Breaking News

26 January, 2012

(111) MENGAPA TAKUT MEMBACA



 MENGAPA TAKUT MEMBACA
Berdasarkan pengalaman pribadi,  faktor utama dari kesulitan belajar membaca itu ada pada kondisi jiwa si anak yang tidak merasa nyaman. Karena sesungguhnya sifat anak adalah rasa ingin tahu yang tinggi. Jadi bisa dikatakan apabila metode penyampaiannya membuat anak nyaman,  anak akan dengan mudah menyerap pelajaran kita dan mampu membaca dengan cepat.
Seorang ibu itu mempunyai dua keunggulan, satu dia adalah guru buat si anak dan yang kedua dia lebih tahu kapan  atau bagaimana membuat mood anak kita bagus.
Belajar membaca bisa kita ajarkan dengan cara permainan, misalnya ; jeruk diawali huruf j, uang diawali huruf u, dan seterusnya . Sesudah anak mahir kita bisa mengenalkannya pada huruf nyata atau tulisan, misalnya; harimau diawali huruf h, dan ini bentuk huruf h. Jangan pernah berpikir anak –anak itu bodoh, seandainya lamban anggap saja penyampaian kita yang kurang maksimal. Jangan marah bila anak kita terbata, biarkan daya ingat dan pemahamannya berkembang.
Bila ibu suka permainan ini boleh dibantu boneka tangan ataupun lego.
Setelah anak mengenal huruf satu prsatu secara acak, lalu kita ulai mengenalkan dua huruf, satu vocal dan satu konsonan, semisal; pa, ba ,ca, ci, lu dan seterusnya . Akan lebih baik jika tanpa dieja. Itu memacu anak berpikir lebih cepat dan lebih mudah.
Baru setelah itu diperkenalkan tiga huruf, contoh; pap, dan, ber. Akan sangat membantu, bila yang aktif bukan hanya anak atau ibunya sendiri- sendiri, tapi kedua-duanya.
Ada pepatah alah bisa karena terbiasa, jadi sehebat apapun teorinya tetap saja perlu pembiasaan. Jadi dua huruf atau tiga huruf akan terlihat hasilnya bila dibiasakan .
Setelah itu bisa dilalui, tahap kita hanyalah memoles , karena anak kita sudah sembilan puluh persen dikatakan bisa. Kita tinggal mengajari tiga huruf dengan konsonan dobel, semisal ; pra, tra, dan sebagainya.
Selamat mencoba dan jangan pernah ada lagi kalimat mengajari anak membaca itu susah. Saya Cuma lulusan SMA, tapi teori saya sudah saya praktekan duapuluh tahun yang lalu , ketika saya diminta bantuannya mengajar anak kelas satu sebuah MI karena kekurangan guru. Meskipun Cuma satu tahun saya mengajar karena guru dari pusat segera datang tetapi sepanjang sejarah sekolah itu berdiri, anak –anak yang saya ajari itu merupakan satu- satunya angkatan yang lulusan kelas enamnya terbanyak masuk SMP negeri, meski saya tidak tahu korelasinya. Dan sebenarnya saya menerapkannya untuk mata pelajaran lain misalnya matematika atau menggambar yang menjadi momok sebagian anak- anak
Tips mengajarkan membaca pada anak;
  1. Jangan mengajar dengan marah
  2. Jangan pernah berpikir anak kita bodoh
  3. Kita lebih tahu kondisi anak kita, jadi jangan pernah kalah sebelum perang
  4. Yakinkan kalau kita bisa dan pasti berhasil
  5. Mamanya harus rajin baca buku juga, itu akan menular pada anak
Nama     ; Nurlaeli
Akun fb ; nurlaeli umar
E mail    ; nurlaeli5791@yahoo.co.id











0 komentar:

Post a Comment