bs jawab pas ada yg nanya sama sy "kamu dpt berapa dr pemuatan naskah kamu?" :D
Jika berkenan, barangkali bisa diposting di docs grup. Makasih sebelumnya ya Mba Iin. Jgn kapok sy tanyai ya..."

Dan apakah ibu-ibu yang lain mengalami kebingungan yang sama? :)

BAIKLAH,  akan saya jawab ya...

INDSCRIPT CREATIVE merupakan AGENSI NASKAH bukan INDIE PUBLISHING. Kami merupakan mediator antara Penerbit dan Penulis, atau Penulis dengan penerbit. Apabila Penerbit sedang mencari penulis untuk membuat salah satu buku pilihannya, maka penerbit bisa menghubungi Indscript Creative untuk mencarikan penulis dan mengemas naskah yang diinginkannya menjadi lebih CANTIK :). Kemudian, apabila ada penulis yang memiliki naskah yang 'ngedon' di komputer atau punya ide tentang sebuah buku, maka kami bisa bantu promosikan ke penerbit untuk diterbitkan (Tentu saja diterbitkan melalui proses seleksi yang sangat ketat). So, Intinya adalah Indscript Creative adalah Agensi naskah bukan Indie Publishing. Kami bekerjasama dengan 30 Penerbit di Indonesia untuk menyalurkan karya-karya TERBAIK para penulis.
Bagaimana sistem pengimbalannya jika Ibu-ibu lolos menjadi penulis pilihan kami yang akan kami salurkan ke penerbit?
Ada dua skema pengimbalan, yaitu:
1. FLAT FEE atau jual putus.
Flatfee atau jual putus artinya kami akan membeli naskah ibu-ibu dengan beberapa harga (menyesuaikan dengan tema dan kesulitan membuat naskah). Berapa: Mulai dari 10rb/hal hingga paket senilai 6juta/buku.
2. ROYALTY
Royalty artinya melalui perhitungan 10% dari berapa harga buku serta penjualan buku terjual. Misalnya begini, harga buku 25rb, makan royalty yang berhak didapatkan 10%nya yaitu 2.500. Nah, kemudian hitung berapa buku terjual selama periode 6 bulan, misalnya 1000 eks. Maka ibu berhak mendapatkan 2.500 x 1000 = 2.500.000,- selama 6 bulan. ^ bulan berikutnya ya dapat lagi dong....terus dapat selama buku itu masih laku terjual.
Nah, karena ibu masuk melalui agensi kami, maka royalty akan berbagi dengan kami, berapa? Pembagiannya adalah sebagai berikut 3% untuk Agen, 7% untuk penulis. Kadang-kadang ada juga pembagian hingga 5% dan 5%, semua menyesuaikan dengan tingkat kesulitan agensi dalam membantu penulis menggarap naskah. Misalnya, kami yang harus menyediakan foto/gambar/ dll untuk kelengkapan buku.

Kerjasama antara PENERBIT, AGENSI, dan PENULIS akan diatur dalam 1 kontrak kerjasama yang dikeluarkan oleh penerbit. So, transparan banget masalah pembagian royalty dllnya. bahkan royaltypun langsung ditransfer oleh penerbit, bukan oleh Indscript Creative.
Saat ini kami sudah lebih dari 400 judul buku yang kami TERBIT di berbagai penerbit klien kami.
Jadi... kalau saya POSTING INFORMASI mengenai kebutuhan judul buku dan penulis, maka itu adalah menerbitkan buku para penulis. Mulai dari penulis yang sudah jam terbangnya tinggi hingga penulis pemula. Seruuu ya?:)

KEMUDIAN, kenapa akhirnya saya mendirikan GRUP IBU-IBU DOYAN NULIS (IIDN)  pada bulan Juni 2010? Tidak lain karena kebutuhan kami untuk mengemas buku cukup besar, so, kami harus terus HUNTING penulis-penulis untuk menggarapnya. Saya berpikir untuk melatih para ibu dan menyalurkannya ke penerbit dengan satu tujuan yaitu PRODUKTIFITAS. Produktifitas para ibu meningkat, produktifitas Indscript meningkat, dan tentu saja produktifitas penerbitpun meningkat. Grup IIDN terus berkembang, kini beranggotakan lebih dari 1.800 orang dan telah menelurkan banyak penulis baru dari berbagai tema buku. Kemudian saya mendirikan IIDN-Interaktif dengan satu tujuan, agar saya bisa berkomunikasi secara langsung dengan para anggota (karena kelemahan IIDN pertama adalah INFO satu arah dari saya.) dan ternyata hasilnya LUAR BIASA! banyak ibu-ibu yang berpotensi menjadi penulis. Ibu-ibu memang HEBAT! tulisannya HEBAT! dan, semangatnyapun HEBAT! Kini, IIDN - Interaktif telah beranggotakan 1.406 ibu, 100% WOMAN! hebat ya....terimakasih ya, ibu-ibu sayang...

Itu sekilas tentang Indscript Creative dan Grup kita tercinta ini.

Sekali lagi,  Indscript Creative MENYALURKAN penulis ke penerbit dengan standar pengimbalan yang sudah ada. Untuk ibu-ibu yang ingin disalurkan ke penerbit, maka bisa berhubungan dengan saya. dan, postingan saya tentang informasi JUDUL dan KEBUTUHAN PENULIS adalah MURNI untuk kebutuhan PENERBIT.

Demikian ya ibu-ibu teruuuus semangaaaaaaaaaaaaaaat! :)


Salam Sayang,
Indari Mastuti

Dimana sih alamat Indscript Creative:
Jl. PLN Dalam I No.1/203D
Moh Toha - Bandung
Telp/fax: 022-5229415
Email: indscript.creative@gmail.com





6 komentar:

Guo Guo said...

yao20150324
mont blanc pens
toms outlet
ray ban
nba jerseys
instyler
christian louboutin
louis vuitton outlet
louis vuitton outlet
pandora jewelry
tiffany and co
coach outlet store online
cheap nhl jerseys
iphone 6 case
thomas sabo uk
kate spade outlet
replica watches
cheap jordans
adidas outlet
ray ban uk
true religion jeans
converse shoes
herve leger dresses
louboutin shoes
salvatore ferragamo
coach factory outlet
cheap snapbacks
polo ralph lauren outlet
nfl jerseys
beats by dre
mont blanc
iphone 6 cases
hollister clothing
cheap oakley sunglasses
adidas wings
abercrombie

Anonymous said...

kobe 8
louis vuitton
fitflops sale
michael kors canada
jordan 6 rings
oakley sunglasses
air jordan 4
christian louboutin shoes
mont blanc legend
abercrombie store
coach factory
michael kors outlet
michael kors outlet online
ralph lauren uk
louis vuitton handbags
adidas wings
michael kors handbags
louboutin
michael kors
lululemon outlet
michael kors outlet
red bottom shoes
coach outlet
20150403keyuanyuan

Unknown said...

kate spade handbags
lebron 12
nike air max
prada shoes
los angeles clippers jerseys
nike shoes
nba jerseys wholesale
nike air max,air max uk,air max 90,nike air max 90,air max shoes
arthur jones jersey,deonte thompson jersey,courtney upshaw jersey,timmy jernigan jersey,jeromy miles jersey,haloti ngata jersey,joe flacco jersey,steve smith sr jersey
dallas cowboys jersey
cartier love bracelet
north face jackets
atlanta falcons jersey
the north face jackets
air max 90
new orleans saints jerseys
uggs on sale
gucci outlet online
green bay packers jerseys
peter konz jersey,paul worrilow jersey,prince shembo jersey
michael kors handbags
49ers jersey
evening dresses outlet
the north face outlet store
lebron shoes
nike sneakers
nike air max
mbt shoes outlet
north face jackets
nike free run
zhuweiming0626

John said...

201594yuanyuan
hollister kids
coach outlet
uggs outlet
ugg boots
new jordans
louis vuitton handbags
jordans
tods shoes
louis vuitton handbags
oakley vault
abercrombie and kent,abercrombie fitch,www.abercrombie.com,abercrombie fitch,joe abercrombie,abercrombie uk
toms shoes
nike air max uk
michael kors handbags
louis vuitton
jordan 6 black infrared 2015
burberry handbags
louis vuitton handbags
tommy hilfiger outlet
ugg boots
michael kors outlet online
timberland uk
adidas original trainers
celine outlet
kobe bryant shoes
michael kors handbags
adidas superstar shoes
louis vuitton
oakley outlet
ghd hair straighteners
michael kors outlet online

mmjiaxin said...

north face outlet store, http://www.thenorthfaceoutletstores.org/
ralph lauren,polo ralph lauren,ralph lauren outlet,ralph lauren italia,ralph lauren sito ufficiale
nfl jerseys, http://www.cheapnfljerseys.org/
chanel outlet, http://www.chanelhandbags-outlet.co.uk/
christian louboutin outlet, http://www.christianlouboutinonline.us.com/
michael kors uk, http://www.michaelkorshandbag.co.uk/
giuseppe zanotti, http://www.giuseppe-zanotti-outlet.org/
cheap jordan shoes, http://www.cheapjordanshoes.in.net/
nike running shoes, http://www.nikefreerunning.org/
lululemon outlet, http://www.yogapants.us.com/
colts jerseys, http://www.indianapoliscoltsjersey.us/
timberland shoes, http://www.timberlandboots.name/
nba jerseys, http://www.nbajerseys.net/
abercrombie and fitch, http://www.abercrombie-fitch-hollister.fr/
nike free, http://www.nikefree5.us/
insanity, http://www.insanityworkout.us.com/
true religion jeans outlet, http://www.truereligionjeansoutlets.us.com/
rolex watches for sale, http://www.rolexwatches.in.net/
wedding dresses uk, http://www.weddingdressesoutlet.co.uk/
kansas city chiefs jerseys, http://www.kansascitychiefs.us/
mm0925

Minko Chen said...

fitflop sale
ralph lauren outlet
ralph lauren polo
polo shirts
nfl jerseys
mlb jerseys
snapbacks wholesale
rolex watches,rolex,watches for men,watches for women,omega watches,replica watches,rolex watches for sale,rolex replica,rolex watch,cartier watches,rolex submariner,fake rolex,rolex replica watches,replica rolex
tiffany and co
pandora outlet
thomas sabo outlet
herve leger dresses
longchamp handbags
links of london jewellery
swarovski crystal
air force 1 shoes
lacoste shirts
soccer jerseys wholesale
mcm backpack
air max shoes
1027minko

Post a Comment