Breaking News

25 January, 2012

Belajar Ilmu Ikhlas


Ibu-Ibu, teteh, kakak, tante semuanya, baru belajar nuliis neeh.. butuuhh saran dan kritiknya :)

Ternyata menjadi Ibu Rumah Tangga itu tidak semudah yang aku bayangkan sebelumnya. Tidak juga semudah membalikkan telapak tangan. Hari itu, setelah satu bulan kami menikah, kami memutuskan untuk mandiri. Kami mengontrak sebuah rumah. Tidak terlalu besar, tapi Insya Allah cukup untuk keluarga kecil kami. Awalnya, aku sangat tidak setuju dengan keputusan suamiku tersebut. Rumah yang akan kami tempati itu letaknya jauuuhhhhhh sekali dari rumah orang tuaku. Memang, aku ingin mandiri, tapi bukan untuk tinggal di daerah tersebut. Hari pertama pindah, aku sudah badmood. Bagaimana tidak, pasar letaknya lumayan jauh. Aku harus naik angkot dulu untuk pergi ke pasar. Dan, untuk sampai ke jalan raya harus berjalan kurang lebih 500 meter dari rumahku. Well... it's totally shocking me much !! Kalau di rumah orang tuaku, pasar letaknya tidak terlalu jauh dari rumah karena daerah rumahku sangat sangat strategis. Dan yang lebih penting dari itu semua, aku tidak perlu pergi ke pasar karena hampir semua pekerjaan "domestik" rumah tangga sudah dikerjakan oleh Ibuku. And now, i needa begin it by my self . Tidak ada lagi "bala-bantuan" Ibu. Welcome to d'world Bell !!

Well, aku memulai hariku sebagai seorang istri dan Ibu RT seutuhnya-karna saat masih tinggal dengan orang tuaku, semua menjadi mudah berkat Ibu. Ibuku pagi-pagi sudah menelpon karena beliau hapal betul aku sulit sekali bangun pagi-parahnya kebiaasaan itu baru bisa berubah satu bulan terakhir ini, setelah sebuah kejadian yang berarti sekali, yang telah menyentilku dan membangunkanku dari tidur pulasku. Hehehehee ... Dulu, waktu belum menikah, aku tipe gadis yang bisa dibilang pemalas sekali. At least, itu yang Ibuku bilang. Aku lebih suka baca buku atau main komputer daripada harus bantu Ibu dengan pekerjaannya (pliisss jangan ditiruu!!) kadang itu aku jadikan alibi saat setan malas datang..(kapan ya loe gak malesnyaa??) setan membela diri... xoxoxoxoxo. So, jadilah aku tidak bisa mencuci baju. Sekali mencuci, telapak tanganku panas sekali dan langsung ganti kulit. Aku ceritakan pada suamiku, dan apa yang aku dapat??? Suamiku hanya mencibir. "Aaahh...kamu alesan aja Yank!!" begitu katanya. Baiklah, aku tidak ingin berdebat, aku coba untuk memahami dengan keadaan kami yang seperti sekarang ini, merintis dari nol.

Sebetulnya suamiku masih mampu untuk menggaji asisten rumah tangga, tapi suamiku ingin mengajarkanku untuk lebih bertanggung jawab terhadap kewajibanku. Bahwa sekarang statusku sudah berubah dari "si lajang" menjadi "si istri". Si suami tahu kalau aku tuh pemalas dan manja sekali. Maklum yah... belum genap 20 tahun sudah di persunting. Alibiii deh.

Selain tidak bisa mencuci, aku juga tidak bisa masak. Lebih parahnya, aku tidak bisa membedakan mana jahe, mana laos.. good job Bell!! Aku ingat sekali, makanan yang pertama kali aku masak adalah sayur sop. Itu pun, gag berhenti-berhenti nelponin Ibuku. Sampai adikku yang laki-laki sudah hapal betul, tiap aku menelpon antara pukul 10 pagi -  12 siang, mestilah aku butuh tutorial dari Ibuku. Tanpa ba bi bu, ia langsung memanggil Ibuku. Hari itu kau masak sayur sop sesuai yang diajarkan Ibuku. Menurutku, rasanya not bad untuk pemula, sampai........tempat bumbu yang aku gantungkan di tembok jatuh dan berhamburan lah isinya. Lebih bagusnya lagi, dibawahnya ada wajan yang masih berada diatas kompor tepat dibawah  tempat bumbu . Oh Bell... you are awesome !! Jadilah rasanya gak karuan. Aku juga memasak balado ati rempela. Bodohnya, sambal baladonya belum matang daaannnnnn....pedaaaaaaaaaasss sekaliiiiiii... Bahkan suamiku yang pecinta pedas pun bilang itu pedas sekali. Jadilah adik perempuan dan sepupuku yang hari itu sedang menginap, muntah-muntah dan sakiit peruutt.. kasihaaann sekali... Dan mulai saat itu, ku putuskan untuk berhenti memasak.Tiap kali suamiku bertanya: Masak apa Yank?? moodku langsung berubah. Kacaauuu !!

Akhirnya, setiap hari kami beli makanan jadi. Aku cukup memasak nasi saja.  Hihiiihii jangan ditiru juga yaaa !! karena bisa buat suami mukanyaa ditekuk-tekuk kaya cucian belum digosok. Aku itu tipe orang yang moody. Jelek banget yah!! jadi kalo mood aku lagi bagus, aku pasti mau melakukan apapun, tapi kalo lagii jeleeeeeeeeekkk..aduuhhh uring-uringan tingkat tinggi!! Hari itu, mood aku lagi baguss bangeett. Pagi-pagi udah bangun, habis shalat subuh langsung  nyuci trus belanja. Abis itu masak. Mmm...menu hari itu balado cumi. Trus pas sorenya, setrika cucian yang udah kaya pegunungan Himalaya  sampe maghrib. Dan.................. setelah shalat maghrib, tiba-tiba aku tidak bisa jalan. Perut aku sakiiitttttttttttttt sekali. Tidak ada kata-kata yang bisa menggambarkan sakitnya saat itu. Aku menangis. Suamiku panik. Akhirnya, ia dan teman-temannya mengantarku ke tukang pijat. Tukang pijat bilang, peranakanku turun karena terlalu kerja berat. Dari situ, aku jadi down. Aku menangiiiiisss terus sampai suamiku bingung. Hampir tiap hari, disela-sela kami diskusi, aku merengek-rengek minta pembantu saking aku takuut sekali merasakan sakiit seperti itu lagi. Dengan bijaknya, suamiku bilang : Mubadzir Yank, kan kita cuma berdua. Aku menelan ludah. Sisi melankolisku meraung-raung minta belas kasihan. Pelupuk mataku seperti terdesak-desak sesuatu. Dan, aku meweeeeekk lagi saudara-saudaraa......selalu begitu.

Sebelum menikah, aku jobless. Aku jenuh sekali dari umur 15 tahun sudah bekerja sambil sekolah. Dan ternyata, menjadi pengangguran itu merubah psikisku juga, selain merubah kantongku, hehehe... Aku jadi gampang emosi, mudah sekali tersinggung. Dan, sifat itu terbawa sampai saat ini setelah menikah. Hmm...saat berdiskusi, aku merasa argumenku yang paling benar. Suamiku pun sama. Hari itu, aku lagi ngambek sama suami karena suatu hal sepele. Suamiku minta dibuatkan brunch tapi tidak aku hiraukan. Aku ngotot minta diantar kerumah ibuku saat itu juga. Meskipun sambil manyun, suamiku akhirnya mengantarkanku. Baik ya mamasku !! Sesampainya di rumah orang tuaku, aku siapkan makan untuknya. Tapi karena lagi ngambek, ceritanya si suami gak mau makan. Nasi dan lauk cuma di diemin aja. Si suami malah tidur. Padahal aku tau, cacing di perutnya dah pada marching band. Nah, pas suami bangun, pas Ibuku beli rujak bebeg. Tau kan rujak bebeg??? yang di tumbuk itu lho !!! Setelah perdebatan panjang, akhirnya si suami lebih milih makan rujak daripada makan nasi. Tidak ku hiraukan karena memang suamiku sudah biasa sarapan rujak.

Setelah makan rujak, kami kembali berdiskusi walaupun suami masih malas menimpali. Aku perhatikan wajahnya pucat.  Ahh...mungkin aku salah liat. Kulit suamiku kan emang putih. Daaaaannn.......tiba-tiba ia tergopoh-gopoh berlari ke kamar mandi. Aku membuntutinya. Suamiku muntah-muntah. Aku fikir, muntah-muntah biasa saja. Bukannya mengurutkan leher suamiku, aku justru tertawa-tertawa dengan adikku melihat suamiku muntah-muntah. How stupid i am !! "Are you kidding me, Darl?? gak lucu deh!!" kataku. Suamiku tidak menyahut. Ia terus saja memuntahkan isi perutnya. Badan suamiku melorot ke lantai. Merasa betul-betul ada yang tidak beres, ku hampiri dan ia meringis. Nafasnya tak beraturan. Ia terus muntah, muntah dan muntah. Ia mendesah kesakitan. Dengan segenap kekuatan yang masih tersisa, aku bantu ia berjalan keluar lalu kurebahkan. Aku ambilkan nasi. Bodohnya, kenapaa nasi sih???? Sudah pasti dia tidak bisa makan. Dan benar, suamiku tidak bisa menelan nasinya, Ia justru memuntahkannya dan terus merintih kesakitan sambil memegangi ulu hatinya. Aku paniiiikkk sekali saat melihat telapak kakinya putih pucat. Wajahnya juga pasi. Bibirnya biru. Ku panggil Bapakku. Bapakku langsung menyuruhku mengambilkan air panas dari termos. Air panas saudara-saudara. Bukan air hangat.Dalam keadaan normal, pasti suamiku sudah kepanasan dikompres dengan air panas tanpa tambahan air biasa.  Bapakku pun segera mengompreskan ulu hati dan telapak kaki suamiku dengan air panas . Ibuku yang baru pulang dari warung, langsung kaget melihat aku dan Bapakku mengerubungi menantu kesayangannya. Dengan cepat Ibuku membuatkan teh panas walaupun mulutnya tidak berhenti mengomeliku. Pliiiisss....ini sungguh bukan timing yang tepat untuk memarahiku,okeeyyy??? batinku.

Air mata ini rasanya sudah ingin keluar tapi aku tidak mau menangis. Kalau aku menangis, aku akan semakin panik. Kalau aku panik, keadaan pun akan panik. Bukan hanya aku yang nantinya tidak bisa berfikir untuk melakukan tindakan apa, tapi juga Bapak dan Ibuku. Ku hela nafas, berusaha untuk tenang. Dalam hati, aku tidak berhenti beristighfar dan berdo'a. : "Ya Allah, aku belum siap menjadi Janda...!! Lohhhh??? As-syifa, ku mohon angkat penyakit suamiku. Engkau Maha Penyembuh. Al-Ghaffar, ampuni kekhilafanku ini !! Sungguh, aku takut akan pembalasanMu di hari akhir."

Aku memaksa Bapakku untuk membawa suamiku ke klinik terdekat, tapi Bapakku bilang semua akan baik-baik saja, Insya Allah. Tapi aku sangat panik dan takut melihat suamiku seperti itu. Untuk duduk saja, ia tidak bisa. Alhamdulillah setelah dikompres dengan air panas dan minum obat, keadaan suamiku membaik.Aku bersyukur Allah masih mengizinkanku untuk belajar menjadi istri yang baik.  Ibu dan Bapakku kembali menasehatiku. "Ikhlas Nak.....Ikhlas!!" Ya, aku memang kurang bersyukur dan mengikhlaskan keadaanku yang seperti ini. Aku kurang ikhlas menjalani kewajibanku sebagai Ibu Rumah Tangga dan juga sebagai seoreang isteri. Setitik bening jatuh dari pelupuk mataku. Terima kasih ya Allah, Ini tidak akan ku lupakan. Dalam tiap hamdalah yang mengalir, aku tersadar bahwa Allah telah menyentuhku dengan cintaNya untuk menjadi istri yang shalehah. Terima kasih ya Allah, Kau telah mengingatkanku dan mengembalikanku ke jalan yang Kau ridhoi.  Terima kasih ya Allah,  Kau telah menjewerku. Kalau Allah tidak menegurku, mungkin aku masih terus berjalan dengan keegoisanku.


 Ku cium tangan suamiku. Syahdu. Aku terus meminta maaf dalam tangisku. Dengan lembut, ia mencium keningku lalu berbisik : "Maafin aku juga ya Yank !! Aku juga banyak khilaf sama kamu. Tadi itu pelajaran untuk kita berdua. Sekarang  saatnya kita berubah menjadi lebih baik daaannn.........." Suamiku tersenyum penuh makna. Ia senang sekali membuat aku penasaran. Aku pasang tampang mupeng menunggu lanjutan kalimat suamiku yang menggantung. "Daannnnnnnnn...besok kita shopping!!!!" lanjutnya. Aku tersenyum dan langsung memeluknya. Yey, Shopping!! I love it very very very very much !! Suamiku tertawa geli melihatku loncat-loncat kegirangan di atas kasur sambil joget-joget Sinchan. Tau kan gaya jogetnya Sinchan???

Menjadi hamba yang Ikhlas itu memang tidak mudah, tapi menjadi sangat mudah saat kamu bersyukur dengan apa yang kamu miliki dan percaya bahwa Allah bersamamu, tidak pernah meninggalkanmu, dan selamanya tidak ada jalan buntu.

Teringat sebuah ayat yang merupakan ayat favoritku : Fabiayyi 'alaa irabbikuma tukadzibaan.Lalu, nikmat Tuhanmu manakah yang kau dustakan???







18 komentar:

Guo Guo said...

yao20150324
mont blanc pens
toms outlet
ray ban
nba jerseys
instyler
christian louboutin
louis vuitton outlet
louis vuitton outlet
pandora jewelry
tiffany and co
coach outlet store online
cheap nhl jerseys
iphone 6 case
thomas sabo uk
kate spade outlet
replica watches
cheap jordans
adidas outlet
ray ban uk
true religion jeans
converse shoes
herve leger dresses
louboutin shoes
salvatore ferragamo
coach factory outlet
cheap snapbacks
polo ralph lauren outlet
nfl jerseys
beats by dre
mont blanc
iphone 6 cases
hollister clothing
cheap oakley sunglasses
adidas wings
abercrombie

Anonymous said...

kobe 8
louis vuitton
fitflops sale
michael kors canada
jordan 6 rings
oakley sunglasses
air jordan 4
christian louboutin shoes
mont blanc legend
abercrombie store
coach factory
michael kors outlet
michael kors outlet online
ralph lauren uk
louis vuitton handbags
adidas wings
michael kors handbags
louboutin
michael kors
lululemon outlet
michael kors outlet
red bottom shoes
coach outlet
20150403keyuanyuan

Unknown said...

kate spade handbags
lebron 12
nike air max
prada shoes
los angeles clippers jerseys
nike shoes
nba jerseys wholesale
nike air max,air max uk,air max 90,nike air max 90,air max shoes
arthur jones jersey,deonte thompson jersey,courtney upshaw jersey,timmy jernigan jersey,jeromy miles jersey,haloti ngata jersey,joe flacco jersey,steve smith sr jersey
dallas cowboys jersey
cartier love bracelet
north face jackets
atlanta falcons jersey
the north face jackets
air max 90
new orleans saints jerseys
uggs on sale
gucci outlet online
green bay packers jerseys
peter konz jersey,paul worrilow jersey,prince shembo jersey
michael kors handbags
49ers jersey
evening dresses outlet
the north face outlet store
lebron shoes
nike sneakers
nike air max
mbt shoes outlet
north face jackets
nike free run
zhuweiming0626

John said...

201594yuanyuan
michael kors handbags
louis vuitton outlet
ray bans
michael kors
michael kors uk
oakley store
jordan retro
louis vuitton
jordan 11
cheap ugg boots
michael kors outlet
north face jacket
michael kors handbags
nike sb shoes
kd shoes
hollister,hollister co,hollister jeans,hollister.com,hollister ca,hollister clothing
mont blanc
louis vuitton outlet
true religion jeans
ralph lauren uk
coach factory
louis vuitton outlet
oakley sunglasses
michael kors outlet
louis vuitton handbags
adidas originals
retro jordans
michael kors outlet
cheap jordans
sac longchamp
ray ban sunglasses

mmjiaxin said...

ray ban sunglasses outlet, http://www.raybansunglass.us.com/
puma outlet, http://www.pumaoutletonline.com/
calvin klein outlet, http://www.calvinklein.in.net/
ugg outlet store, http://www.uggoutletstore.eu.com/
thomas sabo, http://www.thomassabos.co.uk/
cheap ugg boots, http://www.uggbootscheap.eu.com/
mizuno running shoes, http://www.mizunorunningshoes.us/
mont blanc pens, http://www.montblanc-pens.com.co/
oakley sunglasses wholesale, http://www.oakley.in.net/
salomon shoes, http://www.salomonshoes.us.com/
cowboys jerseys, http://www.dallascowboysjersey.us/
fred perry shirts, http://www.fredperrypoloshirts.com/
kobe shoes, http://www.kobebryantshoes.in.net/
dallas cowboys jersey, http://www.dallascowboysjersey.us/
discount oakley sunglasses, http://www.oakleysunglassesdiscount.us.com/
mlb jerseys, http://www.cheapmlbjerseys.us.com/
coach outlet online, http://www.coachoutletcanada.com.co/
michael kors outlet online, http://www.michaelkors-outlets.us.com/
chiefs jersey, http://www.kansascitychiefs.us/
nike air max, http://www.nikeairmaxshoes.org.uk/
tods shoes, http://www.todsshoes.us.com/
mm0925

Nike Free said...

moncler femme moncler jackets cheap outlet moncler moncler shop moncler down jackets men moncler jackets canada goose sale canada goose jackets canada goose outlet canada goose coats canada goose online goose down jackets canada goose outlet online canada goose toronto doudoune canada goose parka canada goose canada goose jakke winter jackets canada canada goose outlet stores moncler men moncler jackets moncler women moncler outlet moncler sale moncler jackets mens moncler jackets sale moncler jackets outlet moncler online moncler jackets women

Minko Chen said...

fitflop sale
ralph lauren outlet
ralph lauren polo
polo shirts
nfl jerseys
mlb jerseys
snapbacks wholesale
rolex watches,rolex,watches for men,watches for women,omega watches,replica watches,rolex watches for sale,rolex replica,rolex watch,cartier watches,rolex submariner,fake rolex,rolex replica watches,replica rolex
tiffany and co
pandora outlet
thomas sabo outlet
herve leger dresses
longchamp handbags
links of london jewellery
swarovski crystal
air force 1 shoes
lacoste shirts
soccer jerseys wholesale
mcm backpack
air max shoes
1027minko

Minko Chen said...

fitflop sale
ralph lauren outlet
ralph lauren polo
polo shirts
nfl jerseys
mlb jerseys
snapbacks wholesale
rolex watches,rolex,watches for men,watches for women,omega watches,replica watches,rolex watches for sale,rolex replica,rolex watch,cartier watches,rolex submariner,fake rolex,rolex replica watches,replica rolex
tiffany and co
pandora outlet
thomas sabo outlet
herve leger dresses
longchamp handbags
links of london jewellery
swarovski crystal
air force 1 shoes
lacoste shirts
soccer jerseys wholesale
mcm backpack
air max shoes
1027minko

方松腾 said...

bottega veneta outlet online
burberry outlet
cheap toms
polo ralph lauren outlet
coach outlet store online,coach outlet store,coach outlet
nba jerseys wholesale
moncler outlet
ugg boots clearance
valentino shoes
michael kors factory sale
rolex watches
kobe bryants shoes 2015
mont blanc
true religion jeans,cheap true religion jeans,true religion jeans wholesale,true religion outlet,true religion sale,true religion outlet online
ray-ban sunglasses
ysl outlet online
louis vuitton outlet
lebron james shoes,lebron 12,lebron 12 shoes,lebron sneakers,lebron iv,lebron 11,lebron 10
hermes outlet online
cheap oakley sunglasses
celine outlet
cleveland cavaliers
football shirts uk,soccer jerseys uk,cheap soccer jerseys uk
ferragamo shoes
pandora charms
ralph lauren,ralph lauren uk,ralph lauren outlet,ralph lauren outlet online,polo ralph lauren outlet,ralph lauren polo
omega watches
michael kors uk outlet
burberry outlet
christian louboutin

mmjiaxin said...

nike air max thea
nfl jerseys from china
michael kors outlet online
hogan outlet online
yeezy boost 350
michael kors handbags
michael kors handbags
longchamp outlet
chrome hearts wholesale
air jordan retro

Gege Dai said...

louis vuitton pas cher
swarovski crystal
cheap jordans
cheap jordans
uggs outlet
michael kors outlet clearance
ferragamo shoes
christian louboutin uk
louis vuitton
uggs on sale
20161129lck

Gege Dai said...

michael kors outlet
beats by dr dre
kate spade
true religion outlet
true religion jeans
oakley sunglasses
giuseppe zanotti outlet
tiffany jewelry
louis vuitton outlet
fitflops shoes
20170217lck

raybanoutlet001 said...

jets jersey
kobe 9
san antonio spurs jerseys
valentino shoes
hugo boss outlet
toms shoes
adidas nmd
coach
ed hardy clothing
detroit lions jerseys

LCc 03 said...

cheap jordans
basketball shoes
michael kors factory outlet
adidas neo
nike polo
http://www.kobebasketballshoes.us.com
nike huarache
fitflops sale clearance
longchamp handbags
adidas stan smith shoes

林磊 said...

20170405 leilei3915
cheap jordans
coach factory outlet
nike shoes
fitflops sale clearance
coach factory outlet
true religion outlet store
michael kors outlet clearance
coach outlet online
ed hardy clothing
adidas shoes

chenlina said...

louis vuitton outlet
omega watches
ray ban sunglasses
michael kors outlet online
bulls jerseys
timberland outlet
nike soccer shoes
louis vuitton outlet
louis vuitton belt
louis vuitton outlet
chenlina20170407

raybanoutlet001 said...

ecco
nike tn pas cher
nba jerseys
coach outlet
michael kors handbags
washington redskins jerseys
nike air huarache
tennessee titans jersey
chicago bears jerseys
ugg boots

alice asd said...

michael kors handbags wholesale
moncler jackets
ugg boots
gucci outlet
jordan 4
jordan 8
kate spade outlet
cheap jordan shoes
boston celtics jersey
ugg boots
20170425alice0589

Post a Comment