Breaking News

25 January, 2012

Dari Sperma Sapi Turun ke Hati


Sejarah
Awal cerita bermula pada tahun 2005 ketika kakakku satu-satunya berhasil menamatkan kuliah. Seperti para Fresh Graduated kebanyakan, dia mulai berpetualang mencari pekerjaan dari perusahaan satu ke perusahaan yang lainnya. Teryata setelah menyebar lamaran pekerjaan ke berbagai macam instansi dari mulai yang negeri, BUMN sampe swasta, kakakku belum jua menemukan hasil yang memuaskan dengan alasan yang relatif sama, Para perusahaan itu tidak menerima seorang fresh graduated yang telah berkeluarga. Kakakku memang memutuskan untuk menikah muda di tahun 2002 dan telah memiliki seorang buah hati yang begitu manis. Keputusan menikah muda yang dia ambil bukanlah keputusan yang didasarkan pada emosi sesaat melainkan sebuah keputusan berdasarkan pertimbangan yang cukup kuat yaitu dia sudah merasa mampu mandiri dan bisa menafkahi keluarga karena memang jiwa bisnisnya telah tampak sejak jaman dia masih kuliah.  Namun setelah lulus kuliah kakakku sempat terfikir ingin mencicipi dunia kantor seperti para sarjana baru lainnya, tetapi setelah puluhan perusahaan memberi keputusan yang sama dengan alasan yang relatif mirip akhirnya kakakkupun berfikir untuk membuka lapangan kerja saja.

Sejak saat itu, kakakku mulai mencari peluang bisnis baru yang kira-kira masih minim pesaing. Kakakku mencoba berdiskusi dengan banyak pihak termasuk aku yang saat itu masih bersibaku dengan urusan kuliah. Untuk sekedar info, pada saat itu, Ayah kami telah tiada karena telah kembali kepada-Nya di tahun 2003 secara dadakan sementara Aku adalah anak ke-2 dari 5 bersaudara dan ke-3 adikku masih sangat belia. Jadi semenjak Ayahku meninggal, kakakku dan aku memang memikul sebuah tanggung jawab untuk mendampingi ibu kami membesarkan ke-3 adikku.

Selain berdiskusi denganku, Kakakku juga berdiskusi dengan teman, kerabat dan para saudara. Kebetulan salah seorang tante kami adalah seorang sarjana peternakan. Dia memberi saran dan ajakan untuk bekerja sama. Menurut tanteku menjadi distributor utama sperma sapi itu meguntungkan. Karena mulai banyak peternak dan dokter hewan yang melakukan inseminasi buatan alias kawin suntik pada sapi.  Sama seperti ibu-ibu semua, kala itu aku dan kakakku takjub mendengar kata “Sperma sapi” karena kami kuliah di jurusan yang sama sekali tidak nyambung dengan bidang “Sperma Sapi” itu. Menurut Tante kami, bisnis itu masih jarang pesaing karena memang masih sedikit sekali pihak swasta yang menjual barang unik itu, semetara Indonesia adalah negaranya para peternak dan banyak sekali daerah-daerah yang memiliki bibit sapi kualitas tinggi.

Indonesia dianugerahi daerah pegunungan dan dataran tinggi yang berhawa sejuk dan pedesaan di mana di daerah-daerah tersebut, selain bermata pencaharian sebagai petani, sebagian penduduknya juga bermata pencaharian sebagai peternak. Mulailah kami merancang konsep bisnis yang tepat karena bisnis jenis ini merupakan bisnis yang sangat spesifik dan segmented. Kami merasa harus benar-benar membuat rancangan dan ramalan tentang bisnis ini. mulai dari pemilihan tempat sebagai basecamp, modal awal, target pasar, suplier sperma berkualitas baik, pihak yang ditunjuk sebagai penanggung jawab hingga tantangan, cobaan, ujian dan kendala yang akan timbul di kemudian hari.  Bisnis ini jelas berbeda dengan bisnis pakaian, makanan atau aksesoris yang target pasar dan kendalanya lebih mudah diramalkan dan bisa dipelajari dari bisnis sejenis yang telah lebih dulu berdiri.

Perjalanan Bisnis & Info Singkat
Akhirnya kami memilih salah seorang dokter hewan yang kebetulan kami kenal untuk membantu kami sebagai penanggung jawab dan teman diskusi dengan system gaji, karena urusan seperti ini tentu membutuhkan seorang tenaga ahli. Setelah berdiskusi dengan beliau, kami mengambil kesimpulan bahwa produk sperma sapi terbaik adalah hasil dari BIB (Badan Inseminasi Buatan) lembang-Bandung.

Sementara berdasarkan analisa mengenai target pemasaran, kami memilih kota Jogja sebagai basecamp kami mengingat target pasar awal yang kami tuju kami adalah para dokter hewan dan peternak local yang berdomisili di Jogja dan sekitarnya, Jawa tengah juga Jawa timur. Pembagian tugaspun berjalan lancar. Kakakku dan kakak iparku hijrah ke jogja, mengurus kantor di sana sementara aku yang kebetulan baru selesai kuliahpun tetap berada di Bandung dan bertugas mengecek barang.

Bisnis kamipun resmi berdiri pada bulan mei tahun 2006. Pada awal perjalanan bisnis kami, bisa dibilang hampir semua jenis sperma sapi kami sediakan seperti simental, limousine, friensten, ongole, brahman dan brangus yang merupakan persilangan antara sapi brahman dan angus.
Pasti semua penasarankan bagaimana cara mendapatkan sperma sapi berkualitas baik. Sperma sapi yang berkualitas baik adalah sperma sapi yang berasal dari daerah pegunungan yang sejuk dan dihasilkan pada pagi hari sebelum jam 9 pagi.

Caranya? Sapi jantan di pancing (Maaf) birahinya dengan mendatangkan sapi betina yang dia suka lalu setelah pada titik “puncak” sang pejantan, sibetinapun ditarik dan digantikan sebuah alat berbentuk seperti alat kelamin sapi betina. Pada saat sapi jantan sedang di titik puncak, dia tidak akan menyadari kalau si sapi betinanya sudah diganti oleh alat yang berbentuk seperti alat kelamin sapi betina, nah dalam wadah itulah sperma sapi ditampung.  
Nah untuk penyuntikan si sperma sapi jantan ini dilakukan tergatung masa ovulasi sapi betina yang biasanya terjadi sekitar 10-12 jam setelah masa birahi, dengan menggunakan suntikan khusus tentunya.

Untuk menjaga kualitas sperma sapi, kami menyimpannya dalam wadah yang bernama container, berbentuk tabung berukuran sedang dengan pelapis besi yang tebal. Didalamnya diberikan cairan nitrogen yang bersuhu minus 100 derajat celcius.
Bisnis yang dibangun dengan modal seadanya namun menggunakan persiapan yang cukup matang ini berjalan lancar. Kami mengambil keuntungan sekitar 1000-2000 perak perdosis (sudah termasuk perhitungan biaya kirim dan operasional hingga sperma ini sampai ke kota jogja dengan selamat). Untuk sekedar info, Takaran buat sperma sapi ini dihitung dalam bentuk dosis.

Kami begitu mencintai bisnis unik ini, selain masih minim competitor, ternyata dengan adanya kami, para dokter hewan dan para peternak local di daerah-daerah yang kami jadikan target operasionalpun merasa sangat terbantu, mereka bias mendapatkan sperma sapi hasil BIB Lembang dengan praktis karena kami menyediakan jasa service berupa antar barang hingga ke tempat.

Seiring berkembangnya bisnis ini, kakakku pun mulai mencicil mobil selain untuk kendaraan pribadi, berfungsi juga sebagai operasional bisnis di tahun 2009. Namun seiring dengan berjalannya waktu, mulai muncul competitor-kompetitor dengan modal dan latar belakang yang jauh lebih kuat tetapi kami tidak pernah takut.

Tantangan
Seiring dengan berjalannya waktu, berkembang pula lah saingan kami. Bisnis bidang ini mulai dilirik para orang yang mengerti tentang dunia sapi. Pelanggan kami mulai hilang satu persatu disabotase para competitor tersebut tetapi kami tetap berusaha, bersabar dan berfikir bagaimana caranya agar bisnis ini tetap berjalan lancar. Menurut kami yang namanya “Follower” itu bukan berarti pecundang tapi terkadang mereka bisa menjadi juara dalam persaingan bisnis, maka tak pernah sekalipun kami meremehkan mereka. Konsep mereka jelas lebih matang dan mereka pun telah berhasil mencuri ilmu dan menganalisa kelemahan kami belum lagi latar belakang dan modal mereka jauh lebih kuat ketimbang kami.  Pertengahan tahun 2009, bisnis kami mulai goyah selain karena kebijakan baru BIB yang sedikit berubah, kami pun mulai kehilangan pelanggan lantaran pelanggan kami berpindah kepada saingan kami. Salah satu saingan terberat kami adalah mantan pelanggan setia kami yang telah berhasil mensabotase pelanggan kami yang lain. Rata-rata pendapatan kamipun mulai menurun.
Setelah memutar otak demi mengatasi krisis ini, akhirnya kami menemukan sebuah cara yang lagi-lagi unik karena sebenarnya pemekaran bisnis ini tidak semuanya berhubungan dengan sperma sapi. Kami mulai berinvestasi dua ekor sapi, Selain itu kami mulai menyediakan container dan cairan nitrogen, dan yang terakhir dan benar-benar tidak berhubungan dengan si sperma sapi adalah Kami membuka sebuah kafe sederhana di depan rumah Eyang kami di Jogja yang kebetulan menjadi basecamp bisnis kami. Basecamp itu terletak di jalan AM. Sangaji No 62 Yogyakarta (Buat IIDN Jogja nanti kalau aku pulang ke jogja, kita bertemu dan berkumpul di kafe kami yuk, aku yang menjamu deh).

Penambahan bisnis kami dan Kafe itu dibangun atas hasil dari keuntungan penjualan sperma sapi yang kami kumpulkan, sebelum keuntungan itu habis lantaran harus menutupi kebutuhan operasional saat goyah ditambah pinjaman modal dari sebuah bank yang menyediakan fasilitas kredit bagi pengusaha. Yang ada di pikiran kami saat itu adalah, dengan berdirinya sebuah kafe, maka kami akan mendapatkan perputaran uang baru plus bisa sekaligus menjamu para pelanggan dan mantan pelanggan sperma sapi kami. Sementara sperma sapi yang kami jual juga tidak sekumplit dulu, mulai tahun 2009 kami hanya menyediakan jenis sperma limousine dan simental. Namun secara mengejutkan apa yang kami harapkanpun sungguh-sungguh terjadi, kafe kami lumayan ramai dikunjungi anak gaul jogja dengan konsep kafe yang kami buat sedikit berbeda dari kafe yang telah ada dan lebih menakjubkannya lagi acara silaturahmi antara kami dan para pelanggan dan mantan pelangganpun benar-benar terjadi, mantan pelanggan kamipun kembali karena mereka nyaman mendapat jamuan di kafe kami. Sehingga silaturahmi kembali terjalin bahkan lebih akrab dari sebelumnya. Akhirnya kami mempunyai bisnis yang lebih variatif, selain menjual sperma sapi beserta container dan nitrogennya, kamipun bisa memiliki sebuah kafe yang sederhana di akhir tahun 2009. Padahal semua itu merupakan proyek nekat demi menyelamatkan sisa keutungan. Betul-betul dari sperma sapi turun ke hati. Dengan adanya kafe itu, maka kami juga membuka sebuah lapangan kerja yang lebih banyak disbanding sebelumnya.

Musibah
Setiap kehidupan yang berkembang pasti diberi tantangan, karena itulah yang membuat hidup kita lebih mapan dan matang. Pada tanggal 26 oktober 2010 terjadilah gempa merapi yang meluluh lantahkan Jogja tercinta. Kafe kami hancur, karena diterjang hujan batu.sapi kami mati di bakar wedhus gembel dan jualanj sperma sapi kami mandeg karena para pelanggan kami adalah mayoritas orang jogja yang sama-sama sedang merasakan musibah merapi. Akhirnya kami memutuskan untuk cooling down sejenak di Bandung sembari memutar otak. Secara materi jelas kerugian kami sangat besar. Banyak piutang yang akhirnya tak tertagih dan kamipun kebingungan membayar cicilan kredit (Mobil dan pinjaman modal). Di saat semua bergerak maju, kami mendapat kejutan indah dari yang Maha kuasa. Kami tahu yang maha kuasa menyanyangi kami, Dia hanya ingin kami tidak takabur dan bertambah pintar dalam menjalani usaha.

Sebenarnya saat ini, semua usaha kami belum sepenuhnya pulih. Kecuali kafe kami yang perlahan sudah direnovasi karena setelah kami pikir lebih matang, tentunya sebuah kafe akan menghasilkan perputaran uang yang lebih cepat ketimbang sperma sapi. Sementara pelanggan sperma sapi untuk wilayah Jogja pun belum semuanya pulih dan beberapa dari mereka pun beralih bisnis sementara pelanggan kami dari luar Jogja sudah hamper seluruhnya disabotase kembali oleh pesaing kami.

Tapi kami tetap memiliki keyakinan, karena kami mencintai bisnis ini. Sekarang, kami mulai menjelajah wilayah sumatera sebagai perluasan pemasarannya. Memang seperti dari “NOL” lagi tapi kami yakin hari ini, esok dan seterusnya kami telah bertambah pintar dalam menjalani bisnis ini maka ketika sekarang para pesaing semakin muncul, kamipun tak gentar. Dan kafe kami tetap menjadi penyemangat buat kami dan sperma sapi.









3 komentar:

mmjiaxin said...

ray ban sunglasses outlet, http://www.raybansunglass.us.com/
puma outlet, http://www.pumaoutletonline.com/
calvin klein outlet, http://www.calvinklein.in.net/
ugg outlet store, http://www.uggoutletstore.eu.com/
thomas sabo, http://www.thomassabos.co.uk/
cheap ugg boots, http://www.uggbootscheap.eu.com/
mizuno running shoes, http://www.mizunorunningshoes.us/
mont blanc pens, http://www.montblanc-pens.com.co/
oakley sunglasses wholesale, http://www.oakley.in.net/
salomon shoes, http://www.salomonshoes.us.com/
cowboys jerseys, http://www.dallascowboysjersey.us/
fred perry shirts, http://www.fredperrypoloshirts.com/
kobe shoes, http://www.kobebryantshoes.in.net/
dallas cowboys jersey, http://www.dallascowboysjersey.us/
discount oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassesdiscount.us.com/
mlb jerseys, http://www.cheapmlbjerseys.us.com/
coach outlet online, http://www.coachoutletcanada.com.co/
michael kors outlet online, http://www.michaelkors-outlets.us.com/
chiefs jersey, http://www.kansascitychiefs.us/
nike air max, http://www.nikeairmaxshoes.org.uk/
tods shoes, http://www.todsshoes.us.com/
mm0925

Minko Chen said...

fitflop sale
ralph lauren outlet
ralph lauren polo
polo shirts
nfl jerseys
mlb jerseys
snapbacks wholesale
rolex watches,rolex,watches for men,watches for women,omega watches,replica watches,rolex watches for sale,rolex replica,rolex watch,cartier watches,rolex submariner,fake rolex,rolex replica watches,replica rolex
tiffany and co
pandora outlet
thomas sabo outlet
herve leger dresses
longchamp handbags
links of london jewellery
swarovski crystal
air force 1 shoes
lacoste shirts
soccer jerseys wholesale
mcm backpack
air max shoes
1027minko

方松腾 said...

bottega veneta outlet online
burberry outlet
cheap toms
polo ralph lauren outlet
coach outlet store online,coach outlet store,coach outlet
nba jerseys wholesale
moncler outlet
ugg boots clearance
valentino shoes
michael kors factory sale
rolex watches
kobe bryants shoes 2015
mont blanc
true religion jeans,cheap true religion jeans,true religion jeans wholesale,true religion outlet,true religion sale,true religion outlet online
ray-ban sunglasses
ysl outlet online
louis vuitton outlet
lebron james shoes,lebron 12,lebron 12 shoes,lebron sneakers,lebron iv,lebron 11,lebron 10
hermes outlet online
cheap oakley sunglasses
celine outlet
cleveland cavaliers
football shirts uk,soccer jerseys uk,cheap soccer jerseys uk
ferragamo shoes
pandora charms
ralph lauren,ralph lauren uk,ralph lauren outlet,ralph lauren outlet online,polo ralph lauren outlet,ralph lauren polo
omega watches
michael kors uk outlet
burberry outlet
christian louboutin

Post a Comment