Breaking News

25 January, 2012

Berbukalah Dengan Yang Manis


By Dewi Muliyawan
Bukan sekedar tagline minuman dalam botol, tapi untuk berbuka puasa memang lebih baik mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Mengapa? Karena gula bisa dengan cepat diubah tubuh menjadi tenaga. Jadi supaya bisa cepat segar untuk menjalankan aktivitas kita disarankan berbuka puasa dengan yang manis.
Tapi tentu saja tidak boleh berlebihan. Saat berbuka puasa kita cenderung menyediakan makanan dan minuman lebih istimewa dari hari-hari biasa. Jadilah saat berbuka kita membatalkan puasa dengan meminum segelas es sirup yang manis, dilanjutkan dengan kolak pisang yang juga super manis, tambah lagi kue-kue kecil. Tubuh kita yang sudah sekian jam berpuasa, gula darah dalam tubuh pun menurun, tiba-tiba “dibanjiri” gula dalam jumlah yang berlebihan. Maka pancreas pun bekerja keras memproduksi insulin untuk menetralisir “banjir” gula itu. Alih-alih menjadi sehat, metabolisme  tubuh malah kacau.
Konsumsi gula secara berlebihan dikhawatirkan bisa mencetuskan penyakit diabetes, atau biasa dikenal sebagai kencing manis. Saat ini di klinik saya banyak pasien diabetes berusia muda. Kadar gula sampai 300 atau 400 sudah sering kali terjadi. Dan penderitanya bukan hanya orang-orang lanjut usia, tapi juga yang masih dalam usia produktif.Maka tak ada salahnya kita mulai membatasi konsumsi gula sehari-hari.
Jadi tetap berbuka dengan yang manis, secukupnya.








0 komentar:

Post a Comment